Home

Pilih Mana: Meja Kayu atau Meja Kaca?

Meja adalah furniture dengan desain persegi panjang dan memiliki kaki di setiap ujungnya biasa kita temukan di ruang tamu, dapur, ruang kerja dan sebagainya. Meja sendiri ada yang terbuat dari Kayu dan ada juga yang terbuat dari Kaca. Meja kayu dan meja kaca sama-sama memiliki nilai artistik tersendiri yang tentunya sesuai dengan selera orang masing-masing. Kali ini saya akan membahas mengenai Meja Kayu dan Meja Kaca. Disini aja ya.

Meja Kayu

Memilah kayu terbaik buat meja tentunya sangat merepotkan. Terdapat begitu banyak opsi olahan kayu di pasaran yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan meja kamu. Kamu wajib betul mengenali kayu tipe apa yang cocok buat meja makan, meja kerja, meja tamu, ataupun meja yang lain. Baca juga Pilih Mana: Meja Makan Persegi atau Meja Makan Bundar?

Kala mencari tipe kayu terbaik yang sesuai dengan kebutuhan meja kamu, kamu wajib mempertimbangkan banyak hal. Mutu meja yang dihasilkan tentunya bergantung pada tampilan, butiran, kekerasan kayu, area tempat dia ditempatkan, serta bermacam aspek yang lain.

Kamu bisa dapatkan kualitas meja kayu yang baik di IKEA, Ace Hardware, Informa dan toko-toko meja lainnya.

Jenis-Jenis Meja Kayu

Meja makan
Biasanya meja makan merupakan titik fokus tiap rumah, jadi kamu wajib memilih olahan kayu yang mampu menjadikan meja makan nampak menonjol.

Meja makan tentunya wajib kokoh, dirancang dengan baik serta mampu menampung banyak orang buat kegiatan makan berbarengan keluarga, teman, dan sebagainya.

Meja makan terbaik biasanya dibuat dari kayu ek, jati, mahoni, serta kenari. Kamu juga bisa memilih opsi kayu lapis serta MDF, walaupun kualitasnya tidak sekuat kayu lain yang teksturnya lebih padat.

Opsi kayu lain yang bagus buat meja makan yakni kayu maple, kayu maple mempunyai kepadatan yang pas buat pewarnaan sempurna. Olahan ini cocok buat kayu dengan permukaan yang lebar. Tetapi, semacam ungkapan “ada harga, ada benda”, yap benar.. Olahan kayu maple tentunya mahal dibanding dengan olahan kayu yang lain.

Tidak hanya itu, kayu maple sedikit susah buat dipotong serta memerlukan banyak pengamplasan buat memperoleh hasil yang baik. Perihal ini menjadi salah satu faktor mengapa olahan kayu ini begitu sangat mahal.

Berikutnya, kayu yang baik buat olahan pembuatan meja makan adalah kayu cedar. Kayu ini merupakan salah satu kayu yang terbaik buat meja serta mempunyai wangi yang menenangkan, namun kamu wajib ingat kalau wangi tersebut bakal lenyap bersamaan jalannya waktu.

Kamu pula bisa memilih kayu pinus sebagai meja makan kamu, namun kamu butuh memakai cat pelapis lagi sehabis proses pengamplasan.

Meja Kerja
Tipe kayu yang bisa kamu seleksi buat meja kerja tentunya tergantung pada tipe pekerjaan yang kamu jalani serta anggaran kamu, sebab tiap tipe kayu mempunyai keunikannya sendiri-sendiri.

Semisal, bila kamu memilih buat memakai meja berbahan kayu lunak semacam kayu pohon birch ataupun pinus, tentunya enggak tahan lama karena seperti yang kita tahu kayu tersebut keras serta gampang terbakar.

Kamu pula mampu memilih meja dengan olahan kayu keras yang kuat serta tangguh semacam kayu pohon maple ataupun ek yang lebih mahal daripada tipe kayu yang lain tetapi enggak gampang rusak dimakan umur. Kamu mampu menjadikannya opsi bila kamu menginginkan meja yang hendak dipakai secara jangka panjang.

Pertimbangan lain dalam memilih meja kerja buat kamu adalah tingkatan kelembaban di ruangan kerja kamu. Bila Kamu memilih tipe kayu yang secara teratur mengembang serta berkontraksi bergantung dengan musimnya, meja kamu tentunya jadi gampang lapuk. Jadi perihal tersebut lumayan berarti buat dipikirkan saat sebelum memilih bahan yang cocok untuk meja kerja kamu.

Cara Merawat Meja Kayu

1. Posisikan meja kayu kalian ditempat yang bersih serta kering dengan temperatur yang wajar
Kelembaban hawa besar mampu mempercepat proses oksidasi kayu, yang mampu menimbulkan serbuan jamur serta perkembangbiakan rayap ataupun serangga kayu yang makin menjadi. Upayakan pula supaya furniture tersebut enggak terkena cahaya matahari ataupun sumber panas yang lain secara langsung, sebab mampu membuat furniture kalian nampak kumal, susunan retak dan juga melengkung.

2. Yakinkan permukaan mebel kalian higienis serta bersih dari kotoran ataupun debu
Dengan teratur mensterilkan dari debu serta kotoran, dapat dengan memakai lap ataupun kemoceng, atau perlengkapan pembersih yang lain. Bilas sela-sela ukiran ataupun sudut meja kayu kamu dengan memakai kuas halus. Di titik-titik inilah debu serta jamur kerap bersarang. Kuas kecil mampu menyapu sudut-sudut yang sulit dijangkau dengan kain lap.

Bila mau memakai pledge (cairan pembersih spesial mebel), semprotkan seperlunya pada permukaan meja kayu serta yakinkan permukaan dibersihkan dengan kain ball.

3. Pakai air bersih serta sedikit detergen buat mensterilkan bercak serta kotoran yang membandel dan melekat
Jangan pakai pembersih furniture (funiture cleaner) yang memiliki olahan solvent semacam metanol, toluen, acetone dll. Bahan- bahan kimia semacam ini memanglah mampu mensterilkan dengan gampang namun mampu mengganggu susunan top coating.

4. Jagalah Permukaan furniture dengan baik serta hati- hati
Jagalah permukaan furniture dengan baik, menjauhi kemungkinan goresan, bercak ataupun corak yang kelak menjadi kumal.

Meja Kaca

Bila kalian menginginkan tampilan ruang yang nampak elok, meja kaca adalah meja yang cocok buat kamu. Terbuat dalam wujud serta desain apapun, meja kaca tentunya senantiasa nampak keren serta enak dilihat.

Tidak hanya itu, meja kaca identik dengan kesan modern. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan buat memadukan meja kaca dengan riasan ruangan lain.

Banyak yang mengira meja kaca malah lebih mudah nampak kotor dibanding meja dengan material yang lain. Nyatanya material kaca disusun dari olahan dengan tingkatan kepadatan yang besar.

Ini tentunya membuat kaca bertabiat kedap cairan. Karenanya, meja kaca tidak mudah meresap bercak yang melekat. Cukup dengan menyekanya dengan lap tekstil dapur ataupun cairan pembersih kaca, kalian dapat senantiasa memperoleh tampilan meja kaca yang sempurna.

Dibanding material semacam kayu ataupun pulp, meja kaca dapat dibilang lebih awet. Ini dikarenakan material kaca memanglah mempunyai energi tahan yang besar serta bagus terhadap pergantian temperatur sampai-sampai muai panjang serta muai susutnya enggak terlampau besar.

Kalian bakal jarang menemukan meja kaca yang material kacanya seketika mengendur ataupun berongga antar bagiannya meski sudah berumur lama di rumahmu.

Material penyusun meja kaca pula cuma dapat sirna apabila mengalami tekanan dalam jumlah besar ataupun beban yang berat. Tetapi dikala ini dengan hadirnya tipe kaca tempered glass ketahanan meja dengan olahan yang satu ini terhadap beban jauh lebih baik.

Jenis-Jenis Meja Kaca

Meja makan
Tidak hanya meja kayu, meja kaca pun banyak digunakan sebagai meja makan spesialnya kaca bening yang dapat membuat dapur di rumahmu terkesan lebih luas berkat watak kaca yang dapat meneruskan sekalian memantulkan sinar.

Karenanya ruangan yang terdapat meja kaca di dalamnya dapat jadi nampak lebih cerah serta memunculkan kesan jika ruangan tersebut lebih besar dari yang sesungguhnya. Dan tentunya dapur mu terasa lega seakan tanpa sekat- sekat.

Meja kerja
Umumnya meja kaca mengenakan jenis kaca yang halus dan rata. Karena permukaannya yang rata membuat meja kaca sangat sempurna digunakan buat aktivitas bekerja semacam menulis, menggambar, dan sebagainya.

Enggak cuma itu, permukaan meja kaca yang rata pula tidak mudah berubah seperti yang kamu temukan pada meja kayu maupun pulp. Biasanya, meja kayu lama kelamaan cenderung berubah cekung di bagian tertentu yang amat sering terkena tekanan beban berat. Ini enggak bakal kamu temui di permukaan meja kaca.

Jadi bakal cocok banget buat kamu yang bekerja didunia seni atau dunia arsitek yang mengharuskan untuk menulis, menggambar dan sebagainya.

Kamu juga bisa dapatkan meja kaca dengan kualitas terbaik di IKEA, Ace Hardware, Informa dan toko-toko meja lainnya.

Cara Merawat Meja Kaca

1.Bersihkan seluruh debu di atas meja dengan gosok lembut.
Cara awal untuk membersihkan meja kaca tentunya dengan membersihkan debu yang menempel pada permukaan kaca agar jika kita akan mengelap meja kaca dengan kain basah tidak ada debu yang menempel.

2. Kemudian, bilas meja makan dengan kain basah.
Lap meja kamu dengan lembut dan gunakan gerakan memutar. Lalu biarkan meja makan kering serta percikan air garam di atasnya. Gunakan pula kain kering yang bersih buat menghapus serta mensterilkan meja ruang makan Kamu. Biarkan sampai kering sepanjang 5 menit.

3. Ambil baskom yang telah diisi air hangat, taburi 2 sendok makan pewangi.
Celupkan kain penyerap dalam air hangat yang sudah diberi pewangi. Biarkan sampai mengering, ini akan membuat meja kaca nampak baru, bersih dan dengan aroma yang lebih wangi.

Pilih Mana: Meja Kayu atau Meja Kaca?

Meja KayuMeja Kaca
Kelebihan - Kokoh - Mudah diolah - Lebih awet- Modern dan artistik - Tersedia dalam berbagai bentuk dan desain - Membuat ruangan terlihat luas
Kekurangan- Harga yang sangat mahal - Ada kemungkinan dimakan rayap - Mudah pecah - Mudah terjadi noda oksidasi

Kesimpulan

Meja Kayu atau Meja Kaca menjadi salah satu furniture agar ruangan didalam rumah kita tampak bagus dan artistik. Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing diantara meja kayu dan meja kaca tidak menjadi penghalang bagi orang-orang yang minat dengan kedua jenis meja tersebut. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Meja Kayu vs Meja Kaca

VS

Leave a Reply