Pilih Mana: Meja Kayu Jati atau Meja Kayu Mahoni?

Loading...

Kita pantas berbangga sebagai salah satu bagian dari warga negara Indonesia, karena negara Indonesia dilimpahi dengan sumber daya alamnya yang amat banyak. Di tiap sudut Nusantara, kita mampu dengan mudah melihat keberagaman sumber alam yang ada, dari yang tanah hingga lautan, tambang hingga perhutanan. Salah satu perolehan hutan yang banyak digunakan oleh sebagian besar warga Indonesia ialah kayu. Kayu dapat diolah sebagai bermacam- macam keperluan semacam kertas, mebel ataupun furnitur. Dalam pembuatan furnitur dengan menggunakan bahan baku kayu yang populer adalah menggunakan bahan baku kayu jati dan mahoni. Oleh karena itu akan kita bahas artikel di bawah ini mari simak..

Kayu Jati

Kayu jati banyak ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jati biasanya memiliki warna kecoklatan, dan coraknya yang cantik membuat kayu ini sangat diminati masyarakat sebagai bahan dasar mebel. Pada industri perkayuan yang laris, seperti pusat-pusat mebel di wilayah Jepara menunjukkan, kayu jati menjadi kayu yang paling laris di antara jenis kayu lain. Oleh sebab itu, wajar apabila tanaman jati menjadi primadona bagi bahan baku pembuatan furnitur.

Kayu jati memiliki karakter kekuatan yang baik, meski tidak masuk sebagai kayu kelas I dilihat dari kekuatannya. Kayu jati memiliki daya tahan atau masa pakai yang cukup lama, bahkan beberapa produk jati malahan ada yang berumur ratusan tahun. Sayangnya, harga kayu jati lebih mahal dari pada kayu lainya, sehingga wajar saja kalau produk olahan kayu jati harganya sangat mahal. Baca juga Pilih Mana: Meja Kayu atau Meja Kaca?

Keunggulan Meja Jati

Dari Segi Estetika Menarik
Keunggulan pertama meja jati bisa dilihat pada aspek estetikanya. Jati punya kekhasan baik pada warnanya ataupun pada pola seratnya. Kalau Anda sudah biasa di industri furniture, keindahan khas jati pasti sangat mudah diidentifikasi. Keindahan seperti ini tak akan bisa Anda dapatkan secara mudah pada berbagai kayu lainnya. Apalagi pada bahan non kayu seperti bahan logam dan plastik. Ada kesan tersendiri yang mampu diciptakan kayu. Kesan tersebut antara lain kesan organic atau natural dan kesan relaks. Duduk dengan meja jati di depan kita pasti beda rasanya ketika yang dihadapi adalah meja plastik. Pada meja jati, kesan berkelas juga ditimbulkan yang membuat meja tersebut makin memukau secara estetika.

Tahan Jamur
Dihadapkan pada jamur, meja kayu jati seolah memiliki perisai tak tembus pandang. Kayu ini benar-benar memiliki ketahanan ekstra terhadap organisme pembusuk tersebut. Jati mengandung zat tanin yang rupanya bersifat toksik pada organisme. Oleh karena kandungan tanin-nya inilah, meja jati bisa tetap menawan sedang meja dari kayu lainnya penuh dengan jamur.

Tahan Serangga
Selain memiliki ketahanan terhadap jamur, jati juga memiliki ketahanan terhadap serangga. Inilah yang menjadikan meja kayu jati punya poin plus tambahan. Jati, khususnya, sangat tahan terhadap rayap dan kumbang pengebor atau tortor. Apalagi kayu jati yang sudah tua. Ada dua faktor yang membuat rayap tidak menyukai kayu jati. Pertama, kayu ini sangat padat. Jati merupakan kayu yang kokoh dan tak mudah dimakan oleh rayap. Kedua, kayu ini mengandung tanin.

Tannin sendiri rupanya bukan hanya tak disukai oleh jamur dan bakteri pembusuk, namun juga tidak disukai oleh berbagai serangga perusak. Anda pun tak perlu khawatir dengan fenomena meja rapuh seperti saat menggunakan meja kayu non jati.

Kokoh dan Berat
Meja kayu jati memiliki kekokohan yang sangat baik. Beratnya juga sangat ideal. Meja ini tak seringan ketika hendak dipindahkan seperti meja dari plastik. Tapi hal tersebut justru menjadi kelebihannya sendiri. Sebab dengan bobot yang ideal, produk yang dihasilkan justru menjadi lebih kokoh dan tidak ringkih.

Mudah Diolah
Kayu ini merupakan kayu yang mudah diolah. Oleh sebab kemudahannya itu, kita pun sering melihat meja kayu jati hadir dengan metode pengolahan yang cukup rumit. Misalnya meja jati yang dihias dengan berbagai jenis carved atau ukiran. Jangan salah, tak semua kayu bisa diolah dengan teknik ukiran. Banyak kayu yang sangat keras sehingga sulit dibentuk. Beberapa yang lain juga ada yang sangat ringkih. Sehingga ketika diolah malah kayu-kayu tersebut mudah patah dan rusak.

Mudah Difinish
Keunggulan terakhir meja kayu jati namun tak kalah penting terletak pada kemudahannya saat difinish. Jati tidak seperti pinus yang ketika diterapkan warna, hasilnya tidak seragam. Kayu ini bisa menghasilkan warna seragam asalkan metode finishingnya baik. Ia tidak akan menyulitkan karena tingkat penyerapan permukaannya merata.

Loading...

Tak heran, meja jati di pasaran sering hadir dengan berbagai warna. Meski warna yang dominan tetap warna natural untuk memperkuat keindahan alami jati itu sendiri.

Kekurangan Meja Kayu Jati

Harga yang Sangat Mahal
Aspek pertama yang menjadi kekurangan meja kayu jati adalah harganya yang sangat mahal. Dibanding meja kayu lainnya, harga meja jati bisa mencapai beberapa kali lipatnya. Apalagi meja jati yang sudah tua. Keindahan dan kekokohannya akan membuat meja tersebut harus dibeli dengan harga setinggi langit.

Memang, di pasaran juga ada meja jati yang lebih terjangkau. Namun, Anda perlu waspada. Bisa saja mebel tersebut terbuat dari jati muda. Bukan jati tua. Jati muda memang lebih murah, namun kualitasnya tetap tidak sebaik jati tua.

Yang Tua Mulai Sulit Dicari
Meskipun harganya mahal, meja jati tetaplah meja favorit bagi masyarakat. Tak heran demand atau permintaan meja kayu jati demikian tinggi. Hal ini tak hanya membuat harga jati menjadi meningkat. Selain harga yang menjadi tinggi, meja jati pun makin susah dicari. Apalagi meja yang dibuat dari kayu jati tua. Lebih banyak meja jati muda dibanding meja jati tua di pasaran saat ini.

Kayu Mahoni

Dalam industri permebelan, kayu mahoni sesungguhnya termasuk kayu yang sangat mewah. Kayunya yang sangat keras dan memiliki pori-pori yang kecil. Ini kelebihannya, sehingga kayu mahoni bisa digunakan untuk produk apapun baik untuk mebel ataupun alat musik.

Kayu mahoni memiliki warna yang cantik yaitu kemerahan, dan teksturnya cantik walaupun tidak terlalu terlihat. Dibandingkan kayu jati, kayu mahoni memiliki harga yang lebih murah. Kayu ini sangat terkenal di negara-negara Eropa dan Amerika, karena mereka menganggap kayu ini mewah.

Dan mayoritas yang diekspor dari industri mebel di Jepara ke Eropa dan Amerika adalah produk berbahan kayu mahoni. Dan furnitur dengan bahan baku kayu mahoni dapat kalian temukan di ACE Hardware.

Kelebihan Kayu Mahoni

Kuat Dan Tahan Lama
Kualitas mahoni hampir seimbang dengan jati. Sama halnya dengan jati, mahoni memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik, selain itu juga memiliki masa pakai yang cukup lama. Jadi jangan ragu untuk membeli perabotan yang terbuat dari mahoni.

Harga Lebih Murah Dari Pada Jati.
Tentu kita ketahui kayu jati memang memiliki kualitas yang baik, namun harga kayu jati semakin mahal setiap harinya. Dan hal tersebut menjadikan mehoni menjadi kayu pilihan selain jati, mahoni memiliki harga yang jauh lebih murah, namun memiliki kualitas yang hampir seimbang dengan jati, jadi mahoni bisa menjadi alternatif jika kalian ingin yang lebih murah.

Tidak Mudah Susut Atau Ngulet
Kayu mahoni yang sangat stabil, karena mahoni tidak mudah mengalami penyusutan dan perubahan bentuk (ngulet), dan hal tersebut yang membuat kayu mahoni banyak digunakan dalam industri biola, gitar, piano dan alat musik lainnya. Bahkan ada beberapa produk dari mahoni harganya ratusan juta. sedangkan di indonesia umumnya buat furniture seperti, lemari, kursi, meja, tempat tidur, buffet, dan masih banyak lagi.

Memiliki serat Yang halus
Serat kayu yang dimiliki jenis kayu ini sangat halus dan memiliki beragam corak, hal tersebut yang membuatnya bagus jika difinishing dengan warna natural ataupun warna klasik klasik.

Pori-Pori kecil
Pori-pori yang dimiliki kayu mahoni sangat kecil sehingga cocok jika difinishing dengan model cat duco, berbeda sekali dengan kayu jati yang memiliki pori yang lebih besar sehingga susah jika di buat model duco. Tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Tentu saja kekeringan syarat utamanya.

Kekurangan Kayu Mahoni

Kayu Mahoni Mudah Diserang Hama.
Kayu mahoni memang cukup rawan untuk di serang hama, perlu diperlakukan khusus saat proses oven dan dalam penyimpanan bahan bakunya. Karena saat masih menjadi bahan baku sering sekali saya mendapati hama pada kayu dan membuatnya berlubang-lubang sehingga tidak layak dipakai. Bahkan terkadang saat produk sudah jadi juga dihinggapi hama. Solusinya adalah memberi obat kayu agar hama mati dan tidak datang lagi

Tidak Cocok Buat Outdoor
Jarang sekali meja mahoni di letakan di outdoor. Karena meja kayu mahoni lebih rentan terkena hama dan masa nya akan berkurang menjadi cepat rusak.

Pilih Mana: Meja Kayu Jati atau Meja Kayu Mahoni?

Meja Kayu Jati Meja Kayu Mahoni
Kelebihan - Mudah difinish - Tahan terhadap faktor perusak abiotik- Lebih murah dibandingkan kayu jati - Lebih ringan
Kekurangan- Harga yang sangat mahal - Rentan membuat alat woodworking tumpul- Mudah berjamur - Mudah dihinggapi rayap

Kesimpulan

Meja kayu jati dan Meja kayu mahoni mempunyai keunggulan dan kelemahan nya masing-masing seperti yang di jelaskan pada artikel di atas. Dan dapat anda pilih sesuai dengan selera dan tema ruangan yang di inginkan. Jika kalian ingin membeli meja kayu yang tidak menguras kantong meja kayu mahonilah yang dapat menjadi pilihan tepat. Tetapi jika kalian ingin sekaligus menginvestasi meja kayu jati bisa menjadi pilihan anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Meja Kayu Jati VS Meja Kayu Mahoni

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *