HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Meja Makan Persegi atau Meja Makan Bundar?

Furniture yang sangat penting di area makan, tentunya meja makan. Dengan ukuran yang sangat besar akan mengambil area ruang serta konsep secara keseluruhan. Untuk itu janganlah sampai salah membeli meja makan. Baik ukuran, bentuk maupun tema desain ruangan. Dalam memilih meja makan, hal awal yang wajib dilakukan adalah memastikan ukuran meja makan yang akan dibeli. Biasanya tergantung dari anggota keluarga, bisa 4 kursi atau 6 kursi. Seperti Meja Makan Persegi dan Meja Makan Bundar merupakan jenis Meja Makan yang banyak diminati oleh ibu rumah tangga untuk mengisi ruang makan mereka menjadi lebih menarik. Dibawah ini saya akan menjelaskan mengenai Meja Makan Persegi dan Meja Makan Bundar.

Pengertian Meja Makan

Meja merupakan salah satu produk furniture yang berupa permukaan datar yang disokong oleh beberapa kaki. Meja sering digunakan untuk menaruh benda dan makanan dengan ketinggian tertentu supaya mudah dijangkau saat kita duduk. Meja biasanya mempunyai 4 kaki dan dipasangkan dengan kursi, salah satunya adalah meja makan.

Meja makan pada dasarnya mempunyai 2 bentuk, yaitu bundar dan kotak. Walaupun bentuk itu sederhana dan mempunyai fungsi yang sama, sebenarnya bentuk itu mempunyai perbedaan yang signifikan jika diletakkan di meja makan. Biasanya meja makan diletakkan di bagian tengah ruang makan dengan kursi yang diletakkan di sekitar meja.

Tujuannya adalah menghasilkan suasana yang bersahabat disaat menyantap hidangan. Tetapi, tidak ada salahnya menaruh meja makan menempel dengan dinding. Meja makan dengan posisi semacam ini umumnya dilakukan karena ukuran ruangan yang tidak terlalu besar.

Meja makan muncul dengan berbagai macam bentuk, tinggi, dan bahan pembuat yang ditujukan untuk membuat desain interior, style, dan tujuan penggunaan. Biasanya meja memiliki bentuk permukaan datar dan dasar yang terdiri dari satu kaki atau lebih sebagai penopangnya.

Untuk meja dengan satu kaki biasanya digunakan untuk menghias ruang makan. Sedangkan untuk meja-meja yang panjang biasanya dilengkapi dengan kaki tambahan sebagai dukungannya. Baca juga Pilih Mana: Kursi Kayu atau Kursi Rotan?

Meja Makan Persegi

Meja makan persegi merupakan pilihan yang pas untuk duduk berkumpul baik dengan kursi atau tatami( karpet Jepang) dan untuk makan. Bukan permasalahan jika kamu makan di meja atau di lantai, yang sangat penting adalah perabotan ruang makan kamu memenuhi syarat sebagai teman makan yang baik.

Meja makan persegi sempurna untuk ruangan memanjang. Meja makan jenis ini juga tidak makan banyak tempat. Meja makan persegi bisa ditempatkan menempel pada dinding jika ruang makan tidak terlalu luas.

Faktor keamanan meja makan persegi ditentukan oleh koneksi dari bagian-bagian dari meja dan kursi. Terlebih jika kamu berniat untuk memilih meja yang terbuat dari kaca, pastikan kalau ujung-ujungnya dalam bevel khusus.

Sama pentingnya dalam memilih makan meja persegi adalah style yang diadopsi oleh ruang yang relevan. Untuk style interior minimalis, kamu wajib memilih kursi dan meja makan yang tidak terlalu banyak detail, sebaliknya untuk yang lain kamu wajib menyesuaikan tema ruang yang ada.

Keunggulan Meja Makan Persegi

Jenis meja makan berbentuk persegi. Meja jenis ini menjadi pilihan yang pas, terutama jika kamu memiliki anggota keluarga yang tidak terlalu banyak di rumah. Jika pun kamu perlu untuk menjamu banyak orang, 2 meja persegi bisa dikelompokkan bersama- sama untuk membuat pengaturan tempat duduk persegi jauh yang lebih besar untuk acara-acara khusus.

Manfaat menggunakan meja persegi, dari bentuknya akan memberikan keintiman dan kehangatan untuk keluarga kecil. Saat meja makan dalam sebagian besar waktu hanya digunakan oleh 2-3 orang saja.

Kamu bisa mendapatkan meja makan bentuk persegi ini di toko seperti Ace Hardware dengan harga yang cukup bervariasi.

Meja Makan Bundar

Ketika memilih meja makan bundar, salah satu aspek yang bisa menjadi bahan pertimbangan merupakan posisi kaki meja. Biasanya meja makan bundar disangga oleh satu kaki meja di tengah, bukan berkaki 4 seperti meja makan persegi panjang.

Meja makan bundar akan membuat semua orang merasa nyaman karena kaki mereka tidak terantuk kaki meja makan. Ruang makan dan dapur di satu tempat adalah solusi sempurna untuk rumah kecil.

Meja makan bundar merupakan alternatif estetis penting serta memiliki beberapa keunggulan. Meja makan bundar lebih bersahabat, serbaguna, hangat dan nyaman untuk peserta makan bersama.

Kaki meja makan bundar memungkinkan pergerakan yang nyaman dan tidak ada ujung yang mengakibatkan sakit hingga luka. Tetapi meja makan bundar membutuhkan ruang khusus dan tidak sesuai untuk acara makan bersama yang mengundang banyak orang.

Keunggulan Meja Makan Bundar

Jenis meja makan berbentuk bundar. Meja jenis ini menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mempunyai ruang makan yang sederhana dan menarik. Untuk kamu yang memiliki anggota keluarga yang tidak terlalu banyak, meja makan bentuk ini akan menjadi pilihan pas.

Keunggulan meja makan bentuk ini mempunyai kaki meja yang nyaman yang tdk akan mengakibatkan sakit karena tidak terdapat ujung yang tajam, bentuknya yang bersahabat.

Tips Memilih Meja Makan

Perhatikan Material
Jika ingin meja makan yang terbuat dari kayu, pilihlah material kayu keras asli (hardwood) seperti mahogany, walnut, maple, oak atau jati. Jangan yang bersifat komposit atau gabungan, misalnya MDF (Medium Density Fiberboard).

Ukur Luas Ruangan
Sangat penting untuk mengukur apakah meja makan sesuai untuk luas ruangan Kamu, terutama jika ruang makan berukuran kecil. Jangan sampai meja terlalu besar untuk ruangan kecil, atau terlalu kecil untuk ruangan luas.

Tentukan Bentuk Meja
Terdapat sebagian ketentuan dalam memastikan bentuk meja makan yang sesuai dengan ruangan tertentu. Untuk ruangan kecil, pilihlah meja berbentuk oval agar ada ruang kosong dan tidak membuat ruangan tampak sangat ramai. Meja bentuk bujur sangkar lebih sesuai untuk ruangan kecil, sedangkan persegi panjang sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang luas.

Periksa Dimensi Meja
Kebanyakan meja makan mempunyai ketinggian standar antara 28- 30 inci. Besar meja yang sangat nyaman dapat memberi ruang yang cukup di atas lutut serta sejajar dengan siku tangan ketika Kamu duduk.

Sedangkan lebarnya, baik itu oval, bujur sangkar, bundar atau persegi panjang mempunyai standar lebar 36 inci ke atas, tergantung jumlah orang. Sebagai contoh, meja oval dengan panjang 84 inci, bisa mengakomodasi hingga 10 orang.

Kamu bisa mendapatkan meja makan bentuk bundar ini di toko seperti Ace Hardware dengan harga yang cukup bervariasi.

Pilih Mana: Meja Makan Persegi atau Meja Makan Bundar?

Meja Makan PersegiMeja Makan Bundar
Kelebihan - Lebih banyak muatan untuk orang - Bisa ditempelkan didinding- Cocok untuk ruangn kecil dan membuat ruangan minimalis - Meja makan bundar lebih trendi
Kekurangan- Terkadang ujungnya lancip dan tajam - Tidak cocok untuk rungan yang kecil- Tidak bisa ditempelkan didinding - Tidak bisa menaruh banyak makanan

Kesimpulan:

Meja Makan Persegi ataupun Meja Makan Bundar adalah pilihan meja makan yang sangat bagus untuk mengisi ruangan makan kamu. Sesuaikan dengan selera kamu saja, kamu lebih suka yang persegi atau yang bundar. Selain itu kamu juga harus memahami rungan kamu, jika tidak terlalu luas mungkin Meja Makan Bundar bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk mengisi ruangan makan kamu. Sebaliknya jika ruangan makan kamu cukup luas, Meja Makan Persegi bisa menjadi pilihan kamu. Dan kamu juga bisa mendapatkan bentuk meja makan yang kamu inginkan di toko seperti Ace Hardware dengan berbagai macam harganya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Meja Makan Persegi vs Meja Makan Bundar

VS

Leave a Reply