KesehatanLainnya

Pilih mana: Menstrual Cup vs Pembalut?

Bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi mungkin akan sangat penting memiliki benda kali ini. Seiring berjalannya waktu banyak sekali produk yang bisa memudahkan wanita untuk mengatasi permasalahan ini.

Nah, pasti Anda mengenalnya dengan nama pembalut. Namun kini, semakin modernnya zaman hadir inovasi terbaru dengan menghadirkan Menstrual Cup. Menstrual cup ini merupakan alat penampung darah ketika menstruasi yang terbuat dari bahan karet dan silikon.

Menstrual Cup dan Pembalut memiliki kegunaan yang mirip yaitu sama-sama menampung darah menstruasi. Tetapi keduanya juga memiliki kekurangan masing-masing,loh. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam dari keduanya. Langsung saja simak pembahasannya di Selera.id.

Menstrual Cup vs Pembalut

Menstrual Cup

Menstrual Cup merupakan adalah produk pengganti pembalut yang berbentuk corong dan terbuat dari karet atau silikon. Berbeda dengan pads atau tampon, menstrual cup hanya berfungsi menampung darah menstruasi, bukan menyerapnya.

Produk satu ini juga dikenal sebagai cangkir menstruasi. Tentu semakin berkembangnya teknologi, berbagai produk pun hadir dan diciptakan untuk memudahkan penggunanya termasuk Menstrual Cup ini.

Jika Anda penasaran ingin mencoba produk pengganti pembalut ini. Anda bisa menyimak beberapa kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu agar bisa mempertimbangkan apakah produk sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Baca juga: 7 Merk Pembalut Terbaik 2020

Kelebihan Menstrual Cup

Berikut ini Kelebihan Menstrual Cup:

  • Lebih Aman digunakan
    Kelebihan pertama yang terdapat pada produk ini ada pada keamanan penggunanya. Menstrual cup hanya akan menampung darah dan tidak menyerapnya. Hal ini akan menurunkan resiko terjadinya infeksi bakteri. Selain itu, produk ini juga lebih tidak berisiko menyebabkan lecet atau ruam, yang terkadang muncul saat menggunakan pembalut (pads).
  • Ramah lingkungan dan tahan lama
    Menstrual cup sendiri merupakan produk pengganti pembalut yang ramah lingkungan loh, karena dapat dipakai kembali setelah dicuci. Daya tahannya pun cukup lama, yaitu 6 bulan hingga 10 tahun, tergantung jenis dan perawatannya.
  • Memiliki daya tampung yang cukup besar
    Dibanding dengan pembalut produk Menstrual cup dapat menampung darah hingga sekitar 40 ml. Daya tampung ini lebih besar dibandingkan metode lain, misalnya tampon yang hanya dapat menyerap darah sekitar 7 ml. Anda juga tidak perlu repot mengganti tiap beberapa jam. Karena menstrual cup dapat dipakai lebih lama, yaitu sekitar 6-12 jam dalam sehari.

Menstrual Cup vs Pembalut

Kekurangan Menstrual Cup

Berikut ini Kekurangan Menstrual Cup:

  • Membutuhkan perawatan ekstra
    Jika dibandingkan dengan pembalut, Anda tidak perlu melakukan perawatan lebih karena ketika menggunakan Anda hanya perlu mencuci lalu dibuang sekali pakai. Sedang Menstrual cup harus selalu dicuci bersih setelah digunakan. Selain itu, produk ini juga perlu disterilisasi (direbus di air mendidih) setiap bulan. Tanpa perawatan yang telaten, penggunaan pembalut ini justru akan meningkatkan risiko terjadinya sejumlah gangguan kesehatan, seperti iritasi dan infeksi.
  • Penggunaan yang kurang praktis
    Kekurangan yang ada pada menstrual cup ini jika tidak telaten melepaskan seperti proses mencabut menstrual cup bisa membuat darah haid terciprat dan tercecer, bila tidak dilakukan dengan hati-hati. Hal ini justru akan terlihat lebih berantakan dan membuatnya kurang praktis digunakan.
  • Pemilihan ukuran yang cenderung sukar
    Menstrual cup tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga Anda mungkin perlu mencoba beberapa ukuran terlebih dulu sebelum menemukan yang paling cocok. Hal ini bahkan bisa menjadi lebih sulit jika ukuran yang Anda pilih justru tidak sesuai.

Tips Menggunakan Menstrual Cup

  1. Tips pertama, lumasi bibir corong menstrual cup dengan air atau pelumas berbahan air, agar lebih mudah dimasukkan.
  2. Kemudian jepit atau lipat corong menstrual cup menjadi dua dengan salah satu tangan.
  3. Setelah itu, masukkan corong ini (dalam keadaan terlipat dan menghadap atas) ke dalam vagina secara perlahan. Jika sudah corong otomatis akan terbuka kembali dan terpasang pada posisinya, yaitu beberapa cm di dalam saluran leher rahim.
  4. Terakhir, masukkan kembali jari Anda sedikit ke dalam vagina dan putar bagian bawah corong untuk memasang segel kedap udara, sehingga darah menstruasi tidak bocor.
Lihat juga:  7 Merk Pembalut Terbaik 2020

Pembalut

Pembalut merupakan salah satu produk yang digunakan oleh wanita di saat menstruasi. Pembalut memiliki fungsi untuk menyerap darah supaya tidak meleleh ke mana-mana. Selain saat menstruasi, pembalut juga bisa Anda gunakan setelah pembedahan vagina, setelah melahirkan, sesudah aborsi, maupun situasi lainnya yang membutuhkan pembalut ini untuk menyerap setiap cairan.

Pembalut tidak sama dengan popok loh. Pembalut khusus digunakan untuk wanita yang sedang mengalami fase menstruasi. Kini ada banyak pembalut yang hadir di berbagai pasar dan toko bahkan supermarket dengan harga yang bervariatif. Baca juga: Pilih Mana: Salep atau Plester Untuk Obat Luka?

Kemasan dan bentuk pembalut juga tersedia sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Jadi, Anda bisa memilih sesuai dengan kenyamanan Anda. Adapun kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada pembalut. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya:

Kelebihan Pembalut

Berikut ini Kelebihan Pembalut:

  • Memiliki banyak varian
    Jika dibandingkan dengan menstrual cup, kelebihan satu ini sangat jauh berbeda karena pembalut sudah lama hadir dan menemani penggunanya. Sehingga ada banyak varian jenis serta bentuk yang dikeluarkan oleh brand-brand kecantikan ini.
  • Sangat nyaman digunakan
    Seperti yang telah diterangkan di atas, pembalut memiliki banyak varian jenis dan bentuk yang mengikuti pola tubuh Anda. Jadi, Anda akan sangat nyaman menggunakannya sekalipun dalam keadaan yang aktif sekalipun. Anda hanya tinggal menyesuaikan pembalut Anda dengan kebutuhan saja.
  • Penggunaan yang praktis
    Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh pembalut yaitu penggunaannya yang tidak ribet seperti menstrual cup. Anda juga sangat mudah memakainya. Tidak perlu repot membersihkannya terlebih dahulu sebelum dipakai. Karena kemasannya praktis, Anda tinggal memakainya.

Menstrual Cup vs Pembalut

Kekurangan Pembalut

Berikut ini Kekurangan Pembalut:

  • Memicu iritasi
    Kekurangan dari pembalut sendiri yaitu terdapat pada pemakaiannya, meskipun praktis namun jika menggunakannya dalam waktu lama seringkali membuat pemakainya mengalami iritasi atau tergores. Oleh karena itu pemilihan merk pembalut sangat penting Anda perhatikan.
  • Tidak bertahan lama
    Terkadang produk sekali pakai kerap kali membuat Anda akan sangat repot untuk mengganti berulang-ulang. Hal ini terjadi pada pembalut, tidak seperti menstrual cup yang bisa bertahan lama justru pembalut harus sering diganti agar tidak menimbulkan iritasi dan rasa gatal.
  • Rentan luka dan rasa gatal
    Jika tidak mengganti pembalut juga beresiko menimbulkan gangguan kesehatan loh. Bahkan bila pembalut Anda lembabnya turut memengaruhi kondisi sekitar daerah sensitif Anda. Ini pun mampu membuat kulit Anda rentan akan luka gores dan rasa gatal setelah pemakaiannya.

Tips Menggunakan Pembalut

Sebelum meletakkan pembalut ke celana dalam, buka terlebih dahulu bagian kertas perekat di bawah pembalut. Jika seluruh bagian sensitif sudah tertutup dan Anda merasa nyaman, barulah kemudian lepaskan kertas perekat dari bagian sayapnya.

Nah, Adapun untuk pembalut yang bisa dimanfaatkan ulang, Anda harus terlebih dahulu merendamnya di air hangat bersabun setelah selesai digunakan. Dan jangan lupa pakai sabun serta bersihkan dengan tangan. Setelah kering, baru bisa Anda gunakan kembali.

Pilih mana: Menstrual Cup vs Pembalut?

Keterangan Menstrual Cup Pembalut
Kelebihan -Lebih Aman digunakan -Ramah lingkungan dan tahan lama -Memiliki daya tampung yang cukup besar-Memiliki banyak varian -Sangat nyaman digunakan -Penggunaan yang praktis
Kekurangan -Membutuhkan perawatan ekstra -Penggunaan yang kurang praktis -Pemilihan ukuran yang cenderung sukar-Memicu iritasi -Tidak bertahan lama -Rentan luka dan rasa gatal

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai Menstrual Cup dan Pembalut diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin mencoba varian bentuk lain maka menstrual cup bisa Anda pilih.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Menstrual Cup vs Pembalut

VS

Leave a Reply