Makanan dan MinumanMasak

Pilih Mana: Mentega atau Margarin?

Mentega dan margarin bukanlah bahan makanan yang asing buat orang Indonesia. Kedua bahan ini juga sering digunakan untuk campuran adonan kue, roti kering, bahkan menjadi olesan roti tawar. Sayangnya tidak semua orang tau kalau kedua bahan ini ternyata sama sekali berbeda. Banyak juga yang akhirnya salah sebut margarin sebagai mentega dan mentega jadi margarin. Apasih bedanya? Akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini dan juga manfaat dari keduanya ya..

Mentega

Mentega Mentega berasal dari bahasa Portugis yakni manteiga. Mentega ialah produk olahan yang terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan air, garam dan susu. Dilihat dari rupanya yang memiliki warna yang kuning. Selain itu teksturnya memiliki tekstur yang lembut atau kaku seperti sabun batang. Secara kandungan memang mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi sesuai batas jumlah kalorinya. Namun mentega lebih mengandung lemak alami dan memiliki nutrisi yang kaya. Baca juga Pilih Mana: Minyak Wijen atau Minyak Zaitun?

Manfaat Mentega

Sumber Antioksidan
Mentega kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, mengkonsumsi mentega juga dapat mencegah melemahnya arteri dan saraf. Kehadiran mentega juga diyakini dapat membangun sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih kuat.

Kaya Akan Vitamin K
Manfaat mentega selanjutnya yaitu dapat mengobati masalah seperti osteoporosis dan arthritis karena mentega mengandung vitamin K. Di sisi lain, mentega juga berkhasiat mengatasi nyeri sendi pada wanita serta memperkuat otot.

Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah, Serta Melawan Kanker
Mentega mengandung vitamin A, vitamin E, selenium yang berperan sebagai antioksidan sehingga membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker juga mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah. Senyawa lecithin yang terdapat pada mentega juga membantu metabolisme kolesterol dan jenis lemak lainnya. Hal ini dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.

Mencegah Infeksi Jamur
Mentega kaya akan asam laurat yang berfungsi untuk mencegah infeksi jamur pada tubuh. Selain itu, makanan ini juga berguna untuk mencegah terhadap infeksi seperti kurap.

Menyehatkan Mata
Manfaat mentega berikutnya yaitu dapat menyehatkan mata karena kaya akan vitamin A. Di samping itu, mengkonsumsi mentega juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tiroid dan mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon.

Margarin

Salah satu bahan makanan yang juga merupakan produk emulsi adalah margarin. Margarin yang diambil dari kata “margarine” dalam bahasa Inggris ini, biasanya terbuat dari lemak nabati dan kandungan lemak jenuhnya lebih sedikit daripada mentega. Margarin kaya akan lemak tak jenuh yang mengandung omega-3 dan omega-6.

Margarin dibuat dari lemak nabati, sedangkan mentega dibuat dari lemak hewani. Kalau di Indonesia, margarin biasanya dibuat dari minyak kelapa sawit yang diproses bersama dengan air dan garam dengan perbandingan tertentu. Dan karena margarin ini dibuat dari lemak nabati, margarin cenderung lebih rendah kolesterol. Dan dari sisi ekonomis, margarin lebih murah ketimbang mentega.  Untuk margarin yang terkenal dapat anda coba margarin merk Palmia.

Manfaat Margarin

Menjaga Kesehatan Kulit.
Kulit sehat dan bercahaya tentunya menjadi impian semua orang. Ternyata manfaat mentega bisa juga membantu kita dalam menjaganya. Lemak yang terkandung dalam mentega dapat mencegah jerawat dan bintik-bintik pada kulit.

Obat untuk Osteoporosis dan Arthritis
Mentega memiliki nutrisi yang kompleks. Tidak hanya mineral vitamin namun juga ada nutrisi lain yang membantu memperkuat struktur tulang kita seperti kandungan kalsium. Konsumsi mentega dalam jumlah cukup dapat mencegah rasa nyeri sendi dan dapat membantu penguatan otot dan tulang.

Terhindar dari Penyakit Kronis
Penyakit kronis seperti kanker, jantung koroner dan lain-lain dapat dicegah karena kandungan vitamin dan lemak jenuh yang dapat mencegah pembekuan darah.

Pencegahan Infeksi Jamur
Kulit rentan terhadap infeksi jamur, seperti kadas dan kurap. Ternyata mentega mampu mencegah infeksi tersebut. kandungan vitamin yang cukup baik terutama vitamin E membantu mencegah infeksi jamur.

Membangun Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat mentega yang kaya akan vitamin dan mineral, mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Konsumsi mentega yang benar dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Membantu Diet Sehat
Kandungan lecithin dalam mentega dapat mengontrol berat badan kita. Karena membantu proses asimilasi kolesterol dapat mencegah peningkatan kadarnya dalam darah. Sehingga tubuh kita dapat mencerna lemak secara efisien.

Pilih Mana: Mentega atau Margarin?

Mentega Margarin
Kelebihan - Sumber energi yang tinggi - Memberikan asupan vitamin A, kalsium, dan vitamin D - Memberi rasa gurih- Margarin aman disimpan dalam suhu ruang tanpa harus takut meleleh - Warna kuning yang menggugah selera - Produk turunan dari minyak kelapa sawit dan mengandung lemak tak jenuh yang aman bagi kesehatan
Kekurangan - Kalori yang cukup tinggi - Mengandung lemak jahat- Kurang harum dibandingkan mentega - Mengandung lemak jahat

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita ketahui bahwa Mentega adalah sumber alami untuk vitamin A, D, clan E. Selain itu, mentega juga mengandung lemak trans alami yang bisa mengurangi obesitas. Tetapi jika kalian lebih menyukai margarinketimbang mentega, Kalian dapat membeli jenis soft margarine, biasanya dijual dalam kemasan mangkuk. Margarin jenis itu mengandung lebih sedikit trans fat daripada yang dijual dalam bentuk batangan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mentega VS Margarin

VS

 

Leave a Reply