ElektronikHome

Pilih Mana: Mesin Cuci Panasonic atau Sharp?

Mesin cuci saat ini adalah kebutuhan yang penting dalam rumah tangga. Dengan berkembangnya teknologi serta minat manusia akan segala hal yang serba praktis. Maka permintaan akan pasar elektronik pun semakin meningkat. Berbagai brand ternama pun menjadi pesaing untuk menghadirkan mesin cuci terbaik salah satu contohnya antara Mesin Cuci Panasonic atau Sharp.

Pada artikel kali ini kami akan membandingakn kedua mesin cuci Panasonic dan Sharp untuk melihat mesin cuci mana yang lebih unggul dalam persaingan ini, Langsung saja kita bahas dibawah ini.

Mesin Cuci Panasonic

Panasonic Corporation adalah sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berbasis di Osaka, Jepang. Perusahaan elektronik ini pertama kali didirikan sejak bulan Maret 1918 dan saat ini telah berkembang menjadi salah satu produsen elektronik terbesar di Jepang bersama dengan Sony, Toshiba, Sharp Corporation, dan Canon. Baca juga Pilih Mana: Mesin Cuci Sharp atau LG?

Produk yang populer salah satunya mesin cuci Panasonic, Mesin cuci Panasonic memiliki banyak tipe. Salah satunya adalah tipe front loading. Tipe ini memiliki banyak fitur kalau dibandingkan dengan tipe 1 tabung atau dua tabung. Karena itu banyak usaha laundry yang sudah menggunakan mesin cuci front loading dari Panasonic untuk membantu melakukan aktivitas hariannya.

Nama Panasonic Corporation sendiri mulai dipakai pada 1 Oktober 2008 yang sebelumnya bernama Matsushita Electric Industrial Co, Ltd sejak tahun 1935.

Kelebihan Mesin Cuci Panasonic

  • Memiliki kualitas yang unggul
    Kelebihan yang pertama pada mesin cuci Panasonic yaitu mesin cuci ini bekali dengan material dengan kualitas unggul sehingga mesin cuci Panasonic terkenal dengan keawetannya.
  • Konsumsi listrik yang lebih kecil
    Umumnya mesin cuci Panasonic ini membutuhkan listrik minimum sebesar 320 Watt saja. Tentu besaran daya ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan mesin cuci single tube atau satu tabung. Meskipun daya yang dipakai tergolong kecil, mesin cuci ini mampu menghasilkan kecepatan putaran sebesar 1100 rpm. Dengan kecepatan ini, cucian yang dihasilkan akan bersih dari noda.
  • Memiliki tabung yang cukup besar
    Kelebihan yang terakhir pada mesin cuci Panasonic ini yaitu memiliki kapasitas tabung yang cukup besar sehingga dapat mencuci pakaian dalam skala besar tanpa membuang waktu yang cukup lama.

Kekurangan Mesin Cuci Panasonic

  • Kemampuan pengeringan yang kurang maksimal
    Kekurangan ini terdapat pada beberapa jenis mesin cuci Panasonic, yaitu pengering nya yang kurang maksimal dalam mengeringkan pakaian, sehingga pakaian harus di jemur lagi dengan waktu yang cukup lama.
  • Konsumsi air lebih banyak
    Kekurangan selanjutnya yaitu, mesin cuci Panasonic ini mengkonsumsi air yang cukup banyak sehingga sedikit boros dalam penggunaan air.
  • Service yang sulit
    Kekurangan yang terakhir pada ,mesin cuci Panasonic ini yaitu, service pada mesin cuci yang mengalami kendala cukup sulit karena sangat sedikit sekali service center yang tersedia.

Mesin Cuci Sharp

Sharp Corporation merupakan salah satu perusahaan yang merancang dan memproduksi peralatan elektronik yang berbasis di Osaka, Jepang.

Sharp pertama kali dibuat sejak 15 Oktober 1912 saat Tokuji Hayakawa mulai mendirikan suatu toko logam di Tokyo.  Selanjutnya Hayakawa mulai mengembangkan penelitian untuk membuat alat catat logam sehingga pada tahun 1915 terciptalah pensil mekanik yang mulai berkembang dengan cepat sejak saat itu. Pada tahun 1916, pensil mekanik Hayakawa yang bernama “Ever-Ready Sharp Pencil” yang menjadi cikal bakal nama perusahaan dan merek dagang dari produk-produk sampai saat ini.

Sharp Corporation mulai mengalami kemunduran dalam bisnis pensil karena dampak gempa bumi yang terjadi di Kanto pada tahun 1923 sehingga membuat perusahaan memutuskan untuk pindah ke Osaka. Di Osaka perusahaan mulai mengembangkan generasi pertama radio Jepang sejak tahun 1925. Selanjutnya pada tahun 1953 Sharp mulai mengembangkan produksi elektronik lainnya seperti mesin cuci.

Kelebihan Mesin Cuci Sharp

  • Harga relatig terjangkau
    Harga mesin cuci Sharp ini sangatlah bersahabat dengan isi kantong Anda, karena Anda dapat membeli mesin cuci 2 tabung sekaligus dengan harga yang masih ramah dikantong.
  • Bisa digunakan tanpa tampungan air dan pompa air otomatis
    Jika Anda menggunakan mesin cuci Sharp ini Anda akan mendapatkan keuntungan ini. Untuk pengisian air, alat ini bisa Anda isi secara manual. Pengisian air bisa Anda lakukan dengan mengisi secara langsung ke tabung sesuai kebutuhan Anda. Atau Anda juga dapat menghubungkan dengan selang air yang disambungkan pada bagian keran air. Hal ini tentu saja akan membuat Anda semakin mudah untuk mencuci apalagi bagi Anda yang tidak memiliki tampungan air seperti tandon atau pompa air otomatis.
  • Hemat mengkonsumsi daya listrik
    Untuk konsumsi listrik pada mesin cuci Sharp ini tidak terlalu besar menggunakan daya listrik, sehingga tagihan listrik tidak akan melonjak naik.

Kekurangan Mesin Cuci Sharp

  • Boros dalam menggunakan air 
    Menggunakan mesin cuci Sharp ini juga akan lebih banyak dalam penggunaan airnya untuk bisa meratakan pada pakaian secara menyeluruh. Semakin besarnya mesin cuci maka akan semakin banyak pula pakaian yang dimasukkan dalam mesin cuci serta hal ini pun juga akan menjadikan air yang dibutuhkan pun juga akan jauh lebih banyak.
  • Memiliki bobot yang cukup berat
    Kekurangan yang lain pada mesin cuci Sharp ini yaitu memiliki bobot yang cukup berat sehingga sulit jika ingin dipindahkan. Kekurangan yang satu inimemang kekurangan mesin cuci pada umumnya.
  • Kurang bisa menghilangkan noda
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada mesin cuci Sharp yaitu mesin cuci ini kurang bisa menghilangkan noda yang membandel pada pakaian, Sehingga untuk menghilangkan noda membandel perlu di cuci ulang dengan manual.
Mesin Cuci Panasonic Mesin Cuci Sharp
MerkPanasonic Sharp
Asal Negara Jepang Jepang.
Rata-Rata Harga Per Oktober 2019Rp. 2.500.000 - Rp. 10.000.000 ++Rp. 1.500.000 - Rp. 5.000.000++

Tips Memilih Mesin Cuci yang Bagus dan Awet

1. Daya Listrik
Tips memilih mesin cuci yang bagus, harus mempertimbangkan daya listrik. Daya listrik merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mesin cuci pilihan Anda.  Karena mesin cuci hampir digunakan setiap hari, jadi apabila memakan daya listrik yang besar, nantinya akan memperbesar tagihan listrik bulanan.

2. Lihat Kapasitas
Menentukan kapasitas mesin cuci yang bagus dan sesuai kebutuhanmu cukup mudah. Tinggal cari tahu berapa banyak pakaian yang biasa Anda cuci setiap kali mencuci. Jika Anda terbiasa mencuci seminggu sekali, tentu kapasitas mesin cuci yang diperlukan cukup besar.

Namun, jika Andamencuci seminggu dua kali, kapasitas mesin cuci yang lebih kecil pun sudah mencukupi. Kapasitas mesin cuci sangat mempengaruhi daya listrik yang dibutuhkan untuk setiap kali mencuci. Itulah kenapa sangat penting untuk memilih kapasitas yang tepat.

Hal tersebut Selain dapat menghemat dana yang dibutuhkan untuk membeli mesin cuci, juga dapat menghemat listrik lho!

3. Pertimbangkan kebutuhan
Terdapat dua jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top load (bukaan atas) dan front load (bukaan depan). Untuk kebutuhan sehari-hari Anda dapat memilih mesin cuci top load, selain harganya lebih murah, mesin cuci ini tidak memakan daya listrik yang besar.

Namun, apabila kamu memiliki anggota keluarga yang banyak dalam satu rumah, atau jika Anda membuka usaha laundry, mesin cuci front load bisa jadi pilihan. Mesin cuci ini memiliki kemampuan untuk membersihkan pakaian dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Berdasarkan Budget
Cara memilih mesin cuci yang bagus selanjutnya adalah menentukan budget yang disiapkan. Setelah menentukan tujuan membeli mesin cuci, Anda dapat lebih mengerucutkan pencarianmu dan menyesuaikan dengan alokasi budget yang ada. Dengan menyesuaikan kebutuhan dan alokasi budget, Anda dapat memilih mesin cuci yang bagus agar lebih efisien dan tepat guna.

Pilih Mana: Mesin Cuci Panasonic atau Sharp?

Mesin Cuci Panasonic Mesin Cuci Sharp
Kelebihan- Memiliki kualitas yang unggul - Konsumsi listrik yang lebih kecil - Memiliki tabung yang cukup besar - Harga relatig terjangkau - Bisa digunakan tanpa tampungan air dan pompa air otomatis - Hemat mengkonsumsi daya listrik
Kekurangan- Kemampuan pengeringan yang kurang maksimal - Konsumsi air lebih banyak  - Service yang sulit  - Boros dalam menggunakan air  - Memiliki bobot yang cukup berat - Kurang bisa menghilangkan noda

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa mesin cuci Panasonic dan Sharp merupakan produk elektronik yang memiliki keunggulan dalam hal kualitasnya, Namun keduanya juga mempunyai kelebihan da kekurangan masing-masing. Kedua mesin cuci tersebut juga telah menghadirkan berbagai tipe dan jenis mesin cuci yang dapat memenuhi kebutuhan kalian. Karenanya dapat kalian pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan kalian ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mesin Cuci Panasonic vs Mesin Cuci Sharp

VS

Leave a Reply