ElektronikPerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Mesin Cuci Sharp atau Polytron?

Mencuci pakaian atau baju dan sebagainya adalah hal yang sangat penting, karena baju yang kotor akan menjadi bersih. Cara atau metode mencuci pakaian sebenarnya ada 2 yaitu secara tradisional dan modern.Tradisional seperti yang diketahui dengan cara mencuci pakaian dengan tangan. Secara modern mencuci dengan mesin cuci. Yang lebih praktis dan menghemat waktu adalah dengan menggunakan mesin cuci. Nah, disini saya akan membahas mengenai mesin cuci yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu. Merek mesin cuci yang akan saya bahas kali ini adalah Sharp dan Polytron. Yuk, baca penjelasannya di bawah ini.

Sharp

Sharp Corporation merupakan salah satu perusahaan yang merancang dan memproduksi peralatan elektronik yang berbasis di Osaka, Jepang. Sharp pertama kali dibuat sejak 15 Oktober 1912 saat Tokuji Hayakawa mulai mendirikan suatu toko logam di Tokyo. Penemuan pertama- nya adalah gesper jepret yang disebut Tokubijo. Penemuan ini kemudian dipatenkan pada tahun yang sama. Baca juga Pilih Mana: Vanish atau Bayclin?

Selanjutnya Hayakawa mulai mengembangkan penelitian untuk membuat alat catat logam sehingga pada tahun 1915 terciptalah pensil mekanik yang mulai berkembang dengan cepat sejak saat itu. Pada tahun 1916, pensil mekanik Hayakawa yang bernama “Ever-Ready Sharp Pencil” yang menjadi cikal bakal nama perusahaan dan merek dagang dari produk-produk sampai saat ini.

Sharp Corporation mulai mengalami kemunduran dalam bisnis pensil karena dampak gempa bumi yang terjadi di Kanto pada tahun 1923 sehingga membuat perusahaan memutuskan untuk pindah ke Osaka. Di Osaka perusahaan mulai mengembangkan generasi pertama radio Jepang sejak tahun 1925. Selanjutnya pada tahun 1953 Sharp mulai mengembangkan produksi televisi dan lainnya seperti mesin cuci.

Beberapa Tipe Mesin Cuci Sharp

Super Aquamagic T85CR
Mesin cuci super aquamagic T85CR merupakan salah satu mesin cuci dengan fitur low watt system terbaik. Mesin cuci ini hanya membutuhkan konsumsi listrik sebesar 245 watt untuk mencuci dan 105 watt untuk mengeringkan pakaian terbuat dari bahan material plastik yang kuat, mesin cuci ini mampu menampung seberat 8 kilogram beban dan dibandrol dengan harga terjangkau sekitar Rp. 1.700.000.

Super Aquamagic T96CL
Mesin cuci super aquamagic T96CL mempunyai fitur canggih berupa low watt system, soakmagic, double pulsator, super aquamagic, dan silver magic protection on pulsator. Konsumsi listrik yang dibutuhkan pada proses pencucian hanya sebesar 255 watt dan saat mengeringkan pakaian hanya membutuhkan daya 105 watt. Mesin cuci ini bisa Kamu miliki dengan harga sekitar Rp. 1.800.000.

Series T871DM
Ukuran mesin cuci ini juga lebih kecil dibandingan 2 tipe mesin cuci di atas. Mesin cuci ini hanya berukuran lebar 50.8 centimeter dan panjang 84.7 centimeter. Material mesin cuci juga dipilih dari plastik pilihan yang tahan lama dan tidak berkarat. Walaupun material mesin cuci ini adalah plastik, mesin cuci ini tidak akan menimbulkan suara bising pada saat digunakan. Kamu dapat membeli mesin cuci ini di kisaran harga Rp. 1.900.000 di pasaran.

Polytron

Polytron merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia. Dibuat 16 Mei 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT.Indonesian Electronic & Engineering, kemudian 18 September 1976 berubah nama menjadi PT.Hartono Istana Electronic, lalu merger dan menjadi PT.Hartono Istana Teknologi. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik.

Barang yang dihasilkan oleh Polytron yaitu televisi, radio, telepon genggam, serta masih banyak lagi. Polytron mempunyai 2 pabrik masing-masing di Kudus seluas 70.000 m2 dan di Sayung, Semarang 130.000 m2(merupakan pabrik lemari es terbesar di Jawa Tengah) dengan karyawan lebih dari 6.000 orang, 11 kantor perwakilan, 5 authorized dealer, 50 service centre yang meliputi seluruh Indonesia.

Beberapa Tipe Mesin Cuci Polytron

Polytron PWM 8070 Mesin Cuci
Produsen kenamaan itu memperkenalkan mesin cuci Primadona Series ke pasaran dengan logistik sistem 2 tabung(twin tube). Apalagi saat ini ini Kamu bukan perlu khawatir dengan batas maksimal pencucian, karena mesin cuci yang berlabel Samba Series memiliki kapasitas pencucian yang cukup besar.

Bahkan untuk membenarkan ketahanan mesin mencuci ini, maka secara keseluruhan bodinya terbuat menggunakan material berbahan plastik dan lapisan Tempered Glass. Mesin cuci yang belum lama dikenalkan Polytron ke pasar elektronik terlihat menawan, dengan pilihan warna bodi Black Gold atau Black Silver atau Black Rose Gold. Harga sekitar Rp. 1.600.000.

Polytron PAW 9513N Mesin Cuci
Polytron PAW 9513N Mesin Mencuci merupakan mesin cuci dengan teknologi zero pressure yang mampu mencuci dengan tekanan air yang kecil sekalipun, tidak masalah tekanan air rumah kecil sekecil apapun(hampir 0), cuci pakaian jalan terus. Fitur Move by Touch dengan panel sentuh berdesain modern untuk mengoperasikan mesin cuci.

Didukung proximity sensor, lampu panel akan menyala apabila didekatkan dengan tangan, memudahkan kamu saat mencuci. Suara yang dihasilkan tidak berisik saat mencuci karena desain pintu kaca dirancang lebih rapat dengan material yang lebih tebal. Harga sekitar Rp 2.000.000.

Polytron PWM 7366B Mesin Cuci
Polytron PWM 7366B merupakan mesin cuci 2 tabung dengan kapasitas mencuci hingga 7 kilogram. Mesin cuci ini dilengkapi dengan fitur washing program, water selector, dan magic gear. Mesin cuci ini dibuat dari material berkualitas dan mempunyai kecepatan putaran 1400 RPM, dan menggunakan konsumsi daya 100 W. Harga sekitar Rp. 1.000.000.

Manfaat Mencuci Dengan Mesin Cuci

Manfaat dari mesin cuci yang utama adalah “Hemat Waktu”. Dengan mesin cuci tradisional, kamu mungkin dapat menjauh darinya ketika melakukan hal itu, tetapi kamu masih harus tetap di sana dan menunggu sampai selesai dan membongkar kecuali kamu tidak keberatan pakaian kamu berbau apak atau mencuci mereka untuk kedua kalinya. Mesin-mesin besar yang mahal itu bisa memakan waktu sekitar setengah jam untuk membersihkan cucian. Dengan mesin bertenaga tubuh, kamu dapat secara drastis memotong waktu itu menjadi sekitar 5 menit.

Kekurangan Mencuci Dengan Mesin Cuci

Hasil kurang bersih bila dibanding dengan membersihkan secara manual, terutama untuk pakaian yang nodanya membandel dan kotoran di bagian kerah baju atau daerah yang sulit dijangkau lain.
Memerlukan daya listrik besar, sehingga tidak semua rumah tangga mampu.
Pakaian cepat rusak, karena cara kerja menggunakan mesin dengan kecepatan statis sesuai setelan, apalagi jika tipe pakaian yang berbau “keras” atau “tajam” dapat merusak pakaian yang lainnya.
Bila menggunakan pengering juga dapat merusak baju karena mesin yang memeras dengan tenaga yang kuat.
Kapasitas terbatas untuk pencucian dan pengering pakaian.
Waktu tunggu lama, apalagi jika cucian banyak.
Bergantung pada listrik, bila mati lampu tidak bisa mencuci.

Pilih Mana: Mesin Cuci Sharp atau Polytron?

Mesin Cuci Sharp Polytron
Kelebihan- Hemat daya listrik watt yang kecil - Kualitas yang baik - Merek sudah banyak dikenal orang- Kualitas yang baik - Banyak Jtipe yang bisa kamu sesuaikan - Merek sudah banyak dikenal orang
Kekurangan- Mesin cuci kadang tidak betahan lama - Cukup mahal- Mesin cuci kadang tidak betahan lama - Harga yang cukup mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas sudah kamu ketahui tipe dari merek mesin cuci Sharp dan Polytron, beberapa tipe tersebut mempunyai fungsi yang cukup baik dengan kualitasnya yang baik. Kedua merek tersebut dijual dengan harga yang dibilang cukup terjangkau. Jadi untuk kamu memilih antara kedua merek mesin cuci tersebut, silahkan pilih sesuai keinginan kamu saja. Kamu bisa mendapatkan mesin cuci merek Sharp dan Polytron di Ace Hardware ya guys. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mesin Cuci Sharp vs Polytron

VS

 

Leave a Reply