Lainnya

Pilih Mana: Mesin Diesel atau Bensin?

Jika membahas masalah mesin, pastinya akan selalu muncul pertanyaan bagus mana Mesin Diesel atau Bensin? Saat dihadapkan dengan pertanyaan tersebut, banyak yang bingung karena tidak memahami perbedaan di antara keduanya. Apalagi karena banyak mobil yang ditemui di Indonesia lebih dominan memiliki mesin diesel dibanding bensin. Agar paham apa si perbedaan keduanya, berikut penjelasannya untuk Anda.

Kelebihan Mesin Diesel

1. Pemakaiannya yang Lebih Aman
Mesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakar, sementara mobil bensin pasti menggunakan bensin. Solar sebenarnya lebih aman daripada bensin, karena biasanya lebih tahan terhadap panas yang tinggi. Baca juga Pilih Mana: Honda WR-V atau Honda Jazz?

Selain itu, ketika mesin bekerja, diesel tidak menghasilkan uap sebanyak bensin. Dengan demikian mengurangi kemungkinan terbakar karena panas tinggi. Akibatnya, penggunaan solar lebih aman daripada bensin.

2. Ketahanan Mesin Kuat
Jika dibandingkan dengan mesin bensin, mesin diesel jauh lebih kuat. Diesel sudah dirancang untuk off road, yang berarti diesel dapat menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah, sehingga sangat cocok untuk digunakan di area dengan track yang jauh dari kata mulus.

Kekurangan Mesin Diesel

1. Perawatan Sulit dan Mahal
Mesin diesel yang lebih kompleks membutuhkan perawatan ekstra yang terkadang membuat para penggunanya harus merogoh kocek dalam-dalam. Selain itu, mesin diesel mungki membutuhkan perawatan lebih rutin dibanding mesin bensin.

2. Mengeluarkan Suara Bising
Dikutip dari Viva.co.id, banyak pengguna yang telah merasakan bahwa mobil mesin diesel memiliki suara yang lebih berisik dibanding mobil mesin bensin. Selain itu, beban pajak yang ditanggung juga lebih tinggi, harga mobil kondisi baru juga memiliki harga tinggi dan paling parahnya mobil mesin diesel memiliki tingkat polusi yang tinggi.

Kelebihan Mesin Bensin

1. Perawatan yang Mudah
Tidak seperti mesin bensin, perawatan mobil mesin bensin sangat mudah dan tidak serumit perawatan mesin diesel ketika rusak. Selain itu, mesin diesel mungkin memerlukan perawatan yang lebih rutin daripada mesin bensin.

2. Akselerasi Lebih Responsif
Akselerasi mesin bensin jauh lebih responsive dibandingkan akselerasi yang dihasilkan oleh mobil mesin diesel. Selain itu, tingkat polusi yang dikeluarkan mobil bensin cenderung lebih rendah dan memiliki suara mesin yang terdengar lebih halus.

Kekurangan Mesin Bensin

1. Sering Mengalami Arus Pendek
Pada mesin bensin, terdapat komponen listrik seperti busi yang dapat menyebabkan arus pendek listrik. Sehingga sangat tidak aman jika mesin bensin ini terkena banjir. Bahkan ketika hujan deras, mobil bensin terkadang masih mengalami hal yang sama.

2. Bahan Bakar yang Tidak Efisien
Mesin diesel cenderung jauh lebih efisien daripada mesin bensin. Jika dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar yang sama, mesin diesel menggunakan bahan bakar 40% lebih sedikit daripada mesin bensin. Jadi mesin diesel akan menghasilkan lebih sedikit panas, sehingga penggunaan mesin diesel lebih efisien. Ini juga berkaitan dengan kompresi tinggi yang dihasilkan oleh mesin diesel untuk menghasilkan tenaga.

Pilih Mana: Mesin Diesel atau Bensin?

Mesin DieselMesin Bensin
Konsumsi bahan bakar– Lebih efisiensi– Cenderung boros
Penggunaan bahan bakar– Menggunakan solar– Mengunakan bensin
Perawatan– Harus dilakukan secara rutin dan membutuhkan dana lebih banyak– Cenderung lebih mudah dan hemat biaya

Kesimpulan

Anda harus berpikir ulang, untuk memilih mobil dengan mesin apa yang terbaik. Namun dalam hal efisiensi konsumsi bahan bakar, maka kemungkinan mobil dengan mesin diesel jauh lebih disarankan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mesin Diesel vs Bensin

VS

Leave a Reply