KendaraanOtomotif

Pilih Mana: MG ZS vs Honda HR-V

Mobil adalah kendaraan roda empat yang memudahkan urusan manusia menyusuri jalanan kota dengan nyaman dan aman. Selain itu, mobil juga dirancang untuk melindungi pemiliknya dari paparan sinar matahari dan hujan. Dan era modern sekarang sudah banyak mobil yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan seperti MG ZS dan Honda HR-V.

MG ZS dan Honda HR-V adalah mobil dengan desain yang unik dan modern. Performa mesinnya juga mumpuni untuk kamu bawa menyusuri jalanan kota, desa dan yang lainnya.

Pembahasan kali ini kami akan mengulas lebih dalam dari MG ZS dan Honda HR-V, mulai dari desain, mesin, fitur, kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu stay tune terus di Selera.id ya guys!

MG ZS vs Honda HR-V

MG ZS

Pasar otomotif Tanah Air tampaknya akan semakin ramai. Mengutip dari Oto.com, Morris Garage (MG) kabarnya akan menjajal peruntungannya di Indonesia mulai tahun 2020 mendatang.

Nantinya, pabrikan asal Britania Raya ini masuk ke Indonesia di bawah bendera SAIC Motor. Untuk mengawali karir, rumornya mereka akan menghadirkan lawan baru untuk Honda HR-V, yakni MG ZS.

Desain MG ZS

Secara fisik, MG ZS tampil modern berkat LED DRL dan LED projector headlight. Grilnya terlihat gagah dengan ukuran yang terbilang besar dan kisi-kisi hitam berbingkai krom.

Geser ke samping, calon kompetitor Honda HR-V ini terlihat mempunyai body- cladding berwarna hitam. Selain itu, terpasang velg 5-spoke dual-tone dan aksen krom di side-skirt dan jendelanya.

Aura modern pun sukses dimunculkan bagian belakangnya. Mobil ini mempunyai aksen silver di bumper belakang, tepat di bawah reflektornya. Selain itu terdapat stoplamp minimalis dan roof-spoiler.

Untuk memperkuat kesan SUV, MG ZS dibekali dengan roof-rack di atap dan skid-plate silver pada bagian depan serta belakangnya.

Masuk ke kabin, MG ZS mempunyai interior yang dibalut dengan warna hitam. Supaya terkesan modern, terdapat beberapa aksen silver di setir, instrumen panel, konsol tengah, dan door-trim.

Beberapa komponennya dibalut dengan kulit sintetis sehingga terkesan lebih mewah, seperti jok, setir, dan door-trim. Selain itu, terdapat panoramic-sunroof yang membuat kabinnya terasa lebih lega. Baca juga Pilih Mana: Suzuki Ertiga atau Honda Mobilio?

Mesin MG ZS

Lantaran bukan versi facelift, diprediksi MG ZS yang masuk ke Indonesia akan mengusung mesin 4-silinder 1.498 cc NA (naturally-aspirated). Konfigurasi itu menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 141 Nm.

MG ZS vs Honda HR-V

Performa tersebut disalurkan ke sepasang roda depannya melalui transmisi otomatis CVT 6-speed. Namun, dapat juga diganti menjadi mode manual dan perpindahan giginya dioperasikan melalui paddle-shift.

Berdasarkan situs resmi MG Inggris, MG ZS diklaim mempunyai efisiensi bahan bakar 14,7 km/liter. Figur akselerasi 0-100 mobil ini mencapai 10,9 detik dengan kecepatan maksimum 175 km/ jam.

Fitur MG ZS

1. Panoramic sunroof
Adapun guna menghibur penumpangnya, sudah ada panoramic sunroof, head unit layar sentuh 8 inci dengan segala macam koneksi, sampai 8 speaker.

2. i-Smart Intelligent Commanding System.
Fitur ini memudahkan para pemiliknya dengan menggunakan fungsi perintah suara untuk segala kebutuhan di dalam mobil tersebut.

Kelebihan MG ZS

  • Mempunyai teknologi yang canggih
    Hampir semua tipe MG ZS telah disematkan teknologi i-SMART. Teknologi ini mempunyai tiga bagian utama, seperti Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect.
  • Dibuat oleh 2 negara
    MG sendiri merupakan perusahaan otomotif asal Inggris yang kolaps dan saat ini dikuasai oleh perusahaan China, SAIC Motor Corporation Limited. Begitu pula dengan proses manufaktur, juga dilakukan di China. Pastinya kualitas dari MG ZS ini tidak bisa dianggap sebelah mata ya guys.
  • Desain modern
    Untuk menyaingi HR-V yang sudah duluan lalang melintang di pasaran Indonesia, MG ZS sendiri mengusung konsep dengan desain yang modern dan unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk orang segera memilikinya.

Kekurangan MG ZS

  • Kurang terkenal
    Mobil ini jika dibandingkan dengan HR-V pastinya masih kalah terkenal sehingga orang jadi kurang tahu mengenai mobil buatan Inggris-China ini.
  • Info detail kurang lengkap
    Meskipun ada beberapa review dari mobil ini, nyatanya detail lebih dalam mengenai MG ZS dirasa kurang lengkap sehingga orang jadi menerka-nerka bagaimana kualitas dari mobil ini.
  • Harga masih menerka-nerka
    Harga dari MG ZS ini juga masih belum diketahui sehingga orang masih belum ada gambaran mengenai budget mereka untuk memiliki mobil ini.

Honda HR-V

Honda HR-V di Indonesia sendiri hadir pada 2014 dan yang membedakan yaitu HR-V di Indonesia dibuat di dalam negeri. Selain karena alasan harga, alasan HR-V yang dijual di Indonesia dibuat di dalam negeri yaitu supaya HR- V yang dijual di Indonesia benar-benar sesuai dengan keinginan pasar Indonesia.

Mampu meraih penghargaan 2014 IIMS Best Small SUV Car pada waktu peluncurannya juga membuat mobil ini semakin harum namanya. Selain bagian desain yang gagah dan sporty untuk sebuah crossover pastinya HR-V membawa mesin yang sanggup diajak berkendara di segala medan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Wuling Almaz atau Honda CR-V?

Desain Honda HR-V

Tampilan gagah dan sporty tampak pada desain eksterior dari Honda HR-V. Perihal ini terlihat pada setiap sisi mobil ini, mulai dari depan sampai belakang. Perihal ini semakin nyata sebab ada banyak opsi warna yang ditawarkan untuk Honda HR-V.

Terhitung ada 7 warna opsi, yakni lunar silver metallic, modern steel metallic, rallye red, crystal black pearl, white orchid pearl, purplish gray metallic, dan deep ocean blue.

MG ZS vs Honda HR-V

Honda HR-V dari sisi eksterior sudah ditunjang dengan fitur yang kekinian, perihal ini karena hadirnya beberapa fitur canggih. Tercatat Honda HR-V sudah ditunjang dengan Shark Fin Antena yang membuat tampilan makin sporty.

Untuk konsep interiornya tentu mengikuti desain eksterior dari Honda HR- V. Dari urusan di dalam kabin pasti mobil satu ini ditunjang dengan fitur yang menjanjikan bukan cuma untuk pengemudi namun juga untuk pengendara.

Dari sisi dashboard Honda HR-V dikonsep minimalis. Dashboard ini pula pula dilengkapi dengan panel instrument yang terbilang banyak, yakni MID LED Display, eco assist, audio-video system, dan auto AC.

Mesin Honda HR-V

Untuk urusan mesin sudah jelas Honda HR-V ditopang dengan mesin yang cukup tangguh. Mesin yang dipakai yaitu mesin i-VTEC. Honda HR-V sendiri dibagi ke dalam 2 opsi mesin, yakni mesin 1.5L dan 1.8L.

Dari mesin ini rata-rata tenaga maksimum yang dapat dihasilkan sebesar 120 Ps pada 6.600 rpm. Sedangkan torsi yang bisa dicapai sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm. Meski bermesin cukup besar Honda HR-V tetap lumayan irit bahan bakar. Dikarenakan sudah memakai sistem bahan bakar PGM-FI.

Fitur Honda HR-V

1. G-CON+ACE
Bentuk rangka body G-CON+ACE yang akan memberikan perlindungan maksimal pada penumpang Honda Hrv saat terjadi benturan.

2. Audio Double DIN
Fitur ini memberikan kenyamanan dalam mendengarkan suara, radio, video saat berada didalam mobil produksi Honda ini.

Kelebihan Honda HR-V

  • Desain sporty dan elegan
    Kelebihan pertama dari Honda HR-V ini yaitu desain yang lumayan sporty dan elegan. Di bagian depan Honda HR-V hadir dengan bentuk gril besar dengan paduan aksen krom. Ada aksen krom besar yang memanjang dari sisi kiri hingga kanan. Cocok banget untuk dibawa oleh anak muda.
  • Bagasi yang sangat luas
    HR-V memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas sehingga cocok jika kita ingin bepergian jauh yang mengharuskan membawa perlengkapan yang banyak.
  • Banyak pilihan varian
    Yang menjadi kelebihan lainnya dari Honda HR-V ini adalah bawah mobil ini memiliki 5 varian yang bisa Anda pilih. Mulai dari HR-V tipe S MT, S CVT, E CVT, E CVT Special edition, dan 1.8 Prestige.

Kekurangan Honda HR-V

  • Suspensi cukup keras
    Kekurangan pertama pada Honda HR-V adalah masalah suspensi yang terasa cukup keras. Masalah suspensi ini masih bisa diatasi dengan mengganti suspensi baru atau dengan perangkat aftermarket.
  • Konsekuensi fitur lengkap, harga terbilang mahal
    Untuk setiap varian HR-V juga dibandrol dengan harga yang berbeda-beda tergantung dengan tipe dan bisa dibedakan dari segi fitur, untuk HR-V yang memiliki fitur yang cukup lengkap di bandrol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan varian lainnya.
  • Material interior kurang bagus
    Walaupun tampilan interiornya terlihat berkelas namun bila diamati secara seksama dengan waktu tempo yang sesingkat singkatnya bahan material yang dipakai pada interior mobil masih kurang bagus. Pemakaian material yang kurang bagus inilah termasuk salah satu kekurangan yang ada pada mobil ini.
SpesifikasiMG ZSHonda HR-V
Kapasitas mesin 1498 cc 1497 cc
Tenaga120 hp104 hp
Torsi145 Nm141 Nm
Jenis bahan bakarBensinBensin

Pilih Mana: MG ZS vs Honda HR-V

MG ZSHonda HR-V
Kelebihan- Mempunyai teknologi yang canggih - Dibuat oleh 2 negara - Desain modern - Desain sporty dan elegan - Bagasi yang sangat luas - Banyak pilihan varian
Kekurangan- Kurang terkenal - Info detail kurang lengkap - Harga masih menerka-nerka - Suspensi cukup keras - Konsekuensi fitur lengkap, harga terbilang mahal - Material interior kurang bagus

Kesimpulan

Setelah membahas MG ZS dan Honda HR-V tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua mobil ini cocok banget untuk dipakai oleh kaum milenial. Meskipun MG ZS adalah pendatang baru, namun jangan dianggap sebelah mata karena mobil tersebut didesain untuk menjadi rival Honda HR-V. Tentukan mobil impian kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MG ZS vs Honda HR-V

VS

Leave a Reply