Smartphone

Pilih Mana: MI 9T vs Redmi K20

Salah satu tipe smartphone dari Xiaomi yang membuat bingung banyak orang yaitu dari penamaan adalah Redmi K20. Mengapa? Karena smartphone ini ada di bawah brand Redmi tetapi di beberapa negara smartphone ini memiliki nama lain, yaitu Xiaomi Mi 9T.

Tetapi, tentu saja meskipun keduanya memiliki banyak kesamaan namun keduanya pun memiliki keunggulan nya masing-masing dan beberapa fitur yang dibedakan yang disesuaikan dengan Negara yang manjadi pasarannya. Jika kalian cukup penasaran dengan kedua smartphone ini, Yuk langsung saja ke pembahasan di bawah ini!

MI 9T vs Redmi K20

MI 9T

Xiaomi secara resmi telah meluncurkan Mi 9T di Eropa. Smartphone yang satu ini memiliki spesifikasi hardware yang hampir serupa dengan Redmi K20.

Secara spesifikasi hardware, Xiaomi Mi 9T ini sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon kelas menengah terbaru sehingga dari performanya sudah tidak diragukan lagi. Xiaomi juga menyematkan 3 kamera belakang dengan beragam fungsi untuk smartphone yang satu ini. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Spesifikasi MI 9T

Layar MI 9T
Xiaomi Mi 9T menggunakan layar AMOLED seluas 6.39 inci beresolusi full HD+ dan aspek ratio 19.5:9. Seperti smartphone kekinian lainnya, Mi 9T memiliki layar notchless atau bebas poni. Bagian layarnya juga tidak menggunakan desain lubang punch-hole untuk menempatkan kamera selfienya.

Kamera MI 9T
Kamera selfie MI 9T ini yaitu 20MP dengan menggunakan mekanisme pop-up camera. Saat akan aplikasi kamera dibuka dan ingin melakukan selfie, kamera selfie otomatis keluar dan saat di nonaktifkan kamera akan masuk ke dalam bodinya.

Ketiga kamera pada smartphone ini masing-masing terdiri dari kamera wide 48MP dengan aperture f/1.8, kamera ultra-wide 13MP dengan aperture f/2.4, dan kamera telephoto 8MP dengan aperture f/2.4. Kamera AI ultra-wide angle Xiaomi Mi 9T ini memiliki jangkauan sudut lebih luas seluas 124.8 derajat.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki sokongan teknologi AI yang membuat pemotretan di malam hari dapat menghasilkan foto berkualitas. Kamera Selfie 20MP bermekanisme pop-up juga mampu memotret selfie dengan hasil yang lebih memukau, salah satunya termasuk selfie Panorama.

Performa MI 9T
Xiaomi Mi 9T ditenagai oleh chipset Snapdragon 730 yang dipadukan dengan RAM 6GB, serta opsi dua pilihan memori internal, yakni memori 64GB dan memori 128GB. Performa yang cukup tangguh untuk melakukan banyak hal mulai dari aktivitas mobile harian, multitasking, dan gaming.

Xiaomi Mi 9T juga memiliki fitur Game Turbo 2.0 untuk meningkatkan performa bermain game Anda. Selain itu, Mi 9T juga dilengkapi dengan fitur NFC yang berguna untuk memudahkan dalam pembayaran online.

Smartphone Xiaomi MI 9T ini menjalankan sistem operasi 9.0 Pie dan antarmuka MIUI 10 yang cukup responsif.

MI 9T ini juga memiliki kapasitas baterai sebesar 4,000 mAh dan teknologi fast charging 18W memaksimalkan fitur Xiaomi Mi 9T ini. Xiaomi juga membenamkan fitur Hi-Fi audio, Netfilix HD dan HDR, jack audio 3.5 mm, dan USB Type-C.

Pilih-Mana-MI-9T-vs-Redmi-K20

Kelebihan MI 9T

  • Performa bisa diandalkan
    Xiaomi mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 730 Octa-Core menjadi dapur pacu dari Mi 9T. Dengan teknologi proses 8nm, membuat chipset ini memiliki performa bertenaga diimbangi dengan hematnya konsumsi daya baterai sehingga penggunaan menjadi lebih maksimal.
  • Kamera depan pop-up
    Mengikuti tren saat ini, Smartphone Xiaomi Mi 9T ini dilengkapi dengan kamera depan yang menggunakan sistem pop-up sehingga berada di bagian dalam smartphone dan akan keluar apabila penggunanya melakukan foto selfie.
  • Sudah dilengkapi dengan NFC
    Dengan hadirnya sensor NFC pada smartphone ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan pembayaran digital dengan mudah, transfer data sesama smartphone, mengisi atau mengecek e-money, dan masih banyak lagi secara cepat.

Kekurangan MI 9T

  • Tidak terdapat slot kartu MicroSD
    Kekurangan yang ada pada smartphone yang satu ini yaitu, smartphone ini sama sekali tidak dibekali dengan slot untuk menyematkan kartu MicroSD. Meskipun storage internal yang dibawanya cukup luas, Tetapi penggunanya akan terpaksa memindahkan data dari smartphone ke laptop, Flash Drive, atau HDD pada saat kapasitas internalnya sudah penuh.
  • Bodi yang mudah menempel noda sidik jari dan debu
    Debu dan noda sidik jari mudah menempel pada bodi belakangnya sehingga sebaiknya pengguna smartphone ini dapat menggunakan casing tambahan yang telah disediakan dalam paket penjualan agar lebih terlindungi.
  • Tidak dilengkapi sistem stabilisasi foto
    Kekurangan terakhir yang ada pada smartphone ini adalah, tidak adanya sistem stabilisasi foto atau optical image stabilization pada kamera yang dimiliki HP Xiaomi Mi 9, sehingga, jika Anda ingin mengambil foto yang bagus, kalian harus benar-benar berhati-hati saat mengambil foto, agar tidak ada efek buram yang tercipta karena goncangan.

Redmi K20

Xiaomi Redmi K20 merupakan smartphone flagship anyar di bawah sub-brand Redmi. Smartphone ini meluncur di pasaran pada Juni 2019 lalu di China bersama versi lainnya yaitu Xiaomi Redmi K20 Pro.

Smartphone ini hadir  sebagai smartphone yang menyasar pasar menengah-atas.

Spesifikasi Redmi K20

Layar Redmi K20

Penampilan Xiaomi Redmi K20 terlihat sangat mewaj. Meski spesifikasinya jauh lebih rendah dibandingkan varian Pro, Tetapi Redmi K20 juga disebut sebagai smartphone flagship killer.

Tampil smartphone dengan layar Full screen berukuran 6.39 inci dengan panel Super AMOLED beresolusi full HD+ 1080 x 2340 pixel. Di layarnya tertanam teknologi in-display Fingerprint sensor alias sensor sidik jari di dalam layar yang saat ini menjadi fitur keamanan panan atas smartphone modern.

Selain itu layarnya juga telah dilindungi lapisan Gorilla Glass 5 yang dapat melindungi dari dari goresan. Xiaomi Redmi K20 juga dilengkapi dengan kamera selfie dengan mekanisme pop-up, sehingga membuat penampilan layarnya benar-benar penuh.

MI 9T vs Redmi K20

Kamera Redmi K20
Smartphone Xiaomi ini juga dibekali dengan sektor kamera lengkap dan canggih. Sektor kameranya juga secanggih Redmi K20 Pro dengan modul triple camera di bagian punggungnya yang berjajar vertikal di tengah atas handset. Triple cameranya masing-masing, kamera utama 48MP dengan aperture f/1/75, kamera wide-angle 13MP dengan aperture f/2.4, dan kamera telephoto 8MP berkekuatan 8MP beraperture f/2.4.

Performa Redmi K20
Redmi K20 dibekali dengan prosesor Snapdragon 730 yang menawarkan performa bertenaga. Apalagi profesor keluaran Qualcomm ini memiliki arsitektur Kyro 470 yang bisa digenjot dengan kecepatan maksimal hingga 2.2GHz yang lancar digunakan untuk menjalankan aplikasi berat dan game.

Selain mengandalkan kinerja maksimal dan kemampuan mumpuni, prosesor Snapdragon 730 juga memiliki efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan chipset sebelumnya berkat proses pabrikasi 8 nm. Performa prosesor Snapdragon 730 ini dipadukan dengan grafis GPU Adreno 618 yang menawarkan grafis tajam di game-game HD dengan pengaturan maksimal.

Performa  chipset Snapdragon 730 juga dipadukan dengan memori RAM dan storage yang cukup lapang. Redmi K20 ditawarkan dengan RAM 6GB dan dua opsi memori internal, yakni 64GB dan 128GB.  Smartphone ini memiliki baterai 4,000 mAh yang terbilang awet digunakan hingga seharian.

Kelebihan Redmi K20

  • Desain Unik
    Redmi K20 telah dibekali dengan desain bodi kaca yang dipadukan dengan frame aluminium. Hal ini membuat desain HP ini menjadi lebih unik dan menarik. Desain belakang juga tampak terlihat beda jika dibandingkan HP Xiaomi pada umumnya.
  • Dilengkapi dengan layar AMOLED
    Redmi K20 menawarkan layar 6,39 inci dengan panel AMOLED. Layarnya ini hadir dengan resolusi 2,340 x 1,080 piksel dengan kerapatan layar sebesar 403 ppi. Jangan lupakan juga, Smartphone ini telah dibekali pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang tentu jadi nilai lebih lain dari layar smartphone ini.
  • Performa yang cepat dan responsif
    Smartphone ini memiliki performa yang cepat dan responsif. Hal yang wajar mengingat HP ini dibekali chipset Snapdragon 730. Penggunaan Snapdragon 730 ini memang spesial. Pasalnya, chipset ini memiliki kinerja yang bisa dibilang lebih baik dibandingkan Snapdragon 835.

Kekurangan Redmi K20

  • Fast Charging Tapi Cuma 18W
    Berbeda dengan Redmi K20 Pro, smartphone ini kekurangannya hanya dilengkapi dengan dukungan pengisian cepat 18W. Padahal pada seri tertinggi tersebut, Redmi sudah membekalinya dengan pengisian cepat 27W.
  •  Tidak Ada Slot Memori Eksternal
    Meskipun telah dilengkapi dengan memori internal yang cukup besar, Redmi K20 dan K20 Pro sayangnya tidak dilengkapi dengan dukungan slot microSD. Untuk itu, pengguna pun harus cukup rajin dalam membersihkan data-datanya.
  • Hasil foto Low-Light yang kurang memuaskan
    Smartphone ini memiliki hasil tangkapan foto yang secara umum tergolong baik. Hanya saja, foto di malam hari , terutama memakai lensa telefoto dan ultrawide tergolong kurang memuaskan.
Spesifikasi MI 9TRedmi K20
Layar 6,39 inci 6,39 inci
Prosesor Qualcomm Snapdragon 730 Qualcomm Snapdragon 730
Kamera depan 20 megapiksel 20 megapiksel
Tanggal rilis 12 Juni 2019 28 Mei 2019
Kapasitas baterai (mAh) 4000 mAh4000 mAh
Piksel per inci (PPI) -403
Sistem operasi Android Pie Android Pie
NFC AdaTidak ada
GPS -Ada

Pilih Mana: MI 9T vs Redmi K20

MI 9TRedmi K20
Kelebihan- Performa bisa diandalkan - Kamera depan pop-up - Sudah dilengkapi dengan NFC - Desain Unik - Dilengkapi dengan layar AMOLED - Performa yang cepat dan responsif
Kekurangan- Tidak terdapat slot kartu MicroSD - Bodi yang mudah menempel noda sidik jari dan debu - Tidak dilengkapi sistem stabilisasi foto - Fast Charging Tapi Cuma 18W - Tidak Ada Slot Memori Eksternal - Hasil foto Low-Light yang kurang memuaskan

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa nama Redmi K20 digunakan khusus untuk negara China, Namun smartphone ini meluncur di negara lainnya dengan nama berbeda, yaitu Xiaomi Mi 9T. Nama Xiaomi Redmi K20 sepertinya hanya digunakan di pasar dalam negeri China saja. Mi 9T dan Xiaomi Redmi K20 menawarkan banyak kelebihan, namun juga beberapa kekurangan yang pastinya sudah di sesuaikan dengan masing-masing negara yang di targetkan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MI 9T vs Redmi K20

VS

Leave a Reply