ElektronikPerangkat KerasTechnology

Pilih mana: Microphone Condenser vs Microphone Dynamic?

Semakin majunya teknologi, maka semakin banyak pula perkembangan elektronik yang menyesuaikan dengan kebutuhan. Pernah dengar perangkat satu ini. Yaps, Microphone. Bagi Anda yang bekerja di dunia tarik suara tentu sudah mengenal produk ini.

Oleh karena itu, Pemilihan mikrofon yang berkualitas akan sangat membantu menunjang aktivitas pekerjaan Anda tersebut. Microphone yang berkualitas juga akan menghasilkan suara yang maksimal. Ada dua jenis mikrofon yang dikenal pada umumnya yaitu Microphone Condenser dan Microphone Dynamic.

Keduanya merupakan microphone yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Tetapi jika digunakan pada keadaan yang tepat. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika Anda ingin tahu lebih lengkap mengenai kedua Microphone tersebut. Maka Anda datang di tempat yang tepat. Kami akan membahasnya detail di Selera.id. Kalau begitu langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Microphone Condenser vs Microphone Dynamic

Microphone Condenser

Microphone Condenser merupakan jenis mikrofon berstandar profesional yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan rekaman suara yang jernih. Dilengkapi dengan shockproof mount dan windshield yang berfungsi untuk mereduksi noise.

Microphone Condenser membutuhkan daya dari baterai ataupun sumber eksternal lain. Sinyal audio yang dihasilkan lebih kuat dibandingkan mikrofon dinamis. Karena cenderung lebih sensitif dan responsif dibanding mikrofon dinamis, maka mikrofon kondensor lebih cocok untuk menangkap detail-detail kecil pada suara.

Mikrofon ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan rekaman di studio atau bagi Anda yang sedang mulai mencoba beralih di dunia youtube dan podcast.  Mikrofon ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri loh. Nah, jika ingin tahu lebih lengkapnya. Anda bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Headphone Razer atau Headphone SteelSeries?

Kelebihan Microphone Condenser

Berikut ini Kelebihan Microphone Condenser:

  • Penangkap suara yang bagus
    Kelebihan yang hadir oleh merk mikrofon ini ada pada daya tangkap suaranya yang bagus. Tipe mikrofon satu ini bahkan dapat menangkap suara objek yang jauh. Bagi Anda yang mencari mikrofon dengan kelebihan seperti ini maka Microphone Condenser sangat tepat menjadi pilihan untuk Anda.
  • Sangat cocok untuk rekaman
    Jika Anda sangat suka menyanyi maka jenis mikrofon condenser merupakan paling direkomendasikan untuk rekaman suara studio. Meskipun super sensitif terhadap suara, namun mikrofon ini cocok untuk rekaman suara karena hanya ada satu suara yang perlu diambil, dan tidak bersaing dengan suara lain.
  • Tidak bising
    Dari semua jenis microphone, condenser salah satu yang memiliki respon frekuensi terluas dan respon transien terbaik. Adapun kelebihan lain yaitu tidak bising saat menggunakannya. Hal ini terjadi karena memiliki sensitivitas yang jauh lebih tinggi dan noise yang lebih rendah ketimbang dynamic mic.

Microphone Condenser vs Microphone Dynamic

Kekurangan Microphone Condenser

Berikut ini Kekurangan Microphone Condenser:

  • Mudah terkena feedback
    Kualitas yang ditawarkan mikrofon jenis ini sudah cukup bagus namun kadang amat mudah terkena feedback karena mikrofon ini memiliki gain yang cukup lebar.
  • Memerlukan daya tambahan
    Kekurangan yang ada pada jenis mikrofon ini yaitu Microphone Condenser ini berbeda dengan pesaingnya karena pemakaiannya yang singkat. Microphone Condenser memerlukan daya penambahan agar bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Jadi, produk ini butuh menggunakan baterai atau power supply. Meskipun begitu tetap daya penambahan yang dibutuhkan cenderung sedikit.
  • Harganya yang cukup mahal
    Dibanding dengan microphone dynamic, produk mikrofon jenis ini memiliki harga yang cukup mahal dijual dipasaran. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum membeli. Perhatikan terlebih dahulu budget dan uang Anda.

Microphone Dynamic

Microphone Dynamic atau biasa kita sebut mic kabel adalah tipe microphone yang terkoneksi dengan kabel dalam pengiriman sinyal audionya. Mic ini multi fungsi baik sebagai mic vocal maupun mic untuk miking instrument.

Mikrofon ini juga bersifat fleksibel (versatile) dan ideal digunakan untuk berbagai kebutuhan. Umumnya memiliki desain yang sederhana dengan beberapa bagian yang dapat dilepas. Desain yang praktis membuat Anda sangat nyaman dan mudah utnuk Anda bawa kemana pun. 

Penyimpanannya juga sangat mudah dan efisien . Anda tidak perlu ruang yang lebih untuk menaruhnya.  Ada banyak mikrofon jenis ini yang dijual dipasaran. Anda juga bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup bervariasi. Jadi, Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Lihat juga:  8 Mic Jepit Terbaik 2020

Baca artikel lainnya 7 Microphone Yang Bagus 2020

Kelebihan Microphone Dynamic

Berikut ini Kelebihan Microphone Dynamic:

  • Lebih tahan lama
    Produk mikrofon jenis ini sangat tahan lama. Bentuknya yang relatif kokoh dan lebih tahan banting. Sangat cocok juga digunakan untuk suara dengan level volume yang sangat tinggi seperti alat-alat musik tertentu atau amplifier. Karena suara yang dihasilkan tidak akan pecah.
  • Tidak memerlukan daya penambah
    Microphone Dynamic sendiri pemakaiannya bisa langsung dikaitkan ke piranti speaker. Jadi, Anda tidak perlu lagi memakai penambahan daya seperti power supply atau baterai. Mikrofon ini memang sangat cocok untuk Anda yang menginginkan penggunaan yang simpel dan praktis.
  • Suara yang dihasilkan jernih
    Kelebihan lainnya yang ada pada Microphone Dynamic ini yaitu gainnya yang konstan dan tak mudah berubah warna. Jadi, suara yang dihasilkan oleh mikrofon ini akan jernih dan meskipun terjatuh dan terbentur, perubahannya suaranya tidak terlalu signifikan.

Microphone Condenser vs Microphone Dynamic

Kekurangan Microphone Dynamic

Berikut ini Kekurangan Microphone Dynamic:

  • Penggunaan yang terbatas
    Jika biasanya hampir semua produk mikrofon memiliki keefisiensian yang bagus. Tidak dengan produk ini efisiensi yang bertolak belakang serta ukuran mikrofon yang digunakan dalam pertunjukan hanya cocok untuk seorang singer yang stagnan alias seorang musisi yang juga sebagai seorang vokalis. Maka akan sangat sulit jika Anda pengguna mikrofon dengan anggota grup yang banyak.
  • Tidak begitu sensitif dengan suara
    Microphone Dynamic hanya bisa merekam detail suara yang lebih sedikit. Oleh karena itu, jika bicara mengenai hasil suara yang diperoleh dari mikrofon ini kurang bagus.
  • Butuh getaran yang kuat
    Kekurangan lain yang terdapat Microphone jenis Dynamic ini biasanya jarak antara mikrofon dengan sumber suara harus dekat untuk menghasilkan suara yang sempurna. Jadi, Anda harus memposisikan suara Anda untuk dekat dengan keberadaan mikrofon. Agar hasil suara lebih baik.

Pilih mana: Microphone Condenser vs Microphone Dynamic?

Keterangan Microphone Condenser Microphone Dynamic
Kelebihan -Penangkap suara yang bagus -Sangat cocok untuk rekaman -Tidak bising-Lebih tahan lama -Tidak memerlukan daya penambah -Suara yang dihasilkan jernih
Kekurangan -Mudah terkena feedback -Memerlukan daya tambahan -Harganya yang cukup mahal-Penggunaan yang terbatas -Tidak begitu sensitif dengan suara -Butuh getaran yang kuat

Kesimpulan

Jika dilihat dari sisi fisiknya, Microphone Condenser dan Microphone Dynamic tentu memiliki perbedaan yang secara kasat mata memang akan terlihat jelas perbedaannya. Apalagi jika dilihat dari sisi bentuk fisik dan besar kedua mikrofon  tersebut. Microphone condenser terlihat jauh lebih kecil, simple dan ringan, walaupun ada beberapa tipe condenser yang juga agak besar bentuknya seperti microphone gooseneck yang biasa digunakan untuk resepsionis atau information desk, sedangkan Microphone Dynamic terlihat besar dan agak berat. Jadi, apapun pilihan mikrofon Anda. Maka pilih sesuai dengan kebutuhan Anda saat menggunakannya.

Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Microphone Condenser vs Microphone Dynamic

VS

Leave a Reply