ElektronikHomeMasakPerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Microwave LG atau Microwave Samsung?

Sekarang ini siapa yang tidak ingin masak dengan praktis dan mudah? Salah satu alat yang akan membuat pekerjaan memasak kamu menjadi lebih mudah adalah kehadiran Microwave. Selain mudah, waktu memasak akan lebih singkat, karena makanan akan lebih cepat matang.

Salah satu merek dari Microwave yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu adalah Microwave LG dan Microwave Samsung. Kedua merek tersebut banyak mengeluarkan tipe Microwave yang memiliki kualitas baik.

Pada artikel ini akan membahas beberapa tipe Microwave LG dan Samsung, tips memilih sebelum membeli Microwave, jenis Microwave dan cara merawatnya. Yuk, langsung saja baca penjelasannya di bawah ini ya.

Microwave LG vs Microwave Samsung

Microwave LG
Microwave LG adalah Microwave yang sudah banyak menjadi pilihan untuk semua orang terutama untuk ibu rumah tangga. Baca juga Pilih Mana: Air Fryer atau Oven?

Microwave LG memiliki kualitas yang baik dengan fitur-fitur yang ada di Microwave membuat masak kamu akan menjadi lebih mudah. Dan menghasilkan makanan yang lezat. Microwave LG memang sebenarnya memiliki harga yang cukup tinggi.

Microwave Samsung
Microwave Samsung adalah Microwave yang memiliki kualitas yang baik dan desain yang cukup bagus, yang bisa menjadi pilihan untuk melengkapi isi dapur kamu. Untuk harga memang Microwave Samsung memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang canggih dan baik.

Microwave Samsung memiliki berbagai fitur-fitur mulai dari untuk memanaskan makanan, memanggang makanan dan sebagainya yang membuat masakan kamu lebih sehat dan enak saat kamu santap.

3 Rekomendasi Tipe Microwave LG

Microwave LG MC8289URC
Tampilan controller display pada Microwave ini menggunakan layar LED. Produk ini juga aman untuk anak-anak dengan adanya fitur Child Lock sehingga pada saat proses memasak berlangsung, anak-anak tidak akan bisa dengan mudah membuka tutup pintu Microwave ini.

Fitur ini penting untuk kamu yang punya anak kecil di rumah. Selain itu, kamu bisa memulai proses memasak dengan cepat karena Microwave ini memiliki fitur Quick Start. Waktu memproses masakan  juga bisa kamu atur dengan mudah melalui fitur Time Setting yang ada pada produk ini.

Harga Microwave LG MC8289URC sekitar Rp. 1.000.000 (per Agustus 2019).

Microwave LG MH6565DIS
Microwave ini dilengkapi dengan teknologi baru untuk kemudahan kamu memasak dan memanaskan makanan, begitu praktis dan menyenangkan. Memiliki berbagai fitur yang canggih.

Seperti fitur Extenda Vent melindungi permukaan dalam Microwave serta sebagai solusi ventilasi saat memasak. One Touch Settings untuk memasak atau memanaskan makanan hanya dalam 1 sentuhan mudah.

Harga dari Microwave LG MH6565DIS ini cukup tinggi sekitar Rp. 3.500.000 (per Agustus 2019).

Microwave LG MH6343BAK
Microwave LG MH6343BAK ini dapat mempermudah proses pemanasan makanan kamu dengan Microwave dari LG. Dengan 2 tombol dan berdaya sebesar 2200 Watt yang dilengkapi dengan pemanggang listrik.

Microwave ini didesain dengan panel eksklusif dengan lapisan silver dan kabinet anti bakteri yang memberikan kesan mewah. Tidak seperti Microwave lain yang memancarkan gelombang 2 dimensi, Microwave ini menggunakan gelombang 3 dimensi.

Harga dari Microwave LG MH6343BAK sekitar Rp. 2.000.000 (per Agustus 2019). Kamu dapat membelinya di Ace Hardware.

3 Tipe Rekomendasi Microwave Samsung

Microwave Samsung MS11K3000AS
Model yang menawarkan tampilan mewah dan modern tanpa mengesampingkan performanya. Bagian dalam yang terlapisi oleh keramik enamel membuatnya mudah dibersihkan, tahan minyak, dan goresan.

Tampilan pengaturan timer digital yang mampu diatur kegunaannya membuat Microwave sebesar 33.5 cm ini terkesan canggih dan modern. Jangan lupakan mode eco yang membantu kamu menghemat daya selama Microwave dalam keadaan standby.

Harga dari Microwave Samsung MS11K3000AS Rp 1.700.000 (per Agustus 2019).

Microwave Samsung ME731K
Microwave ini menampilkan fitur yang inovatif yang bernama TDS (Triple Distribution System) yang berfungsi untuk menghasilkan makanan matang secara sempurna. Dengan gelombang mikro secara merata ke permukaan oven Microwave.

Harga Microwave Samsung ME731K cukup murah Rp. 825.000 (per Agustus 2019).

Microwave Samsung MS28J5255UB
Microwave ini memiliki kapasitas yang terbilang besar, yaitu 28 liter. Bagian dalam Microwave ini juga dilapisi keramik enamel yang anti gores, anti bakteri, dan mudah untuk dibersihkan. Dan memiliki fitur yang cukup baik.

Harga Microwave Samsung MS28J5255UB sekitar Rp. 1.500.000 (per Agustus 2019).

Manfaat Memasak Menggunakan Microwave

Manfaat
Microwave- Dapat menghemat waktu kamu - Membuat makanan cepat saji - Dapat mengembalikan tekstur makanan menjadi renyah - Dapat membuat makanan beku menjadi cair - Dapat memanggang makanan - Dapat merebus makanan - Dapat mengembangkan adonan

Jenis-jenis Microwave

  • Microwave Biasa
    Microwave yang satu ini biasanya digunakan untuk memanggang atau menghangatkan makanan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mencairkan makanan beku. Karena keterbatasan yang dimilikinya, tidak dianjurkan menggunakan Microwave ini untuk memanggang makanan. Jika yang kamu butuhkan adalah Microwave yang mampu menghangatkan makanan, Microwave jenis ini dapat jadi Microwave terbaik untuk kamu.

  • Grill Microwave
    Sebenarnya Microwave yang satu ini mirip seperti Microwave biasa. Grill Microwave dapat digunakan untuk menghangatkan makanan. Akan tetapi tidak hanya fungsi tersebut, Microwave yang satu ini juga dapat digunakan untuk memanggang makanan. Itulah mengapa jika kamu mencari Microwave terbaik untuk urusan rumah tangga, paling tidak pikirkan jenis Microwave yang satu ini.
  • Convection Microwave
    Perbedaan paling mencolok pada Convection Microwave merupakan teknologinya dalam menghangatkan makanan. Berbeda dengan kedua Microwave di atas, Microwave yang satu ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkannya untuk menghembuskan udara panas. Hasilnya, suhu panas di dalam Microwave lebih merata. Convection Microwave ini juga amat baik untuk makanan renyah.

Tips Memilih Microwave yang Bagus

  • Tentukan Jenis Microwave
    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis Microwave yang kamu butuhkan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ada setidaknya 3 jenis Microwave yang bisa kamu ketahui.
  • Tentukan Ukuran Microwave
    Setelah menentukan jenis Microwave yang kamu butuhkan, selanjutnya kamu harus menentukan ukuran Microwave yang akan kamu beli, sebelumnya kamu harus kamu harus tahu terlebih dahulu di mana kamu akan meletakan alat tersebut.
  • Pilih Kapasitas Sesuai Kebutuhan
    Kamu harus menentukan kapasitas dari pemanas makanan yang kamu butuhkan. Pastikan sesuai dengan hidangan yang kamu ingin buat. Jika kamu sering memasak dalam jumlah banyak, akan lebih baik jika kamu membeli penghangat makanan berkapasitas lebih besar. Agar makanan yang kamu buat bisa lebih tahan lama.
  • Pemilihan Daya yang Tepat
    Pemilihan daya dari Microwave menentukan seberapa cepat matang hidangan yang sedang kamu masak. Pemanas makanan dengan daya yang lebih besar biasanya memasak makanan lebih cepat dan merata dibanding Microwave berdaya rendah.
Microwave berukuran besar biasanya menawarkan daya yang lebih besar dibandingkan Microwave berukuran lebih kecil.
  • Cari Microwave dengan Fitur yang Lengkap
    Berikutnya cari Microwave dengan fitur yang lengkap. Karena memang dengan fitur yang lengkap akan memudahkan kamu untuk menggunakan Microwave tersebut. Dan pastinya bisa kamu sesuaikan makanan apa yang akan kamu hidangkan.

Tips Menggunakan Microwave Agar Aman

Baca Instruksi Peringatan Keselamatan
Pahami Fitur Microwave
Letakkan di Atas Meja Terbuka
Gunakan Wadah yang Aman
Beri Lubang pada Penutup Makanan
Atur Waktu yang Dibutuhkan
Jangan Operasikan Microwave Dalam Keadaan Kosong
Jangan Ditinggal ketika Memasak
Selalu Bersihkan Microwave Agar Tetap Aman
Jangan Pakai Jika Pintu Rusak

Tips Merawat Microwave Agar Tahan Lama

  • Bersihkan Microwave Setelah Digunakan
    Bagian yang perlu kamu perhatikan saat kamu selesai menggunakan Microwave merupakan kaca penutup, piringan dan dinding Microwave. Pastikan tidak ada makanan yang tertinggal sehabis kamu selesai menggunakannya. Terlalu banyak sisa makanan yang tertinggal bisa membuat Microwave kamu berkerak dan panas Microwave lebih tinggi.
  • Gunakan Wadah Khusus
    Usahakan untuk tidak menggunakan wadah dari besi atau alumunium ketika akan menghangatkan atau memasak makanan. Hal ini karena kedua bahan itu akan menciptakan gelombang mikro yang berasal dari magnetron. Gelombang tersebut akan dipantulkan dan bisa menimbulkan percikan api saat Microwave dipanaskan.
  • Jangan Memasak Bahan Cair Terlalu Lama
    Jika melebihi suhu maksimal, maka air akan meluber keluar dari wadahnya. Air yang meluber keluar dari wadahnya akan menimbulkan karat sekaligus merusak bagian dapur. Segera keluarkan bahan makanan yang memiliki air secepatnya setelah kamu selesai memasak agar memask kamu menjadi lebih aman.

Pilih Mana: Microwave LG atau Microwave Samsung?

Microwave LG Microwave Samsung
Kelebihan- Memiliki kualitas yang baik - Memiliki fitur-fitur yang canggih - Mudah untuk kamu dapatkan karena banyak dijual di toko elektronik- Memiliki kualitas yang canggih - Harga yang bisa dibilang terjangkau - Memiliki fitur-fitur yang canggih dan lengkap
Kekurangan- Kebanyakan tipe Microwave menggunakan daya listrik yang tinggi - Harga yang cukup mahal- Kebanyakan tipe Microwave menggunakan daya listrik yang tinggi - Perlu membersihkan dengan teliti untuk menjaga kualitas Microwave

Kesimpulan

Dari kedua tipe Microwave tersebut Microwave LG dan Microwave Samsung adalah Microwave dengan kualitas yang baik. Tetapi lebih unggul Microwave Samsung karena memiliki harga yang cukup murah dengan kualitas yang canggih dan fitur yang lengkap.

Dibandingkan dengan Microwave LG harganya cukup tinggi. Jadi jika kamu ingin lebih hemat Microwave Samsung bisa menjadi pilihan kamu guys. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Microwave LG vs Microwave Samsung

VS

Leave a Reply