ElektronikHomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Microwave Sharp atau Microwave Panasonic?

Memasak makanan yang cepat saji adalah hal yang dibutuhkan banyak orang untuk zaman sekarang. Apalagi untuk kamu yang memang mempunyai kegiatan yang padat. Salah satu peralatan dapur yang dapat membantu kamu menyiapkan makanan cepat saji adalah Microwave.

Microwave banyak sekali fungsinya yang bisa membantu kamu menyiapkan makanan lebih praktis. Banyak merek dari Microwave yang tersedia seperti Sharp dan Panasonic.

Disini saya akan menjelaskan mengenai pengertian Microwave, mengenai Microwave Sharp dan Microwave Panasonic,  jenis Microwave dan tips merawat Microwave. Langsung saja baca artikel di bawah ini ya.

Pengertian Microwave

Microwave adalah salah satu perangkat elektronik dapur yang berfungsi untuk memanaskan makanan. Disebut sebagai Microwave karena  untuk menggunakannya diperlukan gelombang elektromagnetik yang berupa spektrum Microwave (gelombang mikro). Baca juga Pilih Mana: Air Fryer atau Microwave?

Tidak hanya memudahkan cara memasak, dengan menggunakan Microwave kamu membuat bahan pangan yang dimasak menjadi lebih menyehatkan. Meskipun begitu tetap saja kamu butuh memperhatikan cara memasak dan bahan-bahan yang dimasak karena bila kamu salah memasaknya maka tidak menutup kemungkinan kalau kandungan gizi dalam makanan kamu menjadi hilang dan membahayakan kesehatan kamu.

Saat ini hampir seluruh rumah mempunyai Microwave, terlebih bagi mereka yang tinggal dikota besar dan mempunyai gaya hidup yang praktis dan cepat. Dengan bentuknya yang modern, alat ini mempunyai berbagai berbagai fungsi seperti merebus, memanaskan, hingga memanggang. Banyak sekali merek dari Microwave yang bisa kamu dapatkan pada artikel di bawah ini saya akan menjelaskan Microwave terbaik dari merek Sharp dan Panasonic.

Microwave Sharp

Microwave Sharp mempunyai beragam fitur yang mampu mempermudah kamu dalam memasak makanan dengan cepat dan juga dengan mudah. Di tengah kesibukan masyarakat saat ini, rasanya microwave merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memasak berbagai hidangan yang ingin dikonsumsi atau hanya sekedar menghangatkan makanan yang sudah dibeli sebelumnya.

Tipe Microwave Sharp banyak sekali dan juga mempunyai kualitas yang baik salah satu tipe Microwave Sharp yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu adalah Microwave Sharp R-728 (S) IN 25 Liter. Di bawah ini penjelasan mengenai tipe Microwave Sharp R-728 (S) IN 25 Liter.

Tipe Rekomendasi Microwave Sharp

Kamu yang ingin tetap berhemat namun juga ingin bisa tetap masak dengan baik dan bergaya, maka Microwave Sharp R-728R (S) IN 25 Liter dapat jadi pilihan kamu. Produk ini mempunyai pengaturan suhu hingga 11 level. Jika sedang ingin berhemat, maka kamu dapat menurunkan power.

Tidak hanya memanaskan makanan kamu saja, produk ini juga dapat memanggang makanan kamu dengan baik. Dengan fitur child lock function kamu tidak perlu khawatir kamu bisa tetap memasak dengan aman, tenang dan hemat. Desain mirror glas pada tutupnya membuat dapur kamu terlihat modern.

Harga Tipe Rekomendasi Microwave Sharp

Untuk harga Microwave Sharp R-728 (S) IN 25 Liter sekitar Rp. 1.400.000. Kamu bisa membeli Microwave Sharp atau tipe lainnya di Ace Hardware.

Microwave Panasonic

Microwave Panasonic ini memiliki fitur yang berbagai macam dengan kualitas yang baik dan juga memiliki spesifikasi yang baik. Karena banyak orang yang sudah mengetahui merek elektronik Panasonic ini. Fungsi dari Microwave Panasonic juga sebenarnya sama saja dengan fungsi Microwave lainnya. Untuk memanaskan makanan, untuk memanggang makanan dan juga untuk mengukus makanan.

Banyak tipe Microwave Panasonic yang bisa menjadi pilihan kamu, tetapi pada artikel ini ada satu tipe Microwave Panasonic yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu. Yaitu tipe Microwave Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter. Di bawah ini penjelasan mengenai Microwave Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter.

Tipe Rekomendasi Microwave Panasonic

Microwave Panasonic NN-ST324MT digital ini memiliki kapasitas 25 Liter dan dilengkapi dengan daya tarikan sebesar adalah 700 Watt. Microwave ini cocok untuk digunakan di apartemen yang memiliki kapasitas daya keseluruhan di 2200 watt. Microwave ini memiliki desain yang modern.

Harga Tipe Rekomendasi Microwave Panasonic

Harga dari tipe Microwave Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter sekitar Rp. 1.700.000. Kamu bisa mendapatkan tipe Microwave Panasonic ini di toko seperti Ace Hardware atau juga bisa kamu dapatkan di Online shop yang sudah kamu percaya.

Lihat juga:  6 Cat Akrilik Terbaik 2020

Spesifikasi Microwave Sharp R-728 (S) IN 25 Liter dan Microwave Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter

SpesifikasiMicrowave Sharp R-728 (S)IN 25 LiterMicrowave Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter
ModelDesain mewah dan eleganDesain mewah dan elegan
Kapasitas25 Liter25 Liter
Daya Listrik900 Watt700 Watt
Ukuran57.9 x 46 x 36.2 Cm 54 x 45 x 34 cm
Berat15.1 Kg12 Kg

Dan juga agar dapat lebih jelas untuk kamu memilih Microwave yang sedang kamu butuhkan pada artikel ini akan membahas mengenai jenis-jenis dari Microwave, di bawah ini ada 3 jenis Microwave.

Jenis-jenis Microwave

  • Microwave Biasa
    Microwave yang satu ini biasanya digunakan untuk memanggang atau menghangatkan makanan. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mencairkan makanan beku. Karena keterbatasan yang dimilikinya, tidak direkomendasikan menggunakan Microwave ini untuk memanggang makanan. Jika yang kamu butuhkan adalah Microwave yang mampu menghangatkan makanan, Microwave tipe ini bisa jadi Microwave terbaik untuk kamu.
  • Grill Microwave
    Sebenarnya Microwave yang satu ini mirip seperti Microwave biasa. Grill Microwave dapat digunakan untuk menghangatkan makanan. Akan tetapi tidak hanya fungsi tersebut, Microwave yang satu ini juga dapat digunakan untuk memanggang makanan. Itulah kenapa jika kamu mencari Microwave terbaik untuk urusan rumah tangga, paling tidak pikirkan tipe microwave yang satu ini.
  • Convection Microwave
    Perbedaan paling mencolok pada convection Microwave merupakan teknologinya dalam menghangatkan makanan. Berbeda dengan kedua Microwave di atas, Microwave yang satu ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkannya untuk menghembuskan udara panas. Hasilnya, suhu panas di dalam Microwave lebih merata. Convection Microwave ini pula amat bagus untuk makanan renyah.

Tips Merawat Microwave Agar Tahan Lama

  • Bersihkan Microwave Setelah Digunakan
    Bagian yang perlu kamu perhatikan saat kamu selesai menggunakan Microwave adalah kaca penutup, piringan dan dinding Microwave. Pastikan tidak terdapat makanan yang tertinggal sehabis kamu selesai menggunakannya. Terlalu banyak sisa makanan yang tertinggal dapat membuat Microwave kamu berkerak dan panas Microwave lebih tinggi.
  • Gunakan Wadah khusus
    Usahakan untuk tidak menggunakan wadah dari besi ataupun alumunium ketika akan menghangatkan atau memasak makanan. Hal ini karena kedua bahan itu akan menciptakan gelombang mikro yang berasal dari magnetron. Gelombang tersebut akan dipantulkan dan dapat menimbulkan percikan api saat Microwave dipanaskan.
  • Jangan Memasak Bahan Cair Terlalu Lama
    Jika melebihi suhu maksimal, maka air akan meluber keluar dari wadahnya. Air yang meluber keluar dari wadahnya akan menimbulkan karat sekaligus merusak bagian dapur. Segera keluarkan bahan makanan yang memiliki air secepatnya setelah kamu selesai memasak.

Pilih Mana: Microwave Sharp atau Microwave Panasonic?

Microwave Sharp R-728 (S)IN 25 Liter Microwave Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter
Kelebihan- Memiliki desain yang sangat mewah dan elegan - Terdapat pengaturan suhu hingga 11 level - Adanya fitur child lock function kamu tidak perlu khawatir kamu bisa tetap memasak dengan aman- Daya listrik yang termasuk rendah - Memiliki desain yang modern - Memiliki banyak fungsi yang cukup baik
Kekurangan- Daya listrik yang termasuk besar dan tidak menghemat listrik - Kapasitas yang tidak terlalu besar, tetapi tetap cukup untuk digunakan- Kapasitas yang tidak terlalu besar - Tidak hemat listrik dan membutuhkan daya listrik yang cukup besar

Kesimpulan

Dari kedua merek Microwave tersebut yaitu Sharp dan Panasonic, keduanya memiliki kualitas yang baik yang bisa menjadi pilihan untuk kamu. Seperti penjelasan di atas untuk tipe Microwave dari kedua merek tersebut juga memiliki spesifikasi yang cukup baik dengan harga yang terbilang cukup standar untuk sejenis Microwave.

Walaupun dari rekomendasi tipe Microwave Sharp dan Panasonic di atas ada sedikit perbedaan seperti daya listrik, ukuran dan beratnya hal ini tidak menjadi masalah karena perbedaan yang tidak terlalu signifikan dengan harga yang terbilang hampir sama.

Tetapi jika ingin daya listrik yang lebih kecil tipe Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter bisa menjadi piliihan kamu. Tetapi untuk memilih antara kedua Microwave ini, bisa kamu sesuaikan selera kamu lebih suka merek Sharp atau Panasonic dan pilih Microwave sesuai kebutuhan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Microwave Sharp R-728 (S)IN 25 Liter vs Panasonic NN-ST324MTTE 25 Liter

VS

Leave a Reply