AplikasiGadgets

Pilih Mana: Midtrans atau OVO?

Pekembangan teknologi saat ini seiring berjalannya waktu semakin meningkat. Saat ini pula kita semakin dimudahkan dalam bertransaksi secara online, seperti aplikasi Midtrans dan OVO. Dua aplikasi tersebut sangat memudahkan kita dalam melakukan transaksi apapuns secara online, seperti bayar listrik, bayar angsuran, membeli barang online dan lain sebagainya. Bagaimana cara kerja dan manfaat dari kedua aplikasi online tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Midtrans dan OVO. Stay tune guys.

Midtrans

Midtrans merupakan salah satu payment gateway yang memudahkan kebutuhan para pebisnis online dengan memberikan pelayanan berbagai cara pembayaran. Pelayanan itu memungkinkan para pelaku industri lebih mudah beroperasi serta meningkatkan pemasaran. Metode pembayaran yang disediakan merupakan card payment, bank transfer, direct debit, e-wallet, over the counter, serta lain-lain.

Tidak hanya memaksimalkan berjalannya sebuah bisnis online, adanya Midtrans pula memberikan keringanan untuk para konsumen yang gemar berbelanja online karena berbagai opsi cara pembayaran.

Midtrans menawarkan kepada para pebisnis online fitur sistem analisis data untuk mengelola risiko, serta sistem chat pada para konsumen untuk menambah volume transaksi. Sebagian e-commerce yang bergabung dengan Midtrans yaitu Blibli.com, Sribulancer.com, Travelio.com, Matoa. com dan e-commerce besar yang lain. Baca juga Pilih Mana: Midtrans atau Go-pay?

Cara Kerja Midtrans

Cara kerja Midtrans yaitu setelah si customer memutuskan untuk beli suatu produk atau jasa yang terdapat pada website e-commerce tertuju, customer akan mengikuti sesi pembayaran data terpaut transaksi yang diinformasikan melalui koneksi internet ke sumber payment gateway. Sesudah itu, sistem payment gateway itu akan meneruskan data itu ke prosesor pembayaran dari bank yang dipakai penjual.

Kemudian prosesor pembayaran itu melanjutkan data transaksi yang diperoleh ke asosiasi dengan menjelaskan pula kalau kartu yang dipakai merupakan tipe Mastercard atau Visa. Berikutnya bank terkait akan menerima permintaan yang diajukan serta mengirimkan balasan ke prosesor beserta kode khususnya.

Kode ini nantinya yang akan menampilkan apakah transaksi itu sudah sukses atau tidak. Terakhir, prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway lagi, setelah itu barulah diteruskan ke website penjual sekaligus kepada pemegang kartu.

Apabila kamu masih bimbang dengan penjelasan sistem kerja dari e-payment gateway ini, kita akan jelaskan secara sederhananya. Bila pembeli telah melakukan pembelian pada website, berikutnya pemesanan dan metode pembayaran akan diteruskan untuk konfirmasi ke bank yang ditentukan penjual.

Prosesnya tidak akan memakan waktu banyak, pada umumnya cuma menghabiskan 5 detik saja. Setelah itu, pembeli bisa melakukan proses pembayaran seperti biasa, kemudian penjual dan pembeli mendapat notifikasi suksesnya transaksi.

Manfaat Midtrans

Untuk bisnis-bisnis saat ini, beroperasi secara online berarti volume transaksi juga akan meningkat. Tetapi banyaknya transaksi yang butuh diproses tidak berarti kamu wajib mengatur data yang keluar masuk tiap harinya secara manual.

Nyatanya, tanpa ada sistem yang dapat membantu, kamu sebagai owner bisnis online akan dipersulit dengan masalah mencatat dan mengkonfirmasi tiap data transaksi pembayaran para konsumen.

Terlebih dari itu, kamu juga perlu membuka serta memantau sebagian akun bank secara langsung sebab konsumen tentu mempunyai akun bank yang berbeda-beda. Perihal ini tidak hanya merepotkan, tetapi juga tingkatkan resiko kesalahan pendataan transaksi bisnis kamu.

Dalam perihal inilah payment gateway dapat jadi solusi buat masalah sistem pembayaran bisnis online kamu. Dengan pilihan payment gateway yang tepat, kamu tidak perlu membuka akun bank yang terkini sebab saat ini kamu bisa menerima pembayaran dari berbagai macam metode pembayaran dengan satu rekening bank saja.

Lihat juga:  Pilih Mana: Opera Mini atau Firefox Lite?

Tiap transaksi bisnis online kamu juga akan terekam oleh payment gateway dalam satu dashboard, jadi tiap transaksi akan lebih aman serta gampang dilacak.

OVO

OVO merupakan suatu aplikasi smart yang memberikan kamu layanan pembayaran serta transaksi secara online (OVO Cash). Kamu pula dapat berkesempatan buat mengumpulkan poin tiap kali kamu melakukan transaksi pembayaran lewat OVO.

Secara umum, OVO Cash bisa dipakai buat berbagai macam pembayaran yang sudah bekerja sama dengan OVO jadi lebih cepat. Sedangkan OVO Points merupakan loyalty rewards untuk yang melakukan transaksi dengan memakai OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. Untuk OVO Points sendiri, bisa ditukarkan dengan bermacam penawaran menarik sampai ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan OVO.

OVO menawarkan keringanan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash terlalu banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi OVO yang didalamnya ada saldo cash maupun point.

Cara Kerja OVO

OVO memakai 2 sistem pembayaran, yang pertama memakai barcode, yang kedua yakni lewat nomor telepon. Umumnya sistem barcode akan dipakai buat membayar parkir.

Pada karcis parkir, akan tertera suatu barcode, kemudian pada aplikasi OVO, pilih “Scan” dan setelah itu ikuti instruksi pembayaran. Dengan cara yang amat gampang ini, kamu bisa membayar parkir tanpa perlu mengantri lama.

Sistem pembayaran yang kedua sering ditemui di tempat berbelanja, restoran atau pasar swalayan. Pada saat pembayaran, kasir akan meminta nomor telepon kamu yang tertera di aplikasi OVO.

Setelah itu, sistem akan mengirimkan notifikasi ke aplikasi OVO kamu. Apabila tidak muncul secara otomatis, kamu bisa melihat notifikasi lewat tanda bergambar lonceng di kanan atas.

Setelah itu, pilih pembayaran memakai OVO Cash atau OVO Points dan ikuti instruksi. Pembayaran Kamu akan diterima secara otomatis oleh merchant dan kamu tidak perlu menunggu lama.

Manfaat OVO

Payment
OVO menawarkan kemudahan dalam bertransaksi dan pembayaran untuk seluruh kebutuhan di merchant-merchant yang telah bekerja sama. Kamu bisa transaksi tanpa tunai di lebih dari 60.000 outlet atau merchant dari Sabang-Merauke.

Points
Seperti sudah disinggung sebelumnya, OVO tidak hanya menawarkan media pembayaran, OVO pula menawarkan loyalty rewards yang bisa Kamu peroleh tiap melakukan transaksi di berbagai merchant rekanan OVO.

Tiap melakukan transaksi minimal senilai Rp 10.000 maka Kamu akan memperoleh OVO Points. Tiap 1 OVO Points yang Kamu kumpulkan bernilai Rp 1.

Catatan: Masa berlaku OVO Points merupakan 18 bulan dari diterbitkan. jadi Kamu dapat bertransaksi dengan cara menukarkan OVO Points dan nikmati berbagai penawaran menarik yang terdapat di dalam aplikasi OVO ataupun bertransaksi secara langsung di gerai merchant rekanan OVO.

Pilih Mana: Midtrans atau OVO?

Midtrans OVO
Kelebihan- Keamanan data terjamin - Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar - Mudah - Lebih banyak menawarkan pelayanan pembayaran - Memberikan kemudahan transaksi voucher games - Promo diskon banyak
Kekurangan- Merchant lebih sedikit - Dikenai cas- Paket data yang ditawarkan kurang jelas - Fitur pembayaran e-wallet cenderung lebih sedikit

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Midtrans dan OVO diatas tadi, dapat kita simpulkan bahwa Midtrans dan OVO merupakan aplikasi online yang sangat memudahkan urusan transaksi kita sehari-hari. Midtrans dan OVO sendiri tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu tentukan aplikasi online kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Midtrans atau OVO

VS

Leave a Reply