Pilih mana: Mie atau Nasi

Loading...

Setiap orang tentunya memiliki makanan kesukaannya masing-masing, seperti halnya mie dan nasi. Mie sendiri tentunya sangat bervariasi ada yang bisa dijadikan mie ayam bahkan mie instan. Dan nasi umumnya adalah makanan pokok kita sehari-hari yang bisa juga kita kreasikan menjadi nasi gore, nasi tumpeng dan sebagainya. Kali ini saya akan membahas mengenai Mie dan Nasi. Stay tune ya..

Mie
Mie adalah adonan tipis yang umumnya panjang dan bentuknya bergelombang. Cara pembuatannya adalah dengan cara di gulung, dikeringkan lalu dimasukkan kedalam air yang mendidih. Baca juga artikel sebelumnya Pilih mana: Nasi atau Bubur

Mie sendiri ditemukan pada tahun sekitar 220 tahun sebelum masehi oleh Dinasti Han Timur dan mie yang tertua diperkirakan berusia 4000 tahun yang ditemukan di Qinghai, Tiongkok.

Memakan mie bisa dijadikan sebagai pengganti nasi sebagai makanan pokok tentunya dengan olahan yang menyehatkan juga, karena seperti yang kita tahu sekarang banyak mie yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh.

Mie sendiri bisa divariasikan sesuai dengan keinginan kalian, seperti yang saya sebutkan tadi mie bisa dibuat menjadi mie dengan campuran ayam dan rempah-rempah lainnya yang biasa kita sebut sebagai mie ayam.

Tidak hanya itu, mie juga bisa diperjual belikan dalam bentuk kemasan. Atau biasa kita sebut sebagai mie instan. Mie ini bisa kamu temukan di supermarket, mall bahkan warung-warung terdekat rumah kamu juga banyak yang menjual mie instan. Mie instan yang terkenal seperti Indomie, Mie sedap, Supermie dan masih banyak lagi.

Mie sendiri memiliki penggemarnya masing-masing, dimulai dari anak kecil, remaja bahkan orang dewasa juga banyak yang menyukainya.

Mie memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan daerahnya masing-masing, seperti mie aceh yang bentuknya cenderung tebal, mie jawa yang umumnya berwarna cokelat yang rasanya manis dan masih banyak lagi.

Kamu bisa dapatkan mie-mie yang dijual oleh pedagang kaki lima yang diolah sedemikian rupa sehingga menciptakan rasa yang lezat.

Jenis-jenis mie:
Mie Telur
Sesuai dengan namanya, mie ini dibuat dengan telur yang juga berwarna kuning atau kuning pucat. Mie ini biasa digunakan oleh pedagang kaki lima untuk diperjual belikan menjadi mie ayam, fu-mie dan masih banyak lagi.

Kwetiau
Mie ini memiliki bentuk yang lebar dan berwarna putih. Mie ini dibuat dari tepung beras dan air. Banyak pedagang-pedagang dan restoran besar juga banyak yang menyediakan kwetiau sebagai menu mereka.

Sohun
Kalau kamu ingin memakan mie yang ringan maka sohun lah jawabannya. Sohun sendiri terbuat dari pati, sagu, umbi-umbian dan masih banyak lagi. Berbeda dengan bihun, sohun memiliki tekstur yang lebih lembek sesudah dimasak.

Bihun
Orang-orang banyak yang belum bisa membedakan antara sohun dan bihun karena memang bentuk dan warnanya hampir sama. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, bihun memiliki warna yang sedikit buram dan rasa yang lebih lembut daripada sohun.

Misoa
Mie ini sebetulnya memiliki warna yang sama seperti bihun dan sohun. Mie ini terbuat dari tepung terigu. Warnanya sendiri putih dan tidak transparan. Namun mie ini jarang ada yang diperjual belikan mungkin karena kalah tenar dengan bihun dan sohun.

Ramen
Mie ini sangat terkenal dikalangan remaja di Indonesia, dan pastinya sudah tidak asing lagi kalau ramen memang terbuat dari Jepang. Ramen sendiri memiliki bentuk yang lebih tebal dari pada mie yang lainnya. Hidangan ini biasa disajikan di restoran-restoran ala Jepang

Loading...

Udon
Sama seperti Ramen, Mie ini juga dibuat dari Jepang. Udon sendiri terbuat dari tepung terigu dan garam yang dipotong tebal. Mie ini juga biasa disajikan di restoran-restoran ala Jepang

Soba
Jepang memang tidak ada habisnya membuat variasi dari mie, kali ini ada mie yang bernama Soba yang dibuat dari gandum hitam. Mie ini bisa disajikan saat panas dan dingin.

Begitu banyak jenis dari mie bukan ? Selain memang mudah dimakan, mie memang mengenyangkan yang tidak kalah dengan makanan yang lain. Kamu juga suka mie ?

Nasi
Siapa yang tidak mengenal nasi, makanan ini adalah makanan pokok bagi orang Indonesia. Nasi sendiri terbuat dari beras yang sudah dimasak dengan kematangan yang pas. Dan beras sendiri terbuat dari padi yang dipanen oleh petani di pedesaan.

Seperti kalimat yang biasa diucap “Belum makan, kalau belum makan nasi” ini dikarenakan nasi yang memiliki kandungan karbohidrat yang membuat kenyang jika memakannya. Dan orang Indonesia dari dulu memang sudah terbiasa makan nasi sebagai makanan pokoknya.

Nasi sendiri berwarna putih dan memiliki rasa yang sedikit manis, biasa kita makan menggunakan lauk pauk seperti ayam, daging, sayuran dan lain sebagainya. Dan ada juga nasi merah yang biasa digunakan untuk orang yang sedang mengikuti pola hidup sehat seperti diet.

Nasi bisa kamu kreasikan menjadi makanan yang lezat seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi liwet, nasi wuduk dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu nasi juga bisa dijadikan olahan bubur, lontong, ketupat, yang cocok dimakan dengan lauk seperti sate, ayam dan sebagainya.

Kamu bisa dapatkan beras dengan kualitas yang baik di warung, mall, supermarket bahkan online shop juga sudah banyak yang menjual beras.

Jenis olahan nasi:
Nasi Goreng
Makanan ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia, dengan campuran bawang merah, putih, garam, gula dan sebagainya. Nasi goreng juga bisa kamu tambahkan dengan potongan ayam, daging sapi, daging kambing dan sebagainya. Kamu bisa buat sendiri atau beli di pedagang yang menjual nasi goreng.

Nasi Wuduk
Nasi ini mengandung santan didalamnya yang menjadikan nasi ini lebih gurih dan kenyang saat memakannya. Nasi ini biasa dimakan saat sarapan dengan porsi yang sedikit. Campuran kentang, tempe, telur biasa ditambahkan di nasi wuduk ini.

Nasi Kuning
Sesuai dengan namanya, nasi ini memiliki warna kuning. Warna kuning ini didapat dari campuran kunyit dengan rempah-rempah lainnya. Nasi ini biasa dimakan dengan pergedel, telur rebus, ayam, tempe dan lain-lain. Nasi ini bisa juga dijadikan sebagai nasi tumpeng untuk suatu perayaan.

Nasi Liwet
Nasi ini memiliki karakteristik yang lebih lembut dari nasi pada umumnya. Nasi ini sendiri berasal dari Solo dan memiliki rasa yang gurih karena terdapat santan didalamnya. Nasi ini juga cocok kamu jadikan sebagai sarapan.

Nasi Kucing
Nasi ini memiliki porsi yang sangat sedikit yang tentunya cocok banget buat kamu jadikan cemilan atau sarapan. Nasi ini sendiri ditambah dengan lauk pauk seadanya. Nasi ini juga dijual di angkringan khas Jogja.

Dan masih banyak lagi dari jenis nasi yang tentunya lebih banyak variannya daripada mie. Kamu bisa juga menikmati nasi yang ditambah dengan mie instan namun jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena mie instan mengandung beberapa pengawet yang dapat membahayakan tubuh pada masa yang akan mendatang.

Pilih mana: Mie atau Nasi

MieNasi
Kelebihan - Lebih simpel - Cara memasaknya lebih mudah - Banyak dijual di toko terdekat - Lebih sehat - Lebih kenyang - Mudah dicerna
Kekurangan- Kerap mengandung pengawet - Tidak sehat- Mengandung gula yang banyak - Cara memasaknya memakan waktu

Kesimpulan:
Nasi dan mie adalah makanan yang paling banyak diminati karena enak dan simpel memakannya. Nasi dan Mie adalah makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat yang tentunya mengenyangkan untuk tubuh kita. Dan jangan makan mie dan nasi secara berlebihan karena dapat membuat obesitas dan efek negatif lainnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mie vs Nasi

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *