Kesehatan

Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Lidah Buaya?

Minyak Kemiri dan Lidah buaya adalah kedua dari banyaknya bahan alami yang memiliki banyak manfaat yang bisa memenuhi kebutuhan kamu. Salah satunya Minyak Kemiri dan Lidah Buaya memiliki manfaat untuk menjaga atau merawat rambut kamu.

Apakah kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan pada Minyak Kemiri dan Lidah Buaya untuk perawatan pada rambut kamu? Karena penggunaan Minyak Kemiri dan Lidah Buaya yang berlebihan juga tidak baik untuk rambut kamu ya guys.

Pada artikel kali ini saat akan membahas mengenai Minyak Kemiri dan Lidah Buaya kelebihan dan kekurangan Minyak Kemiri dan Lidah Buaya untuk rambut agar kamu lebih bisa mengontrol penggunaannya. Yuk, langsung saja selamat membaca artikel ini guys.

Minyak Kemiri

Kemiri atau dalam yang bahasa inggrisnya disebut sebagai candlenut ini memang sudah banyak digunakan untuk perawatan rambut secara tradisional. Seiring berkembangnya teknologi, para ilmuwan melakukan penelitian terkait kandungan-kandungan yang terdapat di dalam Kemiri beserta manfaatnya. Baca juga Pilih Mana: Urang Aring atau Lidah Buaya?

Berdasarkan beberapa penelitian, ditemukan bahwa Kemiri kaya akan kandungan, gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Jadi, tidak heran jika banyak produk perawatan rambut yang memanfaatkan minyak Kemiri sebagai salah satu bahan utamanya.

Kelebihan Minyak Kemiri

  • Mengatasi rambut rontok
    Minyak Kemiri dapat mengatasi rambut kamu yang rontok ya guys baik untuk perempuan maupun untuk laki-laki. Minyak Kemiri memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala yang sehingga akan menutrisi akar rambut. Dengan begitu, rambutmu kamu akan jauh lebih ternutrisi.
  • Memperkuat akar rambut
    Salah satu sebab dari rambut menjadi mudah rontok adalah akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, dapat memanfaatkan minyak Kemiri sebagai perawatan rambut. Seperti yang telah disebutkan, minyak Kemiri kaya akan kandungan vitamin dan berbagai nutrisi yang tidak hanya sekedar mampu menutrisi, tapi juga memperkuat rambut hingga ke bagian akar rambut.
  • Menebalkan rambut
    Manfaat Kemiri bisa untuk menebalkan dan menyuburkan rambut. Manfaat minyak Kemiri untuk rambut ini memerlukan sebuah tahapan, yaitu tahap menggunakan minyak Kemiri untuk menyuburkan rambut. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak Kemiri ke seluruh rambut lalu kamu bisa membawanya tidur. Pada saat pagi hari, bilaslah rambut dengan menggunakan shampoo lalu diikuti kondisioner, dengan penggunaan yang rutin maka rambut kamu akan lebih terlihat tebal.

Kekurangan Minyak Kemiri

  • Dapat membuat rambut berminyak
    Biasanya rambut yang akan diberikan minyak Kemiri atau kamu yang rutin menggunakan minyak Kemiri pada rambut diberikan dengan cara dioleskan. Hal ini membuat rambut akan terpapar minyak Kemiri dan apabila hal ini dilakukan secara berlebihan kuantitasnya maka akan membuat susah dihilangkan dan rambut akan berminyak.
  • Rambut lebih lepek dan gatal-gatal
    Rambut yang berminyak akan membuat bentuk lembek pada rambut. Rambut akan menjadi lepek dengan pemberian minyak Kemiri ini, walaupun tampak klimis. Namun bila dilakukan terus menerus membuat rambut menjadi lepek parah, dan juga akan membuat kulit kepala kamu terasa gatal apalagi untuk kamu yang tidak cocok dengan minyak Kemiri untuk perawatan pada rambut kamu karena kelembaban pada kulit rambut kamu terganggu.
  • Dapat menimbulkan ketombe
    Dengan memberikan minyak Kemiri yang berlebih di kepala untuk rambut kamu, akan membuat kondisi kulit kepala tidak seimbang. Kelembaban akan sulit kembali normal dan akan tumbuh jamur. Hal ini akan membuat ketombe muncul dan berjatuhan. Sebaiknya hindari penggunaan minyak yang berlebih.

Lidah Buaya

Lidah Buaya (Aloe vera) telah dipergunakan untuk banyak keperluan selama berabad-abad. Kurang lebih 4.000 tahun yang lalu sampai sekarang lidah buaya sangat dikenal khasiatnya karena pada pelepahnya terdapat berbagai macam kandungan nutrisi.

Semakin canggihnya teknologi membuat Lidah Buaya diolah menjadi produk yang memiliki banyak manfaat dan dijual dengan berbagai merek yang diusung oleh berbagai brand kosmetik, salah satu manfaat Lidah Buaya yang banyak diminati orang adalah sebagai produk untuk merawat rambut. Kamu bisa membeli produk Lidah Buaya untuk perawatan rambut di drugstore seperti Guardian.

Kelebihan Lidah Buaya

  • Mencegah rambut rontok
    Kerontokan rambut adalah masalah rambut yang cukup meresahkan. Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut yang sangat parah juga bisa menyebabkan kebotakan. Maka dari itu, masalah kerontokan rambut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Maka dari itu salah satu hal yang bisa kamu coba dengan menggunakan Lidah Buaya karena memiliki manfaat untuk mencegah kerontokan. Hal ini tentunya karena Lidah Buaya dapat menutrisi kulit kepala dan rambut sehingga rambut juga menjadi lebih kuat.
  • Mengatasi rambut berminyak
    Lidah Buaya juga bisa mengatasi masalah rambut lepek. Sama halnya perawatan kecantikan dengan Lidah Buaya yang dapat dilakukan untuk semua jenis kulit. Perawatan Lidah Buaya untuk rambut juga cocok untuk semua jenis rambut.
Rambut lepek atau terlalu berminyak adalah disebabkan produksi minyak berlebih di kepala. Lidah Buaya dapat mengontrol produksi minyak berlebih tersebut tanpa membuat kulit kepala menjadi kering dan menyebabkan masalah lainnya.
  • Mengembalikan warna rambut
    Rambut yang rusak terkadang tidak hanya ditandai dengan rambut kering, kasar, dan bercabang, tapi sebagian orang juga merasakan hilangnya warna asli rambut. Bagi orang Indonesia yang mayoritas memiliki pigmen rambut berwarna hitam, pudarnya warna rambut biasanya akan membuat warna rambut berubah menjadi kemerahan atau kekuningan. Kondisi ini tentunya amat mengganggu dan mengesankan rambut yang kurang sehat. Merawat rambut dengan Lidah Buaya secara rutin dapat membantu kamu mengembalikan warna asli dan kilau rambut kamu.

Kekurangan Lidah Buaya

  • Menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala
    Lidah buaya memang dapat memberikan sensasi segar pada kulit kepala kamu. Namun dalam pengaplikasiannya gel Lidah Buaya pada rambut akan menimbulkan efek samping yang membuat kamu merasa tidak nyaman. Efek samping pemakaian Lidah Buaya untuk rambut keseringan adalah timbulnya rasa gatal. Saat pengaplikasian Lidah Buaya pada rambut maupun kulit kepala, kamu akan merasakan sensasi gatal yang harus kamu tahan beberapa saat. Rasa gatal ini bisa tertinggal di kulit kepala kamu jika kamu tidak membilas rambut hingga kulit kepala anda dengan bersih.
  • Menimbulkan bau tidak sedap pada rambut
    Karena tidak sabar dengan hasilnya, beberapa orang malah cenderung memakainya secara berlebihan. Hal ini bisa menimbulkan efek samping pemakaian Lidah Buaya untuk rambut keseringan. Salah satu efek samping tersebut adalah aroma yang kurang sedap yang bisa ditinggal di rambut kamu. Lidah buaya dikenal dengan aromanya yang khas dan cenderung tidak sedap jika belum diolah secara kimia.
  • Akan membuat rambut lepek
    Meskipun Lidah Buaya adalah bahan alami, pemakaian yang berlebihan juga akan tetap memberikan efek samping negatif pada rambut kamu seperti rambut kamu akan terasa lepek. Ketika kamu setelah penggunaan Lidah buaya untuk rambut kamu pastikan bilas rambut kamu dengan bersih setelah pemakaian Lidah Buaya pada rambut kamu dan jangan digunakan terlalu sering. Cukup 1 hingga 2 kali seminggu sebelum kamu keramas.
KeteranganMinyak Kemiri Minyak Kelapa
KandunganKemiri kaya akan kandungan, gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Lidah Buaya kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A, B1, dan E, kandungan mineral, kandungan asam linoleat yang memliki manfaat baik untuk perawatan rambut.

Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Lidah Buaya?

Minyak KemiriLidah Buaya
Kelebihan- Mengatasi rambut rontok - Memperkuat akar rambut - Menebalkan rambut - Mencegah rambut rontok - Mengatasi rambut berminyak - Mengembalikan warna rambut
Kekurangan- Dapat membuat rambut berminyak - Rambut lebih lepek dan gatal-gatal - Dapat menimbulkan ketombe - Menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala - Menimbulkan bau tidak sedap pada rambut Akan membuat rambut lepek

Kesimpulan

Minyak Kemiri dan Lidah Buaya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk merawat rambut kamu. Ada baiknya kamu menggunakan suatu produk untuk merawat rambut kamu pilih yang cocok saja untuk kamu. Karena Minyak Kemiri dan Lidah Buaya adalah produk perawatan rambut secara alami tentu saja untuk mendapatkannya terbilang sangat mudah dan kamu hanya mengeluarkan budget yang sangat terjangkau. Tetapi pastikan kamu menggunakan produk perawatn rambut yang cocok untuk rambut dan kulit kepala kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Minyak Kemiri vs Lidah Buaya

VS

Leave a Reply