HomeKecantikanKesehatan

Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Minyak Kelapa?

Minyak dari bahan alami seperti yang terbuat dari minyak kemiri dan minyak kelapa memang menyimpan sejuta manfaat untuk kebutuhan sehari-hari, dapat digunakan untuk masaka, kesehatan, maupun untuk perawatan kulit dan terutama untuk rambut.

Pada artikel kali ini selain kita bahas manfaat nya untuk perawatan rambut, kita juga akan membahas lebih lanjut khasiat untuk kesehatan minyak kemiri dan minyak kelapa tersebut. Yuk langsung saja disimak dibawah ini, jangan sampai ketinggalan info penting ini ya!

Minyak Kemiri

Selain untuk masakan, kemiri merupakan tumbuhan yang setiap bagiannya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Biji kemiri mengandung lebih dari 60% kandungan minyak. Karena itu lah, pengolahan biji kemiri umumnya dilakukan untuk menghasilkan minyak.

Minyak kemiri yang dihasilkan di Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik. Pohon kemiri juga dapat ditemukan diberbagai negara tropis lainnya. Diperkirakan pohon kemiri awalnya berasal dari kepualau Hawai.

Salah satu manfaat minyak kemiri yang terkenal adalah sebagai obat penumbuh rambut tradisional alami yang ampuh mengatasi berbagai masalah rambut, seperti rambut rontok, rambut berketombe dan rambut botak. Baca juga Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Urang Aring?

Khasiat Minyak Kemiri untuk Kesehatan

1. Menurunkan Demam Anak
Saat anak sedang mengalami demam jangan khawatir, Dengan tambahan 15 gram akar pulutan, dan sedikit minyak kemiri, demam anak bisa turun. Cara membuatnya juga tidak sulit. Sediakan 15 gr akar pulutan, minyak kemiri, wajan, air, dan gelas. Rebus semua bahan dan minyak kemiri dengan air. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam gelas. Berikan kepada anak yang sedang demam.

2. Obati Sakit Gigi dan Sariawan
Minyak kemiri ini memang dikenal karena banyak memberi manfaat pada produk kecantikan rambut. Tapi ternyata, kemiri juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi dan sariawan, Cara memanfaatkannya mudah.

Gunakan kapas untuk dibasahi dengan minyak kemiri, tempelkan pada gusi atau sariawan yang terasa nyeri selama 10 menit. Ganti dengan kapas baru, ulangi hingga beberapa kali.

3. Mengurangi Infeksi Jamur
Lingkungan yang lembab seperti pada popok anak bisa menyebabkan jamur di tumbuh, Untuk meringankan gejala tersebut kamu bisa mengoleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

Pengobatan infeksi jamur dengan kemiri merupakan salah satu cara yang alami dibandingkan harus menggunakan obat lainnya.

4. Untuk Relaksasi
Minyak kemiri dapat kalian jadikan seperti minyak herbal lainnya yang dapat digunakan sebagai obat gosok untuk membuat badan menjadi lebih rileks. Cara penggunaan pun sama dengan minyak herbal lainnya.

Cukup digosokkan ke bagian tubuh yang mungkin sering terasa sakit dan pegal. Bahan ini cocok bagi kamu yang memiliki kegiatan berat seharian penuh atau sangat sibuk bekerja seharian.

Kandungan Minyak KemiriKeterangan
Asam oleic (15%)Asam lemak yang secara natural ada pada hewan dan tanaman. Asam oleic merupakan bagian penting bahan pengemulsi dalam sabun, pelunak, dan serta pelarut dalam produk aerosol.
Asam linoleic (40%)Asam lemak tidak jenuh omega- 6 yang banyak dipakai sebagai bahan produk kecantikan sebab diyakini bersifat antiradang, melembapkan, serta mengurangi resiko timbulnya jerawat.
Asam linolenic (kurang dari 30%)Salah satu asam lemak omega- 3 yang dibutuhkan badan untuk mendukung perkembangan serta pertumbuhan.

Kelebihan Minyak Kemiri

  • Membuat rambut tampak lebih hitam
    Manfaat minyak kemiri untuk rambut tidak hanya untuk mengatasi berbagai masalah rambut atau menyehatkan saja tetapi juga bisa untuk mempercantik rambut. Manfaat kemiri dalam bentuk minyak bisa membuat rambut menjadi lebih hitam.
  • Menebalkan dan menyuburkan rambut
    Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini memerlukan sebuah tahapan, yaitu tahap menggunakan minyak kemiri untuk menyuburkan rambut. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri ke seluruh rambut lalu tidurlah. Pada saat pagi hari, bilaslah rambut dengan menggunakan shampoo lalu diikuti kondisioner.
  • Menjaga kelembapan rambut
    Kandungan minyak yang ada di dalam minyak kemiri bisa menjaga kelembapan rambut tetap utuh. Asam lemak tidak jenuh ganda pada minyak kemiri akan membuat rambut kalian tetap lembap dan indah.

Kekurangan Minyak Kemiri

  • Menimbulkan minyak berlebih
    Kulit kepala memiliki minyak alami. Namun ketika dioleskan minyak kemiri maka akan ada tambahan minyak yang ada dikulit kepala. Jika  hal ini sering dilakukan, maka akan membuat kondisi kulit kepala memiliki minyak berlebih. Sebaiknya, batasi dalam penggunaan minyak kemiri ini.
  • Iritasi mata
    Penggunaan minyak kemiri yang berlebih memiliki efek samping yang buruk. Hal ini bisa terjadi karena paparan kulit kepala saat mengoleskan minyak ini Yaitu saat minyak terkena mata dan apabila terjadi sering akan membuat permukaan mata menjadi iritasi iritasi.
  • Akan menimbulkan uban
    Rambut yang terpapar minyak kemiri akan terasa berminyak. Uban dapat muncul ketika rambut yang diolesi tidak segera dibersihkan ataupun dicuci bersih. Kandungan melonin akan berkurang dan membuat rambut beruban. Sebaiknya atasi waktu saat menggunakan minyak kemiri.

Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa memang dianggap sebagai cairan yang sehat untuk dikonsumsi. Kini, banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan tubuh khususnya banyak digunakan untuk kesehatan rambut.

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh sebesar 90 persen.

Minyak tinggi lemak jenuh telah ditemukan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan lainnya. Namun, minyak kelapa telah tumbuh dalam popularitas dalam beberapa tahun terakhir, di tengah klaim bahwa minyak kelapa dapat menyehatkan tubuh. Berbagai produk minyak kelapa dapat ditemukan di offline maupun online store seperti Tokopedia.

Khasiat Minyak Kemiri untuk Kesehatan

1. Mempercepat penyembuhan
Ketika diaplikasikan pada area yang terinfeksi, minyak kelapa membentuk lapisan kimia yang melindungi bagian tubuh yang terinfeksi dari debu luar, udara, jamur, bakteri, dan virus. Ini sangat efektif pada memar karena mempercepat proses penyembuhan jaringan yang rusak.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Asam laurat yang ada dalam minyak kelapa membantu aktif mencegah berbagai masalah jantung seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Ini tidak mengarah pada peningkatan kadar kolesterol LDL, dan mengurangi insiden cedera dan kerusakan pada arteri, karena itu membantu mencegah aterosklerosis.

3. Meningkatkan imunitas
Minyak kelapa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat, yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Sehingga jika mengkonsumsi minyak kelapa sesuai dengan takaran yang ada akan berkhasiat untuk menjaga tubuh dari bakteri jahat.

4. Meningkatkan kadar kolesterol HDL
Menurut Walter C. Willett, M.D., Harvard Medical School, manfaat minyak kelapa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Kandungan Minyak KelapaKeterangan
Mengandung 117 kaloriEnergi yang dibutuhkan tubuh agar bisa beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik.
7 Gram lemak jenuhMengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.
14 Gram lemak totalMeningkatkan kolesterol baik (HDL) Mengonsumsi lemak tak jenuh dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah

Kelebihan Minyak Kelapa

  • Penghilang ketombe
    Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa ternyata mampu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan karena bakteri dan virus loh. Untuk itu jika kamu mengalami ketombe yang meradang, kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu rangkaian perawatan rambutmu. Selain bisa melembapkan kulit kepala, juga bisa mengurangi ketombe di kepalamu.
  • Menjadikan rambut dan kulit kepala sehat
    Dengan rutin mengoleskan minyak kelapa pada rambut juga akan menjadikan kulit kepala dan rambut menjadi sehat sepanjang hari. sebelumnya telah dijelaskan bukan bahwa minyak kelapa juga mampu mengurangi tingkat peradangan akibat ketombe pada kulit kepala. Dengan hilangnya ketombe, maka dipastikan rambutmu akan tumbuh lebih sehat dan berkilau.
  • Membuat rambut lebih halus
    Dengan rutin mengoleskan minyak kelapa di rambut ternyata dapat menutrisi rambut menjadi lebih baik sehingga rambut menjadi lebih halus dan lebih gampang diatur.

Kekurangan Minyak Kelapa

  • Tidak cocok dengan segala jenis rambut
    Untuk rambut yang lebih kasar, kering seperti rambut keriting, minyak kelapa justru membuatnya rontok dan rapuh. Hal ini karena rambut keriting kebanyakan lebih membutuhkan moisture dibandingkan protein yang jelas terkandung dalam minyak kelapa.
  • Dapat menimbulkan jerawat
    Minyak kelapa merupakan minyak. Penggunaan minyak pada rambut dapat menyebabkan wajah berkemungkinan untuk terkena minyak pula. Hal ini akan menyebabkan wajah menjadi kotor dan berminyak yang berpotensi untuk memunculkan jerawat pada wajah.
  • Bau yang menyengat
    Saat menggunakan minyak kelapa untuk dioleskan ke bagian rambut, minya kelapa ini cenderung mengeluarkan aroma yang khas, nagi sebagian orang menjadi masalah karena bau yang ditimbulkan dan juga untuk menghilangkan aroma nya tersebut kita harus melakukan kegiatan membilas rambut dengan ekstra dan berulang.

Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Minyak Kelapa?

Minyak Kemiri Minyak Kelapa
Kelebihan- Membuat rambut tampak lebih hitam - Menebalkan dan menyuburkan rambut - Menjaga kelembapan rambut - Penghilang ketombe - Menjadikan rambut dan kulit kepala sehat - Membuat rambut lebih halus
Kekurangan- Menimbulkan minyak berlebih - Iritasi mata - Akan menimbulkan uban - Tidak cocok dengan segala jenis rambut  - Dapat menimbulkan jerawat - Bau yang menyengat 

Kesimpulan

Pada artikel di atas kita sudah membahas mengenai Minyak Kemiri dan Minyak Kelapa, Dapat kita mabil kesimpulan bahwa kedua minyak alami tersebut sangat banyak memberikan khasiat dari segi kesehatan maupun untuk perawatan rambut. Jika kalian ingin membuat rambut tampak lebih hitam dan tebal minyak kemiri lah yang cocok menjadi pilihan anda, Namun jika kalian ingin mempunyai rambut yang lembut dan halus sebaiknya gunakan minyak kelapa ya guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Minyak Kemiri vs Minyak Kelapa

VS

Leave a Reply