Kecantikan

Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Urang Aring?

Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Bukan hanya kesehatan tubuh yang harus dijaga, tapi juga kesehatan rambut. Menjaga kesehatan rambut akan lebih baik jika menggunakan bahan-bahan yang alami. Dua bahan alami yang dapat merawat dan menjaga kesehatan rambut serta mengatasi berbagai masalah rambut adalah minyak kemiri dan minyak urang aring. Jika Anda harus memilih, mana yang akan Anda pilih? Minyak kemiri atau urang aring?

Minyak kemiri telah dipercaya dari dulu sebagai minyak yang dapat merawat berbagai masalah rambut dan menyuburkan rambut. Tidak hanya minyak kemiri, minyak urang aring juga merupakan minyak alami yang dapat mengatasi berbagai masalah rambut dan dapat membantu menghitamkan rambut Anda. Baca juga Pilih Mana: Concealer atau Foundation?

Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan minyak yang dihasilkan dari kemiri yang dibakar. Kemiri yang dibakar mengeluarkan minyak yang disebut minyak kemiri. Minyak kemiri ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut. Masih banyak orang yang menggunakan kemiri ini karena cukup mudah untuk mendapatkan minyak aslinya, yaitu dengan cara dibakar saja.

Kelebihan Minyak Kemiri

Berikut beberapa kelebihan minyak kemiri yang perlu Anda ketahui:

  • Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Salah satu kelebihan minyak kemiri adalah dapat mencukupi kebutuhan nutrisi rambut. Minyak kemiri adalah salah satu minyak nabati yang dapat mencukupi kebutuhan asam lemak tak jenuh tubuh manusia. Rambut membutuhkan nutrisi dan asam jenis ini agar dapat tumbuh lebih baik dan sehat. Jika keberadaan asam ini kurang, maka kondisi rambut akan tipis dan terlihat tidak sehat juga terawat.

  • Mencegah Kerontokan

Minyak kemiri mengandung vitamin B1 atau Thiamin yang sangat berguna untuk perawatan dan kecantikan. Manfaat dari kandungan ini adalah mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Akar rambut Anda akan lebih kuat dan terjaga dengan adanya Vitamin B1. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri yang mengandung banyak vitamin B1 sangat baik untuk kesehatan rambut dan kekuatan akarnya. Selain itu minyak kemiri juga mengandung palmitat yang juga dapat mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan.

  • Merawat Rambut Rusak dan kering

Kelebihan lain yang dimiliki oleh minyak kemiri ini adalah dapat membantu melembutkan rambut yang rusak dan kering, sehingga sangat disarankan untuk digunakan untuk perawatan rambut Anda. Jadi, Anda dapat menggunakan minyak ini untuk melembutkan rambut.

  • Menghilangkan Ketombe

Minyak kemiri juga ternyata ampuh untuk membantu menghilangkan ketombe karena mengandung asam stearat. Jenis asam ini mampu menghilangkan ketombe dan merawat rambut yang rontok. Kemiri mengandung asam stearat yang cukup banyak, sehingga penggunaan kemiri juga dapat membantu menghilangkan ketombe.

Kekurangan Minyak Kemiri

Berikut beberapa kekurangan minyak kemiri yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menimbulkan Jerawat

Minyak kemiri merupakan minyak. Penggunaan minyak pada rambut dapat menyebabkan wajah berkemungkinan untuk terkena minyak pula. Hal ini akan menyebabkan wajah menjadi kotor dan berminyak yang berpotensi untuk memunculkan jerawat pada wajah.

  • Dapat Menyebabkan Alergi dan Iritasi

Ada sebagian orang yang memiliki jenis kulit sensitif dan alergi. Pemilik jenis kulit ini perlu mengecek terlebih dahulu sebelum memakai minyak kemiri. Kulit yang sensitif dan alergi dikhawatirkan tidak cocok atau tidak bisa menerima zat yang ada pada minyak kemiri. Dengan demikian, ditakutkan kulit akan iritasi dan alergi saat terkena minyak kemiri.

  • Dapat Menimbulkan Uban

Menggunakan minyak kemiri terlalu lama dan mendiamkan minyak ini terlalu lama di kepada dapat menyebabkan tumbuhnya uban. Minyak yang terlalu lama mengendap di rambut akan membuat kandungan melonin pada rambut berkurang. Hal ini akan akan membuat rambut menjadi beruban. Sebaiknya jangan terlalu lama juga mendiamkan minyak kemiri ini. Sebaliknya jika Anda menggunakan minyak kemiri dengan tepat, malah akan mengurangi dan menghilangkan uban pada kepada.

Kelebihan Minyak KemiriKekurangan Minyak Kemiri
- Mencukupi kebutuhan nutrisi rambut- Dapat menimbulkan jerawat
- Mencegah terjadinya kerontokan- Dapat menyebabkan alergi dan iritasi
- Merawat rambut rusak dan kering- Dapat menimbulkan uban
Lihat juga:  Pilih Mana: Hair Clip atau Wig?

Minyak Urang Aring

Minyak urang aring merupakan minyak yang dibuat dari tumbuhan urang aring. Tumbuhan urang aring ini memiliki tinggi mencapai 80 cm. Minyak yang dibuat dari tumbuhan urang aring ini memiliki manfaat lain selain memberikan manfaat untuk rambut. Minyak urang aring atau tumbuhan urang aring sering dipakai sebagai bahan pembuatan sampo untuk membuat rambut hitam berkilau.

Kelebihan Minyak Urang Aring

Berikut beberapa kelebihan minyak urang aring yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menghitamkan Rambut

Minyak urang aring memiliki kandungan yang dapat membantu menghitamkan rambut. Minyak urang aring juga sering dipakai sebagai bahan tambahan pada sampo yang dapat membuat rambut menjadi lebih hitam berkilau.

  • Menyuburkan Rambut

Minyak urang aring juga memiliki fungsi untuk menyuburkan rambut. Biasanya seorang ibu yang baru memiliki bayi akan memberikan minyak urang aring pada kepala sang buah hati agar nantinya memiliki rambut yang tebal dan hitam. Ini merupakan cara mudah dan murah untuk mendapatkan hasil yang sangat baik untuk rambut.

  • Mengurangi Kerontokan dan Mencegah Kebotakan

Manfaat lain menggunakan minyak urang aring adalah dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Kerontokan yang terjadi terus-menerus akan mengakibatkan kebotakan. Anda dapat mencegah hal ini terjadi dengan cara menggunakan minyak urang aring.

Kekurangan Minyak Urang Aring

Berikut beberapa kekurangan minyak urang aring yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menimbulkan Jerawat

Menggunakan minyak pada rambut dapat menyebabkan wajah rentan terkena minyak pula. Minyak yang berlebih pada wajah akan menyebabkan wajah menjadi lebih berminyak dan muncul jerawat. Minyak pada rambut akan menempel pada wajah ketika Anda sedang berbaring atau rambut dalam posisi terurai menyentuh wajah Anda. Solusinya, Anda dapat membersihkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur dan mengikat rambut agar tidak terkena wajah.

  • Dapat Menyebabkan Kebotakan

Saat ini banyak sekali minyak urang aring palsu beredar di pasaran. Minyak urang aring palsu ini dapat menyebabkan terjadinya kebotakan. Anda perlu mencermati dengan seksama dan memilih dengan baik minyak urang aring yang akan Anda beli. Agar lebih aman, Anda dapat membuat sendiri minyak rambut ini.

  • Dapat Menyebabkan Rambut Menjadi Keriting

Dikutip dari Klikdokter.com beberapa orang tertentu yang menggunakan minyak urang aring ternyata mendapatkan rambut mereka menjadi keriting. Namun keluhan ini sangat jarang terjadi.

Kelebihan Minyak Urang AringKekurangan Minyak Urang Aring
- Dapat menghitamkan rambut- Dapat menimbulkan jerawat
- Membantu menyuburkan rambut- Dapat menyebabkan kebotakan
- Mengurangi kerontokan dan mencegah kebotakan- Dapat menyebabkan rambut menjadi keriting

Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Urang Aring?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara minyak kemiri dan urang aring. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Minyak KemiriMinyak Urang Aring
- Diproses dengan cara dibakar baru ditumbuk- Diproses langsung ditumbuk tanpa dibakar terlebih dahulu
- Digunakan sebagai pembuatan sampo namun merek sampo belum terlalu familiar - Banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sampo yang telah terkenal
- Sangat baik untuk merawat berbagi keluhan rambut rusak- Sangat baik digunakan untuk mendapatkan rambut hitam berkilau

Kesimpulan

Sari penjelasan mengenai minyak kemiri dan minyak urang aring di atas dapat disimpulkan bahwa kedua minyak tersebut sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk rambut. Namun, jika Anda lebih fokus untuk menghitamkan rambut, sebaiknya Anda menggunakan minyak urang aring karena terbukti lebih ampuh dan banyak dipakai oleh beberapa merek sampo untuk menghitamkan rambut.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Minyak Kemiri vs Urang Aring

VS

Leave a Reply