Pilih Mana: Minyak Sayur atau Minyak Kelapa?

Loading...

Siapa yang tidak mengetahui minyak? ya, seperti yang kita ketahui banyak sekali berbagai macam minyak. Contohnya semacam minyak sayur dan minyak kelapa. Minyak sayur dan minyak kelapa merupakan bahan yang selalu dipakai di dapur. Dari kedua minyak tersebut ada berbagai jenis minyaknya. Disini saya akan menjelaskan mengenai minyak sayur dan minyak kelapa serta jenis minyak dari keduanya. Yuk, dibaca ya…


Minyak Sayur

Minyak sayur atau dikenal dengan minyak goreng merupakan bahan makanan yang banyak digunakan untuk kebutuhan didapur. Minyak goreng berasal dari bahan dasar seperti kelapa, kelapa sawit, jagung, kedelai, biji bunga matahari dan lain- lain.

Kandungan mendasar dari minyak goreng secara umum merupakan asam lemak yang terdiri dari asam lemak jenuh(saturated fatty acids) misalnya asam plamitat, asam stearat dan asam lemak tidak jenuh(unsaturated fatty acids) misalnya asam oleat( Omega 9) dan asam linoleat( Omega 6). Baca juga artikel kami sebelumnya Pilih Mana: Quantum atau Rinnai?

Asam lemak tidak jenuh ini yang memiliki ikatan karbon rangkap, yang mudah terurai dan bereaksi dengan senyawa lain, hingga memperoleh komposisi yang normal berupa asam lemak jenuh. Komposisi dan kandungan bermacam- macam asam lemak ini yang sangat menentukan kualitas dari minyak goreng.

Banyak merek serta jenis yang tersebar dan tidak seluruh jenis dapat digunakan untuk menggoreng. Banyak orang mulai menghindari minyak goreng karena khawatir dampak kurang baik untuk jantung dan kandungan kolesterol darah. Serta minyak sayur mempunyai beberapa jenisnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis minyak sayur.

Canola Oil

Minyak canola saat ini mulai banyak ditemui di beberapa supermarket besar. Minyak canola termasuk minyak nabati yang cukup aman untuk kesehatan. Mengandung omega- 3 yang cukup tinggi, tidak hanya itu asam lemak tidak jenuh juga dapat membantu kamu menjaga kolesterol tetap dalam keadaan normal.

Minyak canola dapat dipanaskan hingga suhu 200┬░C. Lebih dari itu, maka kondisi minyak akan rusak. Minyak canola tidak hanya dapat digunakan untuk memasak, tetapi juga digunakan sebagai dressing salad.


Olive Oil

Minyak olive atau yang dikenal dengan minyak zaitun memiliki asam lemak tidak jenuh tunggal yang cukup tinggi. Olive oil ini sangat aman digunakan untuk mereka yang mempunyai masalah dengan jantung. Karena tidak terdapat lemak jahat yang membuat kolesterol bertambah.

Olive oil sendiri ada beberapa jenis, tetapi sebaiknya memilih extra virgin olive oil. Karena olive oil juga tinggi akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Olive oil cocok sekali digunakan untuk salad.

Minyak Wijen

Karakteristik minyak wijen adalah, minyak ini tidak hanya memiliki asam lemak tidak jenuh tunggal tetapi juga polyunsaturated atau yang lebih dikenal dengan asam lemak omega- 6. Minyak wijen biasa digunakan pada campuran makanan untuk menambah rasa menjadi lebih enak.

Loading...

Rice Bran Oil

Rice bran Oil adalah salah satu minyak nabati yang memiliki asam lemak tidak jenuh dan memiliki kandungan kolestrol yang rendah. Rasanya ringan, sehingga tidak mempengaruhi makanan, dan titik didih nya cukup besar.

Minyak Sayur tentunya mudah untuk kamu dapatkan. Di toko- toko atau warung terdekat kamu, juga di supermarket atau pasar swalayan. Di drugstore juga ada seperti Guardian. Dan juga dengan zaman yang semakin maju di online shop juga dijual loh.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa adalah minyak yang terbuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali tanpa bahan kimia dan RDB. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini mempunyai sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.


Minyak kelapa asli, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil(VCO), merupakan modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air serta kandungan asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, beraroma harum, dan memiliki daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Minyak kelapa ini juga bisa dibuat sendiri, serta memiliki banyak khasiat salah satu khasiat minyak kelapa adalah buat menurunkan berat badan. Dan minyak kelapa mempunyai beberapa jenisnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis minyak kelapa.

Minyak Kelapa Industri

Minyak ini terbuat dengan bahan dasar kopra melalui proses RBC( refining, pemutih and deodorizing). Setelah dikopra dibersihkan, diputihkan dan dihilangkan aroma tengiknya. Minyak kelapa yang dijual untuk memasak sering dicampur dengan minyak sayur lain, sehingga biayanya cukup murah.

Minyak Kelapa Kelentik

Minyak ini terbuat dengan cara tradisional oleh para petani kelapa atau ibu rumah tangga. Caranya, dengan memasak santan kelapa sampai minyak terpisah dari blondo( karamel). Seringkali minyak ini berwarna kuning hingga kecokelatan, akibat terkontaminasi karamel yang gosong.

Minyak Kelapa Asli atau Virgin Coconut Oil( VCO)

Minyak ini merupakan minyak kelapa yang tidak mengalami proses hidrogenasi. Agar tidak mengalami hidrogenasi, ekstrasi minyak ini dicoba dengan proses dingin, misalnya dengan fermentasi, pancingan, sentrifugasi, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat, dan lain- lain.

Minyak Kelapa juga mudah untuk kamu dapatkan. Di toko- toko dan di supermarket atau pasar swalayan. Di drugstore juga ada seperti Guardian. Dan juga dengan zaman yang semakin maju di online shop juga dijual loh.

Pilih Mana: Minyak Sayur atau Minyak Kelapa?

Minyak SayurMinyak Kelapa
Kelebihan - Tidak menimbulkan iritasi - Harga yang murah - Mudah ditemukan di toko- toko seperti minimarket- Manfaat kecantikan minyak kelapa bisa digunakan untuk mengobati jerawat - Bisa menjadi pengganti minyak yang lain, dan juga mentega - Bisa dibuat sendiri dengan bahan- bahan harga yang murah
Kekurangan- Dapat berubah mejadi racun jika digunakan lebih dr 3 kali - Meningkatkan resiko terkena penyakit jika terlalu sering menggunakannya - Membuat tekanan darah tinggi- Meningkatkan resiko terserang penyakit jika terlalu sering menggunakannya - Untuk kecantikan jika terlau sering juga akan menimbulkan iritasi - Tinggi kalori yang dapat mengakibatkan penambahan berat badan

Kesimpulan:

Minyak Sayur dan Minyak Kelapa memiliki berbagai jenis minyaknya yang memang sangat dibutuhkan. Terlebih lagi untuk kebutuhan rumah tangga khusunya untuk memenuhi kebutuhan di dapur. Minyak Sayur dan Minyak Kelapa mempunyai khasiat yang berbeda- beda tetapi fungsinya yang sama adalah untuk menggoreng makanan. Jadi untuk kamu bisa memilih kedua minyak tersebut. Tetapi tidak boleh menggunakannya terlalu berlebihan ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Minyak Sayur vs Minyak Kelapa

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *