KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Minyak Wijen atau Minyak Zaitun?

Saat ini telah banyak jenis minyak yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit. Dua di antara minyak yang dapat dijadikan pengganti minyak kelapa sawit yaitu minyak wijen dan minyak zaitun. Manakah minyak yang paling baik untuk digunakan? Minyak wijen atau minyak zaitun?

Minyak wijen dan minyak zaitun merupakan dua minyak yang sama-sama memiliki kandungan lemak baik yang tinggi. Kedua jenis minyak ini dikenal sebagai minyak yang sehat, namun minyak wijen memiliki rasa pedas sedangkan minyak zaitun memberikan rasa seperti mentega.

Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan jenis minyak yang terbuat dari biji wijen. Minyak wijen ini merupakan minyak nabati yang memiliki rasa pedas. Minyak wijen ini banyak digunakan sebagai pengganti penggunaan minyak kelapa.

Kelebihan Minyak Wijen

Berikut beberapa kelebihan minyak wijen yang perlu Anda ketahui:

  • Mengandung Banyak Nutrisi

Salah satu kelebihan minyak wijen adalah mengandung banyak nutrisi. Dalam satu cangkir minyak wijen terdapat sekitar 3 gram vitamin E dan 29 mikrogram vitamin K. Vitamin E dan vitamin K yang terkandung dalam minyak wijen tersebut dapat memberikan sumbangan sebesar 15 hingga 17 persen kebutuhan harian tubuh.

  • Dapat Digunakan untuk Menggoreng dan Dressing

Kelebihan lain yang dimiliki minyak wijen adalah dapat digunakan untuk menggoreng dan juga dressing. Minyak wijen memiliki dua jenis, yakni minyak wijen yang berwarna cerah dan minyak wijen yang berwarna gelap. Minyak wijen yang berwarna cerah memiliki rasa pedas ringan dan dapat digunakan untuk menggoreng. Sedangkan minyak wijen yang berwarna gelap lebih cocok cocok digunakan sebagai dressing. Dibandingkan dengan minyak zaitun, minyak wijen lebih mampu memberikan rasa pada makanan. Dikutip dari Vemale.com minyak wijen ini dapat memaksimalkan aroma dan membuat masakan menjadi lebih sedap.

  • Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki minyak wijen adalah memiliki sifat anti inflamasi. Kandungan tembaga yang tinggi pada minyak wijen dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi, tulang, otot, serta memperkuat pembuluh darah. Selain itu, tembaga yang dikandung minyak wijen juga diperlukan untuk penyerapan zat besi yang merupakan kunci hemoglobin.

Kekurangan Minyak Wijen

Berikut beberapa kekurangan minyak wijen yang perlu Anda ketahui:

  • Hanya Boleh Digunakan dalam Jumlah Moderat

Salah satu kekurangan minyak wijen adalah hanya dapat digunakan dalam jumlah yang moderat. Hal ini dikarenakan sebab lemak tak jenuh ganda tidak boleh terkandung lebih dari 10 persen dalam tubuh. Karena itulah, Anda tidak boleh menggunakan minyak ini melebihi batas ketentuan, meskipun tergolong sehat.

  • Tidak Boleh Digunakan oleh Orang yang Memiliki Masalah Diare

Kekurangan lain yang dimiliki minyak wijen adalah dapat membuat tinja menjadi lebih lunak, dengan demikian minyak wijen ini tidak baik untuk digunakan oleh orang-orang yang memiliki masalah pencernaan atau memiliki masalah diare. Jika Anda memiliki masalah diare ini kemudian Anda mengonsumsi minyak wijen maka diare anda bisa menjadi lebih parah.

  • Dapat Memicu Reaksi Alergi

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki minyak wijen adalah dapat memicu munculnya reaksi alergi. Reaksi alergi ini dapat muncul bagi orang yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan. Munculnya alergi ini dapat ditandai dengan munculnya rasa gatal, bintik-bintik merah, ruam merah atau rasa panas pada kulit.

Kelebihan Minyak Wijen Kekurangan Minyak Wijen
- Mengandung banyak nutrisi- Hanya boleh digunakan dalam jumlah moderat
- Dapat digunakan untuk menggoreng dan dressing- Tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki masalah diare
- Memiliki sifat anti inflamasi- Dapat memicu reaksi alergi

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang dibuat dari buah zaitun. Minyak ini terkenal memiliki kandungan lemak baik dan baik digunakan untuk orang-orang yang memiliki masalah kesehatan yang disebabkan oleh lemak jenuh. Baca juga  Pilih Mana: Minyak zaitun vs minyak kelapa?

Kelebihan Minyak Zaitun

Berikut beberapa kelebihan minyak zaitun yang perlu Anda ketahui:

  • Mengandung banyak Lemak Baik

Salah satu kelebihan minyak zaitun adalah memiliki kandungan lemak baik yang sangat banyak. Kandungan lemak baik ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh lemak jahat atau lemak jenuh seperti gangguan pada jantung dan masih banyak lagi berbagai masalah kesehatan lainnya.

  • Mengandung Vitamin E Lebih Tinggi

Minyak zaitun dan minyak wijen merupakan dua jenis minyak yang sama-sama memiliki kandungan vitamin E. Namun kandungan vitamin E pada minyak zaitun lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak wijen. Vitamin E merupakan salah satu dari beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas pada tubuh.

  • Mengandung Banyak Jenis Mineral

Kelebihan lain yang dimiliki minyak zaitun adalah mengandung banyak jenis mineral meskipun dengan jumlah yang tidak terlalu tinggi. Minyak wijen mengandung elektrolit sodium dan kalium yang dapat membantu memaksimalkan fungsi jantung dan otot tubuh. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan zat besi, mineral yang dapat membantu mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh.

Kekurangan Minyak Zaitun

Berikut beberapa kekurangan minyak zaitun yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok Digunakan untuk Menggoreng

Salah satu kekurangan minyak zaitun adalah kurang cocok jika digunakan untuk menggoreng. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki titik asap yang rendah. Hal ini menyebabkan makanan tidak akan memiliki rasa jika dimasak dengan minyak zaitun menggunakan suhu yang tinggi.

  • Memicu Penyakit Terkait Lemak Trans

Kekurangan lain dari minyak zaitun ini adalah dapat memicu munculnya penyakit yang terkait dengan lemak trans. Hal ini dikarenakan minyak zaitun sering terhidrogenasi di bawah panas tinggi dan di bawah tekanan. Proses yang terjadi ini menjadi penyebab molekul yang terkandung mengalami perubahan struktur. Proses tersebut juga dapat memengaruhi kadar kolesterol yang membuat kolesterol baik menjadi menurun dan kolesterol jahat menjadi meningkat.

  • Belum Diketahui Secara Jelas Pengaruhnya Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun minyak zaitun belum diketahui pengaruhnya jika digunakan bagi ibu hamil dan menyusui. Hal ini perlu diperhatikan sebab ibu hamil dan menyusui mudah sensitif terhadap jenis makanan tertentu.

Kelebihan Minyak ZaitunKekurangan Minyak Zaitun
- Mengandung banyak lemak baik- Kurang cocok digunakan untuk menggoreng
- Mengandung vitamin E lebih tinggi- Memicu penyakit terkait lemak trans
- Mengandung banyak jenis mineral- Belum diketahui secara jelas pengaruhnya bagi ibu hamil dan menyusui

Pilih Mana: Minyak Wijen atau Minyak Zaitun?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara minyak wijen dan minyak zaitun. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Minyak WijenMinyak Zaitun
- Dapat digunakan untuk menggoreng- Kurang cocok digunakan menggoreng dengan suhu tinggi
- Memiliki rasa agak pedas- Memiliki rasa seperti mentega
- Kandungan vitamin E lebih rendah- Kandungan vitamin E lebih besar
- Cek harga minyak wijen online termurah, Klik di sini - Cek harga minyak zaitun online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai minyak zaitun dan minyak wijen di atas dapat disimpulkan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan yang baik seperti vitamin, mineral, dan sebagainya lebih banyak daripada minyak wijen. Namun, penggunaan minyak zaitun juga perlu diperhatikan cocok untuk jenis makanan dan proses memasak yang seperti apa.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Minyak Wijen vs Minyak Zaitun

VS

Leave a Reply