Elektronik

Pilih Mana: Mirrorless atau GoPro?

Tidak sedikit orang ingin selalu mengabadikan momen penting dalam hidupnya. Cara yang banyak dilakukan orang untuk mengabadikan sebuah momen adalah dengan cara memfoto atau memvideokan sebuah aktivitas atau sebuah momen. Untuk mendukung hal ini tentunya kita akan membutuhkan kamera. Banyak jenis kamera yang dapat Anda pakai, dua di antaranya yaitu Mirrorless dan GoPro. Manakah kamera yang akan Anda pakai? Mirrorless atau GoPro?

Kamera Mirrorless banyak disukai oleh banyak orang karena memiliki kemampuan mengambil gambar yang sangat baik. Anda juga dapat menentukan dan mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan GoPro merupakan kamera yang sangat disukai oleh banyak orang karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang ekstrim.

Mirrorless

Mirrorless merupakan kamera yang memiliki kemampuan hampir serupa dengan kamera DSLR. Komponen yang terdapat dalam kamera jenis ini tertuju pada hasil akhir sebuah jepretan. Sesuai dengan namanya, kamera Mirrorless tidak menggunakan cermin untuk pengerjaan hasil akhir jepretan.

Kelebihan Mirrorless

Berikut beberapa kelebihan kamera Mirrorless yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Desain Minimalis

Salah satu kelebihan yang dimiliki kamera Mirrorless adalah tampilan desain fisiknya yang minimalis. Tentu saja ini menjadi point plus tersendiri. Terutama bagi Anda para pecinta kegiatan traveling. Sebab Anda tidak akan direpotkan saat membawa kamera ini. Kamera Mirrorless ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda. Sebab dengan bobotnya yang ringan, kamera ini tidak akan membebani Anda selama perjalanan. Selain itu dalam hal penyimpanannya, kamera ini tidak akan terlalu memakan tempat.

  • Kualitas Hasil Foto Sangat Baik

Meskipun tidak memiliki Mirror, tapi kamera Mirrorless memberikan hasil potret yang sangat baik. Anda dapat memfoto objek dengan fokus dan detail. Anda dapat memotret pemandangan atau hal lain dengan sangat baik. Dikutip dari Kompas.com kualitas gambar yang dihasilkan kamera Mirrorless tidak kalah dari DSLR.

  • Menggunakan Elektronik View Finder

Hal selanjutnya yang menjadi daya tarik terkuat dari kamera Mirrorless adalah menggunakan Elektronik View Finder (EVF). Dibandingkan OVF, fitur atau teknologi EVF dinilai lebih unggul. Salah satu keunggulannya adalah EVF memiliki tampilan yang sama dengan LCD. Sehingga apa yang Anda lihat pada layar LCD, akan sama dengan gambar yang nanti didapatkan.

  • Memiliki Kualitas Rekaman yang Baik

Dari kualitas rekaman video, kamera Mirrorless dinilai lebih baik. Penilaian ini bukan tanpa bukti, sebab sudah banyak yang mencoba menilai hasil rekaman dari jenis kamera ini. Sebagian besar menganggap bahwa memang hasil rekaman Mirrorless cukup baik. Namun, kamera jenis ini memang lebih dikhususkan untuk memotret daripada video.

  • Kekurangan Mirrorless

Berikut beberapa kekurangan kamera Mirrorless yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Nyaman Saat Digunakan

Meskipun memiliki desain yang sederhana, banyak orang yang mengatakan bahwa bentuk kamera Mirrorless kurang nyaman saat dipegang. Namun untuk masalah ini, sepertinya bukan masalah yang fatal. Karena tidak sedikit pengguna yang mengatakan jika hal tersebut terjadi saat awal-awal pemakaian saja, dan setelah terbiasa maka akan bisa nyaman dengan kondisi tersebut.

  • Konsumsi Baterai Sangat Boros

Satu lagi kekurangan yang dimiliki oleh kamera Mirrorless yang banyak dikeluhkan penggunanya, yaitu boros baterai. Dalam hal konsumsi baterai, jika kita bandingkan dengan kamera DSLR, cukup signifikan. Dengan frekuensi penggunaan yang sama, kamera DSLR bisa lebih tahan lama dibandingkan dengan kamera Mirrorless. Sehingga sebaiknya Anda lebih efisien dalam menggunakan kamera ini. Meskipun boros baterai, tapi penggunaan daya baterai kamera Mirrorless sedikit lebih hemat dibandingkan dengan kamera GoPro.

  • Teknologi EVF Masih Tergolong Lambat

Untuk beberapa model Mirrorless saat ini, EVF yang ada masih tergolong lambat dan kurang responsif. Tapi klaim ini tidak berlaku untuk semua model, sebab untuk model keluaran terbaru dari kamera Mirrorless sudah dilengkapi dengan teknologi bug, sebagai solusi dari masalah ini. Selain itu kamera Mirrorless dinilai lemah dalam memotret objek yang bergerak. Hal ini dikarenakan masih menggunakan contrast detect, sehingga kemampuan pengambilan gambarnya cukup terbatas.

Kelebihan MirrorlessKekurangan Mirrorless
- Memiliki desain minimalis-Kurang nyaman saat digunakan
- Kualitas hasil foto sangat baik-Konsumsi baterai sangat boros
-Menggunakan elektronik view finder - Teknologi EVF masih tergolong lambat
Lihat juga:  Pilih Mana: Dell Alienware atau Acer Predator?

GoPro

GoPro merupakan kamera yang memiliki ukuran kecil yang memungkinkan diletakkan di mana saja. Kamera GoPro banyak disukai karena ukurannya yang kecil dapat dengan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, kamera ini juga memiliki fungsi yang sangat baik.

Kelebihan GoPro

Berikut beberapa kelebihan GoPro yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Dibawa

Ukuran fisik kamera GoPro jauh lebih kecil dan ringan. Dengan ukuran yang ringan seperti ini, Anda akan lebih mudah membawa kamera jenis ini ke mana-mana. Selain itu, dengan memiliki ukuran yang kecil ini pula Anda dapat dengan mudah meletakkan kamera ini di mana saja.

  • Mudah Digunakan

Kamera jenis ini tidak memiliki banyak pengaturan dan aksi. Dengan demikian pengguna yang masih awam tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya. Anda tidak perlu melalukan pergantian lensa pada kamera jenis ini. Sedangkan jika menggunakan Mirrorless Anda perlu mengganti lensa. Kamera GoPro memang lebih baik dikhususkan untuk mengambil vido dan mengabadikan momen daripada mengambil gambar.

  • Anti Air dan Anti Guncangan

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh kamera GoPro adalah kemampuannya berada di dalam air. Anda dapat mengabadikan berbagai momen dengan GoPro. Jika Anda menggunakan kamera Mirrorrless, Anda pasti akan menghabiskan banyak biaya untuk memfungsikannya di dalam air.

  • Memiliki Berbagai Aksesoris

Untuk bisa meletakkan kamera GoPro di berbagai tempat, Anda membutuhkan aksesoris yang mendukung. Untungnya aksesoris kamera GoPro mudah ditemukan, dengan demikian Anda dapat memanfaatkan atau meletakkan GoPro di mana saja. Misalnya saat mendaki gunung, di sepeda di kaki dan di berbagai tempat.

Kekurangan GoPro

Berikut beberapa kekurangan GoPro yang perlu Anda ketahui:

  • Baterai Lebih Cepat Habis

Kekurangan kamera GoPro ini yaitu daya tahan baterai yang dimiliki kurang kuat dan tahan lama. Dapat dikatakan bahwa kamera GoPro kurang cocok untuk mengabadikan aktivitas yang memiliki durasi yang panjang dan lama. Solusinya, Anda dapat membeli baterai cadangan dan mengganti baterai ketika baterai habis.

  • Memori Memiliki Kapasitas Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh kamera GoPro ini adalah memiliki kapasitas memori yang kecil. Dengan demikian, Anda juga membutuhkan memori cadangan. Atau, Anda juga bisa mentransfer video ke laptop saat memori sudah tinggal sedikit.

  • Harga Aksesoris Relatif Mahal

Untuk mendukung berbagai macam aktivitas, Anda membutuhkan aksesoris. Namun, aksesoris yang dimiliki GoPro memiliki harga yang relatif mahal. Dengan demikian, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi.

Kelebihan GoProKekurangan GoPro
- Mudah untuk dibawa- Baterai lebih cepat habis
- Mudah untuk digunakan- Memori memiliki kapasitas yang kecil
- Anti air dan anti guncangan- Harga aksesoris relatif mahal

Pilih Mana: Mirrorless GoPro?

Di atas telah dijelaskan kelebihan dan kekurangan dua jenis kamera tersebut. Perbedaan tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

MirrorlessGoPro
- Memberikan kualitas foto yang sangat baik- Memberikan kualitas video yang sangat baik
- Menggunakan elektronik view finder- Belum menggunakan elektronik view finder
- Belum tahan terhadap air dan guncangan- Anti air dan anti guncangan

Kesimpulan

Kamera GoPro termasuk ke dalam jenis kamera yang sangat memungkinkan untuk dibawa dan dapat dipasang di mana-mana. Tujuan utam kamera jenis ini adalah untuk merekam video. Sedangkan kamera Mirrorless merupakan kamera yang prioritas utamanya adalah untuk memotret. Anda juga dapat melakukan pergantian lensa pada kamera Mirrorless.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mirrorless vs GoPro

VS

Leave a Reply