Kendaraan

Pilih Mana: Mitsubishi Triton atau Ford Ranger?

Mitsubishi dan Ford adalah produsen kendaraan mobil yang sangat terkenal di seluruh wilayah termasuk di Indonesia. Kedua produsen terkenal ini mengeluarkan mobil yang memiliki bak dibelakangnya yang memudahkan manusia untuk membawa beberapa barang dalam jumlah yang banyak, seperti Mitsubishi Triton dan Ford Ranger. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kedua mobil ini. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan bahas Mitsubishi Triton dan Ford Ranger. Stay tune guys.

Mitsubishi Triton

Terhitung 40 tahun sudah kiprah Mitsubishi Triton di dunia otomotif internasional. Kendaraan andalan Mitsubishi Motors ini memang didesain buat bisa melahap seluruh medan, mau berdebu, batu, ataupun yang lain. Well, model pertamanya disebut Mitsubishi FORTE, mobil ini mempunyai keahlian mengangkat seberat 1 ton.

Produk kelahiran 1978 ini sudah diekspor ke sebagian negara besar semacam ke Amerika Utara yang setelah itu berganti nama jadi ‘Mitsubishi Truck’ atau yang dikenal ‘L200’. Indonesia sendiri sempat merasakan L200 ini, dengan nama Mitsubishi L200 Strada, sebelum akhirnya berubah nama menjadi Mitsubishi Triton saja. Baca juga Pilih Mana: Mitsubishi Strada Triton atau Mitsubishi Triton?

Desain Mitsubishi Triton

Tidak salah bila banyak yang menyebutnya serupa Mitsubishi Xpander. Tatanan konsep Dynamic Shield Concept pada fascia depan jadi alasan utamanya. Grille depan di sampul aksen krom lebih tebal yang berpadu dengan kedua buah lampu Bi-Functional LED Projector dibantu Daytime Running Lights (DRL). Lampu itu pula diposisikan lebih besar yang terlihat sejajar dengan ruas Bonnet sehingga bisa berikan fungsi penerangan lebih jauh. Rumah- rumahan pada lampu kabut pula didesain serupa.

Bodi sampingnya mendapat sebagian guratan tegas yang dapat diamati pada bagian sisi bak dan Bonnet. Tidak seperti Xpander yang didesain berotot, Triton lebih menegaskan esensi maskulin dengan metode yang berbeda. Di bagian lain, kaca spion pula dibekali kesan elegan dengan kombinasi krom serta warna hitam.

Dashboardnya dikemas dengan konsep Dynamic Wing- Section yang terlihat jelas mirip tatanan sayap. Tidak hanya berikan atmosfer kabin lebih lega, dashboardnya pula dikemas dengan kombinasi aksen Silver serta bantalan lembut di sebagian sisinya. Untuk Kamu yang mau daya angkut lebih besar, versi Single Cab sanggup menanggapi keinginan itu. Dengan kapasitas bak berukuran panjang 2.265 mm, Kamu sudah dapat mengangkat muatan lebih banyak dari versi yang lain. Namun menjadi catatan, versi Single Cab cuma sanggup menampung 2 orang saja pada kabinnya.

Mesin Mitsubishi Triton

Mitsubishi Triton 2019 memakai mesin berkode 4N15 berkapasitas 2.4 Liter. Bila ditotal, mesinnya memakai kapasitas 2.442 cc yang cukup buat menghasilkan energi maksimal di angka 133 kW setara 3.500 Rpm. Ada 2 opsi transmisi nantinya yaitu 6 tingkat percepatan otomatis Sport Mode serta 6 percepatan manual. Walaupun berbeda, tetapi keduanya sanggup membagikan torsi puncak sampai 430 Nm pada putaran 2.500 Rpm.

Menariknya lagi, Triton generasi baru sudah menerapkan bentuk MIVEC Clean Turbo Diesel dipadu Auto Stop & Go. Racikan itu sanggup mematikan mesin diesel ketika lagi berada di posisi diam buat kurangi konsumsi bahan bakar.

Fitur Mitsubishi Triton

Ada 4 mode pengaturan yang dapat kamu aktifkan meliputi esensi berkendara aman di jalur bergelombang (GRAVEL), performa mumpuni yang mengurangi potensi selip terutama di area berlumpur ataupun salju (MUD/ SNOW), laju berkendara nyaman yang mengurangi traksi di kawasan berpasir (SAND) dan mode kestabilan mumpuni dan tingkatkan traksi kala menanjak (ROCK).

Sebaliknya dari keselamatan aktif, generasi terbaru Triton pula menyajikan teknologi ahli yang mempunyai guna seperti mengaktifkan notifikasi audio serta melakukan pengereman mendadak kala sistem mengetahui terdapatnya pejalan kaki ataupun subjek lain di depan (Forward Collision Mitigation), memantau titik buta dari pengemudi yang biasanya terjadi kala pengemudi lain langsung menyerobot dari bagian belakang (Blind Spot Warning), notifikasi audio kala sistem mengetahui terdapatnya subjek di belakang kendaraan khususnya pada proses parkir (Rear Cross Traffic Alert) serta menyuguhkan tampilan di sekitar kendaraan dengan 4 buah kamera yang diperlihatkan pada panel Head Unit (Multi Around Monitor).

Harga Mitsubishi Triton

Single Cabin HDX Rp 333.000.000,-
Double Cabin HDX Rp 391.500.000,-
Double Cabin GLS Rp 415.000.000,-
Double Cabin Exceed MT Rp 440.500.00,-
Double Cabin Exceed AT Rp 454.000.000,-
Athlete MT Rp 455.000.000,-
Athlete AT Rp 469.000.000,-

Ford Ranger

Tidak seperti kompatriotnya, Chevrolet, yang memilih buat menutup pabriknya di Indonesia karena tidak sanggup bersaing dengan pabrikan roda 4 yang lain, Ford malah semakin menambahkan porsinya di pasar otomotif Indonesia. Setelah lama diperbincangkan, kesimpulannya pabrikan asal Amerika Serikat itu akhirnya mengeluarkan Ford Ranger tipe baru yang bakal menaiki segmen truk bisnis serta niaga multifungsi. Sempat disalip oleh Mitsubishi dan juga Nissan yang lebih dahulu mengeluarkan unit truknya, Ford akhirnya memberikan balasan melalui unit kendaraan barunya ini.

Sebagai data, buat segmen truk All New Ford Ranger memang kalah mulai dari Mitsubishi New Triton dan juga New Nissan Navara yang telah terlebih dulu mengaspal di jalur Indonesia. Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya generasi anyar Ranger lahir berbarengan dengan gelaran Indonesia International Motor Show (IMMS) beberapa saat lalu.

Lihat juga:  Pilih Mana: Wuling Formo atau Daihatsu Gran Max?

Desain Ford Ranger

Eksterior New Ranger nampak kuat serta kokoh sebab kerangka menyerupai bentuk perisai pelindung yang saling berintegrasi antara satu komponen dengan komponen lain. Dengan kerangka ini, Ford Ranger bakal mempunyai karakter semakin gagah sekaligus membuatnya mempunyai perlindungan maksimum buat pengemudi di dalamnya. Rancangan konsep Ford Ranger ini memang masih mengadaptasi bentuk eksterior Ranger generasi lama.

Konsep khas American Style langsung dapat kamu temui di komponen depan mobil ini. Fascia depan New Ranger tampak gagah dengan bentuk lampu headlamp kotak yang dipisahkan oleh batas grille berwarna chrome yang desainnya berupa hexagram memanjang. Wajah Ford Ranger juga semakin nampak elegan berkat penempatan foglamp di kedua ujung bawahnya.

Bagian interior dari mobil ini amat menawan dengan komponen dashboard stylish serta modern dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur futuristik khas mobil modern. Panel dashboard pada New Ford Ranger ini didominasi oleh warna hitam yang buatnya nampak semakin elegan. Pastinya, bahan yang membalut dashboardnya juga tidak berasal dari bahan sembarangan.

Pada komponen kemudi terlihat begitu stylish dengan panel instrumen yang komplit serta informatif. Panel speedometer pada Ford Ranger ini terdapat juga layar 4 inchi di komponen samping yang bisa menunjukkan panggilan telephone, music playlist, dan data kendaraan seperti trip meter, fuel meter, dan lain-lain.

Mesin Ford Ranger

Sedangkan itu, Ford pula memperkenalkan New Ranger jenis Single Cabin dengan mesin 2.488 cc. Mesin pada Ford Ranger ini pula sudah memakai teknologi EFI atau Electric Fuel Injection yang bakal menciptakan pembakaran lebih sempurna. Jadi, selain sangat berenergi mesin pada mobil ini juga cukup hemat konsumsi bahan bakar.

New Ford Ranger mengangkat mesin Diesel Duratorq TDCi Mid- Power yang dibantu oleh fitur Turbocharger. Dasar mesin diesel yang sudah jadi andalan Ranger dari generasi ke generasi memang telah teruji tangguh. Mesin itu mempunyai kapasitas sebesar 2.198 cc, buat Ford Ranger jenis Single Cabin Base, RAS XL, dan Double Cabin Base.

Daya maksimum yang sanggup dimuntahkan oleh mesin Ford Ranger ini yaitu sebesar 125 PS pada putaran 1.700 rpm. Sebaliknya buat torsinya menggapai 320 Nm pada 1.700 rpm. Buat transmisinya, detail Ford Ranger ini bakal digerakkan oleh transmisi 4WD ataupun Four Wheel Drive yang bakal menciptakan tarikan mesin lebih responsif.

Fitur Ford Ranger

Di dalam New Ranger kali ini terdapat fitur SYNCTM2 yang memungkinkan pengemudi buat melakukan aktivitas multitasking terutama buat telpon dan musik. Kemudian lain yang terdapat pada Ford Ranger yaitu fitur keamanan berbentuk Adaptive Cruise Control with Collision Warning Alert yang merupakan sistem kontrol buat memperlambat kendaraan secara otomatis kala berada di jarak yang amat dekat dengan objek di depannya.

Setelah itu, bila ada potensi kecelakaan di depan mobil ini maka sistem bakal berikan tanda dengan lampu kedip dan bakal mengatur rem buat segera melakukan pengereman lebih cepat.

Tidak hanya itu, New Ford Ranger pula mempunyai fitur Rear View Camera serta sensor parkir yang tersambung dengan layar LCD alhasil mempermudah pengemudi buat parkir. Terdapat juga fitur pengereman ABS (Anti-Lock Braking System). Buat mendukung fitur keamanan yang lain, Ford Ranger pula dilengkapi dengan airbags, tetapi cuma terdapat di bagian kemudi kecuali buat jenis Ford Ranger Double Cabin Base Plus yang merupakan versi paling tinggi.

Buat fitur additional ataupun aksesoris dari detail Ford Ranger, terdapat sebagian aksesoris yang dijual terpisah semacam misalnya bonnet protector, headlamp guard, plate, tubular side step, snorkel, tubular sports bar, dan juga simline weather shield.

Harga Ford Ranger

New Ranger Double Cabin Wildtrack 2.2 L Rp 488.000.000,-
New Ranger Double Cabin 3.2L XLT Rp 444.000.000,-
Ford Ranger Double Cabin 3.2L XLT Single Cabin 2.2L Rp 314.800.000,-

Pilih Mana: Mitsubishi Triton atau Ford Ranger?

Mitsubishi TritonFord Ranger
Kelebihan - Memiliki fitur SRS airbags - Memiliki sistem pengereman ABS - Memiliki sistem Reinfoced Impact Safety Evolution- Perfroma mesin yang mumpuni - Bak yang luas - Memiliki Suspensi berkualitas
Kekurangan- Ukuran kabin yang sempit - Belum memiliki fitur 2DIN- Dealer resmi yang sedikit - Harga suku cadangnya mahal

Kesimpulan

Mitsubishi Triton dan Ford Ranger ini tentunya sangat bermanfaat untuk penggunanya terutama pada pengusaha yang kerap membawa banyak barang. Spesifikasi dari kedua mobil ini pun sudah mumpuni untuk dibawa ke jalan dengan situasi apapun. Tentukan pilihanmu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mitsubishi Triton vs Ford Ranger

VS

Leave a Reply