Smartphone

Pilih Mana: MIUI 7 atau MIUI 8?

Seperti yang diketahui bahwa dengan meng-update ke versi terbaru, tentu saja ada beberapa fitur yang ditambahkan dan ada juga fitur yang dihapus dari versi sebelumnya. Sampai saat ini sudah ada MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9. Namun, kami lebih tertarik untuk membahas MIUI 7 dan MIUI 8. Lantas jika dibandingkan bagus mana MIUI 7 atau MIUI 8?

Dikutip dari Wikipedia.org, MIUI merupakan sebuah perangkat alternatif dan tegar stok yang dikembangkan oleh produsen smartphone China, Xiaomi. MIUI ini diaplikasikan pada smartphone ataupun tablet yang berbasis pada software bebas sistem operasi Android. Antamuka ini mirip dengan TouchWiz milik Samsung dan iOS milik Apple.

Kelebihan MIUI 7 yang bisa Anda ketahui:

1. Mempunyai mode child
Mempunyai mode child menjadi salah satu kelebihan dari MIUI 7. Mode child ini berguna sekali jika Anda tidak ingin anak-anak mengganggu file atau mungkin pekerjaan Anda diponsel. Ketika Anda mengaktifkan mode child ini, Anda bisa memilih file-file dan aplikasi mana saja yang bisa dibuka oleh anak dan yang tidak.

2. Tampilannya mudah dipahami
Menu yang sederhana dipilih MIUI 7 untuk menjauhkan kesan rumit dan beralih menghadirkan sesuatu yang mudah. Tampilan MIUI 7 yang sederhaa menjadi kelebihan bagi pengguna awam ketika menggunakannya. Baca juga Pilih Mana: Infinix atau Xiaomi?

Kekurangan MIUI 7 yang bisa Anda ketahui:

1. Belum bisa membuat catatan
Dalam MIUI 8 membuat catatan menggunakan aplikasi Mi Note sangat mudah. Cukup hanya dengan menggeser jari ke bawah, maka catatan baru akan muncul. Jika Anda ingin menghapus, cukup dengan menggesek dua jari ke atas, lalu catatan untuk menghapus. Nah, di sini MIUI 7 tidak bisa melakukan hal itu.

2. Tampilan bar yang tidak menarik
Notifikasi bar pada MIUI 8 terlihat lebih menarik dibandingkan MIUI 7. Tampilan bar MIUI 8 lebih mudah dilihat dan jelas dari pada MIUI 7. Selain itu, status bar MIUI 8 juga ikut berganti dengan komposisi warna background dan icon yang lebih menarik.

Kelebihan MIUI 8 yang bisa Anda ketahui:

1. Sistem keamanan yang meningkat
Salah satu kelebihan dari MIUI 8 ialah sistem keamanannya yang meningkat. MIUI 8 meningkatkan kinerja antivirusnya sehingga lebih baik dalam menjaga keamanan. Pengguna tidak tidak perlu khawatir akan kehadiran virus yang dapat menyerang perangkat.

2. Fitur Daily Lock Screen
Fitur Daily Lock Screen ini dihadirkan untuk memungkinkan pengguna bisa menambahkan berbagai fitur di dalam ponselnya. Dengan adanya fitur Daily Lock Screen maka setiap harinya tampilan fitur lock screen di ponselnya bisa berubah-ubah.

Kekurangan MIUI 8 yang bisa Anda ketahui:

1. Meniadakan fitur blur
Banyak pengguna MIUI 7 menggunakan salah satu fitur MIUI 7 yakni fitur blur pada kamera. Fitur ini digunakan untuk membuat foto pengguna menjadi bokeh dan keren. Akan tetapi fitur ini telah dihilangkan pada MIUI 8.

2. Lebih lambat dalam pengisian baterai
Pada MIUI 8, pengecasan ponsel dengan baterai sekitar 4 persen memerlukan waktu sekitar 4 sampai 10 menit. Hal ini membuktikan bahwa pengisian baterai pada MIUI 8 cenderung lebih lambat dibandingka waktu pengisian baterai di MIUI 7.

Pilih Mana: MIUI 7 atau MIUI 8?

MIUI 7MIUI 8
Tampilan– Cenderung sederhana– Lebih atraktif
Status bar– Sedikit lebih kecil– Lebih besar
Fitur blur– Dilengkapi fitur blur– Menghilangkan fitur blur

Kesimpulan

Menurut kami, meskipun MIUI 8 tergolong versi terbaru. Namun ada beberapa hal yang masih dibutuhkan pengguna ponsel, MIUI 8 menghilangkannya. Inilah mengapa banyak pengguna ponsel masih berfikir ulang untuk menggubah MIUI 7 ke MIUI 8. Karena di fitur-fitur yang ada pada MIUI 7 masih lebih baik dari MIUI 8. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MIUI 7 vs MIUI 8

VS

Leave a Reply