ElektronikTechnology

Pilih Mana: MNC Play atau IndiHome?

Saat ini sudah banyak sekali provider internet yang menawarkan koneksi yang cepat dengan fitur-fitur menarik agar para pemakainya senantiasa bisa berinternet dengan lancar tanpa ada lag sedikitpun. Salah satu provider yang sudah terkenal yaitu MNC Play dan IndiHome.

MNC Play dan IndiHome memiliki koneksi yang cepat sehingga para pemakainya bisa dengan mudah berselancar ria di dunia maya. Contohnya seperti mendownload film, mendownload lagu, streaming film bahkan mendownload berkas penting yang jumlah nya mencapai puluhan giga.

Masalah harga tentu saja kedua provider ini menawarkan harga yang cukup kompetitif dan sesuai dengan koneksi yang diberikan. Namun ada juga beberapa hal yang mesti disiasati agar para pemakainya bisa dengan nyaman menggunakan salah satu dari kedua provider tersebut.

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai detail yang ada pada MNC Play dan IndiHome, agar bisa kamu jadikan acuan jika ingin memiliki salah satu dari kedua provide rini. Check it out!

MNC Play

Kali ini, grup media MNC mencoba peruntungannya melalui produk MNC Play Media. Janjinya, konsumen akan menikmati kecepatan internet sampai lebih dari 200 Mbps. Terdengar fantastis tapi inilah masa depan yang sepatutnya cerah di Indonesia.

MNC Play dibangun pada Januari 2013, dibawah naungan MNC Kabel Mediacom (MKM) yang merupakan bagian dari grup Media Nusantara Citra, yang berfokus sebagai penyedia layanan jaringan berbasis serat optik.

MNC Play Media merupakan layanan jaringan internet FTTH, dimana distribusi jaringan internet yang dilakukan bergantung pada kabel serat optik yang ditarik ke masing-masing rumah konsumen. Tidak cuma internet saja, layanan ini juga umumnya membawa layanan TV kabel yang disatukan dengan satu jaringan kabel.

Berkaitan dengan layanan internet yang disediakannya, MNC Play Media menawarkan produk jaringan internet yang beragam. Paling rendah ditawarkan dengan kecepatan maksimal 7Mbps dan paling tinggi sampai kecepatan 200Mbps.

Harga yang ditawarkan sendiri masih cukup wajar untuk warga perkotaan yaitu berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 1 juta. Baca juga Pilih Mana: Biznet atau IndiHome?

Harga paket MNC Play

  1. 10 Mbps Rp. 290.500/bulan
  2. 20 Mbps Rp. 390.500/bulan
  3. 30 Mbps Rp. 490.500/bulan
  4. 50 Mbps Rp. 720.500/bulan
  5. 70 Mbps Rp. 1.020.500/bulan

Kelebihan MNC Play

  • Kecepatan download dan upload yang sama cepatnya
    Tidak semua penyedia internet di Indonesia menawarkan kecepatan download dan upload yang sama. Pada umumnya kecepatan upload lebih rendah dari kecepatan download, bahkan umumnya setengah dari kecepatan download. Dengan kecepatan yang simetris, aktivitas upload foto, video, serta file lainnya bisa dilakukan dengan kecepatan minimum 12x lebih cepat dibanding provider internet lainnya.
  • TV kabel berlangganan MNC bisa mentransfer data dua arah
    Interactive Cable TV merupakan layanan kabel TV interaktif dari MNC Play yang tidak cuma menerima paket data, tetapi juga mengirimkan dan kemudian menerima kembali. Sehingga dengan Interactive Cable TV, saluran TV jadi tidak terbatas, terpadu dengan aplikasi dan sesuai dengan keinginan konsumen. Jadi tidak cuma dipakai untuk menonton TV namun juga dapat dipakai untuk memakai aplikasi-aplikasi menarik di TV.
  • Gratis modem dan router wifi
    Perangkat Modem MNC Play telah terintegrasi dengan router wifi dan kedua perangkat tersebut dipinjamkan secara gratis. Kamu tidak perlu membayar biaya sewa tambahan apapun.

Kekurangan MNC Play

  • Jangkauan jaringannya kurang luas
    Jadi jika rumah, atau kantor kamu terletak di daerah terpencil jangan terlalu berharap sama MNC ini, karena jangkauan jaringannya kurang luas sehingga menyulitkan jika ingin berselancar di dunia maya.
  • Koneksi kerap terputus
    Hal ini adalah masalah yang kerap dialami oleh kebanyakan para pemakai MNC Play. Jika sudah terjadi, maka pihak MNC Play akan tiba kerumah untuk memperbaiki dan menurut beberapa review hal ini terjadi bergantian antara 1 pemakai dengan pemakai lainnya di daerah yang sama.
  • Layanan perbaikan MNC Play Media kurang baik
    Pengalaman para pemakainya yaitu jika kabel putus para pihak MNC Play cenderung lambat dalam menangani kasus ini. Tentu ini menjadi salah satu kekurangan yang merugikan para pemakainya.
SpesifikasiMNC Play
Produk MNC Kabel Mediacom (MKM)
Tahun berdiriTahun 2013
Pilihan paketMNCplayMedia High Speed Internet Access, MNCplayMedia Venus, MNCplayMedia Galaxy dan MNCplayMedia Super Galaxy

IndiHome

Indonesia Digital HOME (disingkat IndiHome) merupakan salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (USeeTV Cable, IP TV).

Karena penawaran inilah Telkom memberi label IndiHOME sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) sebab selain internet, konsumen juga memperoleh tayangan TV berbayar dan saluran telepon.

Paket IndiHome juga dilengkapi dengan konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation. Sejak diluncurkannya IndiHOME, konsumen yang berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk beralih memakai IndiHome, sebab layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.

IndiHome resmi dirilis pada tahun 2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network 2015. Dalam penyelenggaraannya, Telkom menggandeng sejumlah developer teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.

Telkom mengklaim produk Indihome sudah dipesan sebanyak 2000 tiap harinya konsumen sepanjang tahun 2015. konsumen dengan respon terbaik berada di Jabodetabek.

Dan, sampai Mei 2015, jumlah konsumen IndiHOME sudah mencapai 350 ribu konsumen di seluruh Indonesia. Lalu, pada 20 Mei, Telkom menghadirkan teknologi 4K TV untuk IPTV.

Harga paket IndiHome

  1. 10 Mbps Rp. 250.000/bulan
  2. 20 Mbps Rp. 350.000/bulan
  3. 30 Mbps Rp. 510.000/bulan
  4. 40 Mbps Rp. 610.000/bulan

Kelebihan IndiHome

  • Akses internet cepat dan sangat stabil
    Tentu kelebihan ini amat cocok bagi kamu yang sehari-hari aktif bekerja memakai internet, main game online, streaming video di Youtube, atau download file besar.
  • Modemnya dapat dipakai untuk jaringan hotspot wifi
    Dengan begitu anggota keluarga dapat ikut terhubung di jaringan tersebut. Entah itu dari PC, laptop, maupun smartphone.
  • Pelayanan customer service yang baik bila dibanding dengan ISP lainnya
    Selain itu customer service nya juga cepat dalam menanggapi keluhan konsumen. Bila terjadi masalah, maka akan diberikan solusi melalui telepon atau sosial media. Bila belum terselesaikan maka teknisi akan tiba langsung ke rumah untuk memperbaiki (Gratis tanpa dikenakan biaya).

Kekurangan IndiHome

  • Hanya bisa digunakan disekitar rumah
    Karena IndiHome merupakan internet rumahan. Tentu penggunaannya cuma untuk di sekitar rumah. Tidak bisa dibawa untuk bepergian seperti halnya paket internet yang ada di handphone.
  • Harganya mahal
    Harganya lebih mahal dari kebanyakan provider lainnya. Namun kembali lagi ke pendapat individu, ada yang bilang ada harga ada kualitas.
  • Resiko tersambar petir
    Jika hujan dan banyak petir, kamu mesti mematikan modem jika tidak mau rusak karena tersambar petir. Jika hal ini terjadi akan merugikan seluruh konsumen dan menunggu untuk mendapatkan modem baru lagi dari IndiHome.
SpesifikasiIndiHome
Produk PT Telekomunikasi Indonesia
Tahun berdiriTahun 2015
Pilihan paketIndiHome Paket Netizen I, IndiHome Paket Netizen II, Paket Internet IndiHome Premium, IndiHome HSI Indihome Gamer, Paket Internet IndiHome Value

Pilih Mana: MNC Play atau IndiHome?

MNC PlayIndiHome
Kelebihan- Kecepatan download dan upload yang sama cepatnya - TV kabel berlangganan MNC bisa mentransfer data dua arah - Gratis modem dan router wifi - Akses internet cepat dan sangat stabil - Modemnya dapat dipakai untuk jaringan hotspot wifi - Pelayanan customer service yang baik bila dibanding dengan ISP lainnya
Kekurangan- Jangkauan jaringannya kurang luas - Koneksi kerap terputus - Layanan perbaikan MNC Play Media kurang baik - Hanya bisa digunakan disekitar rumah - Harganya mahal - Resiko tersambar petir

Kesimpulan

MNC Play dan IndiHome sudah dipercaya para pemakainya untuk aktivitas internet mereka sehari-hari. Bisa kita bayangkan bila sehari saja kita tidak menyentuh internet, maka kehidupan akan terasa kosong dan tentunya kita tidak bisa bekerja. Tentukan provider andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MNC Play vs IndiHome

VS

Leave a Reply