Pilih Mana: Mobil Matic atau Manual?

Loading...

Kini, mobil menjadi salah satu kebutuhan yang paling banyak dicari orang. Selain karena fungsinya yang dapat melindungi dari panans maupun hujan, mobil juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang pastinya akan membuat penggunanya merasa aman dan nyaman saat berada di dalam kendaraan. Pada mobil terdapat beberapa tipe transmisi yaitu matic, manual dan matic+manual. Lalu, bagus mana mobil matic dengan manual?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Mobil Matic dan Manual
– Kelebihan & kekurangan Mobil Matic dan Manual

Mobil Matic
Dikutip dari TribunnewBogor, mobil matic memiliki 6 gigi, yaitu huruf P (park) mengunci saat mobil terparkir, huruf R (reverse) digunakan untuk bergerak mundur, huruf N (neutral) mobil dalam keadaan bebas atau kondisi roda mobil secara mekanis tidak terkunci oleh sistem transmisi, huruf D-3 (gigi 3) posisi mobil untuk bergerak maju, angka 2 (gigi 2) posisi mobil biasa atau second gear dan huruf L (gigi 1) posisi paling rendah atau low.

Kelebihan Mobil Matic yang bisa Anda ketahui:

1. Mengendarai jadi lebih mudah
Mobil matic diklaim mampu membuat penggunanya merasa lebih mudah saat mengemudikan kendaraan. Hal ini dikarenakan pengendara mobil matic hanya perlu menarik gas saja sudah bisa jalan, berbeda dengan mobil manual yang harus menggunakan kopling dan mengatur gigi baru bisa berjalan.

2. Memberikan kenyamanan yang lebih baik
Dari masalah kenyamanan berkendara, mobil matic jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan mobil manual. Ini karena perpindahan transmisi yang halus dan nyaman. Berbeda dengan mobil transmisi manual yang terkadang selama proses pemindahan giginya terasa kasar.

Kekurangan Mobil Matic yang bisa Anda ketahui:

Loading...

1. Biaya lebih mahal
Segala yang berhubungan dengan mobil matic dianggap mahal, baik itu perawatan maupun onderdil. Selain itu, teknisi atau bengkel yang mengerti mobil matic masih tergolong sedikit sehingga saat mobil matic melakukan perawatan atau hanya service ringan, harga yang dibanderol cukup mahal.

2. Harga beli tinggi sekaligus harga jual rendah
Mobil matic memiliki harga pembelian yang tinggi dan harga jual rendah. Hal ini dikarenakan mobil matic baru memiliki kenyamanan yang lebih dibanding mobil yang masih manual. Dan sebaliknya mengapa harga jual mobil matic sangat rendah? Hal ini dikarenakan mobil matic sangat sulit untuk dijual kembali dan mahal saat melakukan servis.

Mobil Manual
Mobil manual umumnya memiliki enam jenis gigi percepatan disimbolkan 1-2-3-4-5-6-R. Kelima angka digunakan untuk melaju ke depan dan satu untuk berjalan ke belakang.

Kelebihan Mobil Manual yang bisa Anda ketahui:

1. Bahan lebih irit
Untuk mobil matic, konsumsi bahan bakar lebih boros jika dibandingkan dengan mobil manual. Ini karena performa mesin mobil matic lebih berat dan putaran mesin mobil matic tidak bisa diatur sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih banyak.

2. Biaya perawatan cenderung murah
Spare part dan segala perawatan untuk mobil manual cemderung lebih murah jika dibandingkan dengan spare part dan segala perawatan yang dilakukan oleh mobil manual.

Kekurangan Mobil Manual yang bisa Anda ketahui:

1. Pengoperasian lebih rumit
Pengoperasian mobil manual terasa lebih rumit karena kaki kanan digunakan untuk menginjak rem dan juga gas serta kaki kiri memiliki fungsi untuk menekan kopling sehingga akan terasa lebih lelah saat penggunanya melakukan perjalanan jauh. Selain itu, tangan kiri pengguna mobil manual juga harus aktif selama proses perpindahan gigi.

2. Kurang nyaman dalam berkendara
Pengguna mobil manual akan merasa kurang nyaman saat berada di dalam kendaraan. Hal ini dikarenakan saat mobil manual melakukan perpindahan gigi terkadang terasa sedikit kasar berbeda dengan mobil matic yang melakukan perpindahan gigi secara halus dan nyaman.

Pilih Mana: Mobil Matic atau Manual?

Mobil MaticMobil Manual
Konsumsi bahan bakar– Lebih boros bahan bakar– Cenderung lebih irit bahan bakar
Pengoperasian– Lebih mudah saat pengoperasiannya– Pengoperasian lebih rumit
Biaya perawatan– Cenderung mahal – Lebih terjangkau

Kesimpulan
Bagi Anda yang menginginkan kemudahan, kenyamanan dan kepraktisan berkendara maka mobil dengan transmisi matic akan cenderung lebih dipilih dan disukai, sekalipun mobil matic memiliki kekurangan pada konsumsi bahan bakar dan juga harga. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mobil Matic vs Manual

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *