GameTrends

Pilih mana: Mobile Legends vs PUBG?

Anda pecinta game? Pasti sangat mengenal game mobile yang populer kali ini. Mobile Legends dan PUBG. Kedua game mobile ini memang sempat menjadi salah satu game mobile terpopuler.

Mulai dari anak-anak, dewasa, sampai karyawan kantor menjadi idola game yang satu ini. Bahkan, tak jarang game ini menjadi yang paling sering dimainkan dan pastinya menempati ruang khusus di hati pecinta game .

Apa sih yang membuat game mobile ini menjadi sangat terkenal di semua kalangan? Tentunya Anda ingin tahu bukan? Nah, kami akan mengulasnya lebih dalam mengenai kedua game yang sangat hangat diperbincangkan ini. Yuk simak di Selera.id.

Mobile Legends vs PUBG

Mobile Legends

Mobile Legends, siapa yang tidak mengenal game mobile ini. Selain sangat seru saat memainkannya. Ternyata game dengan genre seperti ini akan membuat Anda ketagihan dan tidak ingin lepas memainkannya. Mobile Legends adalah game MOBA paling populer di Indonesia saat ini.

Game MOBA satu ini sukses mencuri perhatian para gamer di Indonesia sejak tahun 2016. Bahkan daya tariknya belum usai juga terlihat dari jumlah unduhan di Play Store pada September 2016 dan kini telah mencapai lebih dari 100 juta download.

Game yang dikembangkan dan dirilis oleh Moontoon developer dapat dimainkan di platform mobile Android dan iOS. Game ini bisa dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi menjadi 2 tim. Permainan akan dimulai dengan setiap pemain memilih 1 hero dari daftar hero yang bisa diakses oleh pemain.

Hero yang tersedia adalah hero yang telah dibeli dan hero yang sedang ‘dipinjamkan’ secara gratis kepada pemain oleh sistem. Dengan kata lain, tidak semua hero dapat langsung dimainkan. Durasi permainan bisa berkisar sekitar 15 menit untuk 1 ronde. Baca juga: Pilih mana: Mobile Legends vs Free Fire?

Kelebihan Mobile Legends

Berikut ini Kelebihan Mobile Legends:

  • Memiliki penyimpanan yang ringan
    Bagi Anda yang memiliki masalah dengan minim spesifikasi penyimpanan maka hal ini tidak jadi masalah. Karena game ini sangat ringan dan memiliki ukuran yang cenderung kecil untuk masuk di perangkat android Anda. Jadi, Anda bisa memainkannya dengan mudah.
  • Memiliki banyak Variasi Karakter
    Karakter hero di Mobile Legends ini sudah lebih bervariasi sehingga Anda bisa memilih sesuka hati. Selain itu, role atau peran di Mobile Legends juga lebih banyak. Biasanya hal ini lah yang sangat disukai oleh beberapa pecinta game.
  • Tidak membuat smartphone mudah panas
    Kelebihan satu ini cukup memberi kabar gembira bagi pecinta game. Anda  tidak perlu khawatir jika bermain dalam jangka waktu yang lama. Karena game ini tidak membuat smartphone Anda panas, sehingga Anda bisa memainkannya dalam waktu yang lama.

Mobile Legends vs PUBG

Kekurangan Mobile Legends

Berikut ini Kekurangan Mobile Legends:

  • Tampilan menu yang rumit
    Kekurangan yang ada pada game ini yaitu memiliki menu yang lumayan banyak karena gameplay-nya yang banyak. Bagi pemula mungkin akan kesulitan untuk memainkannya karena akan terasa asing dan bingung ketika bermain.
  • Kontrol game yang lumayan susah
    Kekurangan berikutnya jika dibandingkan dengan kontrol Touch dan analog pesaingnya. Game ini justru lebih enak dimainkan dengan cara Touch, karena jika pakai analog, rasa Moba terasa berkurang.
  • Koneksi yang mudah reconnect
    Padahal gamenya hanya kecil. Namun entah mengapa koneksinya mudah terputus. Mungkin banyak pemain yang bermain di server.

PUBG

PlayerUnknown’s Battlegrounds (sering disingkat PUBG) adalah sebuah permainan dengan genre battle royale, yang para pemainnya bisa bermain dengan 100 orang sekaligus secara daring. Di dalam permainan ini pemain bisa bermain solo, tim 2 orang, dan tim 4 orang, serta bisa mengundang teman untuk bergabung ke dalam permainan sebagai tim.

Game mobile ini tidak kalah populernya dengan pesaingnya. Pada pertengahan tahun 2018, PUBG Mobile langsung meroket kepopulerannya menyaingi Mobile Legends. Setelah kemunculan PUBG Mobile ini, game Mobile Legends mendapat saingan yang tangguh.

Lihat juga:  Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone XS Max?

Sejak game ini dirilis secara resmi melalui Play Store pada Maret 2018, game ini langsung meroket hingga menyentuh angka 50 juta download hingga saat ini. Bahkan kini hampir menyaingi pesaingnya.

Baca artikel lainnya 11 Gamepad Smartphone Terbaik 2020

Mobile Legends vs PUBG

Kelebihan PUBG

Berikut ini Kelebihan PUBG:

  • Memiliki kualitas grafis yang memukau
    Tak kalah dari pesaingnya ternyata game PUBG Mobile terkenal mempunyai grafis yang sangat memukau sehingga tak sembarangan smartphone bisa memainkan game ini. Smartphone harus mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi untuk merasakan sensasi game FPS mobile ini. Hal ini memberi sensasi ketika kita menembak musuh hampir sama seperti ketika kita memainkan di konsol atau PC, ini membuat gamer lebih memilih PUBG Mobile.
  • Banyak peminatnya
    Kelebihan berikut yaitu setiap game mobile yang ada memang memiliki penggemar tersendiri. Akan tetapi, jika dilihat jumlah unduhan di berbagai platform tentunya bisa disetujui bahwa game PUBG Mobile lebih populer. Kepopuleran game PUBG Mobile ini bahkan, berhasil menggeser Mobile Legends dari posisi tiga besar.
  • Memiliki lokasi server yang luas
    Kelebihan yang tak kalah pentingnya yang ada pada game ini terletak pada lokasi server. Game PUBG Mobile memang tersebar di beberapa benua. Selain ada di Asia, termasuk yang terbesar di Tiongkok, server game PUBG Mobile juga terdapat di benua Eropa dan Amerika, lho! Oleh sebab itu, tak mengherankan banyak sekali jumlah pemain PUBG Mobile. Hal ini masih belum sebanding dengan pesaingnya yang baru memiliki server di benua Asia saja, khususnya Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kekurangan PUBG

Berikut ini Kekurangan PUBG:

  • Spesifikasi penyimpanan yang cukup besar
    Kualitas terbaik dan nyaman saat bermain tentu sangat diidamkan oleh para pecinta game. Namun hal ini menjadi tidak heran lagi jika spesifikasi penyimpanan yang diberikan oleh game ini cukup besar dibanding game pesaingnya yang lain.
  • Membuat smartphone mudah panas
    Selain keunggulan lengkap dan bagus yang diberikan game ini. Seperti memberikan kualitas grafis yang terbilang sangat baik dan bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Bahkan segi grafis dari PUBG Mobile ini tak kalah bagusnya juga dari versi PC-nya. Namun, karena kualitas grafis inilah yang membuat smartphone kita cepat panas. Hal ini yang kadang sangat disayangkan oleh peminatnya.
  • Koneksi Server yang belum stabil
    Kekurangan lainnya ada pada koneksi server. Pengembang dari game PUBG Mobile ini mungkin sudah sangat memberikan berbagai macam kenyamanan bagi para pemainnya. Tetapi masih saja ada aja hal-hal yang mengganggu, salah satunya adalah masalah koneksi server yang masih belum stabil. Meskipun terkesan sepele, namun masalah server ini cukuplah mengganggu untuk kelancaran game, loh.
Game Mobile Legends PUBG
Rating4.3 4.5
Unduhan 2018 100 juta50 juta

Pilih mana: Mobile Legends vs PUBG?

Keterangan Mobile Legends PUBG
Kelebihan-Memiliki penyimpanan yang ringan -Memiliki banyak Variasi Karakter -Tidak membuat smartphone mudah panas-Memiliki kualitas grafis yang memukau -Banyak peminatnya -Memiliki lokasi server yang luas
Kekurangan-Tampilan menu yang rumit -Kontrol game yang lumayan susah -Koneksi yang mudah reconnect-Spesifikasi penyimpanan yang cukup besar -Membuat smartphone mudah panas -Koneksi Server yang belum stabil

Kesimpulan

Itulah beberapa ulasan mengenai pembandingan game mobile Mobile Legends dan PUBG. Selain sama-sama menunjang kepopuleran di Industri permainan digital. Kedua game ini tentunya memiliki kualitas yang terbaik. Namun bagi Anda yang menginginkan kualitas grafisyang bagus saat bermain maka kami sangat menyarankan untuk Anda memilih game mobile PUBG. Tetapi, semua kembali pada selera masing-masing bukan? Apapun jenis game yang Anda pilih. Tetap kenyamanan yang nomor satu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mobile Legends vs PUBG

VS

 

Leave a Reply