FashionTrends

Pilih Mana: Moccasin atau Sneakers?

Penampilan yang baik merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan agar kita bisa tampil percaya diri didepan banyak orang. Sepatu menjadi salah satu item yang bisa menunjang penampilan kamu, untuk itu gunakan sepatu yang bagus dan nyaman seperti Moccasin dan Sneakers.

Moccasin dan Sneakers adalah sama-sama sepatu yang diperuntukkan untuk kamu yang suka dengan style simpel dan casual. Desain dan bahan yang digunakan oleh kedua jenis sepatu ini sangat baik, sehingga tak heran bila banyak orang yang menyukainya.

Ingin tahu lebih dalam mengenai detail dari Moccasin dan Sneakers? Tenang, Selera.id akan langsung memberikan infonya buat kamu melalui artikel ini. Stay tune ya!

Moccasin

Moccasin merupakan jenis sepatu (seharusnya) tanpa hak yang dibuat dari bahan kulit bertekstur lembut. Sol sepatunya dibuat lentur. Bagian atas sepatu biasanya dihiasi berbagai detail. Manik-manik, sulaman, bordiran atau ornamen lainnya.

Meski simple, moccasin nyaman di kaki, sebab bahannya menyerap keringat pada kaki, juga tidak akan menimbulkan suara ketika berjalan.

Awal mulanya, jenis sepatu ini dipakai oleh suku Indian di Amerika untuk berburu serta mengembara. Bila dilihat dari asal katanya, moccasin berasal dari kata makasin powhattan yang merupakan bahasa algonquian dan dari kata proto-algonquian yaitu maxkenseni yang artinya sepatu.

Suku algonquian merupakan sekelompok orang indian yang hidup di amerika utara tepatnya di wilayah subarctic timur kanada. Saat ini, jenis sepatu ini menjadi salah satu jenis sepatu yang disukai oleh semua kalangan khususnya orang dewasa sebab modelnya yang klasik dan sedikit etnik.

Model sepatu ini jadi inspirasi untuk banyak perancang terkenal seperti Marc Jacobs. Tidak cuma bermodel flats, Moccasin juga hadir dalam model boots yang nyaman menghangatkan kaki. Juga ada yang ber-high heels.

Moccasin bisa juga dikenakan untuk berbagai kesempatan. Moccasin polos untuk ke kantor. Atau moccasin berdetil bordir serta manik-manik untuk occasion santai sehari-harinya. Padankan dengan jeans belel plus t-shirt polos untuk gaya kasual. Baca juga Pilih Mana: Sneakers atau Boots?

Kelebihan Moccasin

  • Lebih stylish
    Mengenakan Moccasin untuk aktivitas sehari-hari membuat pemakai jadi lebih stylish dan elegan. Ditambah dengan desain-desain yang menarik sehingga enak dipandang.
  • Tidak memerlukan waktu untuk memakainya
    Seperti yang kita tahu bahwa Moccasin memiliki desain slip-on sehingga tidak memerlukan waktu untuk memakainya. Hal ini yang menjadi daya tarik Moccasin sehingga banyak diminati.
  • Cocok digunakan dimana saja
    Moccasin memiliki desain yang menarik dan semi formal sehingga cocok digunakan dalam acara apapun seperti pernikahan, perkuliahan, pergi ke kantor atau sekedar nongkrong bersama teman.

Kekurangan Moccasin

  • Tidak menghangatkan kaki
    Moccasin cenderung memiliki desain dengan lingkaran dibawah mata kaki. Hal ini tentu tidak cocok untuk kamu yang membutuhkan sepatu untuk menghangatkan kaki.
  • Tidak cocok untuk aktivitas ekstrem
    Berbeda dengan Sneakers, Moccasin tidak cocok untuk aktivitas ekstrem seperti memanjat tebing, berlari dan beberapa kegiatan lainnya.
  • Membutuhkan waktu untuk mengeringkannya
    Jika sudah terkena air atau hujan maka Moccasin akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengeringkannya. Hal ini dikarenakan sebagian besar Moccasin dibuat dari bahan kulit yang lembut.
Spesifikasi Moccasin Keterangan
Berasal Amerika
KarakteristikSepatu elegan dengan lingkaran dibawah mata kaki
Rata-rata harga Rp 700.000,- keatas (per Oktober 2019)

Sneakers

Sneakers merupakan jenis sepatu dengan sol fleksibel dibuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas dibuat dari kulit atau kanvas. Namun, seiring perkembangan jaman saat ini banyak sneakers yang dibuat juga dari suede dan nylon.

Sneakers awalnya didapat dari kata dalam bahasa inggris, yakni ‘sneak’ yang berarti penyusup. Awalnya sneakers merupakan sepatu olahraga serta sepatu lainnya yang dipakai untuk olahraga.

Sejak tahun 1990 sampai saat ini penggila sneakers menjadi semakin banyak dan bertambah, karena sneakers pada saat ini menjadi hal yang istimewa bagi penggemarnya.

Sneakers tidak cuma dijual untuk dipakai tetapi juga dijadikan barang koleksi. Seperti halnya mobil, sneakers juga ada yang rare limited edition dan cuma dijual beberapa pcs di dunia ini.

Sneakers bekas pun dengan kondisi apapun bila itu barang limited tentu akan banyak dicari para kolektor di dunia. Sneakers saat ini ini jadi perihal yang wajib bagi fashion kawula muda. Bukan hanya anak muda, orang yang sudah tua juga juga tidak sedikit yang menggilai sneakers.

Merk sneakers yang terkenal tentunya sangat banyak, dimulai dari Adidas, Nike, Vans, Skechers dan beberapa merk lainnya. Kamu bisa dapatkan sepatu-sepatu ini di mall kesayangan kamu dan beberapa toko online sekarang juga sudah banyak yang menjualnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Michael Kors atau Coach?

Kelebihan Sneakers

  • Melindungi kaki
    Salah satu kelebihan yang dipunyai oleh sneakers yaitu mampu menutupi seluruh bagian kaki. Dengan begitu, kaki kamu akan terlindungi lebih baik saat memakai sneakers. Kaki Kamu akan aman dari paparan sinar matahari yang bisa membuat warna kulit kaki jadi lebih gelap.
  • Sneakers tidak akan membuat kaki kamu lelah
    Jalan-jalan keliling mal seharian atau keliling kota untuk spot foto OOTD tidak akan buat kamu lelah bila menggunakan sneakers. Sneakers khusus dibuat untuk digunakan saat melakukan perjalanan jauh sehingga nyaman untuk dipakai seharian. Selain anti lelah, total look kamu akan makin modis dengan sneakers.
  • Cocok untuk travelling
    Travelling merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Untuk itu perlu ditunjang dengan alas kaki yang nyaman dan bisa melindungi kaki dengan baik, dan sneakers lah jawaban terbaik untuk itu.

Kekurangan Sneakers

  • Kurang cocok untuk yang ingin tampil feminim
    Sneakers cocok banget buat kamu yang ingin tampil santai dan tidak repot saat melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk wanita, jika kamu ingin tampil feminim dengan memakai sneakers tentunya kurang sesuai. Kamu bisa memakai flat shoes agar terlihat lebih cantik dan feminim.
  • Resiko barang palsu
    Resiko barang palsu tentu saja terjadi mengingat saat ini sneakers menjadi kegemaran orang banyak. Untuk itu senantiasa hati-hati dan lebih teliti kala membeli sneakers andalan kamu.
  • Resiko jahitan lepas
    Untuk kamu yang melakukan aktivitas yang cukup ekstrem dan berat tentunya harus berhati-hati karena bisa saja sneakers kamu memiliki beberapa jahitan yang lepas. Rawat dengan baik sneakers kamu agar selalu awet dan enak dipandang.
Spesifikasi SneakersKeterangan
Berasal Jerman
KarakteristikSepatu elegan dengan lingkaran diatas mata kaki
Rata-rata harga Rp 500.000,- keatas (per Oktober 2019)

Tips mencuci sepatu agar selalu bersih

Sepatu yang bersih tentunya akan enak dipandang dan nyaman digunakan. Untuk itu selalu rawat dan cuci sepatu kamu agar senantiasa bersih. Berikut ini tips mencuci sepatu agar selalu bersih yang bisa kamu lakukan dirumah.

1. Mencuci sepatu dengan teknik berbeda sesuai bahannya
Setiap sepatu dibuat dari bahan-bahan yang berbeda. Inilah yang membuat kamu juga mesti melakukan perawatan serta cara mencuci sepatu yang berbeda juga. Untuk sepatu berbahan kanvas atau kain bisa dicuci dengan cara digosok memakai sikat dan detergen.

Bila sepatumu dibuat dari bahan suede, sangat tidak dianjurkan mencuci sepatu dengan merendamnya. Cukup sikat memakai sikat khusus untuk bahan suede atau sikat gigi dengan bulu halus.

2. Jangan langsung direndam, sikat kotoran dengan teknik cuci kering terlebih dahulu
Kotoran seperti lumpur atau tanah akan lebih gampang dibersihkan bila sepatu masih dalam keadaan kering. Kamu bisa sikat tanah atau lumpur yang menempel. Untuk membersihkan kotoran yang tersisa, kamu bisa sikat kembali memakai campuran air dan detergen.

3. Jangan lupa bersihkan bagian sol sepatu
Step satu ini mungkin masih sering kamu lupakan. Padahal membersihkan area sol sepatu juga penting, loh! Sol yang bersih membuat sepatu terlihat bersih seperti sepatu baru. Cukup sikat secara perlahan sampai semua kotoran hilang supaya tidak merusak sol sepatu.

4. Hindari menjemur sepatu di bawah paparan sinar matahari langsung
Keringkan sepatu dengan cara ditaruh di tempat teduh atau diangin-anginkan memakai kipas angin. Sebelum disimpan, pastikan sepatu benar-benar bersih supaya tidak berjamur dan berbau apek saat akan dipakai.

Pilih Mana: Moccasin atau Sneakers?

Moccasin Sneakers
Kelebihan- Lebih stylish - Cocok digunakan dimana saja - Tidak memerlukan waktu untuk memakainya - Melindungi kaki - Sneakers tidak akan membuat kaki kamu lelah - Cocok untuk travelling
Kekurangan- Tidak menghangatkan kaki - Tidak cocok untuk aktivitas ekstrem - Membutuhkan waktu untuk mengeringkannya - Kurang cocok untuk yang ingin tampil feminim - Resiko barang palsu - Resiko jahitan lepas

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Moccasin dan Sneakers tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis sepatu ini memiliki karakteristik dan model yang berbeda. Semua itu tentu sesuai dengan selera dan kebutuhan pemakainya masing-masing. Jadi yang mana pilihan kamu guys? Kalau Selera.id sih Sneakers aja deh. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Moccasin vs Sneakers

VS

Leave a Reply