Perangkat KerasTechnology

Pilih mana: Modem Mifi Huawei R208 vs Modem ZTE F609?

Modem atau disebut dengan (modulator demodulator) merupakan suatu perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah sehingga jaringan internet dapat diterima perangkat komputer/mobile dengan lebih baik.

Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Ada banyak keunggulan dan kemudahan yang terdapat dalam perangkat modem ini. Oleh karena itu, demi kemudahan untuk penggunanya. Modem hadir dengan banyak varian jenis dan tipe tentu dengan kualitas yang sangat baik.

Salah satu medem itu adalah Modem Mifi Huawei R208 dan Modem ZTE F609. Kedua modem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, bagi Anda yang penasaran dengan keduanya dapat mengulik artikelnya di Selera.id sekarang juga.

Modem Mifi Huawei R208 vs Modem ZTE F609

Modem Mifi Huawei R208

Huawei Technologies adalah perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Cina dan dunia. Banyak produk elektronik dan teknologi yang di hadirkan oleh perusahaan besar ini. Salah satunya produk modem.

Produk dan servis perusahaan ini juga telah menjangkau lebih dari 140 negara dan saat ini 45 dari 50 perusahaan operator telekomunikasi terbesar dunia. Nah, tentu kualitas dari brand ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Baca juga: 10 Modem Wifi Terbaik 2020

Apalagi jika dengan bicara mengenai keunggulannya pasti tidak kalah bagusnya dengan produk modem merk lain. Anda bisa mendapatkan produk modem merk ini dimanapun seperti pasar dan toko elektronik lain bahkan di situs belanja online sekalipun. Produknya juga begitu terkenal dengan beragam harga yang bervariasi.

Kelebihan Modem Mifi Huawei R208

Berikut ini Kelebihan Mifi Huawei R208:

  • Memiliki Multi device sharing
    Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan bersama teman,  modem ini cocok untuk dipakai sebagai sarana mengakses internet bersama. Kapasitas modem Huawei R208 ini dapat menangani akses dari 10 perangkat sekaligus. Banyak, bukan?
  • Memiliki ukuran yang praktis
    Klebihan lain dari modem ini yaitu ukurannya yang kecil membuat modem ini mudah dan pas untuk dipegang  serta Anda tidak perlu repot dan ribet ketika ingin memindahkan dan membawanya jalan-jalan. Keuntungan ukuran yang kecil pada modem ini juga memberikan kelebihan berupa tidak banyak memakan tempat di tas, saku celana, dan baju. Anda bisa bilang jika desain modem ini ramah tempat.
  • Daya tahan yang lama
    Kelebihan lain ada pada ketahanannyanya. Anda tidak perlu risau dengan daya tahan pemakaian modem ini. Mifi R208 dapat bertahan cukup lama ketika Anda sedang dalam perjalanan, tetapi tidak menemukan sambungan listrik. Modem besutan vendor terkenal ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3000 mAh jadi dapat bertahan selama 10 jam kerja tanpa henti.

Modem Mifi Huawei R208 vs Modem ZTE F609

Kekurangan Mifi Huawei R208

Berikut ini Kekurangan Mifi Huawei R208:

  • Suhu agak panas saat aktif digunakan
    Kekurangan yang ada pada Huawei R208 ini yaitu ketika di aktifkan suhu MiFi ini cepat panas, Sehingga penggunaannya yang mungkin cepat rusak jika suhu terus meningkat. Oleh karena itu, untuk selalu pastikan keadaan suhu yang ada pada produk modem satu ini.
  • Baterai standar
    Kekurangan lainnya yang ada pada modem merk ini yaitu masih dibekali dengan kapasitas standar, Sehingga jika digunakan ke banyak perangkat pun, MiFi ini terbilang cukup boros. Bagi Anda yang menginginkan modem yang tidak boros dan bisa bertahan lama maka modem merk Huawei ini belum cukup untuk Anda jadikan pilihan.
  • Harga yang cukup mahal
    Harga yang ditawarkan oleh merk modem ini juga memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun begitu kualitas yang diberikan sangat relate kok. Jadi Anda tidak perlu merasa bersalah jika harus mengeluarkan budget yang cukup lebih.

Modem ZTE F609

Modem ZTE merupakan modem besutan ZTE Corporation yang namanya telah terpercaya sebagai produsen modem internet kenamaan di dunia. modem ZTE yang merupakan salah satu merek modem yang paling sering digunakan oleh Telkom.

Lihat juga:  Pilih mana: Monitor LED Acer vs Monitor LED Hp?

Secanggih apapun teknologi yang digunakan, tentu tidak terlepas dari berbagai macam kelebihan dan keunggulan, dan sebagai pengguna modem bundling speedy tentu saja ada kelebihan maupun kekurangan yang akan kita dapatkan.

Penasaran? Berikut kami paparkan kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mempertimbangkannya sebagai referensi nanti dalam membeli. Baca juga: Pilih Mana: Huawei E5573 vs Huawei E5577

Kelebihan Modem ZTE F609

Berikut ini Kelebihan Modem ZTE F609:

  • Desain yang menarik
    Kelebihan yang ada pada modem dengan merk ini yaitu desain yang dihadirkan oleh modem ini sangat menarik. Dibanding dengan modem lainnya. Bisa dibilang modem satu ini memiliki varian desain yang tidak biasa.
  • Harganya terjangkau
    Modem ZTE F609 memiliki harga yang terjangkau. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk mendapatkan modem ini. Walaupun begitu, modem ini juga salah satu modem yang memiliki kualitas yang bagus.
  • Memiliki banyak varian tipe
    Dibanding dari Modem lainnya, Modem ZTE F609 ini memiliki banyak varian tipe yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Hal ini yang membuat modem ini juga mempunyai penggemarnya sendiri.

Modem Mifi Huawei R208 vs Modem ZTE F609

Kekurangan Modem ZTE F609

Berikut ini Kekurangan Modem ZTE F609:

  • Tidak bertahan lama
    Kekurangan yang ada pada merk modem ZTE dengan tipe ini mungkin tidak terlalu awet dan cenderung mudah rusak. Apalagi jika digunakan di luar kapasitasnya. Hal inilah yang membuat modem ini sangat disayangkan oleh penggunanya.
  • Kapasitas baterai yang kecil
    Kekurangan lain yang ada pada modem ini yaitu modem ini memiliki kapasitas baterai yang hanya sebesar 1500 mAh dan itu hanya sanggup bertahan 4 sampai 6 jam saja maka Anda pasti membutuhkan powerbank yang dipakai sewaktu-waktu bila baterai habis sementara Anda masih membutuhkannya.
  • Penyimpanan yang kurang memadai
    Kekurangan satu ini mungkin akan terdengar menyebalkan bagi Anda yang menginginkan modem dengan kapasitas yang besar. Slot memori yang ada pada modem ini kurang memadai.

Tips Menjadikan Smartphone Sebagai Modem Laptop

Perangkat Android dan laptop umumnya sudah dilengkapi koneksi WiFi dan ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadikan smartphone sebagai modem baik untuk komputer/laptop maupun sesama perangkat Android, berikut tipsnya di bawah ini :

  1. Pastikan Laptop atau komputer sudah dilengkapi dengan Wi-Fi
  2. Pilih menu Settings > Wireless and Networks atau Connections
    Lalu pilih Tethering and Portable Hotspot kemudian aktifkan Mobile Hotspot atau portable Hotspot.
  3. Jika pertama kali menjalankan maka kita akan diminta membuat Network SSID (isi dengan nama yang diinginkan lalu pada bagian security pilih WPA2 PSK dan isi password yang akan digunakan oleh setiap perangkat yang akan terhubung ke Android Anda, lalu Save.
  4. Di komputer atau laptop aktifkan wifi sampai terdeteksi nama hotspot sesuai dengan yang Anda buat, lalu klik Connect dan masukan password sesuai dengan sebelumnya.

Pilih mana: Modem Mifi Huawei R208 vs Modem ZTE F609?

Keterangan Modem Mifi Huawei R208 Modem ZTE F609
Kelebihan-Memiliki Multi device sharing -Memiliki ukuran yang praktis -Daya tahan yang lama-Desain yang menarik -Harganya terjangkau -Memiliki banyak varian tipe
Kekurangan -Suhu agak panas saat aktif digunakan -Baterai standar -Harga yang cukup mahal-Tidak bertahan lama -Kapasitas baterai yang kecil -Penyimpanan yang kurang memadai

Kesimpulan

Dari perbandingan Modem Mifi Huawei R208 dan Modem ZTE F609 diatas dapat disimpulkan bahwa kedua modem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih satu diantara kedua modem sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Dan ada baiknya setiap pembelian produk elektronik Anda cek kembali serta perhatikan kemasan produknya. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Modem Mifi Huawei R208 vs Modem ZTE F609

VS

Leave a Reply