Finance

Pilih Mana: Monero atau Litecoin?

Berinvestasi menjadi suatu hal yang mungkin pada zaman saat ini banyak menjadi pilihan orang-orang banyak, karena banyak sekali manfaat atau kelebihan yang akan kamu dapatkan jika berinvestasi muali dari sekarang. Salah satu cara investasi yang populer saat ini adalah dengan Monero dan Litecoin.

Keduanya adalah koin yang banyak dijadikan investasi untuk orang saat ini guna untuk mempersiapkan dimasa mendatang. Lantas, apa saja kelebihan dari kedua koin atau mata uang tersebut? Dan apa ada kekurangannya? Artikel kali ini akan membahas mengenai keduanya. Langsung baca penjelasannya di bawah ini.

Monero

Protokol CryptoNote yang mendasari penciptaan Monero, dahulu diluncurkan oleh seorang penulis dengan pseudonim, Nicolas Van Saberhagen, pada bulan Oktober 2013. Monero adalah cryptocurrency yang mempunyai sumber terbuka (open-source) yang dibuat pada bulan April 2014. Baca juga Pilih Mana: Ripple atau Vertcoin?

Koin ini berfokus pada fungsibilitas, privasi dan desentralisasi. Fungsibilitas adalah barang atau komoditi yang unit dasarnya dapat dipertukarkan. Misalnya, 1 kilogram emas murni setara dengan kilogram emas murni lainnya, baik dalam bentuk koin, ingot (logam cair) atau di negara lain Monero didasarkan pada teknologi blockchain dimana seluruh transaksi akan dicatat dan divalidasi pada perangkat miner (pertambangan) yang tersebar di seluruh dunia.

Keamanan Ledger Blockchain (Buku Besar Catatan Transaksi Pada Rantai Blok) akan terjaga dari seluruh serangan Cyber. Tujuan utama penciptaan Monero adalah untuk memperbaiki desain dari kriptografis yang ada, dengan membuat seluruh detail, mulai pengirim, penerima, dan jumlah transaksi menjadi anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi), serta membuat proses penambangan Legible Egaliter.
KeteranganMonero
DiciptakanNicolas Van Saberhagen
Tahun BerdiriTahun 2013
1 MoneroRp. 1.047.240 (per September 2019)

Kelebihan Monero

  • Tidak Dapat Dilacak
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Monero adalah kriptocurrency dimana transaksi benar-benar rahasia dan tidak dapat dilacak, terutama karena memiliki jaringan yang independen dan terdesentralisasi. Selain itu, karakteristik ini menyiratkan bahwa hal itu dapat digunakan untuk berbagai pembelian yang mungkin tidak didukung oleh peraturan atau undang-undang, seperti penjualan obat-obatan atau senjata.
  • Koin Hanya Digunakan Sekali
    Tidak seorangpun bisa membelanjakan uang kripto sama untuk yang kedua kali. Bahkan jika semua tanda tangannya anonim, dimana setiap tanda tangan mengandung kunci rahasia yang berlaku satu arah. Kunci ini tidak mungkin dikembalikan agar mencegah pengeluaran koin ganda.
  • Adanya Komunitas
    Monero memiliki komunitas pengembang dan pengguna yang lebih baik. Hal ini memberikan indikasi bahwa monero nantinya akan dapat berkembang seperti bitcoin contohnya, dengan dukungan komunitasnya.

Kekurangan Monero

  • Rawan Digunakan Tindakan Kriminal
    Kekurangan satu ini dari Monero , karena Monero  ini bersifat sangat pribadi dan anonim koin ini sangat rawan digunakan untuk tindakan illegal seperti pencucian uang atau pendanaan teroris.
  • Volume Transaksi yang Besar
    Untuk memastikan “belitan” suatu operasi, diperlukan lebih banyak ruang daripada mengirim koin ke sistem lain transaksi anonim adalah 8 kali lebih besar daripada operasi serupa dengan bitcoin.
  • Tidak Ada Batasan Koin
    Tidak ada batasan koin penerbitan yang ada relatif kecil jika proyek berskala besar dan kerjasama dengan sistem pembayaran, volume yang dikeluarkan mungkin tidak cukup.

Litecoin

Litecoin adalah cryptocurrency yang merupakan versi sederhana dari Bitcoin sebagaimana namanya, diciptakan oleh Charles Lee yang merupakan seorang mantan karyawan Google. Litecoin sendiri diluncurkan Litecoin dirilis pada tanggal 7 Oktober 2011 oleh Charles Lee. Saat ini, Litecoin termasuk ke dalam peringkat lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia. Litecoin lahir setelah era Bitcoin.

Mata uang virtual ini menggunakan teknologi blockchain sama seperti Bitcoin. Litecoin memiliki jarak antar blok yang lebih pendek yaitu hanya 2.5 menit (Bitcoin 10 menit), yang berarti tingkat kemampuan transaksinya berjalan lebih cepat daripada Bitcoin. Penggunaan algorithmnya dimana Litecoin menggunakan scrypt.

Mata uang digital crypto Litecoin bersifat open source atau terbuka untuk pengembangan umum jika kamu berencana menggunakan mata uang crypto sebagai alat tukar dalam proses transaksi, maka untuk Litecoin maka adalah pilihan yang lebih baik. Selain itu, Litecoin juga bersifat terdesentralisasi alias tidak ada otoritas pusat.

Salah satu cara untuk mendapatkan Litecoin adalah adalah dengan proses penambangan  terdapat 2 cara penambangan yitu Cloud Mining dan Mining Rig Pribadi, tetapi pada intinya yang wajib dicoba untuk mendapatkan kepingan dari Litecoin adalah menyelesaikan algoritma (permasalahan verifikasi block) dengan rumus PoW (Proof of Work) bernama Scrypt. 

Algoritma Scrypt itu dapat diselesaikan menggunakan GBP atau VGA atau Kartu Grafis yang biasa kita temui. Jadi intinya penambangan Litecoin disini merupakan imbal balik dari Litecoin pada fitur yang diperlukan Litecoin untuk beroperasi 24 jam non stop dalam memverifikasi setiap bisnis pada setiap blok khusus, ataupun dalam penciptaan blok baru. 

Metode kerja Litecoin pada dasarnya sama dengan mata uang konvensional. Kamu dapat melakukan transaksi jual, beli, atau memperdagangkannya secara online. Kamu dapat menyimpannya dalam rekening online dan juga mentransfernya ke rekening lain secara online juga. Hal yang membedakan antara uang konvensional dan uang Litecoin dan juga cryptocurrency lainnya adalah Litecoin tidak dilahirkan oleh pemerintah atau lembaga khusus.
KeteranganLitecoin
DiciptakanCharles Lee
Tahun BerdiriTahun 2009
1 LitecoinRp. 962.905 (per September 2019)
Lihat juga:  Pilih Mana: Investasi Properti atau Emas?

Kelebihan Litecoin

  • Waktu Transaksi Cepat
    Banyak yang sudah menyebutkan dan juga menjelaskan bahwa di sini bahwa Litecoin mungkin memiliki waktu blok tercepat, oleh karena itu, menjadikannya mata uang digital yang disukai pengguna.
  • Adanya Komunitas Buzzing
    Litecoin memiliki salah satu komunitas paling progresif dan tim pengembangan inti yang menyediakan jawaban siap untuk setiap pertanyaan yang membakar. Kualitas interaksi yang tinggi telah menjadikannya mata uang digital yang populer di kalangan pengguna.
  • Litecoin Dapat Dibeli Langsung
    Hal ini menjadi sebuah kelebihan bila dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya. kalian dapat secara langsung membeli Litecoin dengan mata uang yang dimiliki. Sementara untuk cryptocurrency lain, kalian harus membeli Bitcoin terlebih dahulu, dan kemudian menukarkan Bitcoin tersebut dengan mata uang yang dibutuhkan.

Kekurangan Litecoin

  • Keberhasilan Bergantungan
    Jika Bitcoin membaik satu hari di masa depan dan mengatasi skalabilitas dan kecepatan transaksi yang merepotkan, maka Litecoin dapat menemukan bahwa itu berseluncur diatas es yang rapuh. Alasannya adalah bahwa mayoritas investor crypto lebih menyukai Bitcoin sehingga istilah tersebut menjadi identik dengan cryptocurrency.
  • Dapat Terjadi Penurunan Inflasi
    Risiko Litecoin justru diprediksikan akan terjadi jika pasar tidak memiliki ketertarikan. Proses mining-nya tergolong mudah, hal ini memungkinkan adanya penumpukan stok Litecoin. Di jangka panjang, jika tidak mampu bertumbuh dapat mengalami penurunan inflasi secara drastis.
  • Adanya Volatilitas
    Pada investasi jangka pendek menggunakan Litecoin, terdapat volatilitas yang artinya adalah masalah signifikan di seluruh pasar crypto, yang berarti investasi jangka pendek di Litecoin memiliki berisiko yang cukup tinggi.

Tips Memilih Pertukaran Mata Uang Kripto yang Tepat

Keamanan dan keaslian
Ini mungkin merupakan aspek terpenting dalam memilih pertukaran. Pastikan kamu selalu mulai dengan melihat rekam jejak di bursa dan bagaimana ia menangani masalah-masalahnya. Karena kamu harus yakin bahwa keterbukaan dan transparansi sangat penting untuk pertukaran apa pun.

Cryptocurrency yang Ditawarkan 
Di sinilah kamu sebagai pembeli perlu memikirkan apa yang kamu cari untuk diperdagangkan atau juga yang bagaimana yang ingin kamu investasikan. Kamu harus dapat mempelajari cara menggunakan bursa dengan mudah dan merasa nyaman menjelajahi situs web mereka.

Biaya dan Harga
Jika kamu akan membeli dan menjual cukup sering seperti saya, penting bahwa bursa yang kamu pilih untuk digunakan memiliki biaya transaksi rendah. Harga ini sangat luas dan bisa membuat perbedaan besar dalam jangka panjang.

Pilih Mana: Monero atau Litecoin?

MoneroLitecoin
Kelebihan- Tidak dapat dilacak - Koin hanya digunakan sekali - Adanya komunitas - Waktu transaksi yang terbilang cepat - Adanya komunitas buzzing - Litecoin dapat dibeli langsung dengan mata uang yang kamu miliki
Kekurangan- Rawan digunakan tindakan kriminal - Volume transaksi yang besar - Tidak ada batasan koin - Keberhasilan bergantungan - Dapat terjadi penurunan inflasi - Adanya volatilitas (masalah signifikan di seluruh pasar crypto)

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Monero dan Litecoin, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi  jika kamu berencana menggunakan mata uang crypto sebagai alat tukar dalam proses transaksi, maka untuk Litecoin maka adalah pilihan yang lebih baik, dan sebaliknya jika kamu ingin berinvesatsi yang jangka panjang, sepertinya Monero adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Monero vs Litecoin

VS

Leave a Reply