KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Motor Aerox atau R15?

Bagi pecinta motor pastinya tidak akan asing lagi dengan salah satu brand motor yaitu Yamaha. Yamaha merupakan produsen sepeda motor kenamaan baik di Indonesia maupun di dunia, Target utama penjualan motor yamaha adalah untuk masyarakat kelas menengah. Meskipun demikian, perusahaan ini tetap memproduksi berbagai merk untuk beragam kelas ekonomi di Indonesia maupun pasar global.Salah satu keluaran produk Yamaha ini adalah Yamaha aerox 155 dan Yamaha All New R15, kedua motor ini sangat digandrungi oleh para remaja di Indonesia dikarenakan memiliki body yang besar dan sering untuk dijadikan ajang pameran motor. Baca Juga: Pilih Mana: Aerox 155 atau Vario 125?

Untuk yang bingung memilih antara kedua motor ini, mari simak kelebihan dan kekurangan dari dua jenis produk Yamaha ini!

Yamaha Aerox 155

Versi terbaru dari Yamaha Aerox 155 dikeluarkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan menggunakan nama Yamaha Aerox 155 Connected 2022. Meski ada perubahan pada desain bodinya, tapi tidak mengubah produk dasar dari matic bongsor ini. Melihat keseluruhan, Yamaha masih mengggunakan konsep design yang sporty dan kental dengan unsur balap.Untuk desainnya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Body yang tetap terlihat gagah, secara ukuran juga tidak terlihat banyak perbedaan. Tetapi tambahan fitur di motor ini semakin modern salah satunya motor ini bisa terkonesi dengan smartphone.

Kelebihan Yamaha Aerox 155

1.   Speedometer full digital

Speedometer yang terdapat pada yamaha aerox 155 connected 2022 ini menggunakan display digital. akan tetapi terdapat perbedaan tata letak dan di bagian design, hal ini terjadi dikarenakan informasi yang ditampilkan lebih lengkap dibandingkan versi terdahulu. Dengan tambahan fitur yang bisa terkoneksi dengan smartphone membuat informasi yang ditampilkan lebih lengkap seperti notifikasi telepon, pesan singkat dan email yang akan muncul pada tampilan speedometer.

2.   Sudah dibekali teknologi keyless

Yamaha Aerox ini sudah dilengkapi dengan sistem keyless atau Smart Key System yang membuat lebih praktis dan terhindar dari kemalingan. Tidak hanya itu sistem kunci yang seperti ini dilengkapi juga dengan fitur Answer Back System sehingga akan memudahkan pemilik motor mencari motornya ketika di parkiran.

3.   Electric power socket

Ini merupakan fitur yang sangat menarik, mengingat bahwa pada saat ini manusia tidak bisa lepas dari smarphone sehingga dengan menambahkan fitur ini pada motor akan memudahkan dalam mengisi daya baterai smartphone di manapun.

Letak dari electrical power socket ini berada pada rak depan motor sebelah kiri. socket ini juga dilengkapi dengan penutup untuk mencegah smartphone jatuh ketika sedang mengisi daya.

4.   Kapasitas bagasi besar

Dengan adanya bagasi yang besar pada motor akan memudahkan dalam meletakkan barang-barang yang dibawa. Seperti helm, jas hujan, laptop bahkan sepatu akan aman di dalam bagasi motor ini.

5.   Ban lebar tipe tubeless

Ban yang digunakan pada motor ini sudah menggunakan ban tubeless. Sehingga penggunanya akan merasa nyaman di perjalanan, selain itu dengan ban yang tubeless akan mengurangi risiko ban mengalami kempes langsung ketika tertusuk benda tajam sehingga dapat memberikan waktu untuk mencari tukang tambal ban.

Kekurangan Yamaha Aerox 155

1.   Rem belakang belum cakram

untuk masalah rem yang digunakan pada motor aerox ini memang hanya rem cakram dibekali di bagian depannya saja untuk bagian belakang motor masih menggunakan rem jenis tromol. hal ini untuk meminimalisir berat dari motor ini agar tidak berlebihan.

2.   Bobot lebih berat

Untuk motor ini bobotnya mencapai 125kg, dibandingkan dengan Aerox versi sebelumnya motor aerox 155 ini lebih berat. Mengingat bahwa adanya banyak fitur tambahan sehingga motor ini memiliki bobot yang lebi besar.

Lihat juga:  Pilih Mana: Mitsubishi Triton atau Toyota Hilux?

3.   Electric power socket memerlukan adaptor

untuk socket pengisi daya ini tidak bisa langsung dicolok menggunakan kabel charger handphone. Untuk menggunakannya, memerlukan adaptor model car charger. hal ini membuat beberapa orang menilai kurang praktis.

Yamaha All New R15

yamaha memiliki jenis kelas sport yang menjadi unggulan yaitu Yamaha All New R15. motor ini merupakan idola para remaja muda di Indonesia dikarenakan motor ini memiliki bentuk yang sama dengan motor sport.Dapat diartikan bahwa produk ini merupakan titisan dari motor versi lama yang telah diperbarui sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian konsumen indonesia.

Kelebihan Yamaha All New R15

1.   Design super sport

Untuk menarik kalangan muda-mudi yang menyukai otomotif, Yamaha membuat motor R15 ini dengan design yang sangat sporty. Jika para pendahulu motor ini dikemas dengan konsep futuristic maka untuk versi yang sekarang dibuat lebih mengandung super sport.

2.   Penggunaan lampu LED

Untuk motor ini pemakaian lampu LED sudah diterapkan kecuali lampu sein yang masih menggunakan lampu bohlam. Kualitas cahaya yang dihasilkan dari motor ini sudah sangat cukup memadai untuk dikendarai saat malam.

3.   Panel meter yang digital

Hampir sama dengan motor keluaran baru dari Yamaha ini sudah menggunakan panel meter digital sehingga informasi yang diberikan pada panel ini sudah lengkap seperti fuelmeter, odometer dan tripemeter.

4.   Kapasitas Mesin yang tinggi

Motor yang memiliki standar balap ini dilengkapi dengan mesin yang berkapaasitas 155 cc satu silinder SOHC, 4-stroke, 4 Valve, liquid-cooled. Selain mesin yang berkapasitas tinggi tetapi motor aerox ini dilengkapi Assist & slipper clutch sebuah teknologi yang akan memudahkan penggunanya mengontrol kopling.

Kekurangan Yamaha All New R15

1.   Belum menggunakan teknologi keyless

Walaupun motor ini merupakan keluaran baru tetapi belum dilengkapi dengan teknologi keyless sehingga tingkat keamanan agar motor ini tidak dicuri masih tinggi.

2.   Bobot yang sangat berat

Motor ini memiliki berat 137kg dimana motor ini sangat berat sehingga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan kelincahan motor ketika akan bermanuver

3.   Kurang cocok untuk membonceng

Dikarenakan motor ini dirancang sedemikian rupa dengan motor sport lainnya, membuat orang yang dibonceng tidak akan merasa nyaman. Ditambah lagi jika ingin berpergian berdua menggunakan motor ini tidak akan bisa membawa banyak barang.

Pilih Mana: Motor Aerox atau R15?

Keterangan Motor Yamah Aerox 155Motor Yamaha All New R15
Kelebihan - Speedometer full digital - Sudah dibekali teknologi keyless - Electric power socket - Kapasitas bagasi besar - Ban lebar tipe tubeless- Design super sport - Penggunaan lampu LED - Panel meter yang digital - Kapasitas Mesin yang tinggi
Kekurangan - Rem belakang belum cakram - Bobot lebih berat - Electric power socket memerlukan adaptor- Belum menggunakan teknologi keyless - Bobot yang sangat berat - Kurang cocok untuk membonceng

Kesimpulan

Dilihat dari pembahasan tentang kedua motor ini dapat dilihat bahwa motor R15 cocok digunakan sebagai motor yang akan digunakan sebagai motor gaya-gayaan dan tidak cocok jika digunakan berpergian jarak jauh. Akan tetapi untuk motor Aerox dapat mencakup kedua manfaat itu dikarenakan bentuk aerox yang juga mengusung seperti motor sport pun tidak akan kalah jika digunakan sebagai ajang gaya-gayaan. Setelah membaca review kedua motor ini, apakah kalian sudah menentukan yang mana yang lebih kalian sukai? Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pilih Mana: Motor Aerox atau R15?

VS