Pilih Mana: Motor Injeksi atau Karburator?

Loading...

Meskipun saat ini motor injeksi sedang gencar-gencarnya merebut posisi dari motor karburator. Nyatanya, masih banyak pengguna kendaraan yang memilih motor karburator dibanding injeksi dengan berbagai alasan, salah satunya motor karburator dapat dioprek sesuai selera penggunanya. Akan tetapi terlepas dari alasan itu. Sebenarnya bagus mana motor injeksi atau karburator? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini.

Motor Injeksi

Dilansir dari Viva.co.id, dalam motor injeksi sudah ada perangkat injektor serupa seperti keran bensin, dan dapat membuka dan menutup aliran gas bertekanan sesuai perintah ECU (Electronic Control Unit). Bagaimana injektor bekerja seperti busi, yang memiliki waktu kapan dan berapa lama menyemprotkan bensin. Artinya lebih teratur, dan menyuplai sesuai dengan kebutuhan mesin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motor injeksi merupakan penyempurnaan dari motor karburator.

Kelebihan Motor Injeksi

1. Hemat bahan bakar dan ramah lingkungan
Motor dengan teknologi injeksi dikenal lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Pasalnya, sistem injeksi lebih presisi dalam mengatur bahan bakar dibandingkan dengan karburator. Dengan begitu, lebih baik untuk efisiensi bahan bakar sekaligus mampu menekan polusi gas buang. Baca juga Pilih Mana: Vespa LX 150 atau Vespa GTS 250?

2. Tidak harus melakukan penyetelan
Hal ini karena, pada motor injeksi pengguna telah dimudahkan dengan adanya berbagai komponen canggih yang pastinya telah disetel oleh pabrikan motor. Sehingga pengguna tidak perlu repot untuk melakukan penyetelan.

Kekurangan Motor Injeksi

1. Tergolong mahal
Tidak seperti harga motor dengan sistem karburator, motor injeksi tergolong lebih mahal sehingga bagi yang ingin memilikinya harus pintar mengelola uangnya. Karena untuk membeli motor dengan sistem injeksi tidaklah murah.

Loading...

2. Bengkel yang belum banyak tersedia
Karena kecanggihan yang ada di motor injeksi, membuat para penggunanya kesulitan untuk menemukan bengkel yang menerima layanan service motor injeksi. Alasan lain juga karena motor injeksi memiliki sistem kabel yang tidak boleh sembarang orang mengotak-atiknya sehingga dengan demikian jika motor injeksi bermasalah segera bawa ke dealer service resmi jangan yang abal-abal.

Motor Karburator

Motor karburator sering dgunakan oleh banyak pengguna yang hobi mengoprek isi dalam motornya. Selain itu motor karburator juga dipercaya memiliki performa cukup tangguh saat diajak di arena balapan.

Kelebihan Motor Karburator

1. Perawatan lebih mudah
Bagi yang memiliki motor karburator, tentunya akan bernafas lebih lega karena motor karburator sangat mudah perawatannya.

2. Lebih murah
Harga motor karburator cenderung lebih murah jika dibandingkan motor injeksi. Akan tetapi apabila Anda menambahkan alat atau komponen lain, maka harganya akan mendekati motor injeksi.

Kekurangan Motor Karburator

1. Cenderung boros bahan bakar
Bahan bakar yang dihisap pada mesin karburatot akan bergerak naik turun ke piston. Sehingga banyaknya bahan bahan yang dilepaskan akan bergantung pada pergerakan piston tersebut. Dengan demikian, penggunaan bahan bakar akan kurang efisien sehingga cenderung boros penggunaan bahan bakar.

2. Membutuhkan komponen tambahan
Motor karburator membutuhkan penyetelan yang tepat untuk dapat mengatasi setiap kondisi yang berbeda-beda. Agar kerja karburator dapat sesuai kondisi, maka motor karburator memerlukan alat atau komponen tambahan yang lainnya.

Pilih Mana: Motor Injeksi atau Karburator?

Motor InjeksiMotor Karburator
Layanan service– Hanya dealer resmi– Bisa di bengkel mana saja
Konsumsi bahan bakar– Lebih irit dan efisien– Tidak efisien dan cenderung boros
Proses penyaluran bensin– Menggunakan perangkat injektor– Karburator masih mengandalkan daya hisap yang didapat dari pergerakan piston pada silinder

Kesimpulan

Kedua sistem kerja motor ini memiliki tugas yang sama yakni mencampur bahan bakar dengan udara untuk kemudian disalurkan ke ruang bakar, sampai ada pembakaran di mesin. Akan tetapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan di atas, dapat disimpulkan penggunaan motor injeksi tergolong lebih baik, karena motor injeksi merupakan penyempurna dari motor karburator sekalipun masih minim bengkel yang menerima layanan service motor injeksi.Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Motor Injeksi vs Karburator

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *