Pilih Mana: Motor Matic atau Manual?

Loading...

Kendaraan yang mudah dijangkau oleh banyak kalangan adalah sepeda motor. Motor dapat membantu pengendaranya dalam menjangkau jangkauan yang luas. Banyak jenis motor yang dapat Anda gunakan, dua di antaranya yaitu motor matic dan motor manual. Manakah yang paling tepat untuk Anda? Motor matic atau manual?

Motor matic dan motor manual memiliki fungsi dasar yang sama, namun kedua jenis motor ini juga memiliki banyak perbedaan. Motor matic lebih mudah digunakan karena pengendara tidak memerlukan masukkan gigi. Sedangkan motor manual lebih sulit digunakan apalagi bagi pengendara baru.

Motor Matic

Motor matic merupakan sebuah sepeda motor otomatis yang dapat digunakan cukup dengan satu akselerasi. Motor ini tidak menggunakan operan gigi manual dalam penggunaannya. Selain itu, motor matic juga biasanya memiliki body yang lebih ringan.

Kelebihan Motor Matic

Berikut beberapa kelebihan motor matic yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Dipelajari dan Digunakan

Salah satu kelebihan motor matic adalah lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Dengan kemudahan yang dimiliki ini, motor matic sangat mudah untuk dipelajari bagi orang-orang yang belum bisa mengendarai motor dan juga bagi orang yang telah bisa mengendarai motor. Anda tidak perlu repot untuk mengoper gigi. Bagi Anda yang tidak ingin repot dan ingin lebih simple dalam mengendarai motor, maka motor matic sangat cocok untuk Anda gunakan. Anda juga dapat mengetahui tips memilih oli motor matic di Liputan6.com. 

  • Memiliki Tampilan yang Menarik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh motor matic adalah memiliki desain dan tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan motor manual. Dengan desain yang sangat menarik ini, semua kalangan hampir menyukai dan cocok dengan motor jenis ini. Baik itu laki-laki, perempuan, remaja, hingga orang dewasa.

  • Memiliki Ketersediaan Sparepart yang Banyak

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh motor matic adalah memiliki ketersediaan sparepart yang banyak. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala atau malah pada motor matic sebab sparepart banyak disediakan dan mudah untuk ditemukan. Anda juga dapat mengetahui lampu yang cocok untuk motor Anda pada lampu HID vs LED. 

Kekurangan Motor Matic

Berikut beberapa kekurangan motor matic yang perlu Anda ketahui:

  • Banyak Motor Matic yang Berkapasitas Maksimal 150 CC

Salah satu kekurangan motor matic adalah rata-rata motor matic memiliki kapasitas tidak lebih dari 150 cc. Kapasitas motor matic biasanya berkisar antara 100 hingga 150 cc. Meskipun begitu, ada beberapa merek dan tipe motor matic yang memiliki kapasitas di atas 150 cc.

  • Cenderung Lebih Boros Bahan Bakar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh motor matic adalah lebih boros menggunakan bahan bakar dengan kapasitas mesin yang sama dengan motor gigi. Hal ini disebabkan karena motor matic memiliki tarikan yang kurang, karena itulah pengendara harus menarik gas lebih banyak dan lebih dalam sehingga kebutuhan bahan bakar meningkat.

Loading...
  • Tarikan Motor Matic Kurang Spontan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh motor matic adalah memiliki tarikan awal yang kurang spontan. Motor manual memiliki tarikan yang lebih spontan, sedangkan motor matic memiliki tarikan yang lebih berat.

Kelebihan Motor MaticKekurangan Motor Matic
- Mudah dipelajari dan digunakan - Hanya berkapasitas maksimal 150 CC
- Memiliki tampilan yang menarik- Cenderung lebih boros bahan bakar
- Memiliki ketersediaan sparepart yang banyak- Tarikan motor matic kurang spontan

Motor Manual

Motor manual merupakan jenis motor yang menggunakan transmisi manual. Transmisi manual ini memakai clutch yang dapat digunakan untuk mengatur perpindahan torsi dari mesin menuju transmisi.

Kelebihan Motor Manual

Berikut beberapa kelebihan motor manual yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kapasitas Mesin yang Bervariasi

Salah satu kelebihan motor manual adalah memiliki kapasitas mesin yang lebih bervariasi dibandingkan dengan motor matic. Anda bisa menemukan motor manual dengan kapasitas mulai dari 100 cc hingga di atas 500 cc. Jika Anda membutuhkan motor dengan kapasitas mesin yang lebih tinggi, Anda bisa menggunakan motor manual.

  • Lebih Mudah Menyesuaikan Kecepatan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh motor manual adalah lebih mudah untuk menyesuaikan kecepatan motor. Anda dapat mengendalikan transmisi kendaraan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Hal ini lebih sulit dilakukan pada motor matic.

  • Tarikan Lebih Spontan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh motor manual adalah memiliki tarikan yang lebih spontan. Baik di awal, ataupun saat telah dijalankan, motor manual memiliki tarikan yang lebih spontan dan tarikan tersebut lebih ringan. Dengan demikian, bahan bakar yang diperlukan dalam mengoperasikan motor manual lebih hemat dibandingkan dengan motor matic yang membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

Kekurangan Motor Manual

Berikut beberapa kekurangan motor manual yang perlu Anda ketahui:

  • Nilai Jual Ulang Lebih Rendah

Salah satu kekurangan motor manual adalah memiliki nilai jual ulang yang lebih rendah jika dibandingkan dengan motor matic. Hal ini dikarenakan motor manual saat ini sudah kurang populer dibandingkan dengan motor matic sehingga nilai jual motor manual lebih rendah.

  • Sulit Digunakan Pengendara Bertubuh Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh motor manual adalah kebanyakan memiliki ground clearance yang tinggi. Dengan demikian pengendara yang memiliki postur tubuh yang kecil lebih sulit dalam mengendarai motor manual. Bagi Anda yang memiliki tubuh yang kecil, akan lebih baik untuk menggunakan motor yang memiliki ground clearance yang lebih rendah.

  • Lebih Sulit Digunakan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh motor manual adalah lebih sulit dipelajari dan digunakan daripada motor matic. Anda perlu memasukkan gigi, mengubah gigi dan melakukan banyak aktivitas saat menggunakan motor manual. Hal ini terkadang akan terasa sulit dipelajari orang baru yang belum bisa mengendarai motor.

Kelebihan Motor ManualKekurangan Motor Manual
- Memiliki kapasitas mesin yang bervariasi- Nilai jual ulang lebih rendah
- Lebih mudah menyesuaikan kecepatan- Sulit digunakan pengendara bertubuh kecil
- Tarikan lebih spontan- Lebih sulit digunakan

Pilih Mana: Motor Matic atau Motor Manual?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara motor matic dan motor manual. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Motor MaticMotor Manual
- Lebih mudah digunakan - Lebih sulit digunakan
- Lebih boros bahan bakar- Lebih hemat bahan bakar
- Tarikan kurang spontan- Tarikan lebih spontan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa motor matic lebih mudah digunakan dan lebih populer saat ini. Namun motor matic lebih boros dalam menggunakan bahan bakar. Sedangkan motor manual lebih hemat dalam memakan bahan bakar namun lebih sulit digunakan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Motor Matic vs Manual

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *