Elektronik

Pilih Mana: Mouse Bluetooh atau Wireless?

Dalam menggunakan perangkat seperti laptop, PC dan lain sebagainya, Anda membutuhkan mouse untuk bisa membantu Anda mengoperasikan perangkat dengan baik. Dua dari beberapa jenis mouse yang dapat Anda gunakan adalah mouse bluetooth dan mouse wireless. Manakah yang lebih baik untuk Anda gunakan? Mouse bluetooth atau wireless?

Mouse bluetooth dan mouse wireless sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama. Namun, mouse ini memiliki banyak perbedaan. Mouse bluetooth dapat digunakan untuk lebih banyak perangkat. Sedangkan mouse wireless hanya dapat untuk beberapa perangkat tertentu.

Mouse Bluetooth

Mouse bluetooth merupakan mouse yang digunakan dan dihubungkan ke perangkat dengan memanfaatkan bluetooth. Mouse ini dapat dipakai tanpa memerlukan dongle untuk menghubungkannya pada perangkat. Penjelasan mengenai mouse telah kami bahas sebelumnya pada mouse kabel vs mouse wireless.

Kelebihan Mouse Bluetooth

Berikut beberapa kelebihan mouse bluetooth yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Praktis Digunakan

Salah satu kelebihan mouse bluetooth adalah lebih praktis digunakan sebab tidak membutuhkan dongle seperti mouse wireless. Mouse bluetooth memiliki pemancar yang berkomunikasi dengan penerima Bluetooth yang terpasang di komputer Anda. Untuk terhubung, nyalakan mouse dan letakkan dalam mode discovery seperti yang diarahkan pada buku manual pemilik Anda. Setelah itu, pasangkan mouse seperti perangkat wireless bluetooth lainnya.

  • Kompatibel dengan Berbagai Perangkat

Kelebihan lain yang dimiliki oleh mouse bluetooth adalah memiliki kompatibilitas dengan perangkat di luar laptop dan komputer desktop. Banyak perangkat yang dapat digunakan dengan mouse ini, termasuk yang tanpa port USB, kompatibel dengan periferal bluetooth dan dapat dipasangkan ke mouse bluetooth, asalkan perangkat mendukung mouse bluetooth.

  • Cocok untuk Banyak Perangkat dan Situasi Tertentu

Mouse bluetooth optimal dengan pengguna yang memiliki banyak perangkat tetapi hanya ingin menggunakan satu mouse, atau mereka tidak memiliki banyak atau port USB yang tersedia untuk dipasangkan ke dongle. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan mana yang paling sesuai untuk Anda.

Kekurangan Mouse Bloetooth

Berikut beberapa kekurangan mouse bluetooth yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan mouse bluetooth adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mouse wireless. Jika Anda memiliki aktivitas yang biasa saja, sebaiknya Anda menggunakan mouse wireless dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Mengeluarkan Radiasi yang Membahayakan

Kekurangan lain yang dimiliki oleh mouse bluetooth adalah mengeluarkan radiasi. Jika Anda menggunakan mouse bluetooth terus menerus, Anda berkemungkinan untuk terpapar radiasi yang membahayakan kesehatan Anda. Hal ini akan lebih berbahaya jika Anda menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

  • Kurang Akurat untuk Gaming

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh mouse bluetooth ini adalah kurang akurat jika digunakan untuk gaming. Hal ini dikarenakan bandwith yang terdapat pada mouse bluetooth ini kurang besar. Mouse wireless memiliki bandwith yang lebih besar daripada mouse bluetooth. Karena itulah, untuk gaming lebih baik menggunakan mouse wireless.

Kelebihan Mouse BluetoothKekurangan Mouse Bluetooth
- Lebih praktis digunakan- Harga lebih mahal
- Kompatibel dengan berbagai perangkat- Mengeluarkan radiasi yang membahayakan
- Cocok untuk banyak perangkat dan situasi tertentu- Kurang akurat untuk gaming

Mouse Wireless

Mouse wireless merupakan mouse yang tidak memiliki kabel untuk menghubungkannya dengan berbagai perangkat. Mouse ini dibuat dengan adanya frekuensi penghubung tanpa menggunakan kabel. Untuk menghubungkan mouse ini ke perangkat Anda menghubungkannya dengan dongle.

Lihat juga:  8 Kipas Laptop Terbaik 2020

Kelebihan Mouse Wireless

Berikut beberapa kelebihan mouse wireless yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan mouse wireless adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mouse bluetooth. Jika Anda memiliki dana yang terbatas dan ingin memiliki sebuah mouse untuk keperluan Anda. Sebaiknya Anda menggunakan mouse wireless.

  • Lebih Cocok Digunakan untuk Gaming

Kelebihan lain yang dimiliki mouse wireless adalah lebih cocok dan lebih akurat digunakan untuk gaming. Hal ini dikarenakan bandwith yang terdapat pada mouse wireless lebih besar atau lebih tinggi daripada bandwith yang terdapat pada mouse bluetooth. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkannya untuk aktivitas gaming. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai mouse gaming, Anda dapat mengaksesnya di Metrotvnews.com.

  • Tidak Memaparkan Radiasi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh mouse wireless adalah tidak memaparkan radiasi sebab mouse ini tidak menggunakan bluetooth dan menggunakan dongle untuk menghubungkannya. Dengan demikian, aktivitas Anda menggunakan mouse ini akan terasa lebih aman. Mouse wireless ini juga tetap aman digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Kekurangan Mouse Wireless

Berikut beberapa kekurangan mouse wireless yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Kompatibel untuk Berbagai Perangkat

Salah satu kekurangan mouse wireless adalah kurang kompatibel untuk digunakan pada berbagai macam perangkat. Mouse wireless hanya dapat digunakan untuk perangkat tertentu saja. Dengan demikian, perangkat yang tidak memiliki port USB tidak dapat menggunakan mouse jenis ini sehingga lebih baik menggunakan mouse bluetooth.

  • Tidak Dapat Digunakan untuk Banyak Perangkat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh mouse wireless adalah tidak dapat digunakan untuk banyak perangkat. Satu mouse wireless hanya dapat digunakan untuk satu perangkat karena satu mouse hanya terdapat satu dongle untuk disambungkan. Sedangkan mouse bluetooth dapat Anda gunakan jika Anda memiliki banyak perangkat dan hanya ingin menggunakan satu mouse saja.

  • Baterai Cepat Habis

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh mouse wireless ini adalah baterai yang dipakai pada mouse wireless sangat cepat habis. Dengan demikian, Anda perlu melakukan pergantian baterai dan menyiapkan baterai cadangan jika baterai habis.

Kelebihan Mouse WirelessKekurangan Mouse Wireless
- Harga lebih terjangkau- Kurang kompatibel untuk berbagai perangkat
- Lebih cocok digunakan untuk gaming- Tidak dapat digunakan untuk banyak perangkat
- Tidak memaparkan radiasi- Baterai cepat habis

Pilih Mana: Mouse Bluetooth atau Wireless?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara mouse bluetooth dan wireless. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Mouse BluetoothMouse Wireless
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Kompatibel untuk berbagai perangkat- Kurang kompatibel untuk berbagai perangkat
- Kurang akurat digunakan untuk gaming- Lebih akurat digunakan untuk gaming

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai mouse bluetooth dan mouse wireless di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua mouse ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Mouse bluetooth memang memiliki teknologi yang sangat baik, karena itulah mouse ini memiliki harga yang lebih mahal. Namun, bukan berarti mouse wireless tidak bagus, mouse wireless juga sangat baik untuk digunakan untuk aktivitas tertentu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mouse Bluetooth vs Wireless

VS

Leave a Reply