Pilih Mana: Mouse Kabel atau Wireless?

Loading...

Dalam penggunaan laptop ataupun komputer Anda memerlukan perangkat yang berfungsi membantu Anda untuk menggerakkan pointer. Perangkat tersebut disebut dengan mouse, saat ini mouse telah berkembang dan memiliki beberapa jenis. Dua dari beberapa jenis mouse adalah mouse kabel dan mouse wireless. Manakah yang paling cocok untuk Anda gunakan? Mouse kabel atau wireless?

Mouse kabel dan mouse wireless sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Namun, untuk pengoperasiannya mouse ini memiliki cara yang berbeda. Sesuai dengan namanya, mouse kabel menggunakan kabel yang dihubungkan ke perangkat komputer atau laptop untuk pengoperasiannya. Sedangkan mouse wireless menggunakan sistem gelombang radio sehingga tidak memerlukan kabel.

Baca juga Pilih Mana: Laptop atau PC?

Mouse Kabel

Mouse kabel merupakan mouse yang menggunakan kabel untuk pengoperasiannya. Mouse kabel ini cenderung disukai oleh para gamers karena memiliki harga yang relatif lebih murah dan tidak terjadi delay antara gerakan mouse dan gerakan pointer.

Kelebihan Mouse Kabel

Berikut beberapa kelebihan mouse kabel yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Terjangkau

Salah satu kelebihan mouse kabel adalah memiliki harga yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan mouse wireless. Anda bisa mendapatkan mouse kabel biasa dengan harga di bawah Rp. 50.000, dan untuk mendapatkan mouse wireless yang biasa Anda membutuhkan budget yang lebih besar.

  • Tidak Ada Delay pada Pointer

Kelebihan lain yang dimiliki mouse kabel adalah memiliki sensitivitas yang tinggi sehingga tidak terjadi delay pada pointer. Karena itulah banyak para gamers lebih memilih untuk menggunakan mouse kabel daripada mouse wireless.

  • Tidak Memerlukan Baterai

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh mouse kabel adalah tidak memerlukan baterai. Anda dapat menggunakan mouse ini dengan menyambungkannya ke komputer ataupun laptop sehingga tidak memerlukan baterai dan tidak perlu mengkhawatirkan umur pemakaian mouse kabel.

Kekurangan Mouse Kabel

Berikut beberapa kekurangan mouse kabel yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Jangkauan yang Terbatas

Karena untuk pengoperasiannya menggunakan kabel, mouse kabel memiliki ruang gerak yang terbatas. Ruang gerak ditentukan dari panjang atau tidaknya kabel yang dipakai. Anda harus menggunakan mouse ini berdekatan dengan perangkat yang dipakai. Mouse jenis ini kurang cocok untuk Anda gunakan pada aktivitas presentasi yang menuntut Anda untuk bergerak pindah dan lain sebagainya.

  • Memiliki Tampilan yang Kurang Menarik

Jika dilihat dari segi tampilan, mouse kabel memang memiliki tampilan dan desain yang lebih sederhana daripada mouse wireless. Mouse kabel cenderung tidak terlalu memiliki lekukan dan memiliki warna polos yang biasa.

  • Membutuhkan Kabel yang Mengurangi Nilai Estetika

Adanya kabel yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mouse kabel ini membuat nilai estetika pada meja atau pada mouse menjadi menurun. Adanya kabel kadang membuat tampilan menjadi terlalu ramai dan berbelit.

Loading...
Kelebihan Mouse Kabel Kekurangan Mouse Kabel
- Harga relatif terjangkau - Memiliki jangkauan yang terbatas
- Tidak ada delay pada pointer - Memiliki tampilan yang kurang menarik
- Tidak memerlukan baterai - Membutuhkan kabel yang mengurangi nilai estetika

Mouse Wireless

Mouse wireless merupakan mouse yang dibuat dengan menggunakan frekuensi penghubung tanpa kabel, seperti hanya cara kerja system gelombang pada radio, yang memanfaatkan gelombang elektromegnetik untuk menghubungkan radio ke berbagai kota dengan jarak tertentu.

Kelebihan Mouse Wireless

Berikut beberapa kelebihan mouse wireless yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Jangkauan yang Luas

Salah satu kelebihan mouse wireless adalah memiliki jangkauan dan gerak yang jauh lebih luas. Anda dapat menggunakannya dari jarak yang lebih jauh daripada mouse kabel. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sambil berjalan atau melakukan pergerakan lainnya dengan leluasa.

  • Memiliki Tampilan dan Desain yang Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki mouse wireless adalah memiliki tampilan yang lebih menarik dan lebih baik. Mouse wireless juga memiliki lekukan yang lebih indah dan lebih nyaman saat digenggam daripada mouse kabel.

  • Dapat Menghemat Ruang

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki mouse wireless adalah dapat menghemat ruang Anda. mouse wireless tidak menggunakan kabel sehingga tidak membutuhkan ruang yang lebih banyak. Selain itu, tidak adanya kabel yang digunakan membuat meja Anda akan tampak lebih rapi dan terbebas dari lilitan kabel.

Kekurangan Mouse Wireless

Berikut beberapa kekurangan mouse wireless yang perlu Anda ketahui:

  • Terjadi Delay pada Pointer

Salah satu kekurangan mouse kabel yang paling dihindari adalah adanya delay antara gerakan mouse dan gerakan pointer. Hal ini sangat mengganggu, apa lagi bagi para pemain game atau gamers. Namun, saat ini telah tersedia mouse wireless yang khusus disediakan untuk gamers. Dikutip dari IDNTimes.com terdapat 5 mouse wireless terbaik untuk gaming, yaitu Logitech G403 Prodigy Wireless, Logitech G900 Chaos Spectrum, Razer Mamba Chroma, Steelseries Sensei Wireless, E-Blue Cobra Advanced.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki mouse wireless adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada daripada mouse kabel. Namun harga mouse yang mahal ini sesuai dengan kebutuhan Anda untuk bisa lebih leluasa dalam menggerakkan mouse.

  • Umur Pemakaian Lebih Singkat

Mouse wireless memiliki umur yang ditentukan dari baterai yang dipakainya. Baterai yang dipakai oleh mouse wireless juga relatif lebih mudah habis sehingga Anda harus menyiapkan baterai cadangan jika khawatir akan kehabisan baterai pada situasi dan kondisi yang tidak tepat. Adanya kebutuhan terhadap baterai ini membuat Anda harus menyisihkan baterai khusus untuk mouse.

Kelebihan Mouse Wireless Kekurangan Mouse Wireless
- Memiliki jangkauan yang luas - Terjadi delay pada pointer
- Memiliki tampilan dan desain yang lebih baik- Harga relatif lebih mahal
- Dapat menghemat ruang - Harga relatif lebih mahal

Pilih Mana: Mouse Kabel atau Wireless?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara mouse kabel dan mouse wireless. Perbedaan kedua jenis mouse tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Mouse Kabel Mouse Wireless
- Membutuhkan kabel - Membutuhkan baterai
- Memiliki jangkauan yang terbatas - Memiliki jangkauan yang luas
- Harga relatif terjangkau - Harga lebih mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai mouse kabel dan mouse wireless di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tujuan Anda agar selaras dengan mouse yang akan dipilih. Jika Anda memiliki aktivitas memainkan game secara berkala dan rutin sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan mouse kabel dengan sensitivitas yang tinggi. Tapi jika Anda memerlukan mouse untuk menggunakan mouse dengan gerak dan jangkauan yang lebih luas, maka sebaiknya Anda menggunakan mouse wireless.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mouse Kabel vs Wireless

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *