Technology

Pilih Mana: Mouse Steelseries vs Razer

Mouse merupakan salah satu barang yang cukup penting dalam menggunakan sebuah komputer. Hal ini karena tentunya akan sulit–atau bahkan tidak bisa–mengoperasikan komputer tanpa menggunakan mouse. Steelseries dan Razer merupakan dua brand yang terkenal dengan perfoma mouse gaming yang sangat berkualitas.

Nah, untuk kamu yang masih bingung memilih mana yang lebih bagus di antara kedua mouse ini, yuk langsung saja simak ulasan yang sudah ada di bawah ini, ya!

Pilih Mana: Mouse Steelseries vs Razer

Mouse Steelseries

SteelSeries dibuat pada tahun 2001 oleh Jacob Wolff-Petersen. Nama asli perusahaan adalah Soft Trading, serta diubah menjadi SteelSeries pada 2007.

SteelSeries adalah produsen peralatan gaming yang sangat terenal dan selalu mengeluarkan perangkat gaming yang memiliki spesifikasi dan kualitas yang sangat baik. Beraneka ragam produk yang dihasilkan brand satu ini  cukup banyak, mulai dari headset, mouse, mousepad, bahkan juga ada keyboard.

Bukan hanya sebatas memproduksi, perangkat gaming saja pemilik brand yang satu ini juga banyak menjadi sponsor tim gamer profesional. Berbicara mengenai beberapa perangkat gaming yang diproduksi oleh SteelSeries, mouse dari perusahaan gaming raksasa ini memiliki kualitas yang tinggi dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak gamers profesional yang mengandalkan mouse dari SteelSeries untuk turnamen dan permainan game mereka sehari-hari. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitas dan kecanggihan yang dimiliki oleh SteelSeries ini. Baca juga: Mouse Gaming Terbaik

Kelebihan Mouse SteelSeries

  • Kualitas tinggi
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kualitas dari mouse Steelseries ini cukup tinggi. Hal ini karena konsep pembuatan mouse benar-benar dipikirkan dengan matang oleh Steelseries mengingat mouse dengan kualitas yang tinggi sangat mempengaruhi permainan game yang membutuhkan sensitivitas tinggi.
  • Memiliki banyak varian
    Varian dari mouse Steelseries sendiri sangat banyak sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Mulai dari yang sangat sederhana dengan harga yang masih cukup terjangkau hingga yang kompleks untuk permainan game favorit kamu.
  • Mempunyai fitur-fitur yang canggih
    Fitur-fitur atau tombol-tombol yang ada pada setiap mouse Steelseries memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Kamu bisa mengubah pengaturan yang ada pada keyboard untuk kamu pindahkan ke mouse Steelseries kamu. Yap! Sanggat canggih dan membantu kamu yang senang segala sesuatu dilakukan dengan praktis.

Kekurangan Mouse Steelseries

  • Harga cukup tinggi
    Karena spesifikasi dan performa dari semua varian mouse Steelseries ini sangat bagus, serta kualitasnya tidak perlu kamu ragukan lagi untuk game andalan kamu sehari-hari, tentunya sudah tak heran jika harga yang disematkan pun cukup tinggi. Hal ini dirasa sesuai oleh sebagian besar pemiliknya.
  • Desain yang biasa
    Sebenarnya ini bukanlah kekurangan yang cukup berarti untuk mouse SteelSeries, namun ada saja beberapa orang yang menganggap bahwa desain dari SteelSeries ini terlalu biasa dan kurang menarik. Pastinya tergantung perspektif orang masing-masing, untuk kamu yang memang lebih memikirkan spesifikasi daripada desain, hal ini tentu tidak jadi masalah untuk kamu.

Pilih Mana: Mouse Steelseries vs Razer

Rekomendasi Mouse Steelseries

1. Steelseries Rival 110

Rekomendasi pertama gaming mouse Steelseries di bawah Rp1 juta adalah Rival 110 yang dijual mulai Rp550 ribuan. Rival 110 ini merupakan gaming mouse termurah yang ada di Steelseries. Dengan berat yang tak sampai 100 gram (tepatnya 87.5gram), gaming mouse ini cukup ringan. Nyaman di bawa ke mana-mana dan bisa digunakan di berbagai area.

2. Steelseries Rival 310 

Gaming mouse ini didesain secara ergonomis untuk kamu yang memiliki tangan kanan sebagai tangan dominan kamu. Rival 310 merupakan salah satu dari gaming mouse terbaik dari Steelseries. Pasalnya, mouse ini memiliki CPI di atas 3.500 tanpa artificial la, sehingga akan sangat presisi dan komandomu pun akan sampai tanpa delay pada karakter yang kamu gunakan di dalam game.

3. Steelseries Sensei 310

Dengan fitur delapan tombol yang bisa memudahkanmu untuk main game, kamu akan bisa menggunakan mouse ini dengan nyaman. Selain itu, mouse ini juga dilengkapi dengan fitur anti sidik jari dan TrueMove 3 sehingga presisi yang akan diberikan oleh mouse ini akan semakin tinggi. Terutama saat kamu membutuhkan kecepatan dan kontrol yang tinggi saat bermain game.

Pilih Mana: Mouse Steelseries vs Razer

SpesifikasiMouse SteelSeriesMouse Logitech
AsalDenmark Singapura
Rata-rata harga per Januari 2020Mulai dari Rp 650.000,- Mulai dari Rp 200.000,-

Mouse Razer

Razer merupakan nama besar perusahaan yang sudah membuat berbagai perangkat keras game yang mendunia, didirikan oleh pengusaha Singapura bernama Min-Liang Tan dan, Robert Krakoff.

Setelah memulai produksi pertamanya tahun 199,  hingga saat ini brand yang satu ini sudah sangat populer di dunia alat elektronik gaming–di seluruh dunia, bukan hanya di Singapura atau Indonesia saja. Salah satu produk Razer paling populer adalah mouse gaming. Mouse gaming Razer memiliki banyak jenis yang memiliki fitur yang berbeda juga.

Kelebihan Mouse Razer

  • Spesifikasi yang unggul 
    Seperti yang sudah diketahui, mouse dari razer ini memiliki spesifikasi yang sangat canggih dan unggul. Oleh karena itulah mouse yang dibuat oleh razer ini sering bertengger di daftar paling atas jika sedang membahas tentang mouse gaming terbaik. Bukan sekadar mouse biasa ya!
  • Memiliki optical sensor 16.000 DPI 
    Seperti namanya, optical sensor menggunakan teknologi optik dimana dari mouse dapat mengeluarkan cahaya yang dipantulkan ke permukaan tempat mouse diletakan. Mouse yang menggunakan sensor ini biasanya banyak digunakan oleh gamer-gamer yang memerlukan tingkat presisi yang tinggi.

    Dibanding dengan laser sensor, optical sensor akan lebih baik jika digunakan diatas mousepad dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Namun kelemahan dari sensor ini adalah ketidak mampuannya dalam tracking pergerakan pada permukaan yang mengkilat seperti kaca.

    Namun biasanya bahan mousepad tidak ada yang menggunakan kaca jadi hal ini bisa di toleransi. Makanya kebanyakan mouse gaming bahkan yang memiliki harga yang tinggi pun lebih memilih sensor ini karena tingkat akurasi yang tinggi.

    Nah, sudah mengerti kan, mengapa mouse dari razer sangat cocok untuk kamu yang merupakan seorang gamer? Optical sensor yang disematkan dalam  mouse ini sudah tidak perlu kamu ragukan loh!

  • LED Multicolor pada mouse 
    Yap, selain unggul dalam sisi spesifikasi, mouse dari razer ini juga unggul dalam segi desain. Mouse ini memiliki LED multicolour yang dapat membuat tampilan mouse semakin meriah terlepas dari beberapa fungsi yang juga disematkan.

Pilih Mana: Mouse Steelseries vs Razer

Kekurangan Mouse Razer

  • Harga yang mahal 
    Seperti kebanyakan mouse gaming pada umumnya, mouse dari razer ini juga memiliki kisaran harga yang cukup mahal–terutama jika kamu bandingkan dengan mouse biasa–namun, hal ini tentunya sangat wajar mengingat fitur dan kemampuan serta spesifikasi yang sangat mumpuni yang disematkan dalam mouse razer.
  • Dijual hanya pada toko tertentu 
    Kekurangan beriktnya dari mouse yang satu ini adalah sulit dicari karena hanya ada di toko-toko tertentu saja. Hal ini bisa kamu siasati dengan cara memesan di toko langganan atau membeli di toko online–namun kamu harus pastikan bahwa barang yang dijual di toko online itu memang benar-benar barang yang asli supaya kamu tida merugi, ya!

Pilih Mana: Mouse Steelseries vs Razer

Mouse SteelSeriesMouse Razer
Kelebihan- Kualitas tinggi - Memiliki banyak varian - Mempunyai fitur-fitur yang canggih - Spesifikasi yang unggul  - Memiliki optical sensor 16.000 DPI  - LED Multicolor pada mouse 
Kekurangan- Harga cukup tinggi - Desain yang biasa- Harga yang mahal  - Dijual hanya pada toko tertentu 

Rekomendasi Mouse Razer

1. Razer Lancehead Tournament Edition

Razer Lancehead Tournament Edition memiliki spesifikasi yang sesuai dengan standar turnamen e-sports. Seperti optical sensor dengan resolusi 16.000 DPI dengan koneksi 5G sensor laser sehingga transmisi data lebih cepat, akurat dan tanpa jeda atau terputus. Mouse Razer ini juga dilengkapi LED multicolor dari Razer Chroma yang hanya bisa kamu dapatkan di mouse razer.

2. Razer Lancehead

Berbeda dengan versi Tournament Edition, Razer Lancehead ini menggunakan teknologi wireless dengan fitur Razer proprietary Adaptive Frequency Technology (AFT) yang memberikan stabilitas transmisi 100%. Teknologi wireless canggih ini memungkinkan transmisi data tanpa lag. Razer Lancehead juga memiliki spesifikasi yang sama dengan Tournament Edition yaitu optical sensor 16.000 DPI dengan koneksi 5G.

3. Razer Naga

Mouse Razer terbaik berikut ini sangat cocok untuk kamu para pemain game MOBA. Razer Naga memiliki 12 buah tombol macro yang bisa kamu atur sesuai keinginan menggunakan aplikasi bawaan dari mouse Razer terbaik ini. Razer Naga memiliki optical sensor 16.000 DPI dengan sensor laser 5G dan juga chroma lighting sehingga kamu bisa mengatur warna pada LED Multicolor pada mouse Razer terbaik ini.

Kesimpulan

Kedua mouse dari brand berbeda ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, mouse ini dapat mendukung kamu yang senang dengan kegiatan bermain game di pc atau mungkin laptop. Harga jual untuk kedua mouse ini memang relatif mahal, jadi, kamu sesuaikan saja mouse yang akan kamu beli dengan kebutuhan dan dengan budget yang kamu miliki. Semoga bermanfaat, ya!

Pilih Mana: Mouse Steelseries vs Razer

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mouse Steelseries vs Razer

VS

Leave a Reply