Aplikasi

Pilih Mana: Mozilla Firefox atau Google Chrome?

Menjelajahi internet tidaklah lengkap jika tidak menggunakan web browser. Browser yang dapat digunakan ialah seperti Opera Mini, Internet Explorer, Safari, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membahas dua browser populer yang sering ditemui dan banyak yang menggunakannya. Pilih mana: Mozilla Firefox atau Google Chrome, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang kami rangkumkan berikut ini.

Tentang web browser

Dikutip dari Kompas.com, saat menjelajahi internet, faktor terpenting yang sering dipilih pengguna adalah kecepatan dan keamanan. Selain itu, pemilihan browser akan bergantung juga dengan fitur yang lebih Anda butuhkan agar semakin menyenangkan saat berselancar di browser. Dalam penggunaannya sendiri browser adalah software atau aplikasi yang berguna untuk membantu pengguna menemukan atau mengakses berbagai halaman web dan lain-lain. Mozilla sebelumnya diluncurkan pada 9 November 2004 sedangkan Chrome diluncurkan pada 2 september 2008. Kemudian pada 2016 Mozilla telah berkembang menjadi versi 49.0.0 sedangkan Chrome berkembang menjadi versi 53.0.0 saat ini.

Web browser adalah program atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah internet atau mencari informasi dari web yang tersimpan di komputer. Web browser tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia (video dan suara), mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai output informatif. Baca Juga Pilih Mana: Yahoo atau Gmail

Sejarah Mozilla Firefox

Awalnya Mozilla Firefox memiliki sebutan nama Phoenix dan kemudian dikenal sebagai Mozilla Firebird, browser ini adalah web browser gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Corporation dan ratusan sukarelawan dari seluruh dunia. Sesuai namanya, Mozilla Firefox memiliki logo rubah api, yang merupakan cabang dari Netscape Navigator, yaitu Mozilla Application Suite.Sebelum merilis versi 1.0 pada tanggal 9 November 2004, Firefox telah menerima sambutan yang sangat bagus dari media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis open source yang paling banyak digunakan oleh pengguna rumahan.

Sejarah Google Chrome

Google Chrome merupakan jenis browser web freeware yang dirancang dan dikembangkan oleh Google Inc.,. Google Chrome dirilis sebagai versi beta untuk sistem operasi Microsoft Windows pada bulan September 2008, dan sebagai versi stabil diluncurkan pada bulan Desember 2008.

Berikut beberapa perbedaan diantara keduanya yang perlu Anda ketahui sebelum berselancar internet menggunakan browser.

Tampilan

Dalam segi tampilan semuanya sama-sama memberikan kenyaman dan kemudahan bagi penggunanya. Tampilan Mozilla yang simpel dan mudah digunakan penggunanya, sangat cocok untuk Anda yang menyukai desiain atau otak-atik css halaman web. Dan pada Chrome tampilannya cukup minimalis. Tidak dapat dipungkiri bahwa tampilannya memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Struktur Perangkat Lunak

Struktur perangkat lunak Mozilla Firefox adalah proyek open source dengan banyak kontributor, sementara Chrome closed source dan dokumentasinya tidak terbuka. Sebenarnya Google juga memiliki browser open-source, yang disebut Chromium bukan Chrome. Dengan struktur kebijakan seperti itu, potensi Mozilla dalam mengatasi kelemahan atau bug yang ada menjadi lebih besar. Di balik layar, ada dua mesin browser yang berbeda. Mozilla menggunakan mesin browser Gecko, sementara Chrome dibangun di Webkit. Webkit juga digunakan di browser Safari Apple, lebih sering ditemukan di perangkat mobile.

Di masa depan, kemungkinan perangkat mobile yang akan mendominasi dunia browsing (via smartphone dan tablet). Mozilla tersedia untuk banyak sistem operasi, termasuk Mac OS X, Linux, Windows, Sun Solaris, Open BSD, dan Free BSD. Sementara Chrome hanya tersedia untuk Linux, Windows, dan Mac. Sistem operasi lainnya harus menggunakan Chromium.

Keamanan

Keamanan merupakan salah satu aspek penting untuk setiap browser. Chrome terbukti memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada Mozilla. Nilai tinggi tersebut didapatkan karena Chrome memiliki sejumlah langkah keamanan yang tidak dimiliki browser yang lain. Meskipun Mozilla dan Chrome menerapkan teknik “sandboxing” untuk mengisolasi serangan berbahaya, Chrome melakukannya lebih sering dan untuk proses yang lebih banyak. Chrome juga dapat secara otomatis menonaktifkan sebuah plug-ins jika sudah terlalu tua. Jika plug-in yang Anda gunakan dianggap sudah lama, Chrome akan mematikannya tanpa mau tahu bahwa Anda masih memerlukannya atau tidak.

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Realme 3?

Tabs

Mozilla tetap mengelola ‘tab’ dan ‘windows’ dalam satu kesatuan yakni satu crash, crash semua. Sementara itu, Chrome dapat membuat proses yang berbeda untuk setiap ‘window’ dan ‘tab’. Jika Anda membuka ‘tab’ atau ‘window’ baru, Chrome akan menempatkan ‘tab’ atau ‘jendela’ dalam prosesnya masing-masing. Artinya, jika ada satu situs yang lamban dalam satu ‘tab’ atau ‘window’, ia tidak akan memperlambat proses loading di ‘tab’ atau ‘window’ lainnya. Dengan begitu sekalipun ada tab yang crash, maka tidak akan membuat crash seluruh browser.

Dilihat dari keamanan, pemisahan proses oleh Chrome membuat browsing lebih aman secara keseluruhan. Dilihat dari sisi lain, Chrome memangsa lebih banyak memori yang tersedia. Setiap tab atau jendela akan muncul sebagai proses terpisah atau aplikasi yang membutuhkan sumber daya sistem yang terpisah.

Koneksi Internet

Membuat laman di Mozilla, yang memiliki banyak gambar dapat dimuatkan sepenuhnya meski koneksi internet tersebut agak lambat. Namun saat memuat video youtube pada koneksi internet yang tidak stabil sering kali rusak atau error. Yang mengharuskan Anda loading ulang atau disegarkan (reload) agar bisa memutar ulang video. Ini berlaku untuk semua jenis pemutar video yang digunakan, baik pemutar html5, atau adobe flash player. Sementara pada Chrome koneksi internet yang cepat dan stabil pada Chrome, membuat loading pemuatan sebuah laman menjadi cepat dan untuk video di youtube sendiri player yang digunakan adalah html5 player.

Penggunaan RAM

Dalam penggunaan RAM, Mozilla adalah salah satu browser yang masih boros. Sedangkan pada Chrome penggunaan RAM terbilang tidak terlalu boros dan besar seperti penggunaan RAM yang digunakan oleh Mozilla.

Fitur Lainnya

Mozilla Firefox memiliki keamanan yang ketat dan sangat baik untuk menyimpan semua password akun Anda. Caranya sangat mudah Anda bisa mengaturnya dengan cara klik menu Open di pojok kanan atas firefox> Options> Security> Use Master Password. Jadi jika Anda mengaktifkan dan menginstal “Master Password” maka semua id dan password yang Anda simpan akan disimpan 100% aman, karena jika Anda ingin login ke sosmed seperti Facebook, Twitter dan lain-lain. Maka browser in akan meminta master password yang telah Anda konfigurasikan sebelumnya. Sedangkan pada Chrome hanya bisa melindungi semua password yang Anda simpan dengan bantuan extension, seperti extension “LastPass”.

Mozilla FirefoxGoogle Chrome
- Merupakan proyek open source yang dapat mengatasi bug- Merupakan proyek closed source yang dokumentasinya tidak terbuka
- Dibangun dengan menggunakan mesin browser Gecko- Dibangun menggunakan mesin browser Gecko yang familiar di perangkat mobile
- Mendukung sistem operasi Mac OS X, Linux, Windows, Sun Solaris, Open BSD, dan Free BSD - Hanya tersedia untui sistem operasi Linux, Windows, dan Mac
- Penggunaan RAM agak boros- Lebih hemat dalam penggunaan RAM

Kesimpulan

Keduanya merupakan browser terbaik yang memiliki banyak penggunanya. Jika melihat ekstensi browser yang tersedia, Mozilla memiliki lebih banyak pilihan daripada Chrome. Mozilla juga memiliki ekstensi default tersendiri. Jika Anda mencari browser dengan waktu loading awal (beberapa detik) yang lebih cepat, Chrome adalah pilihannya. Jika Anda menginginkan lebih banyak fitur tambahan opsional, Mozilla pilihannya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mozilla Firefox vs Google Chrome

VS

Leave a Reply