Olahraga

Pilih Mana: Muay Thai Atau Silat?

Sangatlah penting bagi anda dalam menjaga tubuh anda tetap aman dari ancaman orang lain yang ingin mengancam keselamatan diri anda.ada beberapa pilihan yang dapat anda lakukan untuk menjaga pertahan keselamatan anda dan bisa sekaligus untuk olahraga. Pada artikel ini akan kita bahas kedua Olahraga yang sekaligus melatih diri terhadap ancaman yaitu Muay Thai dan Silat. Stay tune ya..

Muay Thai

Muay Thai tercantum dalam salah satu beladiri tangan kosong. Pada dasarnya, muay thai mempunyai tindakan serta aksi yang nyaris serupa semacam berolahraga tinju. Itulah penyebabnya muay thai disebut pula dengan thai boxing. Pada perkembangan saat ini ini, muay thai bukan cuma dilakukan oleh laki- laki saja, apalagi untuk saat ini perempuan jadi golongan yang lebih tertarik serta aktif dalam ilmu membela diri sekalian berolahraga muay thai.

Muay Thai merupakan seni membela diri yang berawal dari negara gajah putih Thailand. Muay Thai terdiri dari dua suku kata ialah muay serta thai. Kata muay berawal dari bahasa Sanskerta“ mavya” yang berarti“ pukulan bela diri”.

Sedangkan Thai merupakan suku thai dari negara Thailand. Muay thai merupakan pengembangan dari membela diri Muay Boran. Praktisi dari muay thai diucap dengan nak muay, sebaliknya praktisi muay thai yang berasal dari luar negara Asia Tenggara disebut dengan nak muay farang( petinju asing).

Muay thai mulai dikenal luas oleh masyarakat dunia dan mengalami kemajuan pesat dalam era seratus tahun terakhir. Tentang ini bermula ketika era Perang Dunia II, dimana para tentara negara Thailand banyak yang dikirimkan ke luar negara dan berperang disana dalam periode yang agak lama.

Muay thai pertama kali diperkenal sebagai bagian dari dunia olahraga pada saat Perang Dunia II telah berakhir. Pertandingan olahraga ini dibagi menjadi 5 ronde, dimana setiap ronde diberi durasi waktu masing-masingnya 3 menit. Sehingga total waktu pertandingan adalah selama 15 menit, tanpa menghitung waktu istirahat.

Sama halnya seperti jenis olahraga lainnya, muay thai juga terbagi atas beberapa kelompok pembagian kelas seperti kelas ringan, kelas sedang/menengah, dan kelas berat. Untuk lebih mengembangkan dan mengenalkan jenis olahraga baru ini ke masyarakat lebih luas, pemerintah negara Thailand pada masa itu membangun sebuah stadion utama untuk muay thai di ibukota negara Thailand yakni kota Bangkok. Baca juga Pilih Mana: Yoga atau Pilates?

Manfaat Muay Thai

Membentuk mental yang kuat
Muay thai termasuk dalam kategori ilmu bela diri yang ekstrim. Hal ini bisa ditinjau dengan ditetapkannya muay thai jadi urutan 5 besar jenis olahraga yang paling memerlukan tenaga lebih powerful. Dengan mempelajari serta aktif melaksanakan muay thai,.

para pelaksana olahraga ini dianjurkan buat menjaga diri sendiri serta dengan cara otomatis akan membentuk suatu mental yang kuat dan tahan banting. Kemudian dengan mental yang kuat ini akan menciptakan rasa percaya diri dan sikap disiplin tinggi dalam menerapkan setiap rutinitas.

Membuat badan ideal
Gerakan- gerakan yang terdapat dalam muay thai bukan merupakan gerakan yang ringan sehingga kala melaksanakannya, kita bakal mengeluarkan keringat. Sebab hal inilah melakukan latihan fisik muay thai bisa membakar kalori dan lemak dalam badan alhasil tanpa diketahui badan yang sempurna hendak terwujud dengan sendirinya.

Tidak hanya itu, belajar muay thai pula bisa tingkatkan daya tahan fisik, serta pada kesimpulannya akan mendorong terciptanya badan yang proporsional serta sempurna. Jenis olahraga sekaligus ilmu membela diri ini amat sesuai untuk para laki- laki yang mau membuat badan ideal idaman. Muay thai pula sesuai untuk para perempuan yang mau membekali dirinya dengan ilmu membela diri sekalian membuat badan langsing idaman yang tanpa lemak.

Lihat juga:  Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda United?

Membuat kulit lebih bercahaya
Melakukan latihan fisik muay thai secara teratur, tidak hanya mampu membakar kalori dan lemak saja tetapi pula sanggup membuang seluruh toksin yang terdapat didalam badan. Terbuangnya toksin ini hendak menyebabkan kulit menjadi lebih bercahaya serta bugar.

Untuk khasiat yang satu ini bukan cuma berlaku untuk perempuan aja, tetapi para laki- laki juga membutuhkannya. Hal ini sebab hidup bugar yang sebetulnya tidak cuma mengenai badan yang bugar aja. Kulit yang bugar pula jadi patokan kalau seorang itu sudah menjalani hidup yang sehat.

Silat

Pencak silat berasal dari dua kata yakni pencak dan silat. Pengertian pencak ialah gerak dasar beladiri dan terikat dengan peraturan. Sementara silat merupakan gerak beladiri sempurna bersumber dari kerohanian.
Pada perkembangannya pengertian pencak lebih mengutamakan unsur seni pada penampilan keindahan gerakan, sementara silat adalah inti dari ajaran beladiri pada pertarungan.

Pengurus Besar IPSI mengartikan pencak silat menjadi: “Pencak silat adalah hasil budaya manusia di Indonesia untuk membela, lalu mempertahankan eksistensi (kemandiriannya) serta integritasnya (manunggal) untuk lingkungan hidup sekitarnya guna mencapai keselarasan hidup dalam meningkatkan iman & taqwa terhadap Tuhan YME”.

Berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia, pengertian pencak silat ialah sebagai permainan (keahlian) mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang serta membela diri menggunakan ataupun tanpa senjata.

Manfaat Silat

Menguatkan kaki
Dalam pencak silat, akan mempelajari teknik serangan kaki. Ini mencakup posisi kuda, bagaimana cara menerjang, melompat, dan menendang. Tentu saja gerakan ini akan membuat otot kaki Anda lebih kuat. Hasilnya, pesilat akan lebih mudah mengangkat barang atau mendorong beban berat, serta mengurangi kemungkinan mengalami cedera punggung.

Mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik
Setiap ilmu bela diri memiliki arti kebijaksanaannya masing-masing, termasuk pencak silat. Nilai-nilai luhur yang ada dalam pencak silat, antara solidaritas sosial dan berani membela kebenaran dan keadilan. Tentunya, dengan berlatih pencak silat secara konsisten akan membuat seseorang menjadi lebih berhati-hati dan tidak agresif terhadap interaksi dengan sesama..

Melatih pernapasan dan kekuatan inti tubuh
Salah satu hal yang diajarkan dalam pencak silat adalah teknik pernapasan, seperti teknik pernapasan dada dan perut. Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan dan kebugaran pada tubuh Anda.

Pilih Mana: Muay Thai Atau Silat?

Muay Thai Silat
Kelebihan - Meningkatkan kekuatan tubuh terutama bagian perut dan dada - Meningkatkan mobilitas sendi panggul - Membantu menghilangkan stres- Peningkatan massa otot - Meningkatkan kesehatan jantung - Peningkatan refleks tubuh
Kekurangan - Dapat menyebabkan cedera otot jika salah prosedur - Dapat terjadi resiko babak belur selama latihan- Teknik yang rumit - Melakukan pemanasan harus sesuai jika tidak resiko cedera lebih besar

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita ketahui bahwa kedua olahraga bela diri Muay Thai dan Silat mempunyai manfaat yang baik baik tubuh dan dapat menjaga pertahanan tubuh. Oleh sebab itu kalian dapat memilih dari kedua olahraga tersebut sesuai dengan selera masing-masing. Jika kalian tertarik dengan beladiri yang lebih simpel dan efisien. Teknik Muay Thai secara awam bisa dibilang lebih simpel dibanding teknik Silat yang terkesan rumit. Namun, sekali lagi ini masalah selera, banyak juga yang lebih tertarik pada beladiri dengan gerakan-gerakan yang rumit, artistik namun tetap kuat seperti Silat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Muay Thai VS Silat

VS

Leave a Reply