Home

Pilih Mana: Mur atau Baut?

Mur dan baut merupakan material yang digunakan untuk merekatkan sesuatu yang sifatnya tidak permanen. Mur dan baut sendiri tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari seperti misalnya merekatkan lemari, meja, kursi dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan membahas mengenai Mur dan Baut. Disini aja ya..

Mur

Fungsi utama dari mur sendiri adalah material yang digunakan untuk menggabungkan beberapa benda atau material sehingga lebih menempel atau merekat dengan kuat. Baca juga Pilih mana: Tang atau Gegep

Mur umumnya terbuat dari baja yang lunak atau bisa juga dicampur dengan material lain seperti logam dan sebagainya yang tidak mudah berkarat.

Jika kita sudah membiacarakan mur maka tidak akan lepas dengan baut. Karena mur dan baut adalah satu kesatuan agar sebuah material menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Mur sendiri juga bisa dibongkar pasang sesuai dengan keinginan kamu tanpa merusak material yang dipasang. Kamu bisa atur sendiri kekuatan dari mur dengan menggunakan tang putar.

Kamu bisa atur kekencangan dari mur sendiri dengan memutar mur searah jarum jam atau diputar ke arah kanan, sebaliknya jika kamu ingin mengendurkan mur kamu bisa putar ke arah berlawanan jam atau putar ke arah kiri.

Mur sendiri paling banyak digunakan didunia otomotif, seperti keperluan untuk merangkai kendaraan motor atau mobil. Tidak hanya itu, mur juga kerap dipakai di dunia konstruksi.

Kamu bisa dapatkan mur di toko bangunan, Depo bangunan, atau toko-toko peralatan rumah lainnya.

Jenis-jenis dari Mur:

Hexagonal Nut
Sesuai dengan namanya, mur ini berbentuk persegi enam. Biasa digunakan untuk keperluan otomotif, konstruksi, industri dan keperluan lainnya.

Castellated Nut
Mur ini memiliki bentuk dengan kepala menyerupai mahkota, mur jenis ini biasa dipakai untuk mengunci posisi mur agar tidak mengubah posisi yang sudah ditentukan.

Lock Nut
Mur ini biasa dipanggil dengan mur pengunci. Mur ini umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan tipis dibanding dengan mur lainnya. Sesuai dengan namanya, mur ini berfungsi untuk mengunci suatu material atau benda lainnya.


Square Nut
Mur ini biasa digunakan untuk merekatkan bagian-bagian material bodi kereta api atau bodi pesawat. Karena dipakai untuk sebuah material besar, mur ini tentunya memiliki ukuran yang besar, lebih tebal dan lebih kuat.

Flange Nuts Fit Bolt Screws
Mur ini memiliki sambungan yang lebih lebar di salah satu ujungnya. Kegunaan utama dari mur ini adalah untuk mengencangkan suatu material dan mengurangi kerusakan yang terjadi pada pengunci yang sudah longgar. Cocok banget digunakan untuk material elektronik dan sebagainya.

Mur Castle
Mur ini biasa dipanggil dengan mur bergalur, bukan tanpa sebab karena terdapat galur yang berbentuk silinder pada batang mur tersebut. Fungsi utama mur ini adalah untuk mencegah baut yang sudah dipasang menjadi kendor dan lepas. Mur ini biasa digunakan untuk otomotif seperti kendaraan motor dan mobil.

Mur Bertutup
Sesuai namanya, mur ini memiliki alur didalamnya yang seperti tertutup. Fungsi utama mur ini adalah mencegah suatu keadaan proses korosi pada baut yang sudah dipasang agar lebih tahan lama. Mur ini biasa digunakan untuk mengencangkan roda-roda pada aluminium.

Baut

Baut ini memiliki kegunaan yang sama seperti mur, yakni sebuah material yang berguna untuk menyambung atau merekatkan suatu material atau properti.

Baut sendiri digunakan bersamaan dengan penggunaan mur, dimana kita sedang memasang buat maka kita harus menambahkan mur di ujungnya agar suatu properti atau material tersebut makin kencang dan kokoh.

Pemasangan baut sendiri dilakukan dengan menggunakan obeng, tentunya sesuaikan ujung bautnya dengan ujung obengnya.

Baut juga sangat bermanfaat di dunia konstruksi agar tetap merekat dengan kokoh sama seperti mur, baut juga bisa dibongkar pasang dan tidak merusak material atau properti yang direkatkan.

Batu memiliki beberapa jenis yang bisa kamu aplikasikan ke dalam sebuah properti atau material sesuai dengan kecocokannya, ini juga berdampak pada mur yang dipakai. Keduanya harus cocok dan sesuai agar tercipta sebuah properti atau material yang kuat dan kokoh.

Sama seperti mur, baut juga dipasang dengan mengencangkannya ke arah jarum jam atau diputar ke kanan, dan jika ingin melepaskannya kalian putar ke arah yang berlawanan jarum jam atau putar ke arah kiri.

Kamu bisa dapatkan baut di toko bangunan, Depo bangunan, atau toko-toko peralatan rumah lainnya.

Jenis-jenis Baut:

Hexagonal
Sesuai dengan namanya, baut ini memiliki bentuk segi enam pada bagian permukaannya yang biasa digunakan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Contohnya seperti mebel, elektronik, perabotan rumah tangga dan lain sebagainya.

Segi Empat
Kalau hexagonal adalah segi enam, maka baut ini memiliki bentuk segi empat. Biasa digunakan untuk mengunci sebuah material seperti alat-alat konstruksi pembangunan.

Flange
Baut ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda, yakni adanya flens yang terdapat di permukaan kepalanya. Fungsi utama baut ini sama seperti baut yang sudah saya sebutkan tadi, yaitu mengencangkan ikatan atau kunci.

Plow
Baut ini berguna untuk material-material yang terbuat dari kayu seperti meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Ciri-ciri dari baut ini adalah bentuk permukaan kepalanya seperti kubah dengan leher berbentuk segi empat.

Shoulder
Baut ini memiliki gesekan dan gerakan yang lebih besar yang tentunya memiliki sifat yang kuat dan kencang. Baut ini biasa digunakan untuk menyatukan material yang terbuat dari logam, kayu dan lain sebagainya.

Baut Bumper
Baut ini mempunyai bentuk yang kecil dan pendek, menyerupai seperti jamur. Baut ini biasa terbuat dari bahan stainless. Fungsi utama dari baut ini adalah biasa dipakai pada material yang terbuat dari kayu.

Baut L
Sesuai dengan namanya, baut ini berbentuk L yang sering dipakai oleh kebanyakan masyarakat. Baut ini biasa digunakan mengikat sparepart pada bodi mobil atau bodi motor untuk.

Pilih mana: Mur atau Baut

MurBaut
Kelebihan - Sambungan lebih mudah dipasang dan disetel saat pembuatan konstruksi di lapangan - Sambungan bisa dibongkar dan dipasang kembali secara gampang. - Sambungan bisa digunakan untuk menyambung konstruksi dengan jumlah tebal baja lebih dari 4d.- Sambungan bisa dibongkar dan dipasang kembali secara gampang. - Mudah dipasang - Murah
Kekurangan- Sambungan mur baut harus dirawat secara terus-menerus agar tidak mengalami kerusakan. - Apabila ada salah satu mur atau baut yang mengalami kerusakan, maka proses pembongkarannya akan sangat sulit.- Kerap karatan - Apabila ada salah satu mur atau baut yang mengalami kerusakan, maka proses pembongkarannya akan sangat sulit.

Kesimpulan

Mur dan Baut adalah satu kesatuan sebuah material kecil yang gunanya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Material dan properti yang akan direkatkan tentunya akan kencang dan sangat kokoh. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Mur atau Baut

VS

Leave a Reply