Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Nasi atau Bubur?

Untuk menjadi makanan pokok seperti nasi tentunya sangat diperlukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun ada beberapa orang yang menyukai nasi yang sudah lebih dihaluskan lagi, yakni bubur yang menjadi makanan pokoknya. Kali ini saya akan membahas mengenai Nasi dan Bubur. Disini aja ya..

Nasi

Jika belum makan nasi artinya belum makan, seperti itulah kalimat yang terlontar oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Selain sebagai makanan utama selain lauk, nasi juga mengandung karbohidrat yang baik untuk badan kita yang tentunya akan kenyang setelah memakan nasi. Baca juga Pilih Mana: Bakso atau Mie Ayam?

Nasi sendiri berasal dari beras yang sudah dimasak dan beras sendiri berasal dari padi yang sudah dipanen oleh petani.

Nasi terdiri dari 2 jenis, yakni nasi putih dan nasi merah. Nasi putih sendiri adalah nasi yang sering kita makan sehari-hari, tidak hanya karbohidrat nasi putih juga mengandung vitamin D, kalsium, serat, zat besi dan sodium yang semua itu tentunya baik untuk badan kita.

Nasi merah sendiri berasal dari nasi dengan campuran sayuran dan rempah-rempah lainnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat yang sedang mengikuti pola hidup sehat atau sedang menjalani diet.

Nasi sendiri memiliki rasa yang sedikit manis, dan jika dimasak dengan baik dan benar nasi akan memiliki kualitas yang baik dan enak untuk dimakan bersama lauk-pauk.

Nasi sendiri bisa dijadikan bermacam-macam hidangan seperti bubur, nasi goreng, nasi liwet, nasi kuning , nasi wuduk dan masih banyak lagi.

Merek beras yang terkenal adalah Sania, Maknyus, Si pulen, BMW dan masih banyak lagi.

Macam-macam Nasi:

Nasi Goreng
Nasi goreng sendiri adalah makanan kebanggaan khas Indonesia, rasanya yang enak menjadi salah satu alasan mengapa nasi goreng menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Nasi goreng sendiri pun beragam jenisnya dimulai dari Nasi goreng kambing, Nasi goreng telur, Nasi goreng seafood, Nasi goreng pete dan masih banyak lagi. Kalian juga tentunya suka dengan nasi goreng bukan ?

Nasi Liwet
Nasi liwet adalah nasi yang dimasak menggunakan air, kaldu dan santan dengan cara dimatangkan langsung ke dalam air mendidih. Nasi liwet sendiri pun banyak jenisnya seperti Nasi liwet Solo yang dihidangkan dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

Nasi Kuning
Nasi kuning sering dihidangkan dikala sedang ada perayaan khas Indonesia. Rasa dari nasi ini gurih dan warna kuningnya didapat dari kunyit dan air jeruk nipis yang membuat warna kuning menjadi lebih segar. Nasi kuning biasa dijadikan sebagai nasi tumpeng yang dihidangkan bersama ayam, udang, bergedel, tempe, tahu , ketimun, lalapan dan sebagainya.

Nasi Wuduk
Nasi ini kerap dimakan saat kita sarapan atau hanya ingin memakan nasi dengan jumlah yang sedikit. Nasi ini dimasak dengan menggunakan santan dan ditambah rempah-rempah lainnya lalu dikukus. Nasi ini biasa dihidangkan dengan telur dadar yang sudah dipotong-potong, tempe, telur dan ketimun.

Tidak hanya itu, nasi juga bisa dijadikan olahan makanan lainnya seperti lontong dan ketupat.

Lontong
Cara memasak lontong sendiri adalah dengan cara memasak nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang selama 4-5 jam. Lontong biasa dimakan dengan sate, sayur lodeh, opor ayam dan sebagainya.

Ketupat
Makanan ini adalah makanan khas di saat lebaran idul fitri atau idul adha bagi umat muslim, ketupat adalah nasi yang dibungkus dengan daun kelapa yang dianyam khusus. Bentuknya sendiri pun bervariasi dari segitiga, segi empat dan sebagainya. Makanan ini biasa dimakan dengan opor ayam, rendang, sambal goreng dan sebagainya.

Masyarakat Indonesia umumnya makan nasi sebanyak 3 kali sehari yakni dari pagi, siang dan malam. Namun jika orang yang sedang diet mereka kerap makan hanya 2 kali sehari yakni pagi dan sore saja.

Dan ada beberapa orang yang sudah menggantikan nasi dengan makanan lainnya sebagai makanan utamanya, ini bukan tanpa sebab dikarenakan memang sudah terbiasa dari kecil atau memang mempunyai alergi terhadap nasi.

Bubur

Bubur adalah nasi yang sudah dihaluskan dan diberi sedikit garam beserta toping seperti daun bawang, potongan ayam kecil-kecil, bawang goreng beserta kuah khas dari bubur itu sendiri.

Seperti istilah nasi sudah menjadi bubur, dimana nasi yang sudah menjadi bubur berarti bubur sudah tidak bisa menjadi nasi karena teksturnya yang halus dan memiliki kepadatan yang sangat sedikit.

Di Indonesia bubur sendiri memiliki beberapa varian khas dari daerah masing-masing. Mau itu berasal dari kuahnya yang berbeda, cara memasaknya, bahan-bahan yang ditambahkan saat penyajian dan masih banyak lagi.

Bubur sendiri memiliki rasa yang asin karena memang sedikit ditambahkan garam, dan jika memang kalian kurang suka dengan rasa asin kamu bisa mencoba bubur yang rasanya manis namun bubur ini tidak berasal dari nasi contohnya seperti bubur kacang hijau, bubur sumsum dan masih banyak lagi.

Macam-macam Bubur:

1. Bubur kacang hijau
Kacang hijau berasal dari kacang hijau kecil-kecil yang ditambah dengan air, gula aren dan daun pandan dan biasa disantap dengan ketan hitam.

2 Bubur sumsum
Bubur sumsum bahan utamanya terbuat dari dari tepung beras dan ditambah dengan air gula merah. Cocok banget kalau kamu doyan dengan yang manis-manis.

3. Bubur sagu
Bubur ini terbuat dari sagu yang sudah direndam lalu direbus dengan ditambah kuah santan. Bubur ini berasal dari Ambon

4. Bubur candil
Bubur ini berbahan dasar ketela dan tepung tapioka, bentuk dari bubur ini sendiri adalah bola-bola kecil seperti bakso yang berwarna kuning.

5. Bubur baro-baro
Bubur ini terbuat dari beras ketan yang direbus bersama dengan daun pandan dan gula merah sebagai kuahnya.

6. Bubur jali-jali
Bubur ini bertekstur kenyal dan manis. Dibuat dari salah satu jenis padi yang diolah dan ditambah santan sebagai kuahnya.

7. Bubur ayam
Bubur ini adalah makanan sejuta umat karena memang rasanya yang sangat nikmat, ditambah dengan potongan ayam, kacang, bawang goreng, toge beserta kuah khas dari bubur itu sendiri. Bubur ayam memiliki banyak jenis sesuai dengan daerah masing-masing dimana bubur itu dijual.

Manfaat Bubur:

1. Sistem pencernaan
Karena penyajiannya yang hangat, tentunya bubur bisa menghangatkan sistem pencernaan termasuk lambung dan limpa.

2. Meningkatkan Stamina dan Energi
Dikala kita memakan yang hangat maka tubuh akan terasa lebih fit dan bertenaga, maka dari itu bubur dipercaya bisa meningkatkan energi tubuh.

3. Membuat tidur lebih nyenyak
Sama halnya dengan meminum susu hangat sebelum tidur, memakan bubur sebelum tidur juga membuat tidur kamu lebih berkualitas dan tentunya lebih nyenyak.

4. Rendah kalori
Bubur hanya mengandung 150 kalori itu tentu lebih jauh daripada kalori makanan lain. Maka dari itu memakan bubur juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Jika kamu malas membuat bubur sendiri dirumah, kamu bisa mendapatkan bubur ayam maupun bubur yang manis di sekitar kamu, tidak perlu khawatir karena banyak peminat dari bubur maka banyak juga pedagang yang menjual bubur.

Pilih Mana: Nasi atau Bubur?

NasiBubur
Kelebihan - Lebih mengenyangkan - Mudah dipasangkan dengan lauk yang beragam - Memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh- Harganya murah - Cara pembuatannya mudah - Membuat badan lebih berenergi
Kekurangan- Lebih susah memasaknya - Jika cara memasaknya salah, nasi akan tidak enak lagi dimakan- Kandungannya tidak sebaik nasi - Jika makan bubur yang berlebihan dapat menyebabkan nyeri pada bagian pinggang

Kesimpulan

Nasi dan bubur adalah makanan yang sama-sama berasal dari padi, begitu banyak cara penyajian agar kalian bisa menikmati makanan pokok ini. Ada yang lebih menyukai nasi dan ada juga yang menyukai bubur sebagai makanan pokok mereka tentunya sesuai orang masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nasi vs Bubur

VS

Leave a Reply