Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Nasi atau Kentang?

Setiap orang membutuhkan makanan. Makanan yang dibutuhkan pastilah makanan yang dapat memberikan energi serta nilai gizi yang baik baik. Banyak makanan yang dapat memberikan energi yang baik, dua di antaranya yaitu nasi dan kentang. Jika Anda harus memilih, manakah yang akan Anda pilih? Nasi atau kentang?

Biasanya, nasi dalam aspek kesehatan sering dibandingkan dengan kentang. Sebab kentang dinilai lebih sehat oleh sebagian kalangan. Namun, perbandingan kentang dan nasi masuk akal karena kedua makanan ini merupakan makanan pokok dalam berbagai masakan. Orang Asia Tenggara dan Asia Selatan memakai banyak nasi dalam masakan mereka. Sedangkan orang Eropa dan Amerika memakai banyak kentang dalam makanan mereka.

Nasi

Nasi putih memiliki karbohidrat yang tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat dan kalori tubuh. Karena itulah nasi putih menjadi makanan makanan pokok sehari-hari. Hampir setiap orang dalam setiap harinya mengonsumsi makanan ini. Selain nasi putih, ada pula nasi merah yang sangat baik untuk kesehatan, Baca juga Pilih Mana: Nasi Putih atau Nasi Merah?

Kelebihan Nasi

Berikut kelebihan nasi yang perlu Anda ketahui:

  • Sumber Energi

Nasi merupakan makanan pokok yang memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan tubuh manusia. Nasi memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang dapat menjadi sumber energi manusia. Dengan adanya karbohidrat dan kalori yang terkandung dalam nasi ini. Nasi putih menjadi sumber energi yang besar bagi tubuh Anda.

  • Mendukung Pertumbuhan

Sebagai makanan pokok, nasi berperan penting untuk mendukung pertumbuhan manusia. Dari kecil hingga orang dewasa memerlukan nasi untuk mendukung pertumbuhan tubuh. Nasi yang memiliki kandungan zat dan mineral yang baik mampu membuatnya menjadi sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia.

  • Mengobati Disentri

Kulit ari pada nasi putih juga memiliki manfaat baik untuk tubuh manusia. Kulit ari nasi dianggap ampuh untuk mengobati disentri. Malah sebagian orang percaya bahwa nasi dapat menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

  • Baik untuk Tulang dan Gigi

Nasi memiliki kandungan kalsium. Kandungan kalsium ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan membentuk tulang agar tulang tidak mudah keropos dan menjadi kuat. Jadi, nasi membantu Anda untuk mencegah pengeroposan tulang sejak dini. Selain memiliki manfaat untuk pertumbuhan tulang, kalsium dalam nasi juga memiliki fungsi untuk menopang pertumbuhan gigi. Mengonsumsi nasi ini juga ternyata membantu Anda untuk membentuk gigi yang kuat.

  • Memperbaiki Suasana Hati

Perasaan senang pada otak ditimbulkan oleh senyawa serotonin. Senyawa serotonin ini didongkrak oleh karbohidrat. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang melakukan diet dengan mengonsumsi sedikit nasi dan sedikit roti setiap harinya cenderung memiliki depresi dan kegelisahan. Dengan memperbanyak mengonsumsi nasi, dapat membantu Anda memperbaiki mood atau suasana hati.

  • Kaya Vitamin

Kelebihan nasi lainnya adalah kaya akan vitamin. Nasi mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga berfungsi untuk membentuk jaringan pada tubuh. Karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi nasi sebanyak 3 kali sehari agar kebutuhan vitamin dan mineral dapat terpenuhi.

Kekurangan Nasi

Berikut penjelasan mengenai kekurangan nasi:

  • Pemicu Obesitas

Nasi memiliki kandungan pati membuat orang yang mengonsumsinya menjadi cepat lapar, khususnya nasi putih. Dengan demikian orang akan mengonsumsi nasi yang lebih banyak lagi. Sedangkan dalam 100 gr nasi putih mengandung 80 gr karbohidrat. Ini merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kegemukan dan obesitas.

  • Pemicu Diabetes

Nasi putih memiliki kandungan GI yang cukup tinggi, yakni GI 72. Kandungan GI ini memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi GI yang terkandung dalam makanan, semakin cepat pula gula darah diserap ke dalam aliran darah. Namun, jika Anda mengonsumsi nasi merah akan lebih baik. Nasi merah memiliki angka GI yang lebih rendah.

  • Terkontaminasi Arsenik

U.S. food and Drug Administration menyarankan kepada ibu hamil dan orang tua untuk menghindari nasi putih. Hal ini dikarenakan nasi putih lebih rentan terkontaminasi oleh arsenik. Orang tua dan perempuan yang sedang hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang berasal dari biji-bijian.

Kelebihan NasiKekurangan Nasi
- Merupakan sumber energi- Pemicu obesitas
- Mendukung pertumbuhan- Pemicu diabetes
- Baik untuk tulang dan gigi- Nasi putih mengandung arsenik

Kentang

Kentang (potato solanum tuberosum) sejenis sayur yang masih famili dengan umbi-umbian, bentuknya yang sederhana menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh kita. Kentang juga merupakan makanan yang tinggi karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi tubuh manusia. Selain sebagai sumber energi, kandungan mineral kalsium dan fosfor pada kentang cukup tinggi sehingga bermanfaat memelihara kesehatan tulang.

Kelebihan Kentang

Berikut kelebihan kentang yang perlu Anda ketahui:

  • Kaya Vitamin Dan Mineral

Kentang adalah salah satu makanan sumber pati, vitamin, mineral dan serat . 100 gr kentang terdapat 70 kalori, namun hanya mengandung lemak yang sedikit, sekitar 0.1 gr per100 gr dan kolesterol.

  • Kentang Sumber Serat Larut dan Tidak Larut yang Baik

Kentang adalah sumber alam serat larut dan serta tidak larut yang baik. Serat makanan yang terdapat pada kentang, membantu mencegah sembelit, mengurangi penyerapan kolesterol makanan dan menurunkan kolesterol jahat LDL . Selain itu, serat juga akan membantu melindungi dari penyakit polip usus dan kanker.

  • Membantu Pencernaan dan Penderita Diabetes

Serat yang terdapat pada pati membantu pencernaan dengan cara membantu penyerapan gula sederhana dalam usus. Dengan demikian kentang dapat membantu untuk menjaga kadar gula darah agar selalu dalam kisaran normal dan menghindari fluktuasi.

  • Kentang Kaya Antioksidan

Kentang segar dengan kulitnya merupakan sumber antioksidan dari vitamin, yaitu vitamin-C. 11,4 mg, atau 20% vitamin C dapat dihasilkan dari 100 gr umbi segar.

Kekurangan Kentang

Berikut kekurangan kentang yang perlu Anda ketahui:

  • Menyebabkan Hipertensi

Mengonsumsi kentang terlalu banyak atau terlalu sering malah akan menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya yaitu menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, dikutip dari CNNIndonesia.com mengonsumsi kentang empat kali dalam seminggu dapat berbahaya dan berkontribusi sebagai penyebab stroke atau serangan jantung. jadi, sebenarnya tidak baik mengonsumsi kentang terlalu sering.

  • Menyebabkan Diabetes

Kentang memiliki indeks glikemik lebih tinggi daripada nasi. Nasi putih mengandung IG antara 70-80. Nasi merah memiliki IG sedikit lebih rendah yaitu 60-80. Sedangkan, kentang panggang ber-IG 78-111. Kentang rebus memiliki IG sebesar 89.

  • Mengandung Lemak Jahat

Kentang yang diolah dengan cara digoreng mengandung lemak jahat dan lemak jenuh yang seiring berjalannya waktu bisa menjadi kanker. Menggoreng kentang menggunakan minyak biasa dapat meningkatkan jumlah lemak jahat dalam makanan tersebut. Nantinya, lemak jahat yang menumpuk akan menyumbat arteri dan bisa menyebabkan penyakit seperti serangan jantung. Untuk itu sebaiknya menggoreng kentang menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan lainnya.

Kelebihan KentangKekurangan Kentang
- Kaya vitamin dan mineral- Kentang dapat menyebabkan hipertensi
- Sumber serat larut dan tidak larut yang baik- Kentang dapat menyebabkan diabetes
- Kaya antioksidan- Mengandung lemak jahat

Pilih Mana: Nasi Putih atau Kentang?

Setelah Anda membaca berbagai kelebihan dan kekurangan nasi dan kentang di atas, Anda bisa menentukan mana makanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Simpulan perbedaan antara kedua genteng tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut:

NasiKentang
- Memiliki angka GI 70-80- Memiliki angka GI 78-111
- Terkontaminasi arsenik- Tidak terkontaminasi arsenik
- Tidak memberikan dampak buruk jika dikonsumsi jangka panjang- Memberikan dampak buruk jika dikonsumsi jangka panjang

Kesimpulan

Nasi dan kentang merupakan makanan berkarbohidrat tinggi yang dapat memberikan energi untuk tubuh manusia. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kedua jenis makanan ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, nasi lebih baik digunakan untuk makanan sehari-hari dan jangka panjang. Anda dapat mengganti nasi dengan kentang dengan menyesuaikan waktunya, karena memakan kentang terlalu sering malah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nasi vs Kentang

VS

Leave a Reply