Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Nasi Putih atau Nasi Merah?

Nasi merupakan makanan yang dianggap paling penting. Peranan nasi sebagai makan pokok tidak dapat digantikan dengan jenis makanan lainnya. Dengan memakan nasi, setengah dari kalori yang dibutuhkan dapat tercukupi. Selain itu, nasi juga dikenal sebagai makanan pokok di negara-negara Asia, Amerika Latin dan Timur Tengah. Nasi ini juga memiliki berbagai warna, warna pada nasi ini ternyata memiliki pengaruh terhadap nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Dua diantara jenis nasi tersebut yaitu nasi putih dan nasi merah. Sebagai orang yang membutuhkan makanan pokok ini, manakah yang akan Anda pilih, nasi putih atau nasi merah?

Sebenarnya beras putih awalnya dimulai sebagai beras merah. Proses penggilingan yang dilakukan untuk menghilangkan dedak padi, kuman dan lain sebagainya juga ternyata menghilangkan banyak nutrisi pada beras putih. Nutrisi yang hilang tersebut termasuk serat, vitamin, dan mineral. Baik nasi putih ataupun nasi merah memiliki karbohidrat yang tinggi. Beras merah lebih banyak mengandung gandum utuh sehingga memiliki nutrisi yang lebih bayak daripada nasi putih.

Nasi Putih

Nasi yang menjadi makanan pokok sehari-hari cenderung menggunakan nasi putih. Nasi putih memiliki karbohidrat yang tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat dan kalori tubuh.

Kandungan yang Terdapat pada Nasi Putih

Berikut ini akan dipaparkan kandungan yang terdapat pada nasi putih dan perbedaannya dengan nasi merah:

  • Serat

Nasi putih memiliki serat yang tinggi. meskipun begitu, jumlah serat yang terdapat pada nasi putih tidak bisa mengalahkan jumlah serat pada nasi merah. Serat yang dikandung oleh nasi putih lebih sedikit 1 hingga 3 gram serat jika dibandingkan dengan serat yang terkandung dalam beras merah dengan jumlah yang sama.

  • Mangan

Mineral yang berguna produksi energi dan fungsi antioksidan disebut dengan mangan. Sayangnya, nasi putih bukan merupakan sumber untuk zat gizi mangan.

  • Selenium

Nasi putih juga merupakan sumber selenium yang berfungsi dalam proses produksi hormon tiroid, fungsi kekebalan tubuh dan perlindungan antioksidan. Selenium juga memiliki fungsi untuk melindungi sel dari kanker. Meskipun nasi putih termasuk sumber selenium ini, tapi nasi merah masih merupakan sumber yang lebih baik.

  • Folat

Sumber folat yang baik adalah nasi putih. Dengan menyajikan 1 cup nasi putih dapat memiliki 95 sampai 222 mikrogram (mcg) folat. Jumlah ini juga setara dengan setengah jumlah folat yang disarankan untuk Anda. membuat DNA dan bahan genetik lainnya tubuh Anda membutuhkan folat. Selain itu, fungsi lain dari folat adalah mendukung pembelahan sel.

  • Risiko

Nasi putih lebih rentan untuk terkontaminasi oleh arsenik. Karena hal itu, U.S. Food and Drug Administration menyatakan bahwa sebaiknya ibu hamil dan orang yang sudah tua menghindari untuk memakan makanan seperti beras yang retan terkontaminasi oleh arsenik. Ibu hamil dan para orang tua lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berupa biji-bijian.

  • Nasi dan Diabetes

Jika seseorang menderita diabetes tentunya sangat menghindari nasi putih. Nasi putih dihindari karena GI (Indeks Glikemik) yang terkandung dalam nasi putih cukup tinggi, yakni GI 72. Angka GI yang tinggi tersebut lebih cepat diserap ke dalam aliran darah Anda. tinggi atau rendahnya angka GI ini dapat mewakili dampaknya terhadap kadar gula darah.

  • Harga

Harga beras putih juga lebih murah dibandingkan dengan beras merah. Saat ini harga beras putih paling mahal hanya mencapai Rp. 15.000. per kilogram.

Perbedaan lain yang dimiliki beras putih dan beras merah yaitu, beras putih memiliki umur yang lebih lama untuk disimpan sedangkan beras merah memiliki umur yang lebih pendek. Selain itu, nasi merah juga lebih lama untuk dicerna sehingga kurang cocok bagi orang yang memiliki pencernaan atau usus yang sensitif.

Nasi Merah

Nasi merah yang bersal dari beras merah merupakan awal atau sumber dari semua jenis beras. Bedanya adalah, kulit terluar dari beras ini tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan yang berlebihan. Dengan demikian bran pada beras tetap utuh. Bran yang masih menempel pada beras merah atau nasi merah ini kaya akan kandungan seperti mineral, serat, kalium, natrium, mangan dan sebagainya.

Kandungan yang Terdapat pada Nasi Merah

Berikut ini akan dipaparkan kandungan yang terdapat pada nasi merah dan perbedaannya dengan nasi putih:

  • Serat

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa serat yang terkandung dalam nasi merah jauh lebih banyak daripada nasi putih. Serat memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selain untuk mengatasi sembelit, serat juga mampu membantu anda untuk merasa kenyang lebih cepat, mengurangi kolesterol, risiko diabetes, risiko penyakit jantung, dan mengontrol berat badan. Dilansir dari Health.detik.com ada orang yang dapat menurunkan berat badannya hingga 14 kg dengan beras merah.

Jika Anda ingin fokus terhadap kesehatan tubuh Anda dan membutuhkan serat yang tinggi, maka nasi merah bisa menjadi pilihan.

  • Mangan

Nasi merah merupakan sumber yang berperan penting untuk menyuplai mangan ke dalam tubuh. Jika zat ini terpenuhi, maka produksi energi dalam tubuh akan berjalan dengan baik. Selain itu, antioksidan juga dapat berfungsi dengan baik pula.

  • Magnesium

Nasi merah dapat mencukupi kebutuhan magnesium tubuh Anda. Magnesium memiliki banyak fungsi untuk tubuh, seperti untuk reproduksi sel, pertumbuhan tulang, kontraksi otot, serta pembekuan darah.

  • Risiko

Perempuan hamil dan orang tua direkomendasikan untuk makan jenis makanan biji-bijian. Kacang-kacangan, biji-bijian serta gandung utuh seperti beras merah mengandung asam fitase. Asam fitase ini dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan aktivitas antioksidan, mencegah terjadinya batu ginjal, mencegah terjadinya kanker dan berbagai manfaat lainnya.

  • Nasi dan Diabetes

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, angka GI dapat memengaruhi kadar gula seseorang. Semakin tinggi nilai GI semakin mudah makanan tersebut meningkatkan gula darah. Nilai GI yang terkandung dalam nasi merah adalah 50. Dengan nilai GI yang demikian, nasi merah memiliki pengaruh yang lambat terhadap gula darah Anda. Meskipun begitu, nasi merah tetap memiliki dampak dan pengaruh. Hal ini disebabkan karena serat yang terkandung dalam nasi merah lebih rendah daripada gandum utuh lainnya.

  • Harga

Sesuai dengan manfaat yang diberikan, harga beras merah terbilang cukup mahal. Untuk mendapatkan beras merah ini, Anda perlu membayar paling murah Rp. 30.000. per kilogram.

Nasi putih atau Nasi merah?

Nasi PutihNasi Merah
- Lebih mudah dicerna- Lebih susah untuk dicerna
- Nilai GI yang terkandung: 72- Nilai GI yang terkandung: 50
- Harga lebih murah- Harga lebih mahal

Kesimpulan

Di atas telah dijelaskan perbedaan kandungan dan nilai gizi yang terkandung dalam nasi putih dan nasi merah. Sesuai dengan harganya, nasi merah memiliki kandungan yang lebih baik untuk kebutuhan tubuh dan untuk kesehatan. Jika Anda ingin memulai hidup sehat, Anda dapat mulai mengganti nasi putih dengan nasi merah. Tapi, biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengonsumsi nasi merah ini bisa dua kali lebih besar daripada saat Anda mengonsumsi nasi putih.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nasi Putih vs Nasi Merah

VS

Leave a Reply