Pilih Mana: Netflix atau HOOQ?

Loading...

Menonton berbagai konten digital seperti film di perangkat mobile sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Terlebih lagi, telah tersedia layanan video on-demand yang menyediakan ribuan film dan drama terbaik di dunia yaitu Netflix dan HOOQ. Persaingan ketat di antara keduanya dalam menarik minat masyarakat Indonesia sering dijadikan bahan perbandingan oleh netizen. Oleh karena itu, kami akan mengulas beberapa perbedaan Netflix dan HOOQ di bawah ini supaya Anda bisa memilih yang mana yang lebih baik.

Netflix dan HOOQ merupakan dua layanan streaming yang menyajikan berbagai konten video menarik sehingga bisa menjadi hiburan menyenangkan bagi Anda. Netflix pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada awal tahun 2016, sedangkan HOOQ diluncurkan beberapa bulan setelahnya. Kendati demikian, pertarungan Netflix dan HOOQ selalu memanas hingga tahun 2018 ini.

Netflix

Sebelum disandingkan dengan HOOQ, kami sudah membandingkannya dengan iFlix dalam artikel iFlix atau Netflix yang ternyata Netflix memiliki koleksi film lebih banyak dan loadingnya lebih cepat dari iFlix. Lantas bagaimana dengan HOOQ? Sebelum itu, mari kita simak kelebihan dan kekurangan Netflix di bawah ini.

Kelebihan Netflix

Berikut beberapa kelebihan Netflix yang perlu diketahui:

  • Koleksi Konten Lengkap

Kelebihan Netflix yang paling utama adalah kelengkapannya dalam koleksi konten video yang bisa Anda nikmati di mana saja dan kapan saja. Di dalamnya terdapat dua kategori umum yaitu film dan serial TV, yang akan terbagi lagi menurut genre seperti aksi, horror, komedi, roman, dan lainnya.

  • Lebih Populer

Layanan streaming asal Amerika Serikat ini sudah lebih populer jika dibandingkan dengan HOOQ. Netflix sudah dikenal sejak tahun 2007 di beberapa negara dan baru rilis di Indonesia awal tahun 2016. Saat ini, Netflix sudah jauh terkenal di 130 negara, sedangkan HOOQ lebih akrab di negara-negara berkembang seperti Thailand, Filipina, India, dan Indonesia sendiri.

  • Tersedia fitur yang Memanjakan Penggunanya

Netflix memiliki beberapa fitur menyenangkan, seperti Profiled, My List dan Continue. Fitur Profiled berguna untuk membuat akun yang berbeda, contohnya akun untuk anak-anak. Sehingga hanya dapat mengakses konten yang sesuai umur mereka. Kemudian, fitur My List berguna untuk membuat daftar video yang Anda sukai, seperti fitur “Daftar Putar” dalam aplikasi pemutar musik. Sementara fitur Continue adalah fitur pemutaran otomatis ketika Anda terakhir menonton video.

Kekurangan Netflix

Berikut beberapa kekurangan Netflix yang perlu diketahui:

  • Harus Menggunakan Kartu Kredit

Kekurangan Netflix yang sering dikeluhkan oleh pengguna adalah cara pembayarannya yang hanya bisa menggunakan kartu kredit. Padahal tidak semua orang yang memiliki kartu kredit. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum punya kartu kredit, maka Anda juga tidak bisa berlangganan di Netflix.

  • Harga Lebih Mahal

Untuk berlangganan Netflix, Anda perlu menyiapkan uang lebih dari 100 ribu rupiah, alias dua kali lipat lebih mahal dari HOOQ yang hanya menjajakan tarif sebesar Rp 49.500, sudah termasuk PPN. Faktor harga inilah yang sering dijadikan bahan perbandingan paling utama antara Netflix dan HOOQ.

Loading...
  • Kualitas Video Tidak Stabil

Kekurangan lainnya yaitu kualitas video sering tidak stabil karena Anda harus memiliki akses internet yang kencang untuk menonton film streaming di Netflix. Minimal, Anda perlu memiliki sinyal internet dan kecepatan 0.5 Mbps untuk kualitas video SD atau 480p. Jika kecepatan internet kurang dari itu, maka sudah dipastikan kualitas video yang muncul akan kabur atau tidak stabil.

Kelebihan NetflixKekurangan Netflix
- Koleksi Konten Lengkap- Harus Menggunakan Kartu Kredit
- Lebih Populer- Harga Lebih Mahal
- Tersedia fitur yang Memanjakan Penggunanya- Kualitas Video Tidak Stabil

HOOQ

Sejak dirilisnya HOOQ di Indonesia, layanan video on-demand ini telah banyak mencuri hati para pecinta streaming di Tanah Air. Sengaja menyasar pasar kelas menengah, HOOQ menantang Netflix yang sudah lebih dulu muncul di Indonesia. Meskipun demikian, HOOQ memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang membuatnya berbeda dari Netflix.

Kelebihan HOOQ

Berikut beberapa kelebihan HOOQ yang perlu diketahui:

  • Harga Lebih Murah

HOOQ Indonesia memberikan tarif berlangganan yang jauh lebih murah dibandingkan Netflix. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp49.500 untuk bisa menonton film dan serial TV di sana. Soal harga ini juga sudah diklaim sebelumnya oleh CEO HOOQ yang mengatakan bahwa harga layanannya sangat murah, cuma seharga tiket bioskop.

  • Bisa Bayar Pakai Pulsa Operator

Bisa jadi kelebihan HOOQ satu ini membuat para penggunanya bahagia karena sistem pembayarannya bisa menggunakan pulsa operator, tidak seperti Netflix yang hanya bisa menggunakan kartu kredit. Saat acara peluncurannya, HOOQ telah bekerja sama dengan beberapa provider telekomunikasi di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Tri, Indosat, dan Smartfren.

  • Banyak Film Klasik Indonesia

Netflix memang punya ribuan film dan serial TV internasional, tapi HOOQ pandai mengambil kesempatan untuk memikat konsumen di Indonesia yaitu dengan menyediakan film legendaris Tanah Air seperti Petualangan Sherina, AADC, Catatan Si Boy, hingga Warkop DKI.

Kekurangan HOOQ

Berikut beberapa kekurangan HOOQ yang perlu diketahui:

  • Membutuhkan Bandwidth yang Besar

Sebagai layanan streaming film, tidak heran bila HOOQ membutuhkan bandwidth yang cukup besar. Estimasi besar bandwidth yang digunakan untuk menonton satu film dengan kualitas rendah sekitar 300 MB. Sedangkan jika Anda ingin menonton film dengan kualitas video HD, maka Anda bisa menghabiskan bandwidth hingga 1 GB.

  • Film dan TV Series Internasional Lebih Sedikit

Dibandingkan Netflix, HOOQ menyediakan film dan TV series internasional lebih sedikit. Namun mereka menutupi kekurangannya dengan cara menyediakan lebih dari 1.250 film dan 7.000 episode serial TV lokal. HOOQ juga menyediakan beberapa drama Asia dari Korea, Thailand, hingga China.

  • Pilihan Resolusi UHD tidak banyak

Kekurangan HOOQ lainnya yaitu terletak pada pilihan resolusi untuk koleksi film Hollywood yang tidak terlalu banyak seperti di Netflix. Karena memang menyasar pasar negara-negara berkembang, HOOQ lebih mengedepankan kualitas film dan drama dari Asia.

Kelebihan HOOQKekurangan HOOQ
- Harga Lebih Murah- Membutuhkan Bandwidth yang Besar
- Bisa Bayar Pakai Pulsa Operator- Film dan TV Series Internasional Lebih Sedikit
- Banyak Film Klasik Indonesia- Pilihan Resolusi UHD tidak banyak

Pilih Mana: Netflix atau HOOQ?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Netflix dan HOOQ. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

NetflixHOOQ
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Hanya bisa menggunakan kartu kredit- Bisa menggunakan pulsa operator
- Koleksi film mancanegara lebih banyak- Koleksi film Asia lebih banyak

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai perbedaan Netflix dan HOOQ, dapat disimpulkan bahwa dua layanan streaming ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan HOOQ karena harganya lebih murah, apalagi untuk berlangganan bisa dibayar dengan pulsa operator. Tapi jika Anda menginginkan film Hollywood lebih banyak, Anda bisa memilih Netflix sebagai pilihan terbaik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Netflix vs HOOQ

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *