AplikasiLayanan

Pilih Mana: Netflix atau Viu?

Netflix dan Viu adalah aplikasi yang dapat mempermudah kamu ketika kamu ingin menonton serial drama yang kamu sukai. Sudah banyak orang yang percaya dan menggunakan kedua aplikasi ini untuk memenuhi kegiatan menonton film yang disukai.

Banyaknya kualitas fitur yang baik yang disajikan oleh kedua aplikasi untuk menonton film-film kesukaan kamu sehingga tidak jarang persaingan keduanya sering dijadikan pembicaraan oleh masyarakat khususnya di kalangan anak muda saat ini.

Pada artikel Selera.id kali ini akan membahas mengenai kedua aplikasi tersebut Netflix dan Viu. Manakah yang lebih baik dari keduanya? Untuk mendapatkan jawabannya pastikan kamu tetap membaca artikel kali ini sampai selesai ya. Selamat membaca.

Netflix

Netflix adalah salah satu penyedia layanan media streaming digital, berkantor pusat di Los Gatos, California. Didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hasting sand Marc Randolph di Scotts Valley, California. Bisnis penting dari perusahaan ini adalah layanan berlangganan streaming, yang mana ditawarkan secara online dengan beberapa program film dan televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri. Baca juga Pilih Mana: HOOQ atau iFlix?

Bisa dibilang, Netflix merupakan “raja” streaming digital untuk saat ini. Kekuatan Netflix terletak pada konten-konten original mereka yang terus diproduksi dan mempunyai kualitas baik. Sebut saja film Bird Box (2018) atau series Black Mirror. Di samping itu, Netflix juga terkategori diverse karena menyajikan konten tidak hanya dari Barat saja, tetapi juga film-film Asia (termasuk Indonesia).

Kelebihan Netflix

  • Kelengkapan koleksi konten
    Layanan streaming yang satu ini menyediakan beragam konten video yang bisa kamu nikmati di mana saja dan bila aja. Terdapat 2 jenis utama, yaitu film dan serial televisi. Kemudian 2 kategori itu dibagi lagi berdasarkan genre, seperti Horror, Action, Comedies, Romance, dan lainnya. Netflix memanglah sudah mempunyai izin untuk menayangkan film dan serial televisi dari berbagai negara secara sah. Tetapi izin itu juga terbatas oleh wilayah. Sehingga terdapat beberapa konten yang tidak bisa ditayangkan di Indonesia. Tidak hanya itu, Netflix juga memiliki sebagian siaran serial Televisi yang berkualitas seperti Daredevil, Master of None, Jessica Jones, dan masih banyak lainnya.
  • Dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja
    Layanan ini dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja kamu berada, asal gadget yang digunakan terkoneksi oleh internet yang stabil dan cepat. Kamu bisa menggunakan perangkat apa saja, mulai dari PC, laptop, tablet, hingga smartphone. Sangat mudah ya.
  • Berbagai macam pilihan harga
    Bisa dikatakan bahwa layanan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Ada 3 paket yang disediakan Netflix di Indonesia, yaitu basic, standard, dan premium.
Pilihan paket pada aplikasi Netflix paket basic dijual dengan harga per bulannya Rp. 109.000 (per September 2019), standard Rp. 139.000(per September 2019, dan premium Rp. 169.000 (per September 2019).

Kekurangan Netflix

  • Harus menggunakan kartu kredit
    Untuk berlangganan layanan ini, kamu harus memiliki kartu kredit. Pembayaran biaya berlangganan hanya bisa melalui kartu kredit saja. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum memiliki kartu kredit pasti tidak dapat berlangganan.

  • Harus memiliki akses internet yang cepat dan stabil
    Kita semua tahu bahwa koneksi internet di Indonesia belum semuanya cepat dan stabil. Terutama untuk yang menggunakan smartphone. Kamu akan kebingungan untuk memilih paket berlangganan yang akan dipakai karena beberapa operator seluler tidak mempunyai paket data yang unlimited. Kalaupun ada, tingkatan kestabilannya juga belum sangat baik.
  • Kualitas video tidak stabil
    Kekurangan lainnya yaitu kualitas video yang terkadang tidak normal. Untuk bisa menggunakan layanan ini, minimal kamu menggunakan internet dengan kecepatan 0.5 Mbps untuk kualitas SD atau 480p. Tidak hanya itu, untuk dapat menikmati kualitas HD 720p yang layak untuk laptop setidaknya kamu wajib memiliki internet dengan kecepatan minimal 5 Mbps. Sedangkan untuk menikmati kualitas Ultra HD atau resolusi 4K, minimal kecepatan internet yang harus dimiliki adalah 25 Mbps.

Viu

Viu adalah layanan video over the top (OTT) yang dioperasikan oleh PCCW Media, anak perusahaan PCCW. Pada tanggal 26 Oktober 2015 Viu diluncurkan di Hongkong. Viu menyediakan drama Asia, program variasi, anime dan berita hiburan.

Pengguna Viu tidak perlu registrasi untuk menonton drama secara gratis dalam situs ini, pengguna hanya perlu memiliki koneksi internet. Namun, pengguna harus melakukan registrasi jika ingin menikmati video yang dilabeli sebagai premium.

Aplikasi premium ini untuk menonton video (Film/Drama Korea terbaru dan berbagai film lainnya) sesuai keinginan kamu yang memberikan pengalaman luar biasa saat menontonnya melalui berbagai perangkat (ponsel, tablet, desktop). Selain itu, Kamu juga bisa menonton video secara online atau mengunduhnya terlebih dahulu untuk kemudian menyaksikan secara offline.

Kelebihan Viu

  • Bisa menonton secara offline
    Nonton video streaming terus-menerus mengandalkan konektivitas internet, adakalanya tidak terlepas dari gangguan jaringan. Hal ini tentu mempengaruhi kualitas tayangan dan kenyamanan menonton. Atau, kamu harus naik pesawat yang dilarang mengaktifkan jaringan internet. Nah, agar aktivitas nonton film favorit tetap lancar, Viu menawarkan fitur unduh yang bisa disimpan, sehingga bisa dinikmati secara offline.
  • Mendapat gratis 30 hari
    Pada saat setelah mendownload aplikasi ini, kamu akan mendapatkan gratis 30 hari. Jadi kamu bisa melakukan streaming serta unduh drama atau film free kapanpun dan dimanapun selama masih terhubung dengan internet. Untuk memperpanjangnya, kamu akan memasuki menu Viu premium.

Dengan berlangganan Viu premium sekitar per bulannya Rp. 30.000  (per September 2019) ini berarti kamu dapat mengakses tanpa batas semua film dan drama yang terbaru dari Viu. Kamu tetap dapat mengakses dan menonton meskipun tidak berlangganan tapi aksesnya jadi sangat terbatas.
  • Pemilihan pembayarannya bisa berbagai cara
    Pemilihan pembayarannya dapat berbagai cara dimana yang memudahkan, bisa diambil. Yang tidak memiliki kartu debit dengan bank yang tertera atau bahkan tidak memiliki kartu kredit, dapat bayar melalui indomaret ataupun alfamart terdekat. Dengan kode unik, nanti aplikasi Viu premium kamu dapat langsung diaktifkan. Tidak hanya itu, di tokopedia juga menyediakan beli paket data online. Yang memungkinkan kamu tidak terputus saat sedang asik-asiknya nonton Viu.

Kekurangan Viu

  • Viu memakan banyak kuota
    Untuk memperoleh gambar dengan kualitas yang bagus jaringan internet kamu harus kuat. Jika kamu menggunakan kuota untuk streaming atau download film, kuota kamu akan cepat habis karena Viu memakan banyak kuota. Sebenarnya, perihal ini sesuai dengan kualitas gambar yang ditampilkan. Dan jika kamu tidak menggunakan wifi atau kamu berada pada tempat dengan kondisi internet yang kurang bagus, maka sulit sekali untuk bisa melakukan streaming dengan kualitas gambar yang bagus.
  • Banyaknya iklan
    Kekurangan lainnya pada aplikasi Viu ini adalah bahwa ketika menonton film yang kamu sukai dan adanya iklan-iklan yang sedang tayang dan harus menunggu untuk melewatkan iklan tersebut dengan waktu yang tersedia. Iklan pada Viu ini ketika kamu menonton akan muncul 3-5 kali iklan dalam satu episode film yang sedang kamu tonton.
  • Film Indonesianya belum update
    Kekurangan lainnya dari aplikasi Viu ini adalah bahwa untuk film Indonesia Viu belum terlalu update perihal ini kamu dialihkan untuk menonton film Indonesia versi yang lama-lama, sangat disayangkan sekali ya karena mengingatnya untuk kita sebagai orang Indonesia harus mencintai karya anak bangsa pada Viu belum bisa kita menonton film Indonesia dengan banyak judul atau genre.
Perbedaan antara aplikasi Netflix dan Viu adalah ketika melihat dari sisi harga berlangganannya keduanya memiliki harga berlangganan yang jauh berbeda lebih murah Viu dibandingkan Netflix, padahal jika dari segi kualitas keduanya memiliki kualitas yang bagus dan keduanya banyak menjadi pilihan bagi banyak orang. 
KeteranganNetflixNetflix
BrandNetflixNetflix
Asal NegaraCaliforniaHongkong
Nama PerusahaanDidirikan Reed Hasting sand Marc Randolph Dioperasikan oleh PCCW Medi
Tahun Beridi PerusahaanTahun 1997Tahun 2015
SektorPenyedia layanan media streaming digitalPenyedia layanan media streaming digital
Pembayaran Langganan AplikasiHanya menggunakan kartu kreditBerbagai cara pembayaran jika tidak ada kartu kredit bisa melalui tempat yang sudah bekerjasama

Pilih Mana: Netflix atau Viu?

NetflixViu
Kelebihan- Kelengkapan koleksi konten - Dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja - Berbagai macam pilihan harga - Bisa menonton secara offline - Mendapat gratis 30 hari - Pemilihan pembayarannya bisa berbagai cara
Kekurangan- Harus menggunakan kartu kredit - Harus memiliki akses internet yang cepat dan stabil - Kualitas video tidak stabil - Viu memakan banyak kuota - Banyaknya iklan - Film Indonesianya belum update

Kesimpulan

Kedua aplikasi tersebut Netflix dan Viu seperti penjelasan di atas keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing soal film yang ada kedua aplikasi tersebut sepertinya sama saja. Tetapi artikel Selera.id kali ini lebih merekomendasikan kamu untuk memilih aplikasi Viu, karena harga berlangganan dari Viu ini lebih terjangkau dibandingkan dengan Netflix. Kelebihan Viu lainnya pada sistem pembayaran Viu memiliki pemilihan pembayarannya dengan berbagai cara, sedangkan Netflix harus menggunakan kartu kredit. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Netflix vs Viu

VS

Leave a Reply