AplikasiApplicationGadgetsHiburanHomeSmartphone

Pilih Mana: Netlflix atau HBO GO?

Saat ini, tidak hanya layanan streaming musik, layanan streaming film dan serial televisi pun sudah banyak ditemui. Sebelum menentukan untuk berlanggan ke layanan streaming film tersebut, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Seperti harga yang ditawarkan, kelengkapan film yang dimiliki, serta pilihan pembayaran yang ditawarkan.

Terdapat beberapa layanan streaming film yang dapat Anda pilih dengan berbagai fitur yang ditawarkan didalamnya. Dua diantaranya yaitu Netflix dan HBO GO. Lalu manakah yang lebih baik? Simak pembahasan berikut ini!

Netflix

Netflix merupakan salah satu layanan streaming digital yang berkantor pusat di Los Gatos, California. Didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hasting sand Marc Randolph di Scotts Valley, California. Bisnis penting dari perusahaan ini adalah layanan berlangganan streaming, yang mana ditawarkan secara online dengan beberapa program film dan televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri.

Anda dapat menonton Netflix melalui perangkat yang terhubung ke Internet yang menawarkan aplikasi Netflix, termasuk smart TV, konsol game, pemutar media streaming, dekoder, smartphone, dan tablet. Selain itu Anda juga dapat menonton Netflix melalui browser komputer.’

Untuk menikmati layanan ini, Anda wajib berlangganan tiap bulannya mulai dari Rp 109.000 saja. Selain itu, resolusi gambar yang disuguhkan oleh Netflix sangat baik, mulai daro Definisi Standar (SD), Definisi Tinggi (HD), atau Definisi Ultra Tinggi (UHD).

Kelebihan Netflix

1. Lebih Populer
Layanan streaming asal Amerika Serikat ini sudah lebih populer di berbagai negara. Netflix sudah dikenal sejak tahun 2007 di beberapa negara termasuk di Indonesia pada awal tahun 2016. Kini, Netflix sudah jauh terkenal di 130 negara.

2. Koleksi Konten Lengkap
Kelebihan Netflix yang paling utama adalah kelengkapannya dalam koleksi konten video yang bisa Anda nikmati di mana saja dan kapan saja. Di dalamnya terdapat dua kategori umum yaitu film dan serial TV, yang akan terbagi lagi menurut genre seperti aksi, horror, komedi, roman, dan lainnya.

3. Tersedia fitur yang Memanjakan Penggunanya
Netflix memiliki beberapa fitur menyenangkan, seperti Profiled, My List dan Continue. Fitur Profiled berguna untuk membuat akun yang berbeda, contohnya akun untuk anak-anak. Sehingga hanya dapat mengakses konten yang sesuai umur mereka.

Kemudian, fitur My List berguna untuk membuat daftar video yang Anda sukai, seperti fitur “Daftar Putar” dalam aplikasi pemutar musik. Sementara fitur Continue adalah fitur pemutaran otomatis ketika Anda terakhir menonton video.

Kekurangan Netflix

1. Harga Lebih Mahal
Untuk berlangganan Netflix, sedikit lebih mahal dibanding layanan streaming lainnya. Namun jangan khawatir, harga yang ditawarkan seimbang dengan apa yang akan Anda dapatkan.

HBO GO

HBO GO merupakan layanan berlangganan streaming video on demand yang disediakan oleh HBO GO. Dengan berlangganan, Anda dapat menonton konten yang disediakan oleh HBO, film maupun serial, baik yang sudah lewat maupun yang sedang tayang sesuai keinginan.

Lihat juga:  10 Merk Mesin Cuci Front Loading Terbaik 2022

Konten di HBO GO bisa Anda tonton melalui melalu situs resmi melalui browser dan smartphone. Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk berlangganan HBO GO di Indonesia. Yang pertama melalui aplikasi seperti smartphone (Android dan IOS), hanya perlu mendaftar dengan email lalu Anda akan berlangganan melalui akun Google atau Apple.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan melalui operator yang dipakai. Dalam hal ini bisa melalui First Media atau melalui IndiHome dan Telkomsel. Untuk lebih jelas, silahkan hubungi operator yang bersangkutan atau pilih paket langganan di dalam aplikasi operator bersangkutan.

Langganan HBO GO di Indonesia tersedia dengan harga Rp59.000 per bulan atau Rp159.000 per 3 bulan (kadang ada promo jadi Rp99.000 per 3 bulan). Anda dapat menonton film dan serial HBO dan HBO Asia Original, film Hollywood, tayangan TV (HBO, HBO Hits, HBO Family, HBO Signature, Cinemax, dan Red by HBO).

Kelebihan HBO

1. Teks Terjemahan (subtitle) Berbagai Bahasa
Bagi Anda yang tidak begitu menguasai Bahasa asing, jangan khawatir, HBO menyedikan terjemahan atau subtitle di setiap film atau serial yang akan Anda tonton.

2. Download Untuk Menonton Secara Offline
Selain itu, terdapat fitur untuk mendownload film secara offline. Ini berfungsi agar dapat menghemat kuota serta dapat menontonnya berulang kali kapan pun dan dimana pun.

3. Menonton 2 tayangan bersamaan
Tidak seperti layanan lain, HBO kabarnya dapat menonton 2 tayangan sekaligus secara bersamaan.

Kekurangan HBO

1. Katalog Film Tidak Banyak
Jika dibandingkan dengan platform streaming lainnya, HBO terbilang memiliki katalog film yang tidak. Namun mayoritas film yang disuguhkan HBO mayoritas bergenre drama.

2. Biaya Langganan masih cukup tinggi
Untuk harga berlangganan, HBO nampaknya masih cukup tinggi dibandingkan Netflix yang kini dapat berlangganan lewat operator provider dengan harga yang relatif murah.

Pilih Mana: Netlflix atau HBO GO?

Keterangan NetlflixHBO GO
Kelebihan - Lebih Populer - Koleksi Konten Lengkap - Tersedia fitur yang Memanjakan Penggunanya- Teks Terjemahan (subtitle) Berbagai Bahasa - Download Untuk Menonton Secara Offline - Menonton 2 tayangan bersamaan
Kekurangan - Harga Lebih Mahal- Katalog Film Tidak Banyak - Biaya Langganan masih cukup tinggi

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai perbedaan Netflix dan HBO, dapat disimpulkan bahwa dua layanan streaming ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang menyukai genre drama, maka kami lebih merekomendasikan HBO. Namun, jika Anda menginginkan film Hollywood lebih banyak, Anda bisa memilih Netflix sebagai pilihan terbaik. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Netlflix atau HBO GO

VS