Layanan

Pilih Mana: Nexmedia atau First Media?

Kebutuhan internet memang kebutuhan yang paling penting bagi manusia, terlebih jika bekerja, mengerjakan tugas atau melakukan beberapa kegiatan penting lainnya yang menggunakan internet. Untuk itu kamu bisa menggunakan provider berbayar yang bisa kamu pakai di rumah, salah satunya seperti Nexmedia dan First Media.

Nexmedia dan First Media merupakan provider internet yang cukup terkenal dan mampu membuat para konsumennya berselancar online dengan jaringan yang stabil dan baik. Selain itu, para konsumennya mampu memilih beberapa paket yang disediakan sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Pada artikel kali ini, Selera.id akan membahas lebih dalam mengenai kedua provider terkenal ini agar bisa kamu jadikan perbandingan dan referensi dalam memilih provider andalan kamu dirumah. Stay tune guys!

Nexmedia atau First Media

Nexmedia

PT Mediatama Anugrah Citra (Nexmedia) merupakan stasiun televisi terestrial berlangganan di Jabodetabek. Perusahaan dengan tagline “Simply Entertaining” ini dibuat oleh Dian Khrisna Mukti, dan kali pertama mengudara pada tanggal 23 November 2011.

Nexmedia merupakan layanan Televisi kabel praktis tanpa parabola, gaya baru untuk menghibur keluarga kamu dengan penawaran terbaik. Mudah dipasang semudah 1-2-3, dan cukup menggunakan antena TV biasa. Nexmedia menyuguhkan tayangan pilihan terbaik dan hiburan, edukasi sampai informasi untuk keluarga di rumah.

Nexmedia merupakan operator televisi berlangganan yang dipersembahkan oleh Grup Emtek, pengelola tayangan hiburan yang sudah berpengalaman bertahun-tahun menemani keluarga Indonesia melalui SCTV, Indosiar dan O’Channel.

Nexmedia sangat berbeda dengan layanan TV berlangganan yang saat ini terdapat di Indonesia, memakai teknologi terkini menjadikan Nexmedia sebagai sarana hiburan yang sangat tepat dan praktis. Baca juga Pilih Mana: First Media atau Biznet?

Nexmedia atau First Media

Kelebihan Nexmedia

  • Praktis tanpa parabola
    Tayangan Nexmedia bisa dinikmati tanpa perlu repot pemasangan parabola. Cukup memakai antena biasa dicolokkan ke Set Top Box (STB) Nexmedia, sudah bisa menikmati tayangan digital internasional serta TV lokal.
  • Gampang dipasang dan dibawa kemana saja
    Bisa dipasang oleh siapa saja semudah memasang perangkat DVD dengan 3 langkah mudah. Bisa dibawa kemana saja, kapan saja. Perangkat Nexmedia bisa dipindahkan dari ruangan ke ruangan yang lain bahkan dari rumah ke rumah. Bawa kembali Nexmedia dan pasang sendiri sesuka hati kamu.
  • Menghadirkan channel opsi terbaik
    Berbagai saluran opsi terbaik siap menemani kebersamaan di ruang keluarga, mulai dari channel anak, edukasi, sampai hiburan film blockbuster dunia.

Kekurangan Nexmedia

  • Channel yang sangat sedikit
    Channel yang dimiliki Nexmedia merupakan yang sangat sedikit diantara provider yang lain, sebab mereka memang cuma membidik para penggila bola. Jadi Nexmedia tentunya kurang cocok untuk kamu yang menginginkan banyak channel, namun sesuai untuk kamu yang pecinta bola.
  • Volume yang kecil
    Channel-channel yang diberikan oleh Nexmedia memiliki volume yang kecil. Sehingga kamu perlu menyetelnya dengan volume yang tinggi agar bisa mendengarnya bersama keluarga. Tentunya hal ini kurang baik, karena bisa saja kita akan mengubahnya ke saluran biasa dan suara yang dihasilkan sangatlah besar sehingga membuat orang jadi kaget.
  • Kurang cocok untuk wilayah yang ramai bajaj
    Nexmedia sendiri selalu memberitahukan terlebih dahulu kepada pelanggan jika ingin berlangganan, bahwa wilayahnya dekat dengan area bajaj atau tidak. Jika nyatanya banyak, maka Nexmedia tidak rekomendasikan. Hal ini dikarenakan Plat besi bodi bajaj tersebut mengganggu sinyal siaran dari Nexmedia.
Spesifikasi Nexmedia Keterangan
Perusahaan PT Mediatama Anugrah Citra
Tahun lahirTahun 2011
Hal yang paling diunggulkanProvider tanpa parabola

First Media

PT First Media Tbk, sebelumnya bernama PT Broadband Multimedia Tbk, merupakan perusahaan publik Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. First Media menyediakan jasa layanan internet pita lebar, televisi kabel, serta komunikasi data, yang secara keseluruhan diperkenalkan sebagai “Triple Play”.

First Media adalah pemimpin di industri penyedia TV kabel dan High Speed Broadband Cable Internet terus konsisten menyediakan layanan berkualitas bagi pelanggan. Penetrasi TV berbayar serta akses ke fixed broadband internet yang masih rendah membuat industri ini memiliki potensi yang sangat baik.

Nexmedia atau First Media

First Media merupakan sebuah layanan yang berada dibawah naungan PT Safira Ananda, sebuah perusahaan yang juga membawahi banyak berita. Paket internet First Media menghadirkan paket internet dengan layanan TV kabel.

Dengan paket ini, kamu bisa berselancar internet dengan lancar sekaligus bisa menikmati beragam acara TV dengan kualitas standar dan kualitas definisi tinggi.

Produk First Media disebut Triple Play, yang merupakan layanan berbasiskan teknologi pita lebar digital mencakup jasa akses internet berkecepatan tinggi tanpa batasan yang selalu menyala (FastNet), TV kabel digital (Home Cable), dan komunikasi data berkecepatan tinggi serta berkapasitas besar untuk aplikasi bisnis dan komersial (DataComm).

Kelebihan First Media

  • Pelayanan Customer Service yang baik
    Salah satu kelebihan utama dari First Media adalah pelayanan Customer Service yang baik. Kamu jadi bisa berkonsultasi dan mengajukan ke Customer Service dengan nyaman dan ditangani dengan baik.
  • Tayangan yang ditampilkan full HD
    Kelebihan lain yang dimiliki oleh First Media yaitu mampu memberikan tayangan atau tampilan yang sudah full HD. Dengan demikian, kamu bisa menonton dengan maksimal karena pada First Media tidak rebutan bandwidth. Selain itu, First Media juga memiliki internet yang stabil dan jarang memiliki gangguan teknis.
  • Kualitas jaringan yang baik
    Sudah pasti jaringan yang diberikan First Media baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna First Media yang puas akan kinerjanya jika dibandingkan dengan beberapa provider lainnya termasuk Nexmedia. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin menggunakan First Media ya guys.

Kekurangan First Media

  • Harga cukup mahal
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal. Tidak hanya itu, terlebih jika kamu menggunakan full fiber, maka harga yang ditawarkan juga menjadi lebih mahal. Namun, meskipun lebih mahal, tentunya First Media mempunyai kualitas yang sangat baik.
  • Upload speed lambat
    Kekurangan selanjutnya dari First Media adalah upload speed nya yang cukup lambat. Hal ini tentu cukup merugikan untuk penggunanya yang sering upload video, upload tugas atau kepentingan mereka masing-masing.
  • Coverage area yang masih belum luas
    Kekurangan terakhir adalah coverage area yang masih belum luas. Menggunakan First Media hanya bisa menjangkau daerah kamu yang berada di kawasan perkotaan. Jadi hal ini kurang cocok untuk yang berada di daerah terpelosok, karena belum terjangkau oleh First Media.
Spesifikasi First MediaKeterangan
Perusahaan PT First Media Tbk
Tahun lahirTahun 1994
Hal yang paling diunggulkanKualitas jaringan terbaik

Nexmedia atau First Media

Tips mengatasi koneksi yang sering putus-putus

1. Cek data plan limit
Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika sering mengalami masalah koneksi internet yang putus tiba-tiba yakni dengan melakukan pengecekan serta mematikan data plan limit yang ada pada Settings Data Usage. Data plan limit ini bekerja dengan cara menghitung jumlah pemakaian data seluler kamu dan ketika sudah mencapai batasnya, maka data plan limit ini akan mematikan koneksi internet kamu.

2. Restart akses jaringan seluler
Cara lain yang bisa kamu lakukan jika mengalami masalah koneksi internet yang putus tiba-tiba yaitu dengan melakukan restart jaringan seluler kamu. Kamu bisa melakukannya dengan mematikan ikon mobile data selama kurang lebih 1 menit dan kemudian nyalakan kembali.

3. Reset APN
Selain restart akses jaringan seluler, kamu juga bisa mengatasi masalah internet yang tiba-tiba putus dengan melakukan reset APN. Buat melakukan reset APN kamu cuma perlu masuk ke Settings lalu Mobile Networks lali Access Point Name, setelah itu tap pada bagian kanan atas layar untuk melakukan reset APN.

4. Restart perangkat
Bila ketiga cara diatas tidak berhasil, kamu dapat mencoba melakukan restart perangkat kamu. Dengan melakukan restart perangkat kamu, maka perangkat smartphone kamu juga akan otomatis melakukan semacam restart pada akses jaringan kamu (kurang lebih mirip seperti restart jaringan seluler).

5. Factory Reset
Cara terakhir dan paling ekstrem yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah koneksi internet yang sering putus yaitu dengan melakukan Factory Reset. Terkadang, ketika perangkat smartphone kamu sudah terlalu sering dipakai mengakses internet, ada kemungkinan jika smartphone kamu sudah terkena semacam malware yang bisa merusak atau mengganggu sistem perangkat smartphone kamu, termasuk akses jaringan.

Pilih Mana: Nexmedia atau First Media?

Nexmedia First Media
Kelebihan- Praktis tanpa parabola - Gampang dipasang dan dibawa kemana saja - Menghadirkan channel opsi terbaik - Pelayanan Customer Service yang baik - Tayangan yang ditampilkan full HD - Kualitas jaringan yang baik
Kekurangan- Channel yang sangat sedikit - Volume yang kecil - Kurang cocok untuk wilayah yang ramai bajaj - Harga cukup mahal - Upload speed lambat - Coverage area yang masih belum luas

Kesimpulan

Nexmedia dan First Media merupakan pilihan provider yang bisa kamu pakai untuk aktivitas internet kamu sehari-hari. Harga yang ditawarkan cukup kompetitif sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu masing-masing. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan provider andalan kamu dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing lebih dulu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nexmedia vs First Media

VS

Leave a Reply