Kendaraan

Pilih Mana: Nissan Serena atau Mazda Biante?

Mobil merupakan alat trasportasi yang penting untuk kehidupan manusia, selain menemani kita menyusuri jalanan kota mobil juga bisa membawa barang dalam jumlah banyak. Maka dari itu mobil harus memiliki spesifikasi yang tahan banting dan tentunya nyaman dibawa kemana-mana. Seperti halnya Nissan Serena dan  Mazda Biante, kedua mobil ini memiliki spesifikasi yang baik untuk menemani aktivitas kita sehari-hari. Penasaran dengan detail dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan membahas Nissan Serena dan Mazda Biante. Stay tune.

Nissan Serena

Berbarengan dengan Livina, PT NMI (Nissan Motor Indonesia) pula ikut mempromosikan produk barunya, yakni Nissan Serena, tepatnya pada 19 Juli 2019 lalu di Djakarta Theatre, Jakpus. Model ini merupakan MPV premium dengan status “All New” begitu juga dengan bentuk Livina yang mengangkat program Xpander.

Nah, berkenaan dengan Nissan Serena terbaru ini, memang bentuk premium ini muncul yang mana diklaim akan jadi kompetitor berat buat Toyota Voxy. Di sisi lain, MPV premium yang sebelumnya sudah diluncurkan lebih dahulu di Malaysia ini pula diklaim akan dibekali bermacam fitur super mutakhir serta bekalan detail yang amat handal serta mewah. Sehingga, tidak heran bila All New Nissan Serena model 2019 ini ditentukan mampu bersaing kuat dengan para kompetitornya di bagian elite. Baca juga Pilih Mana: Kia Picanto atau Suzuki Karimun Estilo?

Desain Nissan Serena

Dimulai dari depan terlihat kalau Nissan Serena ini muncul dengan lampu utama Halogen (tipe X) atau LED (tipe Highway Star) dengan opsi leveling headlamp manual atau auto. Bentuknya pun juga sangat elegan dan dapat dikatakan cukup anti- mainstream mengenang lampu utamanya ditempatkan secara tersusun.

Tidak hanya itu, nampak juga grill depan didesain dengan mengangkat konsep V- Shaped yang amat khas dengan style Nissan Series. Setelah itu, pada bagian samping, terlihat bentuk sliding doors dengan mekanisme Power one touch open & auto closer+ foot sensor dibuat mengikuti alur garis bodi sisi yang mempunyai karakter begitu kokoh.

Pada komponen dashboard center, Nissan Serena ini hendak mengangkat layar sentuh 7 inci dengan sebagian fitur canggih, seperti Radio, MP3/ MP4, Video, telepon yang terintegrasi smartphone, Mobile Link, serta sebagian konektivitas smartphone.

Sedangkan di bagian tempat duduk penumpang, persisnya di belakang lingkar setir kemudi berlapis bahan kulit, terlihat MID dengan sistem digital Speedometer yang amat informatif serta mutakhir alhasil sangat mempermudah pengendara dalam mengenali kondisi mobil saat dikendarai. Lebih lanjut, pada tempat duduknya sendiri, Nissan memakai lapisan berbahan Fabric (tipe X) dan kulit/ leather (tipe Highway Star).

Mesin Nissan Serena

Nissan Serena model 2019 terkini ini bakal mengangkat jenis mesin MR20DD 4 silinder DOHC yang mana mempunyai kapasitas kubikasi yang menggapai 1997 cc (1.5 liter). Dimana, mesin itu bakal digabungkan dengan transmisi CVT with ECO yang amat mumpuni dalam menuangkan daya. Kombinasi dari mesin serta sistem transmisi itu diklaim sanggup memancarkan daya sampai 150 Ps per 6000 rpm.

Tetapi, sayangnya buat capaian torsi puncaknya masih belum diketahui secara pasti. Cuma saja, terdapat sebagian rumor yang mengatakan bila torsi yang sanggup dicapai MPV ini adalah 199 Nm pada 4400 rpm.

Walaupun begitu, yang jelas kalau dengan daya yang diperoleh oleh mesin pada detail Nissan Serena ini juga sesungguhnya telah lebih dari cukup buat perjalanan perkotaan maupun antar kota.

Fitur Nissan Serena

Fitur pengereman berteknologi ABS, EBD, dan BA yang amat ahli dalam soal mengatur laju mobil secara maksimum. Di bagian lain, Nissan Serena terkini ini juga bakal dibekali fitur dalam paket Nissan Intelligent Mobility yang siap mendukung pergerakan aktivitas penumpang disaat berkendara. Antara lain yaitu monitor tengah berbentuk layar sentuh seluas 7 inci dengan Smart Connectivity.

Kemudian, terdapat pula monitor di plafon dengan dimensi 11 inci, 7 soket cas USB, 8 sensor parkir, serta safety brake assist. Tidak cuma itu, layar MID panel TFT 7 inci dengan sistem digital pun juga ikut disertakan buat mempermudah pengemudi dalam memahami situasi mobil saat dikendarai.

Tidak sampai disitu saja, pintu baris ke 2 bersistem Touchless Sliding Door yang dilengkapi pun juga telah dilengkapi dengan foot sensor buat menolong penumpang buat membuka pintu cuma dengan satu ayunan kaki. Sementara itu, pada pintu belakang dibagi jadi 2 bagian buat memudahkan konsumen memasukan barang dikala parkir di tempat sempit.

Harga Nissan Serena

Nissan Serena X Rp 448.000.000,-
Nissan Serena Highway Star Rp 465.000.000,-

Mazda Biante

Jagoan terkini Mazda yang bakal kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu All New Mazda Biante yang sebenarnya sudah diluncurkan pada kuartal awal tahun lalu. Sosok Biante sendiri mempunyai tempat khusus di pasar otomotif Indonesia.

Mobil keluarga ini didaulat sebagai salah satu kendaraan MPV bermutu yang mempunyai aura kemewahan serta eksklusivitas besar. Di kategori MPV premium, Mazda Biante jadi kompetitor serius buat Nissan Serena dan juga Toyota Alphard yang merupakan unit-unit MPV premium sangat laris di Tanah Air.

Desain Mazda Biante

Mazda masih menjaga desain yang selama ini jadi karakteristik khas Biante, yaitu berbentuk headlamp‘ sipit’ yang berpadu dengan front grille berupa‘ V Shape’ berwarna chrome yang memancarkan aura kemewahan. Sedangkan buat Mazda Biante Limited Edition, pabrikan asal jepang itu menunjukkan tata ruang yang lebih elok melalui aksen chrome seperti alis pada komponen lampu utamanya.

Tidak hanya itu, pada versi Limited Edition pula ditambah dengan body kit minimalis di bawah spoilernya yang berpadu cantik dengan fog lamp di ujung bawah. Beranjak ke samping, generasi anyar Mazda Biante ini tampak elok dengan lekukan tipis pada ujung depan dan juga ujung belakangnya.

Pada komponen tengah dasbor diisi oleh layar VGA 6 inci yang merupakan sistem audio touchscreen dengan lampu latar LED. Di bawahnya, ada sistem audio player berbentuk DVD dan juga CD player. Pada komponen setir, Mazda Biante ini mempunyai lingkar setir yang disampul dengan kulit berkualitas. Di komponen itu juga ada panel instrumen speedometer serta indikator lainnya yang berperan buat mengetahui situasi mobil.

Mesin Mazda Biante

Dengan mempercayakan mesin SKYACTIV- G yang berkapasitas 1.997 cc terdiri dari 4 silinder segaris DOHC 16 katup, Mazda Biante bakal membagikan penampilan mesin yang kuat. Buat dimensi MPV, penampilan mesin New Biante ini merupakan salah satu yang terbaik. Buat Mazda Biante Limited Edition terdapat sedikit tambahan berupa fitur Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan juga Electronic Throttle Control (ETC).

Tetapi walaupun rancangan mesinnya mempunyai teknologi sedikit berlainan, daya yang dihasilkannya terbatas serupa. Kedua versi Mazda Biante ini sanggup menciptakan daya maksimum menggapai 151 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi mencapai 19.4 kgm pada 4.100 rpm. untuk semakin melengkapi pembakaran pada ruang mesinnya, Mazda Biante juga dibekali dengan sistem Direct Injection pada jenis standar dan Electronically Controlled Direct Injection pada jenis Limited Edition.

Perbedaan antara Biante standar serta Limited Edition juga terdapat pada pemakaian teknologi i-STOP Idling System yang cuma terdapat pada Mazda Biante Limited Edition. Detail Mazda Biante pada komponen mesin ini memakai sistem transmisi manual 6-speed Front Wheel Drive( FWD) yang bakal menciptakan tarikan daya maksimal.

Fitur Mazda Biante

Mobil ini memiliki banyak fitur diantaranya yaitu fitur Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan juga Emergency Brake Assist (EBA) yang bisa menjamin pengereman maksimal dalam berbagai situasi dengan mudah serta aman. Kemudian, Mazda Biante pula dibekali dengan fitur kemudi mutakhir yaitu terdiri dari fitur Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), dan Hill Launch Assist (HLA) yang bakal memberikan kemudahan mengemudi buat berbagai kondisi jalanan.

Sebaliknya buat fitur keselamatan, Mazda Biante ini dilengkapi dengan seatbelt pada masing-masing kursinya yang bakal kurangi resiko cedera berat dikala terjadi benturan. Mobil MPV ini pun juga mempunyai fitur standar global, yaitu ISOFIX Child Seat yang bisa melindungi anak-anak atau bayi kala duduk di bangku mereka. Setelah itu, Mazda Biante pula mempunyai fitur keamanan berupa Power Lock dengan teknologi Speed-Sensitive Auto Door Lock System pada pintunya.

Tidak lupa, mobil ini pula dilengkapi dengan fitur Immobilizer yang bisa mencegah kejahatan berupa pencurian ataupun perampokan kala mobil ini berada diluar jangkauan pemilik. Secara umum, detail Mazda Biante ini memang mempunyai fitur- fitur khas MPV berkualitas.

Harga Mazda Biante

New Mazda Biante Skyactiv Rp 428.900.000,-
New Mazda Biante Limited Edition Rp 457.500.000,-

Pilih Mana: Nissan Serena atau Mazda Biante?

Nissan SerenaMazda Biante
Kelebihan - Suspensi empuk - Memiliki peredam kabin yang bagus - Memiliki pintu geser ganda- BBM irit - Desain eksterior modern - Memiliki peredam kabin yang baik
Kekurangan- Cukup boros - Belum menggunakan HID pada lampu utama- Sparepart mahal - Harga jual rendah

Kesimpulan

Nissan Serena dan Mazda Biante menjadi mobil dengan detail eksterior dan konsep yang menyerupai Toyota Alphard versi murah. Namun spesifikasi dari kedua mobil ini tidak kalah canggih dan tentunya sudah mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota dan semacamnya. Tentukan mobilmu sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nissan Serena vs Mazda Biante

VS

Leave a Reply