Kendaraan

Pilih Mana: Nissan Serena atau Toyota Kijang Innova?

Mobil keluarga tentunya dibutuhkan kenyamanan tingkat tinggi dan spesifikasi yang mumpuni agar perjalanan terasa nyaman dan aman. Nissan Serena dan Toyota Kijang Innova menjadi salah satu mobil keluarga yang diandalkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Dengan detail dan performa yang mumpuni, kedua mobil tersebut sudah terasa nyaman untuk dibawa kejalanan kota. Penasaran dengan detail kedua mobil tersebut? Kali ini saya akan bahas mengenai Nissan Serena dan Toyota Kijang Innova. Disini aja guys.

Nissan Serena

PV yang mengawali debutnya pada tahun 1991 ini konsisten menyuguhkan kenyamanan untuk penumpang serta pengendaranya. Tidak lain buat model terkini All New Nissan Serena 2019, yang meluncur di Indonesia per Februari 2019. Mobil MPV berkode bodi C27 ini menawarkan banyak teknologi baru yang membuat dia lebih berbinar dibanding lawan di sekelasnya.

Nissan Serena sampai hari ini telah memasuki generasi kelima. Namun cuma terdapat 4 model yang muncul di Indonesia. Masing-masing oleh generasi perdana Nissan Serena C23 tahun 1991 ke Serena C24 tahun 1999.

Dimana dikala itu C23 muncul dengan konsep cab-over (mesin terletak di bawah pengendara serta penumpang) ke C24 dengan penempatan mesin di depan bonnet (hidung) serta terdapatnya varian long wheelbase di Taiwan. Yang kedua yakni dari Serena C26 ke Serena C27 ini. Dari bentuk dominan membulat pada C26 ke mengotak C27. Baca juga Pilh Mana: Nissan March atau Brio?

Desain Nissan Serena

Kesan fascia depan yang lebih jelas pula disuguhkan V-Motion Grille yang saat ini jadi identitas utama dari performa semua jajaran Nissan saat ini. Adapun lampu depan menganut rancangan dual layer yang sporty, macho, sekaligus elegan.

Konsep mengkotak lalu berlanjut ke bagian sampingnya. Tarikan garis dari lampu depannya terus mengalir ke bagian samping belakang rel power sliding doornya. Trik perancang Nissan ini dapat dikatakan pintar, sebab berkat tarikan garis itu rel seakan tersembunyi.

Performa dashboard All New Nissan Serena 2019 berkesan berani, futuristik, tetapi senantiasa elegan. Konsep panel spidometer digital dengan layar 7 inci Advanced MID with integrated Around View Monitor & Moving Object Detector memanjang dari bagian tengah dasbor atas ke bagian kanan membuat kesan elegan.

Mesin Nissan Serena

All New Nissan Serena 2019 ini masih menggendong mesin yang sama dengan pendahulunya, yaitu unit MR20 2.0 liter 4-silinder CVTC yang sanggup menciptakan daya 150 Ps dengan torsi 200 Nm. Mobil ini menyalurkan daya ke roda depan lewat transmisi Xtronic CVT.

Dan untuk menciptakan mesin lebih efisien, ada peningkatan melalui pemakaian coating pada komponen piston dan ring piston, serta kompresi mesin lebih tinggi 1:12, 5. Sistem transmisi Xtronic CVT pada All New Nissan Serena 2019 pula dibekali teknologi Adaptive Shift Control (ASC) yang mampu secara cerdas membaca gaya mengemudi, yang ditranslasikan jadi performa yang dibutuhkan.

Fitur Nissan Serena

Pemakaian fitur dual back door jadi salah satu strategi Nissan dalam membagikan kemudahan untuk para pemakai All New Nissan Serena 2019. Tanpa harus effort membuka semua pintu bagasi bila terletak dalam ruang sempit, Kamu tetap dapat mengakses ruang bagasi.

Tidak hanya fitur dual back door tadi yang sangat memudahkan, masih terdapat lagi fitur baru pada All New Nissan Serena 2019 yakni Touchless sliding door. Buat menggunakan fitur ini Kamu cuma butuh mengayunkan kaki persis dibawah tuas pintu geser mobil All New Nissan Serena 2019 ini.

Satu lagi hal yang mengasyikkan pada All New Nissan Serena 2019 yaitu bentuk pada panel MID di tengah dashboard. Nampak lebih clean, futuristis tetapi senantiasa informatif. Pastinya, ada informasi seputar on board computer, tachometer, pengaturan fitur di mobil, ECO Indicator, dan data lain yang diolah amat menarik pada layar ini.

All New Nissan Serena 2019 mempunyai sistem hiburan Multimedia Display with Smartphone Connectivity berpadukan layar 11 inci Roof Monitor. Menariknya adalah mobil ini juga dilengkapi 7 titik USB Port di semua baris jok, dengan 2 USB Port dapat dikoneksikan ke sistem hiburan.

Harga Nissan Serena

Harga Mobil Nissan Serena Autech Rp 460.900.000,-
Harga Mobil Nissan Serena HWS Rp 428.400.000,-
Harga Mobil Nissan Serena X Rp 379.200.000,-

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang sudah melegenda di Indonesia sebagai ‘mobil sejuta umat’. Dulu, Kijang muncul sebagai mobil angkutan serbaguna dan setelah itu berevolusi jadi mobil penumpang. Seiring waktu, Kijang tidak bisa lagi dianggap mobil ekonomis di masa Toyota Kijang Innova Reborn di tahun 2019.

Innova yang mempunyai dimensi besar serta panjang ini diketahui sebagai salah satu mobil keluarga yang menawarkan kenyamanan lumayan baik. Nama Kijang Innova tidak lagi seperti yang dulu, mobil ekonomis buat keluarga besar. Saat ini, Innova Reborn diketahui sebagai salah satu mobil yang mempunyai banderol harga yang juga lumayan mahal.

Desain Toyota Kijang Innova

Pada bagian fascia depan Toyota Kijang Innova, kamu bakal melihat konsep lampu utama yang kini mempunyai bentuk persegi panjang dengan sudut yang lebih tegas. Bentuk lampu utama pada New Kijang Innova ini terlihat lebih modern serta berkelas melalui penempatan lampu heksagonal multireflektor yang lebih tajam.

Kemudian buat front grill Toyota Kijang Innova sendiri masih dibentuk dengan cukup besar dipadukan dengan frame bertingkat beraksen krom. Buat bumper depan, didesain sejalur dengan lampu kabut yang berbentuk minimalis.

Beranjak buat komponen samping mobil, rancangan konsep komponen sisi Toyota Kijang Innova memanglah tidak terlalu banyak ubahan. Konsepnya masih menggantungkan bentuk body sisi yang tidak banyak lekukan serta cenderung boxy. Penyegaran komponen samping terlihat pada konsep kaca komponen belakang yang saat ini berbentuk lebih runcing bagian atasnya.

Lalu mengenai Interior, Toyota Kijang Innova seperti Jenis V M/T, setir kemudi serta armrest driver diberi aksen ornamen kayu yang nampak elegan seperti mobil premium. Sebaliknya pada New Kijang Innova Jenis V serta Luxury kamu juga bakal menemukan segudang fitur modern yang tertata rapi di dalam kabin.

Beranjak ke bangku penumpang di dalam kabin Toyota Kijang Innova, semua sudah dilengkapi dengan seat belt buat menjamin keselamatan penumpangnya. Kemudian pada komponen bagasinya sendiri pula telah diatur cukup luas. Tidak hanya itu, Toyota pula menyematkan Cargo Net dan Luggage Tray yang dapat digunakan sebagai bonus bagasi.

Mesin Toyota Kijang Innova

Mesin diesel pada Kijang Innova 2019 mempunyai kapasitas silinder 2. 400cc FTV 4 silinder segaris DOHC, bersistem injeksi dengan Common Rail VNT Intercooler yang bisa memancarkan daya sebesar 149 PS. Daya antara versi otomatis serta manual memang sama, tetapi bedanya pada torsi yang dihasilkan.

Innova diesel bertransmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic sanggup menciptakan torsi maksimum 36.7 kg.m/1.200–2.600 rpm. Sebaliknya transmisi manual sendiri menciptakan torsi maksimum 34.9 kg.m/1.200–2.800 rpm. Perbandingan torsi 1.8 kg. meter jelas membuat akselerasi awal lebih melonjak dengan sensasi ala transmisi manual.

Fitur Toyota Kijang Innova

Buat standar keamanan seperti airbag, seatbelt, ABS, EBD sudah ada pada mobil. Fitur keselamatan yang lain yang didatangkan pada mobil ini yakni Superior Safety Airbags (SSA) yang terdapat bangku penumpang serta pengendara.

Kijang Innova pula amat memperhatikan fitur hiburannya buat menemani para keluarga konsumen mobil dikala dalam perjalanan. Mobil ini sediakan layar berdimensi 8 inci beserta fitur-fitur yang lengkap seperti Bluetooth, Smartphone Connectivity, web browser, Voice Command dan Dial Up.

Harga Toyota Kijang Innova

Kijang Innova Type G A/T Bensin Rp. 290.600.000,-
Kijang Innova Type G M/T Bensin Rp. 276.900.000,-
Kijang Innova Type G M/T Diesel Rp. 292.100.000,-
Kijang Innova Type G A/T Diesel Rp. 306.000.000,-
Kijang Innova Type V M/T Bensin Rp. 314.050.000,-
Kijang Innova Type V A/T Bensin Rp. 328.050.000,-
Kijang Innova Type V A/T Diesel Rp. 344.050.000,-
Kijang Innova Type V M/T Diesel Rp. 330.150.000,-
Kijang Innova Type E A/T Bensin Rp. 269.200.000,-
Kijang Innova Type E M/T Bensin Rp. 255.900.000,-
Kijang Innova Type E M/T Diesel Rp. 272.600.000,-
Kijang Innova Type J M/T Bensin Rp. 233.650.000,-

Pilih Mana: Nissan Serena atau Toyota Kijang Innova?

Nissan SerenaToyota Kijang Innova
Kelebihan - Akselerasi mesin halus - Peredam kabin cukup baik - Memiliki pintu geser ganda- Suspensi nyaman - Memiliki fitur Eco untuk penghematan BBM - Interior modern dan nyaman
Kekurangan - BBM boros - Interior kurang menarik- Belum ada rem cakram di belakang - Harga cukup mahal

Kesimpulan

Kedua mobil yang sudah kita ulas diatas tadi memiliki spesifikasi dan performa mesin yang cocok digunakan dalam kota maupun dalam kota. Namun jika kamu menginginkan mesin yang lebih bertenaga dan suspensi yang nyaman, maka Toyota Kijang Innova menjadi jawaban yang pas. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nissan Serena vs Toyota Kijang Innova

VS

Leave a Reply