Pilih Mana: Nissan Terra atau Pajero Sport?

Loading...

Dunia otomotif tanah air saat ini sangat berkembang. Beberapa brand khususnya di bidang otomotif mobil mengeluarkan beberapa variasi yang inovatif dan terdepan demi mencuri hati para pecinta otomotif. Kali ini akan kita bahas dua brand besar yang sudah mempunyai nama besar di tanah air yaitu dari Nissan Terra dan Pajero Sport yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah mengenai segi Dimensi, Mesin dan Fiturnya. Selamat membaca..

Nissan Terra

Rilis pada awal Mei Tahun 2018, Nissan Terra pun resmi diluncurkan di Tanah Air. kecanggihan dari Nissan Terra basisnya sendiri dibangun dengan konsep Laddre Frame yang sangat handal dan membuat bentuk bodinya menjadi terkesan bongsor sehingga cocok membawa penumpang maupun barang sekaligus, serta untuk melibas beragam struktur jalan. Selain itu, Nissan Terra pun juga diklaim mempunyai kinerja jantung pacu yang sangat tangguh. Bukan tanpa alasan mengingat SUV buatan pabrik asal Negeri Korea ini akan dibekali dengan mesin diesel 4 silinder berkode DOHC kapasitas 2488 cc dan memiliki pilihan transmisi manual maupun matic.

Tidak perlu diragukan jika performa dari mobil SUV ini bakal sangat gagah dan bertenaga super. Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan maupun menjamin keselamatan penumpang, Nissan pun juga turut menyertakan beberapa fitur canggih. Sebut saja seperti airbag support dan rem berteknologi ABS, EBD, dan BA. Baca Juga Pilih Mana: Mazda Mpv atau Nissan Presage?

Dimensi Nissan Terra

Pada sektor ini akan kita temukan rangka, ukuran bodi serta konsep kaki-kaki yang diusung oleh SUV buatan Nissan ini. Seperti pada sektor dimensinya yang mana kali ini Nissan Terra sendiri akan mengusung rangka/sasis Ladder Frame yang dikenal unggul dalam menopang bodi pada mobil bertubuh bongsor serta sangat efektif dalam membawa penumpang maupun barang.

Tak hanya itu, rangka tersebut dibentuk dengan ukuran dimensi 4895mm x 1865mm x 1835mm dengan wheelbase atau jarak sumbu roda 2850 mm. Sehingga, tidak heran jika dengan ukuran dimensi tersebut, Nissan Terra ini memiliki bentuk bodi yang besar dan terkesan bongsor khas SUV premium.

Sementara itu, untuk ground clearance pada SUV buatan Nissan ini juga dirancang sangat ideal setinggi 225 mm yang mana menurut Mas Sena sudah sangat proporsional untuk seukuran mobil SUV. Terlepas dari itu, menginjak pada bagian kaki-kakinya, tampaknya pihak pabrikan juga mengandalkan beberapa fitur untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Mesin Nissan Terra

Selain soal dimensi, pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Nissan Terra pun juga tidak bisa kita lepaskan begitu saja. Apalagi, sektor ini merupakan bagian yang sangat berpengaruh pada kinerja atau performa dari mobil ini. Dimana, kali ini Nissan akan mengusung mesin diesel 4 silinder tipe DOHC yang mana bakal mengusung kapasitas kubikasi hingga 2488 cc dengan jenis roda penggerak 2WD. Selain itu, untuk memaksimalkan performanya maka Nissan Terra akan mengandalkan dua pilihan transmisi. Yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 7 percepatan.

Dengan mesin canggih dan transmisi handal tersebut maka SUV ini diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga hingga 190 Ps per 3600 rpm dan sanggup mencapai titik puncak torsi hingga 450 Nm per 2000 rpm. Sangat gagah dan handal bukan? Tak sampai di situ saja, perlu untuk diketahui juga bahwa Nissan Terra pun juga akan mengusung sistem pembakaran CRDI dengan bahan bakar jenis Diesel. Sehingga, akan membuat mobil ini mampu mengkonsumsi bahan bakar secara lebih efektif dan efisien.

Fitur Nissan Terra

Ada beberapa fitur yang memang disematkan pada SUV ini. Salah satu yang menonjol yaitu fitur keselamatan berupa teknologi Airbag yang sangat kompleks di seluruh bagian untuk melindungi penumpang dari benturan keras saat bertabrakan. Di samping itu, Nissan Terra juga diklaim bakal mengusung rem ABS, EBD, dan BA yang akan membuat sistem pengereman pada SUV ini menjadi lebih handal dan mampu mengendalikan laju mobil secara lebih sempurna.

Tak tertinggal juga, fitur VDC (Vehicle Dynamic Control) pun juga hadir sebagai fitur untuk membantu pengemudi mengendalikan laju mobil saat berada di tikungan tajam. Fitur ini bekerja dengan mengurangi tenaga mesin atau memperkuat tenaga rem pada roda tertentu. Sehingga berkendara pun menjadi lebih aman.

Loading...

Pajero Sport

All New Mitsubishi Pajero Sport versi baru yang merupakan generasi terbaru dari SUV legendaris, Mitsubishi Pajero Sport. Ketika mendengar nama Pajero Sport, Anda pasti terbayang akan sosok mobil SUV yang powerful berbalut tampilan mewah khas Mitsubishi. Nah kali ini, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini tetap mengusung konsep desain mewah nan elegan dengan sentuhan baru yang membuatnya lebih sporty. Pastinya Mitsubishi tetap mengusung teknologi mesin yang menjamin performa tangguh dan bertenaga.

New Mitsubishi Pajero Sport tetap menyasar konsumen kalangan atas yang menyukai mobil berukuran besar dengan performa mesin aduhai. Di segmen mobil SUV sendiri, nama Pajero Sport memang sudah melegenda. Dengan nama besar Pajero Sport itulah Mitsubishi mencoba menciptakan komposisi terbaik dalam All New Mitsubishi Pajero Sport ini.

Dimensi Pajero Sport

Spesifikasi Pajero Sport pada bagian bodi pastinya memiliki dimensi yang sangat besar. Secara spesifik, panjang semua tipe New Pajero Sport ini mencapai 4.695 mm dengan lebar body mencapai 1.815 mm dan ukuran tingginya bervariasi, tergantung tipenya. Untuk New Mitsubishi Pajero Sport tipe GLS, Exceed, serta Dakar, tinggi bodinya mencapai 1.840 mm.

Sementara untuk tipe V6 yang bermesin bensin, tingginya mencapai sekitar 1.825 mm, dan untuk tipe GLX tingginya mencapai 1.800 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau jarak wheel base semua tipe mencapai 2.800 mm. Untuk ukuran mobil tipe SUV, dimensi bodi Pajero Sport memang termasuk yang paling besar, namun dengan dimensinya yang besar tersebut akan membuat Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki ‘tongkrongan’ yang mantap dan siap untuk diajak melibas segala kondisi jalan. Dimensi besar yang dimiliki oleh New Pajero Sport ini juga akan membuat Anda memiliki ruang yang cukup untuk penumpang maupun barang.

Mesin Pajero Sport

Generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini hadir dalam lima tipe berdasarkan mesinnya. Namun, secara khusus Mitsubishi mengusung tiga jenis mesin berbeda untuk menggerakkan kelima varian New Mitsubishi Pajero Sport tadi. Untuk tipe mesin yang pertama adalah mesin DOHC 2.5L High Power yang tertanam pada Pajero Sport tipe Dakar, baik yang berpenggerak 4×4 maupun 4×2. Lalu, mesin yang kedua adalah tipe mesin DOHC 2.L standar yang menggawangi New Mitsubishi Pajero Sport tipe Exceed, GLS, dan juga GLX. Sementara untuk tipe yang ketiga yaitu tipe V6 Mitsubishi mengusung mesin V6 3.0L SOHC MIVEC berbahan bakar bensin.

Karena mengusung tipe mesin yang berbeda maka hal ini akan berpengaruh kepada power yang dihasilkan. Untuk power tertinggi terdapat pada tipe bensin V6 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 220 PS pada putaran 6.250 rpm dengan torsi 28.7 Nm pada 4000 rpm. Mesin pada New Mitsubishi Pajero Sport ini digerakkan oleh transmisi INVECS II Sport Mode 5 percepatan. Jadi meski tipe mesinnya berbeda, namun secara umum ruang dapur pacu dalam jantung spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki jaminan ketangguhan dan performa tinggi.

Fitur Pajero Sport

Salah satu fitur baru yang hadir pada New Pajero Sport ini adalah Multi Information Display (MID) yang memiliki panel lebih canggih serta dilengkapi dengan Mitsubishi Audio System untuk memberikan kemudahan berkendara. Selain itu, New Mitsubishi Pajero Sport ini juga dilengkapi dengan Electric Sunroof yang akan memberikan udara segar saat Anda melewati jalan pedesaan.

Lalu, generasi baru Mitsubishi Pajero Sport ini juga telah dilengkapi dengan Height Seat Adjustable pada tipe manual. Sedangkan untuk fitur hiburan, Mitsubishi mengusung sistem audio Wide 2DIN Multimedia untuk tipe Dakar dan Exceed serta 1 DIN AM/FM &CD Player untuk tipe GLS. Jadi, selain memiliki kabin yang mewah, spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport ini juga lengkap dengan fitur-fitur keamanan dan juga kenyamanan.

Pilih Mana: Nissan Terra atau Pajero Sport?

Nissan Terra Pajero Sport
Kelebihan - Fitur lengkap dan canggih - Mesin bertenaga besar - Posisi duduk kursi kabin depan lumayan nyaman - Desain yang mendobrak dan modern - Ruang kaki lega, terutama di baris kedua - Mesin turbo diesel baru yang bertenaga
Kekurangan- Ruang kabin belakang sempit - Tidak ada head rest untuk kabin kedua- Bagasi sempit saat semua baris diberdirikan - Mesin baru hanya untuk varian Dakar

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas telah kita bahas mengenai mobil Nissan Terra dan Pajero Sport. Yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam segi spesifikasinya yang akan diringkas melalui tabel di atas namun dalam bentuk kedua mobil tersebut mempunyai kemiripan dan juga untuk kapasitas penumpang hampir serupa jadi dapat anda pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nissan Terra VS Pajero Sport

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *