Home

Pilih Mana: No Drop atau Dulux?

Nuansa rumah yang indah, elegan, dan cantik tidak terlepas dari warna cat tembok yang dimiliki oleh rumah itu sendiri. Berbagai merek cat tembok yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan keinginan kamu. Kedua diantara merek cat tembok yang sudah terkenal adalah No Drop dan Dulux.

No Drop dan Dulux merek cat yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu, memiliki kualitas yang sangat baik dan sudah banyak menjadi pilihan bagi keluarga sehingga tidak perlu kamu ragukan lagi. Tetapi memang disamping kualitasnya yang bagus ada cat tersebut juga memiliki kekurangannya.

Apa saja kekurangan dari cat No Drop dan cat Dulux tersebut? Manakah yang lebih bagus dari keduanya? Pada artikel kali ini untuk membahasnya lebih lengkap akan dijelaskan baik itu kelebihan dan kekurangan dari kedua merek cat tersebut.

No Drop

No Drop merupakan cat pelapis anti bocor yang memiliki beragam variasi produk di pasaran. No Drop dikenal sebagai brand yang cukup populer di masyarakat. No Drop hadir dengan inovasi kreatif dengan memberikan warna yang lebih variatif sehingga bisa memberi fungsi lebih dari sekedar pelapis anti bocor. Baca juga Pilih Mana: Nippon Paint atau Avitex?

Banyak orang yang memilih No Drop yang dan percaya bahwa No Drop adalah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air serta sangat tahan cuaca sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis atau seng.

Kelebihan No Drop

  • Tahan  terhadap berbagai cuaca
    Kelebihan yang utama dari No Drop sudah pasti banyak diketahui oleh orang yaitu kelebihannya tahan  terhada berbagai cuaca baik cuaca ekstrim sekalipun, karena sifatnya yang elastis, kedap air sehingga itulah No Drop tahan terhadap berbagai cuaca.
  • Awet dan tahan lama
    Kelebihan lainnya adalah bahwa No Drop memiliki jangka waktu ketahanan yang cukup lama sekitar hingga 5 tahun lamanya. Apalagi manfaat dari No Drop ini yang biasanya digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes dan seng yang sudah terbukti tingkat ketahanannya.
  • Banyak memiliki varian cat
    Kelebihan satu ini sangat menjadi banyak pertimbangan orang ketika membeli No Drop yaitu banyak memiliki varian seperti No Drop, No Drop 100, No Drop 107, dan No Drop Black Bitumen. Selain itu, No Drop memiliki 23 warna yang bagus pilihan dengan kemasan 1 kg, 4 kg, dan 20 kg. Dengan begitu, selain cat pelapis anti bocor, produk ini juga tidak mengurangi nilai estetika bagi dinding rumah.

Kekurangan No Drop

  • Harga relatif mahal
    Kekurangan yang pertama ini tidak menjadi patokan untuk orang memilih cat tembok karena terkadang orang akan lebih memilih kualitas yang baik tetapi tidak semua orang seperti ini ya. No Drop memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan cat lainnya.
  • Cat interior dan eksterior masih dibedakan
    Kekurangan lainnya adalah bahwa No Drop ini untuk cat interior dan eksterior masih sangat dibedakan, tidak adanya cat yang menjadi satu untuk kegunaan yang sama sangat menjadikan kekurangan No Drop menjadi yang mencolok.
  • Tidak adanya warna oplosan
    Kekurangan lainnya adalah No Drop tidak tersedianya warna oplosan sehingga ini juga menjadi kekurangan untuk No Drop.

Dulux

Cat Dulux ini banyak menjadi pilihan orang karena kualitasnya yang baik dan mudah dibersihkan, dan juga cat tembok Dulux ini banyak pilihan warna yang bervariasi yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu.

Cat ini diproduksi oleh AkzoNobel (sebelumnya Imperial Chemical Industries) walaupun pasar Amerika Serikat saat ini dilayani oleh PPG. Di Australia dan Selandia Baru, merek ini diproduksi oleh Dulux Group, yang terpisah dari ICI sebagai suatu perusahaan independen sejak tahun 1998.

Kelebihan Dulux

  • Memiliki banyak varian warna
    Kelebihan yang dimiliki cat Dulux yang pertama adalah bahwa cat Dulux ini memiliki banyak varian warna yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. Baik cat Dulux untuk eksterior maupun untuk interior, sehingga hal ini dapat membuat kamu memilih nuansa rumah sesuai harapan kamu.
  • Noda pada dinding mudah dibersihkan
    Kelebihan lainnya yang dimiliki cat Dulux ini adalah cat Dulux mengklaim bahwa noda pada dinding mudah dibersihkan, dan hal ini sudah sangat terbukti banyaknya review yang mengatakan hal sedemikian.
  • Awet dan tahan lama
    Berbagai varian dari cat Dulux ini baik untuk eksterior maupun untuk interior yang memiliki ketahanan yang awet berkisar hingga 5 tahun lamanya, karena kualitas yang baik pada cat ini yang membuat cat ini menjadi awet dan tahan lama.

Kekurangan Dulux

  • Tekstur yang terbilang cair
    Dibandingkan dengan cat No Drop, tekstur cat Dulux memang sedikit lebih cair. Hal ini membuat kamu membutuhkan lebih banyak cat untuk melapisi dinding sehingga cat akan lebih cepat habis. Jika tekstur cat tersebut cair, kamu perlu melapisi dinding dengan cat lebih sering agar cat tampak lebih baik.
  • Harga yang relatif mahal
    Kekurangan yang satu ini juga sebenarnya sama dengan No Drop yang sudah dijelaskan diatas, bahwa memiliki harga yang relatif mahal. Tetapi dengan adanya harga yang relatif mahal memiliki kualitas yang sangat bagus.
  • Mengandung VOC yang tinggi
    Salah satu kekurangan cat Dulux juga adalah kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang terkandung masih tinggi. Kandungan VOC ini dapat memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan anak. Jika kamu mementingkan keamanan sebaiknya kamu menggunakan cat yang tidak hanya memiliki kualitas yang baik. Tapi juga yang aman ketika terpapar oleh anak.

Tips Memilih Warna Cat Rumah

  • Kenali bentuk rumah
    Tahap awal yang wajib dicoba saat sebelum memilih corak cat rumah adalah mengenali bentuk rumahmu sendiri. Apakah modelnya minimalis? Modern? Western? Klasik? Atau malah tradisional? Dalam membuat atau merenovasi rumah, konsep dasar bentuk rumah mempunyai peran penting karena hal ini akan mempengaruhi pada jenis perabotan yang akan mengisi rumah, bentuk serta penataan masing- masing ruangan, dan tentu saja, warna cat rumah.
  • Tentukan jenis finishing cat
    Beberapa jenis cat yang bisa kamu pilih membuat kamu untuk bisa menjadikan tips sebelum kamu memilih cat. Matte, glossy dan satin adalah jenis finishing cat yang bisa kamu pilih.  Ketiga jenis finishing cat ini bisa kamu sesuaikan dengan keadaan rumah atau tembok kamu jika keadaan suhu ruangan lebih lembab ada baiknya kamu memilih cat yang matte untuk mengurangi tingkat kelembaban, dan juga jika suhu ruangan agak panas jenis finishing cat glossy bisa menjadi pilihan kamu. Ketika sudah memilih jenis catnya kamu bisa lanjut ke tahap tips selanjutnya.
  • Diskusikan mood warna
    Proses ini butuh diskusi yang mendalam dengan anggota keluarga. Apakah rumah ingin dicat dengan palette warna yang sama untuk setiap ruangan, atau justru disesuaikan dengan keinginan masing-masing pemilik ruangan? Mood atau kesan apa yang ingin ditimbulkan dari keseluruhan rumah tersebut ceria, simple, mewah, elegan, atau hangat?
Agar rumah memberi kesan ceria dan bersemangat, kombinasi warna cerah seperti kuning terang, aqua, putih, dan merah muda adalah pilihan yang tepat. Bila ingin memberi kesan mewah, pilih warna-warna monokrom seperti hitam, biru tua, abu-abu, dan putih.
  • Test eksperimen warna di dinding putih
    Cara terbaik yang bisa dicoba untuk menguji perpaduan warna cat rumah adalah dengan mengecatnya langsung ke dinding. Oleh karena itu, sediakan satu dinding putih dalam rumah impian kamu untuk digunakan sebagai tempat eksperimen. Beli cat ukuran sampel sesuai warna-warna yang sudah kamu pilih di palet yang sudah dibuat tadinya. Tidak hanya untuk melihat mix and match dan saturation (ingat, warna cat di katalog dapat berbeda dengan warna asli ketika ditempelkan ke tembok).
  • Perhatikan pencahayaan
    Tips yang terakhir adalah kamu perlu perhatikan pencahayaan jika tingkat pencahayaan di rumah kamu lebih gelap di beberapa tempat atau ruangan maka kamu lebih baik untuk memilih cat warnanya yang lebih agak terang, sehingga memberikan kesan ruangan tampak lebih segar dan bercahaya.
KeteranganNo DropDulux
BrandNo DropDulux
Nama PerusahaanPT Avia AvianPT ICI Paints Indonesia
Tahun BerdiriTahun 1978Tahun 1971
Rata-Rata Kisaran HargaRp. 45.000 - Rp. 1.000.000 (per September 2019)Rp. 45.000 - Rp. 1.500.000 (per September 2019)

Pilih Mana: No Drop atau Dulux?

No DropDulux
Kelebihan- Tahan cuaca - Awet dan tahan lama - Banyak memiliki varian cat - Memiliki banyak varian warna - Noda pada dinding mudah dibersihkan - Awet dan tahan lama
Kekurangan- Harga relatif mahal - Cat interior dan eksterior masih dibedakan - Tidak adanya warna oplosan - Tekstur yang terbilang cair - Harga yang relatif mahal - Mengandung VOC yang tinggi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai cat No Drop dan Dulux keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.untuk memilih cat pastikan kamu memperhatikan tips yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. Pilihlah cat sesuai dengan selera kamu, dari kedua cat tersebut jika kamu ingin memilih banyak warna yang lebih variatif maka Dulux bisa menjadi pilihan kamu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply