Home

Pilih Mana: No Drop atau Propan?

Untuk mempersiapkan rumah dari cuaca yang ekstrim dari panas maupun di musim hujan, Kini sudah seharusnya melapisi atap rumah dengan cat anti bocor dan cat yang tahan terhadap berbagai cuaca. Termasuk dengan menggunakan cat pelapis atap bocor yang berkualitas seperti No Drop dan Propan.

No Drop dan Propan merupakan cat pelapis atap bocor terbaik di Indonesia menyediakan produk-produk yang dapat menahan kebocoran dari atap rumah dan tahan terhadap cuaca panas yang dapat membuat cat rumah cepat memudar. No Drop dan Propan dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan produk cat dengan kualitas yang jempolan.

Tetapi, Pada artikel kali ini kita akan membandingkan keduanya dari segi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kedua merk cat ini, dan melihat manakah yang lebih unggul? Selain itu, kami juga memberikan informasi tambahan untuk kalian mengenai berbagai jenis cat pelapis anti bocor. Yuk langsung saja disimak!

No Drop

No Drop adalah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air serta sangat tahan cuaca yang digunakan pada tembok kamar mandi, tembok samping rumah, seng / asbes, wuwungan, atap, talang atau sambungan, dan atap beton. No Drop juga bisa berfungsi sebagai produk dekoratif karena mempunyai banyak pilihan warna menarik. Baca juga Pilih Mana: No Drop atau Dulux?

No Drop dapat digunakan untuk permukaan tembok, atap seng / asbes maupun atap beton.

Kelebihan No Drop

  • Memiliki kualitas tinggi
    Sebelum membeli cat yang akan digunakan untuk mempercantik rumah Anda, tentunya Anda perlu memperhatikan kualitas dari catnya terlebih dahulu. No Drop merupakan cat anti bocor dan tahan air yang sudah teruji kualitasnya dan terpercaya. Hal ini dikarenakan formulanya dapat melapisi dinding rumah secara maksimal, sehingga bisa mencegah kebocoran.
  • Dapat digunakan di semua bagian rumah
    No drop memiliki daya rekat kuat sehingga bisa melindungi bagian tembok luar yang sering terkena paparan sinar matahari dan terkena hujan. Cat yang memiliki kualitas rendah biasanya warnanya akan mudah pudar, Namun No Drop tidak demikian. Cat merk ini memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga cocok bila akan digunakan baik pada dinding luar rumah, dalam rumah, hingga di kamar mandi yang cenderung lembab.
  • Tahan cuaca
    No Drop mengklaim produknya tahan terhadap cuaca paling ekstrim sekalipun, sehingga No Drop sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis/seng dan permukaan terakota.

Kekurangan No Drop

  • Tidak dapat mengoplos warna
    Kekurangan yang lain pada cat No Drop ini yaitu warna tidak bisa dicampur sesuai dengan keinginan kita atau biasa di sebut di oplos, beberapa cat merk lain sudah memberikan fitur ini, Namun, No Drop belum menyediakan fitur seperti itu jadi kita hanya dapat memilih warna yang sudah tersedia.
  • Konsistensi encer
    No Drop dinilai memiliki konsistensi cat yang cukup encer dibandingkan No Drop.  sehingga dalam pengaplikasiannya No Drop sering menetes kemana-mana dan tentunya akan membuat penggunaan cat menjadi semakin boros.
  • Cat interior dan eksterior masih berbeda
    Sebagian orang menyukai cat praktis yang dapat digunakan untuk interior dan eksterior dalam satu cat. Sayangnya, No Drop membedakan produk cat interior dan eksterior. Dengan demikian jika Anda membutuhkan kedua jenis cat tersebut, Anda perlu membeli kedua jenisnya.
Nama Produk Harga Per September 2019
No Drop Mocha 20 kg Rp. 817.000
No Drop Warna Kuning 1 kg Rp. 50.000
No Drop Abu Abu Muda 4 kg Rp. 184.000
No Drop Kaleng 4Kg Putih 4 kgRp. 184.000
Harga yang ada pada tabel di atas dapat berubahan sesuai waktu dan berbeda berdasarkan tempat penjualannya.

Propan

PT Propan Raya I.C.C ialah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak khusus di bidang chemical coating atau lebih dikenal dengan istilah “CAT”. Didirikan oleh DR. Hendra Adidarma Dipl. Chemiker pada tahun 1979 dengan konsentrasi pasar di bidang finishing kayu untuk kerajinan rotan dan mebel sehingga menjadikannya perusahaan cat no. 1 untuk wood finishing.

Propan memiliki visi “To Be The Most Innovative Surface Coating Company with World Class Quality” PT Propan Raya I.C.C berhasil merambah ke bidang lain dan menguasai pasar decorative paint sehingga menjadikannya “The Paint Specialist”.

Propan keberhasilannya meraih sertifikat ISO 9001 yang menjamin mutu dan kualitas produknya.

Kelebihan Propan

  • Produk propan berkualitas tinggi
    Karena produk propan berkualitas tinggi serta memiliki variasi produk yang sangat beragam sehingga memudahkan anda dalam memilih cat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. produk Propan juga merupakan product yang inovatif.
  • Tahan terhadap pengaruh cuaca
    Jenis lain yang dimiliki cat Propan adalah cat Propan eksterior. Ini merupakan cat yang dikhususkan untuk lapisan dinding luar. Cat eksterior dari Propan ini terbuat dari polyurethane acrylic berbahan dasar air sehingga memiliki katahanan terhadap pengaruh cuaca. Kelebihan cat Propan eksterior adalah memiliki daya tahan terhadap pengaruh cuaca minimal 8 tahun.
  • Dapat digunakan di berbagai bagian rumah
    Hampir seluruh bagian rumah, dari atap sampai lantai kayu di bagian depan rumah anda. propan menyediakan berbagai product yang dapat digunakan pada tembok anda, kusen, furniture kayu, pagar dll.
Lihat juga:  Pilih Mana: Kipas Angin atau Air Cooler?

Kekurangan Propan

  • Variasi warna yang kurang banyak
    Kekurangan cat Propan yang pertama yaitu variasi warna yang tersedia cat propan tidak terlalu banyak. Namun warna yang diberikan warna yang sudah familiar dan sering digunakan untuk kebutuhan rumah dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.
  • Masih kalah terkenal dengan No Drop
    Meski sama-sama tahan terhadap cuaca yang ekstrim, Namun, eksistensi Propan masih kalah dengan No Drop yang lebih di percaya untuk melindungi rumah dalam cuaca yang ekstrim dan bertahan dalam curahan hujan yang deras.
  • Tidak bisa dibersihkan jika terkena noda
    Kekurangan terakhir yang ada pada cat Propan ini yaitu tidak bisa membersihkan noda yang ada pada dinding rumah, ini sangat tidak cocok jika kalian mempunyai anak kecil yang senang menggambar di tembok. Untuk membersihkannya yaitu dengan cara mengecat ulang dinding yang terkena noda.
Nama Produk Harga Per September 2019
Propan ES600 Ecoshield Cat Tembok - White 2.5 LRp 164.000
Propan DLI480 Decorlotus Cat Tembok - White 2.5 LRp 170.000
Propan Tennokote TNK-1000WA Cat Lapangan 5 kgRp 209.000
Propan EE4050 Eco Gypsum Cat Interior - White 5 LRp 99.000
Harga yang ada pada tabel di atas dapat berubahan sesuai waktu dan berbeda berdasarkan tempat penjualannya.

Tips-Tips Memilih Cat Pelapis Anti Bocor

1. Pilih Pelapis Anti Bocor yang Tahan Terhadap Sinar Matahari
Jika dak beton di rumah hanya terbuat dari satu lapisan saja, pastikan kalian memilih cat pelapis anti bocor yang tahan terhadap paparan sinar matahari. Hal ini disebabkan karena tidak adanya ruang penghambat panas di antara atap dan plafon sehingga penggunaan pelapis berkualitas buruk dapat mempercepat resiko kebocoran dan kerusakan.

2. Pilih Pelapis Anti Bocor dengan Formula Antijamur
Selain kekuatan, faktor kebersihan juga menjadi bahan pertimbangan utama saat memilih pelapis anti bocor. Untuk itu, pastikan kamu memilih cat pelapis dengan formulasi anti jamur, debu dan bakteri supaya lebih mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan atap terjadi pelapukan.

3. Perhatikan Cara Pengaplikasian Cat Pelapis Anti Bocor
Saat melakukan penambalan bagian yang bocor, kalian harus memperhatikan cara pakai cat pelapis anti bocor karena setiap produk memerlukan langkah penggunaan yang berbeda. Tetapi, apapun jenis cat pelapis yang kamu gunakan, pastikan kamu telah membersihkan atap terlebih dulu dengan menghilangkan jamur dan debu sehingga kekuatan rekat pelapis semakin kuat dan lebih bagus.

Jenis Cat Pelapis Anti Bocor

  • Pelapis Anti Bocor Styrene Acrylic
    Jika kamu mengutamakan kekuatan, silahkan pilih pelapis anti bocor dengan coating yang terbuat dari styrene acrylic karena memiliki daya tahan yang sangat prima ketimbang jenis pelapis lainnya. Meskipun demikian, kekurangan jenis pelapis ini dijual dengan harga yang cukup mahal.
  • Pelapis Anti Bocor Membrane
    Jika jenis Styrene Acrylic sebelumnya dibandrol dengan harga yang terlalu mahal, kamu dapat memilih pelapis anti bocor berbahan membrane dari bahan baku minyak menyerupai aspal dengan harga yang lebih ekonomis. Perbedaannya dari cat pelapis adalah ia dijual dalam bentuk lembaran yang didalamnya terdapat kandungan bahan penguat dan bahan polyester.
  • Pelapis Anti Bocor Cementius
    Kalian dapat menggunakan cat pelapis anti bocor Cementius yang di dalamnya terdiri dari dua komponen bahan, yakni semen dan zat adiktif untuk mengikat beton. Dalam pengaplikasiannya, ada baiknya kalian melapisi dak beton lebih dari satu kali supaya daya rekatnya lebih kuat.

Pilih Mana: No Drop atau Propan?

No DropPropan
Kelebihan- Memiliki kualitas tinggi - Dapat digunakan di semua bagian rumah - Tahan cuaca- Produk propan berkualitas tinggi - Tahan terhadap pengaruh cuaca - Dapat digunakan di berbagai bagian rumah
Kekurangan- Tidak dapat mengoplos warna - Konsistensi encer - Cat interior dan eksterior masih berbeda - Variasi warna yang kurang banyak - Masih kalah terkenal dengan No Drop - Tidak bisa dibersihkan jika terkena noda

Kesimpulan

Berbicara mengenai cat yang anti bocor dan mempunyai kualitas yang tinggi yang tahan untuk menghadapi cuaca yang ekstrim No Drop dan Propan sudah tidak perlu lagi ragukan kualitasnya, Namun dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, misalnya No Drop sangat terkenal dengan keunggulannya anti bocor yang sama seperti Propan, Namun warna pada cat Propan tidak sebanyak pilihan warna pada No Drop. Tetapi, Propan juga menghadirkan warna yang sudah familiar bagi selera masyarakat Indonesia.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

No Drop vs Propan

VS